Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.336 Posts in 16.864 Topics- by 44.360 Members - Latest Member: Rin Kenway
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahKOMIK ELEXFeedback (Moderators: greendroplet, smartie, raven, PaulW, shea, Usakuma, cherrycat)Kenapa Komik di Indo lama terbit???? (Baca Hal 1)
Poll
Question:
Menurutmu, mending kalo mo terbitin komik itu prioritas terbitin yang mana dulu?
Kelarin seri-seri yang sudah berjalan dulu dunk!
Seri baru! Judul baru! Banyak yang bagus nih!
Cetak ulang dunk yang jadul2! Khan bagus dulunya waktu tamat  setidak2nya 3-4 taon yg dulu..
Terbitin yang lebih antik aja.... judul2 10 taon yg lalu (yang masih berjaket), itu aja yg diterbitin dulu! Yg laen belakangan!

Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 22  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Kenapa Komik di Indo lama terbit???? (Baca Hal 1)  (Read 102704 times)
0 Members and 2 Guests are viewing this topic.
Alter
LX - Senior
****

Reputation: 4
Offline Offline

Posts: 930

Sarcasm best served with a smile and a cup of tea♪


Awards
« Reply #30 on: November 15, 2006, 05:52:49 pm »

@jiayuan = memang kualitas manga-zine di sini = kualitas versi tank; tapi justru itulah yang kayanya justru salah kaprah; kalo emang kualitas keduanya sama, buat apa kita beli dua2nya? mendingan beli manga-zine aja (boeat yang mau jalur cepat) ato nunggu tank-nya keluar.

@alvanov
uh, g agak lemah soal itung2an, tapi ini kayanya berkaitan dengan oplah majalahnya; dan gak mungkin orang2 disana mao masuk kerja ke penerbit kalo udah dibayang2i kerja ekstra keras dan gaji minimal lantaran perusahannya gak cari untung (kecuali kalo diiming2i baca gratis mungkin hehehe)
mengenai majalah khusus komik indo, bisa dimengerti sih keraguannya - sebenarnya g sendiri gak yakin kalo banyak yang mo beli seandainya majalah itu dirilis (dan kalo gak banyak yang beli, buat apa dijual? rugi dong ongkos cetaknya ya toh?)
kalo gak salah katanya ada rencana komik online ya? bisa lah kalo dipromosiin lewat situ (salah satu cara promosi lain adalah volume satunya dibundelin sama manga-zine untuk edisi perkenalan XD)
Logged
kurotan_dey
and HE SAID KNEEL !!!!!
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 12
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.891

and HE SAID KNEELLLL !!!!!!!!!!!!!


WWW Awards
« Reply #31 on: November 16, 2006, 01:02:09 am »

Maksudku, banyak komikus yang diplot akhirnya adalah dalam 1 kali kerja tu, langsung digeber 180 halaman... walaupun gak 1 bulan harus beres, cuma khan tetep aja staminanya bocor... liat aja, banyak yang nggak bisa konsisten 180 halaman kualitasnya setara... rata2 di 1/2 buku terakhirmulai menurun kualitas gambarnya... ini nyusahin & gak baik bagi industri kita...

mikir nih....
jadi di indo komikus kita masih mikir kalo harus buat 1 buku langsung yah enggak percapetr. gile bisa bonyok tuh gambar doanggg belom lagi ceritanya hueeee ngak kebayang deh.......

nggg kalo di jp komik tuh udah jadi industri sih mungkin diitung juga dengan oplah persekian yah (teing deh itungannya) kalo disini kaynya masih butuh perjuangan yah.
Logged

ENGGAK NYANGKAH HANYA DENGAN 1 KATA DAN DUNIA PUN BERGETAR

KNEELLLL

WAZKAKAKAKAKAKAK
alvanov
Guest
« Reply #32 on: November 16, 2006, 07:44:36 am »

mikir nih....
jadi di indo komikus kita masih mikir kalo harus buat 1 buku langsung yah enggak percapetr. gile bisa bonyok tuh gambar doanggg belom lagi ceritanya hueeee ngak kebayang deh.......

nggg kalo di jp komik tuh udah jadi industri sih mungkin diitung juga dengan oplah persekian yah (teing deh itungannya) kalo disini kaynya masih butuh perjuangan yah.

Yaa... kira2 begitulah, dey... ini pengalamanku lihat temen2 komikus yang kukenal yang ngajuin komiknya untuk diterbitin gak cuma di EMK, tapi di penerbit2 lain juga sama... pola pikir ini dah dari pelaku industrinya & berimbas ke komikusnya juga...

Gak cuma di Jp sih yang sistem industrinya bertahap... di US ama di Eropa juga begitu, itungannya per chapter... tapi dengan aplikasi yang beda. Kalo pernah brosing ke toko2 buku yang jual komik Amrik, khan ada edisi yang tipis sekitar 24-32 halaman tuh... nah, itu versi manga-zine USnya untuk komik mereka... kalo yang tank-nya, disana disebutnya Trade Paperback atau disingkat TPB. Di Eropa, komik2nya terbit di majalah model komik strip... jadi 1 komik selesai kayak "Tintin di Tibet" karya Herge... itu tuh baru selesai 2 thn albumnya...
Logged
Alter
LX - Senior
****

Reputation: 4
Offline Offline

Posts: 930

Sarcasm best served with a smile and a cup of tea♪


Awards
« Reply #33 on: November 16, 2006, 09:22:22 am »

Di Eropa, komik2nya terbit di majalah model komik strip... jadi 1 komik selesai kayak "Tintin di Tibet" karya Herge... itu tuh baru selesai 2 thn albumnya...

kayanya mirip2 dengan lembergar-nya poskota deh (cuman g gak inget, kalo itu keluarnya tiap hari ato tiap minggu), meskipun gak pernah dijilid.
jadi inget, waktu dulu g rajin menyewa komik si buta dari goa hantu (yang ini g sama sekali gak tau proses cetak bertahap ato gimana, abis sekali sewa langsung sekaligus banyak) laugh
Logged
alvanov
Guest
« Reply #34 on: November 16, 2006, 11:14:38 am »

kayanya mirip2 dengan lembergar-nya poskota deh (cuman g gak inget, kalo itu keluarnya tiap hari ato tiap minggu), meskipun gak pernah dijilid.
jadi inget, waktu dulu g rajin menyewa komik si buta dari goa hantu (yang ini g sama sekali gak tau proses cetak bertahap ato gimana, abis sekali sewa langsung sekaligus banyak) laugh

Heheheh... begitulah... di kita sih gak ada yang kepikiran untuk bikin tank dari komik strip yang udah dibuat... Padahal banyak loh, kayak Panji Koming, Komik Sepakbola, Tomat, etc... Tu semua dah ada tank-nya  laugh

Komik si Buta sebenernya bertahap loh, 1 buku 1 periode... bukuberikutnya beberapa minggu kemudian... seingetku loh
Logged
tikyut
VIP Members
LX - Frenzy
******

Reputation: 30
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 12.968


Awards
« Reply #35 on: November 16, 2006, 11:34:19 am »

Dulu.. tahun 95 an.. ada majalah khusus komik dalam negeri.. judulnya DELA...

Ada yang tau gak>?? ini sempet terbit 2 edisi terus ilang gitu aja...

someday i'll post the cover in here
Logged
smartie
bookaholic 书虫
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 258
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 24.872


ღ smartie™ ღ

  • Awards http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18693.0

  • WWW Awards
    « Reply #36 on: November 16, 2006, 12:32:09 pm »

    sekarang juga ada majalah empat bulanan
    SPLASH
    baru terbit edisi pertama sekitar agustus yang lalu
    Logged


    segala postingan yang menyinggung RAW/SCANS akan dihapus!
    sebelum bertanya, mohon baca FAQs FORUM dulu
    hindari penggunaan singkatan ga lazim! ini forum, bukan sms

    Please vote for J-Novel


    FYI: smartie is not an employee of Elex/KKG Tongue
    tikyut
    VIP Members
    LX - Frenzy
    ******

    Reputation: 30
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 12.968


    Awards
    « Reply #37 on: November 16, 2006, 12:47:02 pm »

    Splash?? ga pernah denger deh ...
    Logged
    alvanov
    Guest
    « Reply #38 on: November 16, 2006, 01:51:29 pm »

    Weleh.. Ke Kino deh, disana setumpuk majalah SPLASH bisa dibeli tuh... kompilasi komik buatan bu Machiko n the gank loh. Banyak yang bagus... cuma cape nunggunya 4 bulan sekalee geetoh loh ^^;;

    Majalah yang berkaitan ama komik dah banyak di negeri kita, tapi yang isinya murni kompilasi komik emang baru SPLASH ya... kalo ada yang penasaran tuk nyoba2 lihat ada SEQUEN & WIZARD Indonesia. Dua majalah ini ngebahas komik & masukin komik karya teman2 komikus lokal (especially SEQUEN)
    Logged
    tikyut
    VIP Members
    LX - Frenzy
    ******

    Reputation: 30
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 12.968


    Awards
    « Reply #39 on: November 16, 2006, 01:58:41 pm »

    tapi wizard kan komik2 model2 yang superhero gitu kan... pernah beli deh... kalo ga salah...full color and agak mahal
    Logged
    Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 22  All   Go Up
    Print
    Jump to: