Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.401 Posts in 16.875 Topics- by 44.549 Members - Latest Member: msaqibraza
Pages: 1 ... 10 11 12 13 14 15 16 [17] 18 19 20 21 22 23  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: PERJUANGAN MANGAKA sampai SUKSES^^  (Read 89211 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
aone
LX - Junior
**

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 228


Hmmmmmmmmmmmmmm.........


Awards
« Reply #160 on: March 17, 2007, 11:08:03 am »

Contoh kasus : komik Korea - mereka sukses menjadi new comer di Indonesia (yg pasti kalo udah go internasional, pasti di negrinya sendiri sukses juga). Komik kita pun seharusnya bisa seperti itu. Yah, saat ini selain komiknya, film serinya juga laku di Indonesia. Kalau diperhatikan, komik Korea itu hampir meniru abis gaya manga Jepang (walau sepertinya mereka punya ciri khas sendiri, ga tau apanya).
Oleh sebab itu, mereka cepat diterima di Indonesia yg udah Japan manga minded. Tapi, mereka tetap dikenali sebagai komik Korea. Kenapa? Karena nama2 di dalamnya memakai nama Korea.

Jadi, ini mungkin beberapa usulan untuk mengangkat komik Indonesia :
1. Artwork disarankan meniru gaya Jepang - karena ini yg sekarang sedang tren - ini strategi untuk menjaring pasar, tapi tetap punya cir khas sendiri. Boleh aja, gak memakai style Japan manga, tapi mungkin ini susah nembus pasarnya.
2. Usahakan memakai nama karakter, tempat en setting Indonesia - ini yg akan menjadi identitas. Tapi, juga jangan pake nama - yg kalo istilahnya tukul : NNDESOOO - misalnya Bejo, Inem, Paijo (maaf yg namanya kesebut  Grin Grin), hal tersebut berdampak buruk untuk menarik minat pembaca. Juga usahakan tidak memakai nama barat, jepang, cina, dll yg gak lazim di Indonesia - ini akan menghilangkan identitas. Nama umum seperti Andi, Liza, Yumi, Deni, Rani, Kevin, Ferry, dll cukup bagus kok.
O iya, jgn malu juga nama pengarang pake nama sendiri. Kalopun pake nickname, usahakan gak kebarat-baratan atau kejepang-jepangan - sekali lagi ini untuk mendukung identitas
Tapi, ini pengecualian untuk yg bikin cerita dg setting "antah berantah" - terserah aja itu sih
3. Buatlah cerita yg cukup dalam, sehingga menjadi panjang ceritanya - menjadi minimal 5 volume buku. Karena, menurut pengamatan sekarang, buku2 yg cuma 2-3 volume aja akan langsung dilupakan.
4. Jangan terlalu lama jarak antara satu volume dg volume lainnya, apalagi kalau jaraknya sampe setaun. Tapi, ini memang agak sulit dipenuhi, karena berhubungan langsung dengan SDM dan pendanaan.
5. Buat cover sebagus mungkin. Artwork di dalamnya juga mesti bagus juga dan konsisten, jgn sampe pembaca kecewa ngeliat cover bagus tapi isinya amburadul. O iya, buat artwork yg penuh tapi rapi, karena terlalu kosong - jelek, terlalu penuh tapi njelimet juga gak bagus
6. Buat karya yg banyak. Banjiri pasar dg komik Indonesia, ini taktik supaya karya anak negri terlihat oleh konsumen dan gak lagi tertutup-tutupi manga Jepang yg emang udah banjir di pasar

Ok itu aja. Moga bermanfaat
Maap kepanjangan  Tongue laugh Grin Wink  iloveusign
 
Logged
aone
LX - Junior
**

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 228


Hmmmmmmmmmmmmmm.........


Awards
« Reply #161 on: March 17, 2007, 11:16:42 am »

g4ronk :
Nah ini nih, jgn suka kabur en merasa desperate dg negri sendiri dulu
Tapi kalo kabur sementara untuk nyari ilmu en pengalaman sih boleh aja
Jgn2 g4ronk mo kabur juga nih

Fiuhh ............ hari ini semangat banget ya postingnya he he he
Banyak ngasih saran, tapi sendirinya belum ngasih karya sendiri Grin
Sory, belum punya scanner sendiri
Ok deh, hari ini juga cari scanner! (yg murah aja) laugh
Logged
g4ronk
lurker
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 8.429

nekko


WWW Awards
« Reply #162 on: March 17, 2007, 11:55:24 am »

kalau bisa dan memungkinkan gw pasti ud kabur ^^
Logged

The devil who you canít win against no matter what you do is cunning and has the face of a goddess (◎_◎;)
Mahdafius
LX - Member
***

