Elex Online Forum

Buku, Software, & Majalah => Feedback => Topic started by: ryan_paschal on January 08, 2007, 01:43:35 am



Title: KOMPLAIN: APLIKASI KACANGAN karya Sarjana Komputer
Post by: ryan_paschal on January 08, 2007, 01:43:35 am
Dengan hormat,

Saya beberapa hari lalu membeli buku seri Belajar Sendiri: Membuat Aplikasi Point of Sales dengan Microsoft Visual Studio.NET, ISBN 979-20-7559-3, karya Yosafat Cahyo, S.Kom, seharga 58.900.
Setelah saya buka segelnya dan baca isinya, ternyata aplikasi yg dibuat oleh penulis sangat2 kacangan. Penulis seperti menghindari membuat aplikasi dengan menggunakan DataGrid atau DataGridView dan menggantinya dengan serentetan TextBox yg diletakan berjajar :huh:. Lebih parah lagi, penulis tidak menyertakan kode tombol untuk penyimpanan data dan menggantinya dengan CheckBox :argg:. Penulis lebih banyak membahas tentang pembuatan MenuStrip.
Aplikasi model seperti ini tidak umum digunakan di dunia nyata. Ini adalah sebagian dari kelemahan2 dalam buku ini. Di cover ditulis "aplikasi multi-user". Kenyataannya, penulis hanya mengakali dengan menggunakan form yg berbeda untuk tiap level user.

Sebenarnya saya membeli buku ini dengan harapan menemukan contoh penggunaan DataGrid atau DataGridView. Harga buku ini termasuk mahal bagi saya. Saya berharap saya bisa mer-refund buku ini karena saya sangat tidak puas dengan buku ini, sedangkan saya buku disegel tanpa bisa melihat isinya sebelum membeli.

Saya harap ELKOM dapat segera merespon thread ini.

Terima kasih.

NB: Saya membeli buku di Gramedia Plasa Surabaya.


Title: Re: KOMPLAIN: APLIKASI KACANGAN karya Sarjana Komputer
Post by: BEN 10 on May 27, 2008, 03:12:41 pm
Sebenarnya hal ini juga terjadi pada beberapa buku-buku terbitan ELEX lainnya (yang saya baca sih biasanya yang membahas PHOTOSHOP). Judulnya memang sangat menjanjikan dan di sampul depan ditulis seolah-olah bahwa isinya sangat bermutu dikhususkan sampai mahir. Tetapi setelah dibaca ternyata isinya cuman dasar-dasar doank. Saya rasa ada baiknya ELEX menyaring buku-buku yang mau diterbitkan. Kalau perlu editornya berbeda untuk topik-topik berbeda. Misalnya kalau editor buku-buku PHOTOSHOP haruslah mahir PHOTOSHOP atau minimal memahami tentang PHOTOSHOP.

Satu lagi kekurangan buku-buku terbitan ELEX. Entah disengaja atau tidak khusus buku-buku yang tebal sengaja teorinya yang dibanyakin bukan prakteknya. Dan teorinya kebanyakan hanya didasarkan pada menu HELP saja dan bukan pada buku referensi. Alhasil yang membaca jadi tambah bingung. Alangkah baiknya kalau ELEX memuat motto : "SINGKAT, PADAT dan JELAS". Terlebih lagi kalau buku-buku yang tebal itu harganya relatif lebih mahal dan mungkin tidak terjangkau untuk sebagian kalangan peminat informatika.