Elex Online Forum

Buku, Software, & Majalah => Books Review => Topic started by: Ally on August 04, 2007, 01:54:21 pm



Title: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on August 04, 2007, 01:54:21 pm
(http://img371.imageshack.us/img371/4353/novellaskarpelangino8.jpg)

Laskar Pelangi
Andrea Hirata
Tebal: 534 hal
Penerbit Bentang

Di Pulau Belitong berdiri SD sekaligus SMP Muhammadiyah.  Jangan sekali kali berniat membandingkannya dengan sekolah sekolah PN Timah yang dibangun arsitektur yang pantas disandingkan dengan rumah bergaya Victoria.. Bangunan yang seakan hendak roboh, dengan papan tulis lusuh, lantai kelas yang hampir menjadi tanah. Tak ada gambar presiden ataupun wakil presiden yang menghiasi dinding kelas. Kalaupun ada satu gambar seorang pria berjenggot lebat, memakai jubah sambil memegang gitar, yang selanjutnya dikenal sebagai Rhoma Irama, hanyalah untuk menutupi lubang besar di dinding.

Sekolah kampung ini yang hanya memiliki dua guru untuk semua mata pelajaran. Berbeda dengan Sekolah- Sekolah PN timah yang memiliki guru yang berbeda untuk setiap mata pelajaran. Namun itu tak menyurutkan semangat 10 anak kecil untuk menuntut ilmu. Tak peduli jarak, hujan dan panas, mereka akan berusaha untuk hadir dikelas setiap harinya untuk meredakan rasa haus mereka akan ilmu. Bagi mereka, Pak Harfan dan Bu Mus sudah lebih dari cukup. Mereka tak hanya berperan sebagai guru yang mentransfer ilmu, namun juga sebagai penjaga,  sahabat dan pembimbing spiritual bagi murid-muridnya. Bagi laskar pelangi, mereka adalag Ksatria tanpa pamrih, sumur jernih ilmu pengetahuan  dan pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya.

Boleh saja memandang sebelah mata terhadap bangunan yang lebih mirip gudang kopra ini. Namun lihatlah anak anak yang ada di dalamnya. Kucai, sang ketua kelas yang dengan berat hati menjalankan jabatannya untuk menertibkan diri teman sekelas padahal diri sendiri tak bisa diam. Trapani, anak laki laki berparas tampan yang sangat berbakti kepada ibunya. Sahara, satu satunya perempuan dikelas, yang benar benar menghargai arti kebenaran. Akiong, musuh bebuyutan Sahara yang tak pernah bisa memenangkan perdebatan jika Sahara mulai berkidau. Harun, anak laki laki santun , pendiamdan murah senyum, yang selalu menanyakan hal yang sama disetiap pelajaran. Borek, dengan obsesi menjadi pria terkuat dan sempat membuat Ikal termakan hasutannya. Lintang, yang menjadi bintang di hampir semua mata pelajaran karena kecerdasaan yang sangat mencolok. Tak ketinggalan Mahar, anak laki laki memiliki beribu ide jenius untuk hal hal yang berhubungan dengan seni. Di tangan kedua anak inilah, sekolah muhammadiyah dapat menyaingi sekolah PN TIMAH di perlombaan cerdas cermat ataupun karnaval 17 Agustus.

Ke sepuluh anak, yang menyebut diri mereka sebagai laskar pelangi tak hanya berbagi kesenangan di  dalam kelas. Bermain karet di musim kemarau ataupun hanya dengan pelapah di musim penhujan. Petir tak pernah menyurutkan mereka menikmati derasnya hujan yang turun.pohon filicium menjadi tempat bermain favorit mereka. Menikmati pelangi menjadi aktivitas yang paling mereka sukai. Semua dilakukan bersama sama. Bahkan untuk tugas menyiram tanaman di sekitar bangunan sekolah. Ataupun untuk kegiatan yang paling mereka benci,  membeli kapur di toko kelontong milik A Miau.

Tak pernah disangka ketika giliran Ikal membeli kapur menghantarkannya, Ia bertemu seorang gadis yang memiliki jari jari yang indah yang membuat ikal mabuk kepayang dan dapat menghayati lirik lagu Have I Told You Lately That I Love You. Bahkan menciptakan beribu puisi untuk anak perempuan ternyata masih sepupu A Kiong sebagai A Ling. Sejak pertemuan pertama dengan A ling, Setiap kali mereka kehabisan kapur, Ikal dengan ikhlas menawarkan diri untuk membelinya. Semua demi A Ling.

Jika Ikal tergila gila dengan A ling, lain halnya dengan Mahar. Ia mengorbankan seluruh waktu belajarnya dengan mendalami klenik, ilmu gaib, takhyul, dan dunia paranormal. Kegilaannya semakin menjadi ketika Flo, murid sekolah PN TIMAH  yang berhasil diselamatkannya, berkeras untuk pindah ke sekolah  Muhammadiyah. Flo mengagumi  Mahar, bukan sebagai pribadi tapi sebagai professional muda perdukunan. Persekutuan antara keduanya melahirkan sebuah perkumpulan yang dinamakan Societeit de Limpai. Perkumpulan yang melakukan pertemuan rutin dan aktivitas perklenikan secara diam-diam. Semakin lama anggota mereka bertambah banyak. Namun akhirnya perkumpulan ini dibubarkan oleh Mahar setelah membaca pesan yang ditulis oleh  Tuk Bayan  Tula, orang yang dulu dianggap suci oleh semua anggota Societeit de Limpai.

Setelah kehebohan yang ditimbulkan oleh Mahar dan Flo mereda, suasana berubah menjadi sendu ketika Lintang memutuskan berhenti sekolah, empat bulan sebelum ia menyelesiakan SMP. Ayahnya meninggal dunia dan membuatnya harus mengambil alih tanggung jawab untuk membiayai keluarga. Semua orang menyayangkan hal ini. Laskar pelangi kehilangan laki laki cerdas yang telah menorehkan prestasi paling istimewa dan mengangkat derajat sekolah miskin itu.

**

HEBAT. Itu kata untuk menggambarkan isi buku ini.  Buku yang membuat saya sempat tertawa sejadi-jadinya akibat tingkah laku aneh anak anak laskar pelangi bahkan terharu sampai menitikan air mata.  Walau awalnya sempat pesimis dengan isi ceritanya. Namun begitu masuk ke dalamnya, buku ini tak bisa lepas sebelum membaca kalimat terakhir

Pengalaman hidup yang ditulis Andrea Hirata membuka mata setiap orang yang membacanya lebih lebar dan menorehkan semangat untuk terus berusaha mendapatkan apa yang mereka cita citakan.

Walaupun ada beberapa hal yang sempat membuat saya bingung. Setting kejadian antara SD dan SMP tidak dibedakan secara jelas. Sehingga terkadang saya harus menebak, kapan kejadian ini terjadi.  Namun hal ini tak mengurangi keinginan saya untuk melahap setiap kalimat didalamnya.

Buku yang layak untuk dijejerkan ke dalam rak buku setiap orang.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on August 04, 2007, 01:58:36 pm
(http://img512.imageshack.us/img512/6149/img071gy3.jpg)

Andrea Hirata
Sang Pemimpi
Penerbit Bentang
Tebal : 292 hal

Sang pemimpi, buku yang menceritakan kehidupan Ikal di masa SMA.  Ikal harus meninggalkan kampung karena SMA hanya ada di Magai. Dengan nilai NEM yang memadai, Ikal berhasil menjadi salah satu muridnya. Bersama Arai dan Jimbron, Ikal menjalani hari hari di daerah yang berjarak 30 Km dari rumahnya.

Arai, tak lain adalah saudara sepupu yang tumbuh bersama Ikal sejak kecil. Arai telah kehilangan kedua orang tuanya.Yang dijuluki oleh ikal sebagai Lone Ranger. Pria yang selalu memberikannya kejutan kecil yang terasa sangat manis.Arai adalah seseorang selalu berdiri disebelah Ikal dan tak henti memberi dukungan  ketika seluruh dunia mencemooh bahkan memusuhinya. Tak jarang tingkah Arai membuat Ikal terkagum kagum, termasuk ketika Ikal menyerahkan semua uang hasi kerja merek auntuk membantu mak Cik Maryamah. Bahkan terpingkal-pingjal ketika mengetahui bahwa Arai berhasil mengelabui Taikong Hamim, Imam masjid yang terkenal sangar, dengan melafakan amin dengan seringan serigala. Arai adalah salah satu rangkaian mozaik dalam kehidupan Ikal.

Adapun Jimbron, laki laki yang tak jauh beda dengan Arai.Jika Ikal mengidolakan Bang Rhoma dan Arai dengan keinginan untuk menemui  Jim Morrison walau hanya pusaranya, pria tambun ini lebih memilih Kuda. Semua jenis Kuda dihapalnya luar kepala. Tak satupun yang terlewatkan. Yang anehnya, dirinya tak kunjung melihat sosok binatang itu secara langsung. Tak ada hari tanpa membicarakan binatang kesayangannya. Hingga kadang membuat Ikal merasa muak.

Bersama dua laki laki ini, Ikal mengalami suka duka yang tak akan pernah dilupakannya. Seperti lari dari kejaran wakil kepala sekolah,pak Mustamar yang sangar akibat datang terlambat, hingga membuat kekacauan di pasar ikan milik nyonya pho. Ataukan ketika mendapat hukuman berat dari pria yang sama akibat melanggar aturan saat itu, yaitu mendekati gedung bioskop yang saat itu menayangkan film yang tak senonoh. Bahkan  ketika membantu Arai untuk menyampaikan perasaannya kepada Zakiah Nurmala, perempuan yang telah membuat Arai mabuk kepalang selama beberapa tahun. Ataupun membantu usaha Jimbron membuat Yasmin, gadis pujaannya, tersenyum.

Di masa SMA ini pula, mimpi mereka mulai terajut. Terinsipirasi dari Pak Balia, Kepala sekolah sekaligus guru kesastraan, mereka pun bertekad untuk menjelajahi Eropa sampai ke Afrika, bahkan melangkahkan kaki di atas altar suci almaamater terhebat tiad tara : Sorbornne. Walau sempat pesimis dan terpuruk, akhirnya ikal berhasil menyelesaikan pendidikannya. Bersama Arai, Ikal nekat mengadu nasib ke Jakarta dengan berbekal uang yang telah dikumpulkannya dengan bekerja sampingan tak kenal lelah.

Kehidupannya di Jakarta ternyata tak begitu ramah menyambut mereka. Kehidupan mereka sempat terlunta –lunta walaupun telah berkali kali berganti pekerjaan. Dari pekerja pabrik, Salesman, kerja serabutan di tempat fotokopi Titik terang mulai terlihat ketika Ikal mendapat pekerjaan di Kantor Pos sedangkan Arai berkelana di kalimantan. Dengan gaji yang dimilikinya, Ikal berhasil menyelesaikan kuliah di fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Namun mimpi belum juga terwujud. Sobornne masih jauh dari jangkauan.

**

Buku kedua Andrea Hirata yang tak kalah kocak jika dibandingkan dengan laskar Pelangi. Tak jarang saya tiba tiba tertawa terbahak membaca setiap kalimat ada didalamnya.

Buku ini juga yang membuat saya percaya akan kekuatan mimpi. Percaya bahwa mimpi tak hanya boleh berakhir dengan tumpukan angan, tetapi harus diwujudkan. Semua itu terlihat dari kegigihan dan pengorbanan yang dilakukan Ikal dan Arai.

Japan, wait for me…!!!!


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on August 04, 2007, 02:00:25 pm
(http://img512.imageshack.us/img512/5540/endensor2dp5.jpg)


Edensor
Andrea Hirata
Penerbit Bentang
Tebal : 295 Hal


What is a name? Kalimat yang keluar dari mulut seorang Shakespeare tidaklah berlaku bagi setiap orang di Belitong. Karena menurut mereka nama adalah doa dan amanah untuk setiap orang yang memilikinya. Tak tanggung tanggung, Ikal harus mengganti namanya berkali kali hanya karena tingkah laku tak sesuai dengan nama yang disandangnya. Setiap hari kenakalannya semakin menjadi.

Andrea , nama yang akhirnya dipilih sendiri oleh ikal, setelah membolak balik majalah Aktuil. Nama yang diambil oleh seorang wanita yang nekat terjun dari gedung tinggi jika penyanyi pujaannya Elvis Presley tak membalas suratnya. Sehingga nama Aqil Barraq Badruddin, dan Wadhudh tak pernah lagi terdengar.

Bersama Arai, his patner crime, Andrea menjalani beribu hal yang membuatnya tertawa, kesal, sedih, bahkan  terharu. Kerja keras dan kegigihan dalam menjalankansesuatu telah nampak dari keduanya sejak kecil. Kesemua itulah yang membuat keduanya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke Sorbonne.

Namun sebelum ke Sorbonne mereka harus ke Belanda terlebih dahulu. Di sana mereka bertemu Famke Somers, yang mengantar mereka untuk menemui Simon Van der Wall, sang landlord dan mengurus segala persuratan yang dibutuhkan. Sayangnya sambutan yang mereka terima tidak seramah yang mereka harapkan, Dan hal itu membuat mereka terpaksa bemalam di taman. Tanpa pemanas ataupun seseuatu yang bisa membendung sengatan dingin. Mereka harus berjuang melawan dingin yang membekukan darah dan menggigit tulang. Bahakn ketika temperature turun hingga minus sembulan derajat. Dengan bantuan lilin dan Ikan teri sangonlah mereka berdua dapat bertahan hidup.

Setelah bertemu dengan Dr. Michaella Woodward dan sekretarisnya Erika Ingeborg , mereka bisa mendapatkan semua yang mereka butuhkan. Barulah seminggu setelahnya, Ikal dan Arai bisa mendapatkan apartemen yang memberi pemandangan Menara Eiffel yang megah. Satu mimpi telah mereka taklukkan. . Menginjak Sorbornne, Paris.

Belum lama perkuliahan dimulai, Arai telah membuat ikal kalang kabut. Tiba tiba saja ia menghilang tanpa jejak. Setelah mencari kesana kemari, barulah Ikal sadar bahwa Arai ikut rombongan Hippies yang memperingati kematian Jim Morrison. Dan di depan pusara idolanya itu, Arai membacakan puisi untuk seorang wanita tak lain  Zakiah Nurmala. Ha! Tak salah jika dulu ikal menyangka bahwa Arai diserang sakit gila nomor dua puluh enam : tak bisa membedakan di terima dan ditolak.

Di kelas, Ikal kembali menekuni kebiasannya sebagai pengamat. Ia mengenal Naomi Stansfield, The Brits, yang dengan bangganya menyemburkan kata kata Bollock! atau  Bloddy Morron!, Sue Townsend dan beberapa mahasiswa amerika dengan kegemarannya mengucapkan F word, Katya dan teman temannya dengan Motto 3P, Saskia de Roojis dan Marike Ritsema yang brilliant, Abraham Levin dan pemuda Yahudi lainnya yang selalu menjaga jarak, beberapa mahasiswa perancis yang memandang tinggi persahabatan, Para mahasiswa Tionghoa yang memilih berkumpul sesama mereka namun bisa akrab dengan siapa pun. Dan akhirnya ikal menjatuhkan pilihan untuk bergabung bersama Vikram Raj Chauduri Manooj yang meminta agar tak seorang pun menyingkat namanya, Pablo Arian Gonzales yang jenaka dan terakhir bersama Ninochka Stronovsky yang pemalu.

Walalaupun setiap kelompok berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik di bidang akademis, namun diluar kelas kelompok kelompok itu menjadi satu di kafe Mahasiswa Brigandi et Bougreesses. Berpergian  dari pub satu ke pub lainnya. Keakraban inilah yang membuat Ikal akhirnya bisa dekat dengan Katya, sang primadona kelas. Bagaikan mendapatkan durian runtuh, Ikal tak pernah menyangka bahwa Katya akan memilih dirinya. Padahal Allesandro D’ arcchy, sang arjuna kelas saja ditampiknya. Sayangnya hubungan mereka berakhir karena hanya perbedaan prinsip. Dan ikalpun kembali kepada kenangan masa lalunya, Njoo Xian Ling.

Waktu terus bergulir dan menhantarkan mereka ke liburan musim panas. Arai dan Ikal sepakat untuk melanjutkan mimpi mereka menjelajahi eropa. Sayangnya masalah dana menghambat mereka. Sampai suatu ketika Famke Somers kemabli menyapa mereka dan memberi mereka solusi. Dengan bantuan beberapa teman Famke,.Ikal dan Arai  bisa membiayai perjalanan mereka denga menjadi Live statue, patung hidup yang berbentuk Ikan duyung.

Perjalanan pun di mulai. Tak jarang senyum pahit yang tampak pada wajah mereka.  Begitu banyak halangan. Semua bercampur aduk menjadi satu Ada kepuasan dari keduanya begitu mereka berhasil menuntaskan semua mimpi mimpi yang telah mereka rajut sejak di SMA.

**

Membaca petualangan mereka di beberapa negara membuat saya banyak mengernyitkan alis. Bahkan beberapa kali saya membaca ulang di bab bab tertentu sehingga setidaknya bisa ikut menikmati perjalanan yang terasa sangat rumit. Jika berasa di sepatu mereka, saya tidak yakin bisa bertahan. Namun dalam hati terbersit keinginan untuk mengikuti jejak mereka. Tak perlu jauh jauh, Kota kota di Indonesia masih banyak yang belum saya jelajahi. Hehehe…


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: saiko on October 17, 2007, 01:10:42 pm
katanya nih buku bagus ya?
recommended nggak?
jadinya tetralogi itu:
1. Lasykar Pelangi
2. Pemimpi
3. edensor
4. ???

yg ke 4 apa judulnya? dah keluar belum?
bersambung kayak LOTR apa model kayak hary potter?


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Aquilamarine on October 17, 2007, 02:04:46 pm
4. Maryamah Karpov
Kayaknya belum keluar.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on October 17, 2007, 05:36:02 pm
bukunya bagus banget ya..
pd hal aku baru baca bukunya yg pertama

kata2 kiasannya bagus dan saling sambung menyambung tidak terputus


Title: Re: My Scratches (Ally)
Post by: Ally on October 22, 2007, 06:54:47 am
Coba deh baca satu buku aja...buku ini yang bikin aku nangis dan tertawa hampir dalam waktu yang bersamaan...buku ke empat...cant hardly wait


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: VioLeTTe on October 29, 2007, 05:39:13 pm
banyak yg ngerekomendasiin buku ini  :shocked:

kayaknya bener2 keren yah  :afro: :afro:
 :inlove: jd pengen beli....


Title: Re: My Scratches (Ally)
Post by: Ally on October 30, 2007, 07:58:05 am
Mereka g salah koq. Bukunya Andrea Hirata emang pantas ada disetiap rak buku seseorang.hehehe...segitunya.
Mending baca sekarang sebelum buku ke 4 nya terbit


Title: Re: My Scratches (Ally)
Post by: Ally on November 01, 2007, 07:29:14 am
Kemarin dapat tanda tangannya Andrea.hihihi...


Title: Re: My Scratches (Ally)
Post by: VioLeTTe on November 01, 2007, 04:03:29 pm
Kemarin dapat tanda tangannya Andrea.hihihi...
huaaaaa  :shocked:

andrea itu cowo ato cewe sih? (namanya rada menjebak sih  :tongue:)
orangnya kayak gimana? kok bisa dapet sih?


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on November 01, 2007, 06:19:58 pm
Andrea tuh Cowok tulen. hehehe...Ada tuh

Dah baca bukunya blom?
Kan ada tuh photonya di sampul belakang..

Kemarin kan ada pertemuan sekar (serikat karyawan Telkom) Trus ternyata bintang tamunya tuh Andrea Hirata.Udah nitip ma senior yang jadi Moderatornya.>_<
Sayang ga bisa ikut


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on November 04, 2007, 08:01:23 pm
tokoh Ikal itu cerita tentang kehidupannya Andrea bukan?



Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on November 06, 2007, 01:23:58 pm
Nah itu dia..banyak yang masih rancu..


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: saiko on November 07, 2007, 04:45:23 pm
loh emang ada yg bilang kl ini bukan kisahnya andrea?
kok aku malah banyak denger kl itu kisah nyata dan kayaknya emang ikal itu si andrea


Title: Re: My Scratches (Ally)
Post by: Ally on November 08, 2007, 10:13:19 pm
Eh ralat,kalau ikal sih emang andrea.tapi si arai itu yang aku maksud.masih banyak pertanyaan lain yang tersisa tuh.paling penasaran ma aling..


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on November 09, 2007, 11:32:11 am
he eh...  cewek yang di suka sama Ikal

gak jelas kabarnya.. pas di buku satu
langsung menghilang tanpa jejak
krn pergi ke Jakarta.

penasaran ma aling..


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: saiko on November 19, 2007, 09:11:07 am
akhirnya dah langsung dibabat abis nih tetralogi andrea hirata
beneran deh, bacanya bisa ketawa sekaligus menangis
keren banget ceritanya
bener2 ngingetin kita kl semua mimpi jika mau berusaha pasti bakal terwujud
emang penasaran banget tuh ama a ling
apa mungkin bakal diceritain di maryamah kapov?
tadinya aku berhayal ikal bakal ketemu ama a ling di edensor loh di maryamah kapov nanti
soalnya katanya buku ke 4 ini kan dibilangin andrea hirata menceritakan ttg wanita dari sudut pandang yg berbeda
terus dari covernya, si cewek rada2 tampang china gt  :grin:

nggak sabar pengen baca yg maryamah kapov
kapan teribitnya sih?


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on November 19, 2007, 11:43:13 am
buku terakhir dr tetralogi Laskar Pelangi menurut kabar akan terbit sekitar Januari 2008 :wink:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: saiko on November 20, 2007, 12:34:56 pm
kl gt kira2 barengan keluarnya ama HP dong
waduh, bisa bangkrut nih


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on November 29, 2007, 12:52:31 pm
yg jd favorit dari buku Sang Pemimpi :

1. quote leo tolstoy, page 65 : Tuhan tahu, tapi menunggu
2. quote Pak Balia, page 145
   "Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yg eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis. Langkahkan kakimu diatas altar suci almamater terhebat tiada tara: Sorbonne. Ikuti jejak2 Sartre, Louis Pasteur, Montesquei, Voltaire. Disanalah orang belajar science, sastra, dan seni hingga menggubah peradaban..."
3. Qoute Arai, page 153, " Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati."
4. dan sewaktu pak dosen penguji melihat tesis Ikal mengenai transfer pricing


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on December 01, 2007, 01:43:24 pm
Yang jadi Bookmark jangan lupa ...Bermimpilah maka Tuhan akan Menjaga*(kata ini lupa)  mimpi itu


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: p03-three on March 01, 2008, 08:54:49 pm
kereennn..
ni buku keren bgt..
buku ke 4nya..
ntar lagi terbit khan..
yg jelas tahun ini lah..

saya ingin tahu lintang skrng gmana..???


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on March 05, 2008, 10:23:35 am
Buku ke 4 nunggu filmnya selesai syuting dulu
Lamanya...

Lintang...
hehehe
Di kick Andy kemarin ga nongol yah..


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on April 17, 2008, 08:52:26 pm
huhuu...
baru gabung gitu...
padahal ni thread udah lama banget...
btw,,buku ini bersambung ya??
orang2nya distiap novel beda ato sama??
soalnya kya beda gitu stiap novel tokohnya...
gw baru baca laskar pelanginya...
jadi masi hijau gitu  :grin: :grin:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on April 20, 2008, 06:14:32 pm
ga ada kata terlambat untuk sebuah buku ;)
Di Sang Pemimpi dan Edensor, tokoh ikal masih ada koq
Di bilang bersambung sih nggak juga
Tapi namanya juga tetralogi, jadi pengen baca buku berikutnya


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on April 20, 2008, 08:48:54 pm
ohhhh berarti yang melakukan petualangan si ikalnya ya??
gw kira semua anggota laskar pelanginya...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on April 22, 2008, 03:12:57 pm
Coba aja baca review yang aku tulis di halaman pertama.
Ada koq ringkasannya di sana


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: raven on August 13, 2008, 05:11:56 pm
Raven baru baca buku pertama ^^
gak salah, emang TOP banget.
Jarang 2 ada buku asli indo yg kayak gini.

Ini dari true story? Orang yg sejenius Lintang juga asli?
Telat ngikuti kabar....


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: yoga_mangamania on August 13, 2008, 05:25:23 pm
wiw bnyak jg y yg suka ni nvel :shocked: gw qra cm bbrp org   :biggrin:
thnx ud nge-share ni wt qta2 & wt yg ska koleksi nvel ky gini wajib beli soalny critanya bagud bgt loh rgi klo g beli  :argg:
bye :wave:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on August 13, 2008, 06:11:18 pm
klo ga salah sih emang kisah nyata...
makanya gw juga sayang banget dehhh ama lintang ituu...
jenius banget kannn...
sayang yaaa cuma berakhir gitu aja


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on August 14, 2008, 03:55:35 pm
Raven baru baca buku pertama ^^
gak salah, emang TOP banget.
Jarang 2 ada buku asli indo yg kayak gini.

Ini dari true story? Orang yg sejenius Lintang juga asli?
Telat ngikuti kabar....
kayaknya sih ada
Sayang waktu di Kick Andy nggak kelihatan

Ayo baca lagi lanjutannya
Nggak kalah seru koq


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on September 25, 2008, 08:58:09 am
film-nya kan rilis 25 sept... ga nonton? :grin:
gue jg pengen nonton film-nya aja, bis blum sempat baca bukunya :tongue:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: raven on September 25, 2008, 10:44:28 am
Raven lg ngantri tuh film. Panjang bgt antriannya. Entah dpt tiket ato gak.

Btw,kalo ntn tgl 26-28 pake debit mandiri beli 1 gratis 1 lho.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on September 26, 2008, 08:46:28 am
Raven lg ngantri tuh film. Panjang bgt antriannya. Entah dpt tiket ato gak.

Btw,kalo ntn tgl 26-28 pake debit mandiri beli 1 gratis 1 lho.

byasanya emg gitu bukan kl film baru yang dapet good recommendation ataw dtunggu2? ntar juga berkurang dgn sendirinya, hehehe...
kl ga dapet buy 1 get 1 d tanggal 26 - 28 sept, at least tgl 1 - 3 okt, gue rasa bioskop bakal sepi :wink:

kmrn gue sempat liat liputan nobar preview filmnya tgl 24, andrea hirata-nya sendiri memuji tu film... kl gitu, ekspektasi gue tinggi, nih... krn artinya dah sama dengan bukunya, kan...? :mikir:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: raven on September 26, 2008, 12:38:11 pm
Walaupun kabarnya riri riza menafsirkan LP dengan lebih realistis :mikir:

kemarin gak dapat tiket ^^'
@laa laa: oui, nonton abis lebaran aja nih....


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on September 26, 2008, 01:06:24 pm
Walaupun kabarnya riri riza menafsirkan LP dengan lebih realistis :mikir:

emang kl d bukunya ga terlalu realistis :huh:
diangkat dari kisah-nya andrea sendiri, toh... gue blum baca bukunya jadi andalan emang hanya nonton filmnya :grin:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: raven on September 26, 2008, 09:44:32 pm
raven baca liputannya di TEMPO, menurut mereka Andrea kadang terlalu hiperbolis...
lalu Riri Riza melihat sisi lain dari LP, gak cuma kehidupan bermain2, tapi melihatnya sebagai kelompok yang 'kalah'

yak, yang sudah nonton silakan laporannya :grin:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on October 11, 2008, 03:05:10 pm
yakkkkkkkk!!!!
mau laporan tentang film LP!!
menurut gw sihhh yahhh...bagus sih bagus cuma sayangnya banyak adegan2 yang gw pikir klo diilangin juga ga ngaruh ama keseluruhan film...
trus karena terlalu banyak yang riri riza mau tampilin jadinya malah ga fokus critanya...
mungkin karena terlalu banyak yang pengen dicritain ama riri rizanya kali yahh...
yahhh...tetep paling bagus bukunya sihh...
tapi semangat pengen dapet pendidikannya sih sampe ke kitanya...
jadi ikut2an semangat...
apalagi saat gw lagi masa2 krisis bikin TA begini...
oh iyaaaa cukup bkin nangis juga filmnya...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on October 11, 2008, 07:53:45 pm
kalau bukunya sih.. akan rilis sekitar bulan november


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on October 15, 2008, 12:07:10 pm
yakkkkkkkk!!!!
mau laporan tentang film LP!!
menurut gw sihhh yahhh...bagus sih bagus cuma sayangnya banyak adegan2 yang gw pikir klo diilangin juga ga ngaruh ama keseluruhan film...
trus karena terlalu banyak yang riri riza mau tampilin jadinya malah ga fokus critanya...
mungkin karena terlalu banyak yang pengen dicritain ama riri rizanya kali yahh...
yahhh...tetep paling bagus bukunya sihh...
tapi semangat pengen dapet pendidikannya sih sampe ke kitanya...
jadi ikut2an semangat...
apalagi saat gw lagi masa2 krisis bikin TA begini...
oh iyaaaa cukup bkin nangis juga filmnya...

gue ga baca bukunya... jadi ga bisa kasih komen :grin:
widsky terharu pas adegan lintang terpaksa ga lanjutin sekolah? kl gue terharu, sih pas adegan itu... murid paling pintar justru harus yang lebih dulu meninggalkan sekolah *ironis*

kalau bukunya sih.. akan rilis sekitar bulan november

buku terakhirnya, cip? :mikir:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on October 15, 2008, 08:22:57 pm
gue ga baca bukunya... jadi ga bisa kasih komen :grin:
widsky terharu pas adegan lintang terpaksa ga lanjutin sekolah? kl gue terharu, sih pas adegan itu... murid paling pintar justru harus yang lebih dulu meninggalkan sekolah *ironis*


iyaaa bener yang ituuu gw juga terharu banget disitu...
nangis sih tapi ga nangis nangis amat...
tapi cukup bikin nangis...
yang anehnya itu ya pas pak harfannya meninggal masa gw ga nangis sama sekali ya??
padahal biasanya klo ada yang meninggal2an pasti nangis...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on October 16, 2008, 01:00:07 pm
iyaaa bener yang ituuu gw juga terharu banget disitu...
nangis sih tapi ga nangis nangis amat...
tapi cukup bikin nangis...
yang anehnya itu ya pas pak harfannya meninggal masa gw ga nangis sama sekali ya??
padahal biasanya klo ada yang meninggal2an pasti nangis...

ah, sama... gue juga ga nangis waktu adegan sang bapak kepala sekolah meninggal :mikir:
justru gue ga nyangka bakal menitikkan air mata waktu adegan lintang pamitan itu... betul2 luar biasa jiwa lintang itu... apalage mengetahui kl itu kisah nyata, brarti lintang emang berjiwa besar seperti itu, kan...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on October 16, 2008, 01:41:17 pm
ah, sama... gue juga ga nangis waktu adegan sang bapak kepala sekolah meninggal :mikir:
justru gue ga nyangka bakal menitikkan air mata waktu adegan lintang pamitan itu... betul2 luar biasa jiwa lintang itu... apalage mengetahui kl itu kisah nyata, brarti lintang emang berjiwa besar seperti itu, kan...
Ally setengah mati nahan tangis pas di bagian itu
Alhasil jadi sesak..
Sama scene Pas Pak Bakrie mengundurkan diri


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: siskanaya on October 16, 2008, 02:04:32 pm
wahh..rencananya besok kantorku mau nobar bareng... doain bisa dapat tiket ya, soalnya yg jumat minggu lalu gatot alias gagal total karena yang antri tiket ga umum, puanjjanggggg... banget!
moga2 memang bagus deh filmnya. yippi!!! :inlove:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on October 17, 2008, 12:25:07 pm
Sama scene Pas Pak Bakrie mengundurkan diri

kl pas adegan itu, gue jadi kasian ma dua2nya... baik k orang2 yang masih tinggal & pak bakrie-nya sendiri... krn ga salah pak bakrie dia mo cari penghidupan yang lebih baik...

jadi inget kapan itu baca running text astro awani, sekitar 4000 guru d ntt mengancam mogok krn selama berbulan2 ga dikasih gaji gitu?? *lho, ko ga inget persisnya? :notworthy:*

emang kasian nasib guru2 d indonesia ini...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on October 17, 2008, 06:30:46 pm
kl pas adegan itu, gue jadi kasian ma dua2nya... baik k orang2 yang masih tinggal & pak bakrie-nya sendiri... krn ga salah pak bakrie dia mo cari penghidupan yang lebih baik...

jadi inget kapan itu baca running text astro awani, sekitar 4000 guru d ntt mengancam mogok krn selama berbulan2 ga dikasih gaji gitu?? *lho, ko ga inget persisnya? :notworthy:*

emang kasian nasib guru2 d indonesia ini...
iyaaa masih banyak yah guru ga berkecukupan...
padahal mereka kan yang bikin kita pinter..
mungkin harus abisin generasi guru sekarang kali baru pemerintah kelabakan hehehe


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on October 24, 2008, 12:15:22 pm
iyaaa masih banyak yah guru ga berkecukupan...
padahal mereka kan yang bikin kita pinter..
mungkin harus abisin generasi guru sekarang kali baru pemerintah kelabakan hehehe

masalahnya... selalu ada orang yang berdedikasi :smiley:
guru itu bener2 pahlawan tanpa tanda jasa... hanya bisa bilang terima kasih aja kepada mereka...

ngomong2, filmnya masih main d jakarta? orang2 mungkin dah ga sabar nunggu buku pamungkas-nya keluar, yah :mikir:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on October 24, 2008, 03:39:27 pm
ngomong2, filmnya masih main d jakarta? orang2 mungkin dah ga sabar nunggu buku pamungkas-nya keluar, yah :mikir:
Diprediksi sampai dua bulan gitu

Semua yang dah baca buku 1-3 tentu nggak sabar nunggu MK
>.<
Ally sendiri sih nunggu kabar Aling
Entah akan dibahas di sana atau nggak


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on October 24, 2008, 09:45:23 pm
Diprediksi sampai dua bulan gitu

Semua yang dah baca buku 1-3 tentu nggak sabar nunggu MK
>.<
Ally sendiri sih nunggu kabar Aling
Entah akan dibahas di sana atau nggak
iyaaa gw juga penasaran ama a ling ituu
katanya november ya keluarnya?


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on November 26, 2008, 06:34:56 pm
Buku ke empat dah bisa pre-order tuh...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: sano on November 27, 2008, 06:11:36 pm
liat iklan d koran hari ni : besok (Jumat,20 nov) launching Maryamah Karpov
tp kayakny baru beredar d Jakarta, Bandung, dan skitarnya.

ngomong2, ada tulisan 'Mimpi2 Lintang', berarti ni cerita tentang Lintang dong..
kayakny kmaren2 sempet denger klo buku ke4 ini tentang cerita cinta


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: siskanaya on November 28, 2008, 09:41:55 am
@Ally : kata temenku Maryamah Karpov ini terdiri dari dua buku, bener ga sih? siapa tau punya info.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: laa laa on November 28, 2008, 12:16:29 pm
Buku ke empat dah bisa pre-order tuh...

yep, gue dah dapat tawarannya *padahal ga ngoleksi :mikir:*
gue, sih nunggu film2nya aja *kl dbuat lage :grin:*


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on December 02, 2008, 12:15:12 pm
@Ally : kata temenku Maryamah Karpov ini terdiri dari dua buku, bener ga sih? siapa tau punya info.

Kayaknya sih nggak
Temanku dah bei tuh
Dan satu aja


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: siskanaya on December 02, 2008, 01:15:18 pm
iya nih, temenku salah info
kmrn adek akhirnya beli juga, tebel...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on December 03, 2008, 10:08:37 am
Blom nyampe makassar
Jadi penasaran ma kelanjutan A Ling.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: siskanaya on December 03, 2008, 10:26:17 am
@Ally : di yogya udh banyak, mau titip beli? :wink:
disini dpt diskon 20%, lumayan...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on December 03, 2008, 11:59:38 am
hhmmm...makasih
Tapi nanti aja. Soalnya bulan ini mau beli buku lain


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: wbb_0 on December 07, 2008, 09:44:56 am
M Karpov menurutq critanya yg paling sip dari buku2 sblumnya!


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: wizendra on December 07, 2008, 03:54:51 pm
kayknya andrea hinata tuh lagi banyak kontroversi deh,,
btw.. bagus gak sih ceritanya tuh,.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on December 10, 2008, 12:36:46 pm
M Karpov menurutq critanya yg paling sip dari buku2 sblumnya!
oiaaa??
huwaaaaa pengen beliii...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on December 11, 2008, 12:13:51 pm
Kemarin udah baca review dari tetangga sebelah
Koq banyak yang kecewa ma buku terakhir ini
Dan sepertinya sih emang benar akan ada bagian ke dua


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Mahdafius on December 24, 2008, 12:50:28 pm
dapet maryamah di toga mas malang
harganya diskon, tapi tetep aja mahall

ditunggu: buku yang tipis, terjangkau, berbobot, dan difilmkan dari Andrea Hirata^^