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 708


MERDEKA^o^/`


Awards
« Reply #163 on: March 17, 2007, 09:53:19 pm »

aone dalem sekali bahasannya, ntar ntar perlu waktu untuk masuk pencernaan
malam mingguan nggak cukup mencernanya
sukses deh, aku sampe ngga bisa berkata2 lagi
terus n tetep SEMANGATT BERKARYA FRENN!!! gangstauzi gangstauzi

sensei Novinha bantulah para murid2mu ini untuk mengikuti jejakmu

garonk emang namanya ya garonk, moga-moga bisa jadi garonk hati pembaca komik indonesia dengan karya2mu yang Keren-keren ntar gangstauzi

raina nggak nyangka aku itu komik bikinan pejuang yang deket denganku, selama ini kemana aku ya
silakan kabari temuanmu yang lain, kutunggu dari gua pertapaan laugh


Logged

raina
The Watcher
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 27
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.486

nya nya nya nya~ petok~


Awards
« Reply #164 on: March 17, 2007, 10:12:31 pm »

temuan apa ya? kok raina jadi bingung?
Logged

Dilarang keras:
1. Spamming
2. Flamming
3. Crossposting
4. Posting konten ilegal
Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
Tambahan: Dilarang mengemis karma!
Mahdafius
LX - Member
***

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 708


MERDEKA^o^/`


Awards
« Reply #165 on: March 17, 2007, 10:21:05 pm »

temuan karya-karya keren dari Indonesia
pengen ikut anzu jadinya ya
siapa sih yang nggak pengen
ke Jepang, negeri impianku
yukkk ikut! udah siapin kopornya kan? pesawatnya berangkat bentar lagi!! heartbeat heartbeat
Logged

raina
The Watcher
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 27
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.486

nya nya nya nya~ petok~


Awards
« Reply #166 on: March 17, 2007, 10:24:45 pm »

mahda: hehe, gak bisa ikut. kaki raina dirante :P
oh, karya2 yg bagus ya... ada tuh Mr. Clown... entah karya siapa. bagus juga ^^; dari segi emosi uda masuk
Logged

Dilarang keras:
1. Spamming
2. Flamming
3. Crossposting
4. Posting konten ilegal
Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
Tambahan: Dilarang mengemis karma!
Mahdafius
LX - Member
***

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 708


MERDEKA^o^/`


Awards
« Reply #167 on: March 17, 2007, 10:44:55 pm »

ah sayang sekali
biarkan aku melepaskan rantainya
dengan apa yang aku bisa
biarkan jasad dirantai asalkan jiwa bebas lepas
sungguh
percaya deh jiwa nggak akan bisa dirantai, meski kita dipasung sekalipun

"pengucilan orang-orang padaku adalah pertapaan dan renungan
pengusiran orang-orang padaku adalah tamasya
dan kematian yang datang padaku adalah gerbang kebebasan"

he he maaf aku tanggapi serius, jadi ngayal yang nggak-nggak nih ;P
Logged

yushie
BYJ
LX - Kidz
LX - Senior
*

Reputation: 4
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.378

BYJ - life can show no mercy, but Lord has mercy


WWW Awards
« Reply #168 on: March 18, 2007, 07:16:39 am »

@raina
nggak apa2 kok...
pendapat orang beda2..

@aone
Pendapat kita sama persis yah...
coba liat postinganku di halaman 7/8...
Logged

VisitMyMemberBlog-->CupCupBimbi
VisitMyFriendster-->www.profile.friendster.com/chottomattekudasai

FollowMeOnTwitter-->http://twitter.com/yushiechiang
setelah6tahunMenjadiMemberEMOYushieMasihMenjadiLXKidz Grin
raina
The Watcher
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 27
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.486

nya nya nya nya~ petok~


Awards
« Reply #169 on: March 20, 2007, 06:55:06 pm »

hehe, mahda... ga usah ditanggapi serius la, kl yg itu :)
yushi: yup, sankyu
Logged

Dilarang keras:
1. Spamming
2. Flamming
3. Crossposting
4. Posting konten ilegal
Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
Tambahan: Dilarang mengemis karma!
Pages: 1 ... 10 11 12 13 14 15 16 [17] 18 19 20 21 22 23  All   Go Up
Print
Jump to: