Elex Online Forum

Diskusi Umum => RUMPI TEKNO => Topic started by: saint on September 07, 2012, 12:13:59 pm



Title: Sikat Gigi Selamatkan Stasiun Ruang Angkasa
Post by: saint on September 07, 2012, 12:13:59 pm
Rabu kemarin, Josh Byerly dari NASA melaporkan bahwa dua orang penjelajah luar angkasa berhasil mengganti unit daya utama di ISS (International Space Station). Semula, penggantian ini sempat menghadapi jalan buntu karena ada baut yang macet. Keberhasilan itu terjadi dengan bantuan sebatang sikat gigi!

Astronot Sunita Williams dan Akihiko Hoshide memulai penggantian dengan melepaskan kotak daya yang disebut MSBU (main bus switching unit). Unit daya ini diperiksa dengan teliti, termasuk dua baut yang menguncinya ke tiang penambat. Setelah semua OK, dan baut dibersihkan dari serpihan logam dan kotoran lainnya, tiba saatnya untuk memasang kembali MSBU ke tempatnya. Saat itulah masalah muncul.

Salah satu baut tidak mau dikencangkan, padahal sudah diberi pelumas secukupnya. Harusnya, baut tersebut mengunci dalam 15 putaran. Tapi, baru 9 putaran ia sudah macet dan tak mau bergerak lagi. Selama 4 jam keduanya berusaha tanpa ada hasil. Untunglah akhirnya baut tersebut bisa dikencangkan ke tempat semula. Pembersihan lebih lanjut ini dilakukan dengan menyemprotkan nitrogen bertekanan tinggi dibantu dengan tool tambahan yang dibuat dari sikat gigi bekas.

Untuk informasi lengkap dan videonya, klik http://rumpitekno.com/2012/sikat-gigi-perbaiki-stasiun-ruang-angkasa/ (http://rumpitekno.com/2012/sikat-gigi-perbaiki-stasiun-ruang-angkasa/)


Title: Re: Sikat Gigi Selamatkan Stasiun Ruang Angkasa
Post by: cassiacute on July 22, 2013, 08:07:39 pm
untung aja ya gan, klo ga bisa berabe tuh pesawat.. emang nasib ga bisa dikate yee..

kayaknya udah 30 nih? hahahahaha