Elex Online Forum

Buku, Software, & Majalah => Books Review => Topic started by: Ally on October 09, 2007, 11:18:09 am



Title: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ally on October 09, 2007, 11:18:09 am
(http://img517.imageshack.us/img517/5654/7616ti3.jpg)
AnaK Laki Laki Berpiama Garis-garis
Genre:    Literature & Fiction
Author:   John Boyne
Penerjemah : Rosemary Kesauli
Cetakan I, Juli 2007
PT Gramedia Pustaka Utama

Sebuah buku biasanya disertai resensi singkat disampul belakangnya. Cerita singkat tentang isi yang bisa memberi pentunjuk kepada para pembacanya. Namun lain halnya dengan buku ini. Yang bisa diketahui adalah bahwa buku ini menceritakan perjalanan seorang anak bernama Bruno. Tidak lebih.


Bukan bermaksud untuk merusak apa yang ingin disampaikan oleh sang pengarang. Namun tak ada salahnya berbagi menceritakan sedikit cerita tentang petualangan Bruno, seorang anak laki laki berumur 9 tahun. Petualangan Bruno berawal sejak ia dan keluarganya pindah ke Out-With. Tempat tinggalnya yang baru itu tak bisa diandingkan dengan rumahnya diberlin yang bertingkat lima. Tak ada jalan –jalan bagus, toko-toko, kedaui buah dan sayuran juga dereatan kafe di Out With. Bahkan di hari sabtu, dia tak perlu berdesak-desakan dengan orang yang berlalu-lalang. Karena tempat ini benar benar berbeda.


Bruno berusaha untuk mempertanyakan mengenai kepindahan mereka kepada Ayahnya, walau ia tahu tak dapat merubah keputusan yang telah dibuat sejak The Fury datang ke rumahnya untuk makan malam. Sehingga tak banyak yang dapat dilakukannya. Gretel, kakak perempuannya tak dapat banyak membantu. Walau tahu bahwa Gretel merasakan hal yang sama namun tak berarti bahwa pertengakaran kecil diantara mereka mereda.


Tak ada yang menarik di tempat tinggalnya yang baru ini. Begitu mengedarkan pandangan yang terlihatnya hanya serdadu yang mondar mandir ke sana ke mari. Tak ada anak anak yang bisa diajaknya bermain. Bahkan tak yakin bahwa ada anak anak seusianya yang tinggal di sekitar rumahnya, sampai suatu hari ia melihat keluar jendela. Tempat yang dilihatnya tak bisa dibilang indah tempat itu dikelilingi oleh pagar yang sangat tinggi yang dibagian atasnya terdapat kawat yang berbentuk spiral. Tak ada satupun tanaman yang menghiasi halamannya. Bangunan yang ada berdiri pun terlihat sangat aneh. Keanehan tak berhenti sampai di situ. Semua orang, anak anak sampai orang dewasa, yang berada di sekeliling pagar itu menggunakan pakaian yang sama: sepasang piama kelabu bergaris-garis, dengan topi garis garis di kepala mereka.


Bruno mengetahui bahwa dibalik pagar juga terdapat serdadu –serdadu, bahkn sekali ia melihat ayahnya berada di sana. Jika serdadu –serdadu itu sering diundang makan malam, anehnya tak satupun orang yang memakai piama abu-abu itu diundang ke rumahnya. Namun nasib akhirnya membawanya pada suatu kesempatan mendekati pagar yang tinggi itu. Walau ia tahu benar bahwa Ayah dan Ibunya memberi larangan keras. Di sanalah ia melihat seorang anak laki-laki yang berseragam dengan topi yang berwarna abu –abu itu. Tak ada sepatu ataupun kaus kaki yang melindungi kakinya. Di lengannya tedapat ban dengan tanda yang tak pernah dilihat sebelumnya. Dari percakapan singkat, Bruno mengetahui anak laki laki itu bernama Shmuel.


Pertemuan pertama mereka berlanjut dengan pertemuan – pertemuan berikutnya. Setiap kali Bruno datang, Shmuel pasti telah duduk menunggu.Bersama Shmuel, Bruno mulai menikmati kehidupannya di Out With. Walau hanya duduk dan berbagi cerita, itu sudah cukup. Tak terasa sudah berbulan –bulan berlalu sejak saat itu. Tak ada masalah. Sampai suatu hari Shmuel terlihat sangat sedih. Ternyata ia tak dapat menemukan ayahnya. Padahal sampai kemarin, shmuel masih menemuinya. Tak ingin melihat sahabatnya bersusah hati, Bruno berjanji akan membantu walau itu berarti ia meninggalkan banyak hal di luar sana. Bruno tak peduli.


**

Buku yang benar benar membuat saya kaget. Tak pernah menyangka jika akhir ceritanya seperti itu. Yang terbayang adalah suasana tempat Shmuel tinggal. Walau mungkin tempat itu tak lagi ada, namun di suatu tempat diluar sana, pasti ada bahkan mungkin jumlahnya ratusan. Mereka mungkin tidak mengenakan pakaian yang sama dengan Shmuel, namun penderitaan yang dialami mereka tak kalah perih.


Yah, buku ini memang bukan buku untuk anak kecil, walaupun bercerita tentang seorang anak kecil yang benar benar lugu. Sampai gemes ngeliat semua pertanyaan – pertanyaan yang diajukannya. Bahkan sampai terakhir pun, seertinya Bruno tak memahami apa yang sedang dilakukannya.

Buku yang aneh…
Membuat saya kembali bertanya tentang hal hal yang terjadi beberapa puluh tahun yang lalu
Nanya ma tante wiki ah…


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: raven on October 16, 2007, 04:45:37 pm
Buku yang bikin nangis  :cry:
(Lagi-lagi, buku bagus emang harus sad ending kah?)

Penulisnya hebat, dia bisa membuatnya dari sudut pandang anak kecil yang polos nan lugu (nan bodoh...). Sekaligus penulisnya mengetuk (mendobrak?) hati kita sebagai orang dewasa (atau yang merasa sudah dewasa).
(click to show/hide)


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ally on October 17, 2007, 05:02:59 am
hehehehe..banyak koq buku bagus yang ga sad ending. Buku yang satu itu TOP BGT dah

Saking lugunya pengen Ally timpuk..argh...
Sampai sekarang Ally blom nonton..hiks..


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: bubbydee on October 17, 2007, 10:25:50 am
udah dapet pinjeman bukunya sih
tapi sampe skrg blm sempat bc
bikin nangis yah?


Title: Re: My Scratches (Ally)
Post by: Ally on October 22, 2007, 06:56:33 am
Nangis sih nggak,tapi shocked iya.huah...anak yang benar benar lugu


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Cippy on December 26, 2007, 10:00:11 am
waktu hunting, Raina dpt buku ini. sayangnya tinggal satu
aku jg baru baca treadnya hari ini, nyesel euy gak beli ... :sad:
* :doa: mudah2an bulan dpn ada lagi*


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: saiko on December 28, 2007, 10:13:50 am
akhirnya dah baca juga
lugu banget tuh anak
cuma akhirnya menyedihkan, terharu juga sih


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: raina on December 28, 2007, 10:44:43 am
lha waktu itu padahal aku  uda nawarin cippy apa cippy yang mau ambil atau ngga kan? ;)
ternyata cippy ga mau... ya sudah :)

buku ini rain uda baca sebelum beli. dan buku ini memang bagus.
pas baca, jadi mikir: makanya kalo jadi orang tua itu harus bisa menjelaskan sejelas mungkin ke anaknya dan memang harus punya waktu untuk anaknya, ga bole sampe hilang perhatian, sesibuk apapun orang tua.
kalo ga... ntar kejadian kek bruno. nyeselnya kek apa coba, papanya?
dada rain sakit banget pas baca buku ini. salut buat pengarangnya :)


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ally on December 28, 2007, 03:35:31 pm
Iya...Bapaknya Bruno baru benar nyesal setelah tahu kalau anaknya tuh ternyata nyangkut di halaman sebelah. Fuh...


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: raina on December 28, 2007, 04:23:33 pm
yup, langsung letak jabatan dan pulang ke kampung halaman, bahkan ampe aga2 gila kan? kalo ga salah


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ally on December 28, 2007, 04:30:03 pm
Gimana nggak, anak sendiri akhirnya jadi korban di kamar gas
fuh...


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Cippy on January 02, 2008, 12:42:35 pm
lha waktu itu padahal aku  uda nawarin cippy apa cippy yang mau ambil atau ngga kan? ;)
ternyata cippy ga mau... ya sudah :)
waktu itu blm liat reviewnya :((

emang blm jodoh utk memiliki :tongue:


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ally on January 05, 2008, 12:10:22 pm
Ayo..setelah kite runner dan seribu matahari beli buku ini aja cip. Sayang yah masa diskon dah selesai


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ann-chan on May 07, 2010, 12:56:23 pm
oh ini ada bukunya ya? aku baru baru ini nonton filmnya di sekolah pas pelajaran B. Ing sayangnya gak sampai tamat karena jam pelajarannya udah abis. Ini cerita settingannya jaman Hitler kan?


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: raina on May 07, 2010, 02:09:50 pm
Betul, settingnya jaman Hitler. Dan bukunya jauh lebih keren (terutama di bagian ending), dibanding filmnya. :) Beli aja, tipis kok ;)


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ann-chan on May 07, 2010, 02:54:39 pm
oke deh, lagian aku nontonnya gak sampai tamat. Nanti aku coba coba cari. Lagian penasaran asap pembakaran apa yang diliat Bruno  :grin:


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: animemanga_mania on September 05, 2010, 12:07:07 am
Ini novel yg gue cari stgh mati sampe akhirnya berniat motokopi dr punta tmn saking ga rela klo cm minjem (cm buat pribadi kook hehe), tp ga jd krn AKHIRNYA nemu di gramedia MTA  :banana:

Gue nonton fiolmnya duluan baru baca novelnya, tp tetep ngasih chills yg sama  :smiley:
Msh ttp sakit ati klo inget endingnya, krn gue inget bgt selama nonton filmnya, gue udh sampe ngebayangin si Schuel ama si tokoh utamanya bnr2 bersahabat ampe gede  :cry:

(click to show/hide)


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ann-chan on October 22, 2010, 10:27:36 pm
Ah, aku udah menuntaskan nonton filmnya deh, ternyata tragis bener akhirnya!
Nggak nemu lagi aku bukunya di toko toko buku :'(


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: raina on October 28, 2010, 08:28:47 am
aku baca duluan baru nonton filmnya, jadi berasanya tuh film kurang menggigit. Soalnya ending yang di novel lebih terasa menyakitkan hati, menyesakkan dada, bikin nangis (hihihi... jadi lebay, tapi emang itu yang kurasa)


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: Ann-chan on December 22, 2010, 07:52:13 pm
aku baca duluan baru nonton filmnya, jadi berasanya tuh film kurang menggigit. Soalnya ending yang di novel lebih terasa menyakitkan hati, menyesakkan dada, bikin nangis (hihihi... jadi lebay, tapi emang itu yang kurasa)
Huu :'( Semakin ingin novelnyaaa


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: giselletw on January 26, 2011, 10:33:12 am
Biasanya kalo dah baca novelnya trus baca bukunya selalu deh bagusan baca novelnya...
Buku ini bagus deh ...tipis tp bermakna. Endingnya bikin merinding dan tangan gue jd lemeeesss dan dingiiinnnn. Dada gue kaya diremasss remass. Duuuhhh dapet banget deh feel-nya

Reviewnya disini : http://elketw.multiply.com/reviews/item/68 (http://elketw.multiply.com/reviews/item/68)


Title: Re: The Boy in the Striped Pajamas
Post by: upinson on June 21, 2011, 08:11:42 pm
Biasanya kalo dah baca novelnya trus baca bukunya selalu deh bagusan baca novelnya...
Buku ini bagus deh ...tipis tp bermakna. Endingnya bikin merinding dan tangan gue jd lemeeesss dan dingiiinnnn. Dada gue kaya diremasss remass. Duuuhhh dapet banget deh feel-nya

Reviewnya disini : http://elketw.multiply.com/reviews/item/68 (http://elketw.multiply.com/reviews/item/68)

coba deh mas ke TKP, keknya bagus juga...