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: widsky on January 01, 2009, 09:19:51 pm
Kemarin udah baca review dari tetangga sebelah
Koq banyak yang kecewa ma buku terakhir ini
Dan sepertinya sih emang benar akan ada bagian ke dua
udah baca jugaa...
emang sedikit kecewa sihh...
kali lebih banyak fiksinya ya??
trus endingnya gantung gitu...
jadii penasaran...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Ally on January 01, 2009, 10:08:44 pm
@widsky
Tuh kan nambah lagi daftar orang yang kecewa
Apa emang bukunya ga bagus yah?
Waduh..pembaca kuciwa dungs
Aku sih baru nyampe halaman 3
Blom bisa banyak komentar sih.
hihi


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Sugoiking on March 21, 2009, 01:37:45 pm
dari beli blm sempat baca buku ini...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Aquilamarine on March 24, 2009, 11:27:30 pm
A Ling itu cuma tokoh impian ya
Karakternya nggak dalam...dan kalah menarik dibanding si dokter gigi


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on April 24, 2009, 03:05:43 pm
ada hal2 menarik dan bikin ketawa di  dalam buku maryamah karpov
walaupun di akhir cerita tokoh A Ling masih jd teka teki,
buku ini tetap menghibur :smiley:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Tiyok on April 25, 2009, 09:46:34 am
udah baca jugaa...
emang sedikit kecewa sihh...
kali lebih banyak fiksinya ya??
trus endingnya gantung gitu...
jadii penasaran...

Betul...betul...jiid terakhir jadi kayak fiksi...jadi berpikir itu mungkin ga ya kayak gitu... :mikir:
Paling bagus jilid 1-2. Setelah itu mulai kayak bener2 menjual mimpi. Tapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya tetep bagus...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: BEN 10 on December 20, 2010, 08:30:01 am
dari beli blm sempat baca buku ini...

sama :biggrin:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: eq.mholl on December 20, 2010, 12:49:34 pm
eeh..ada lagi tuh..
dwilogi padang bulan
2 novel langsung jadi 1
padang bulan sama cinta dalam gelas..
ceritanya masih seputar kehidupan ikal dan dkk

menurut eq ini karya terbaik dari andrea hirata
asli keren bangeet..


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: siskanaya on December 20, 2010, 01:31:04 pm
eeh..ada lagi tuh..
dwilogi padang bulan
menurut eq ini karya terbaik dari andrea hirata
asli keren bangeet..
keren ya? udah beli tapi belom sempet kebaca :(


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: BEN 10 on December 20, 2010, 01:34:23 pm
keren ya? udah beli tapi belom sempet kebaca :(

Sayang covernya agak ngeh lihatnya


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: eq.mholl on December 20, 2010, 01:55:42 pm
baca deeeh..
awalnya eq juga ga niat beli
tapi trus ada salah satu koran yang review
karena ceritanya tentang ikal dkk, akhirnya tergiur untuk beli
eeh..ternyata setelah dibaca asli ga nyesel..
dah berhasil mencekoki banyak orang dengan dwilogi padang bulan


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: siskanaya on December 20, 2010, 02:00:04 pm
@ben, covernya emang sengaja dibuat gitu kan, 2 judul novel dalam satu buku

@eq, siyap...
sebenarnya dah ngintip baca yg ceritanya suaminya beliin sepeda buat istrinya tapi trus meninggal, tapi ntah kenapa trus mandeg lagi :grin:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: BEN 10 on December 20, 2010, 02:04:45 pm
baca deeeh..

@ben, covernya emang sengaja dibuat gitu kan, 2 judul novel dalam satu buku

Saya tunggu novelnya ganti cover yang lebih bagus aja dulu :biggrin:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: lothlorien on February 05, 2012, 01:04:51 pm
cerita yang sering keluar di ujian Bahasa Indonesia, kata-katanya susah euy untuk dimengerti.


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: fraulein on January 06, 2014, 08:39:39 pm
waah.. ada thread ini ternyataa. tp kayaknya sy uda telat banget replynya... :haha:
sy suka banget tetraloginya. penuh inspirasi, kocak bukan kepalang. asyiknya, bang Andrea bisa memasukkan bahan sains dengan cara yang ringan dan lancar. saya paling suka dwilogi Padang Bulan dan Cinta di dalam Gelas, waktu Maryamah bisa mengalahkan Matarom lewat catur. epik!

menurut saya novel-novelnya bener2 bisa menunjukkan seperti apa sejatinya manusia itu :icon14:

info : kabarnya bang Andrea bakal nerbitkan novel barunya yg konon bakal dikasih judul 'Ayah'. tp uda lama menunggu sepertinya blum kelar juga, dan sy blom sempet cari info di site penerbitnya. siapa tahu ada tmn2 yg punya info, boleh dibagi dong..  :cheesy:  :thanks:


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: samira on April 29, 2014, 03:44:05 pm
Novel novel andre hirata nih, menurut saya, semuanya biasa2 aja. ribuan anak Indonesia mengalami seperti itu, jadi tidak ada yang spesial. Yang membedakan, Andre H... mau menulis kisah di kampungnya, orang lain tidak...


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: Cippy on October 22, 2015, 09:17:07 pm
Ada yg udh bc buku Ayah, Andrea Hirata?
Sy sdg proses bc buku Ayah


Title: Re: Tetralogi - Andrea Hirata
Post by: fraulein on October 23, 2015, 09:15:47 am
Sayaaaa!!! Tapi terus terang udah lupa sebagian besar ceritanya :doh: Tapi kalo dari yang aku inget, kocaknya masih ada walaupun ngga seperti Laskar Pelangi dan kawan-kawan :mikir: