Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

609.067 Posts in 17.037 Topics- by 48.192 Members - Latest Member: MarianoGlo
Elex Online ForumDiskusi UmumFreeTalk LXOLXO News Channel (Moderators: light ^^, smartie, camolatte)Pembajakan (termasuk pembajakan komik digital / manga scan)
Pages: 1 ... 24 25 26 27 28 29 30 [31] 32 33 34 35 36   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Pembajakan (termasuk pembajakan komik digital / manga scan)  (Read 216863 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 451
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 19.023


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« on: May 18, 2009, 10:46:17 am »

Buat yang membaca harian Kompas awal bulan ini, pasti menyadari adanya laporan United State Trade Representatives-Priority Watch List yang mengemukakan peningkatan peringkat Indonesia, dari negara yang sejak 2006 masuk di Watch List, kini di 2009 Indonesia masuk di Priority Watch List di mata internasional.

Ini quote dari berita online :
Quote
Jumat, 01/05/2009 11:26 WIB

Washington - Amerika Serikat (AS) menempatkan Indonesia dalam daftar hitam pelanggar Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Bersama Kanada dan Algeria, Indonesia pun gabung dengan negara seperti Rusia dan China yang telah lama dikategorikan sebagai pembajak HaKI kelas berat.

Adalah lembaga US Trade Representative (USTR) yang merilis laporan tersebut dalam tajuk 'Special 301'. Indonesia pun bakal terus diawasi pemerintah negeri Paman Sam karena masuk kategori 'Priority Watch List'. Padahal, sebelumnya Indonesia baru masuk ke kategori 'Watch List'.

Mengenai Indonesia, laporan itu intinya memaparkan bahwa 'hanya ada sedikit kemajuan dalam perlindungan HaKI dan pelaksanaaan Undang-undang sejak tahun 2006'. Padalah dikatakan, negara-negara di Asia Tenggara lainnya sudah membuat langkah yang menjanjikan.

"Pemerintah sepertinya melangkah mundur dari beberapa kemajuan yang telah dibuat sebelumnya," demikian tertera dalam laporan tersebut seperti dilansir AFP dan dikutip detikINET, Jumat (1/5/2009).

Total sebanyak 77 negara partner perdagangan AS di-review dalam laporan terbaru untuk tahun 2009 tersebut. Mereka dimasukkan dalam beberapa kategori yakni Priority Watch List, Watch List atau Monitoring List.

Negara yang masuk dalam Priority Watch List seperti Indonesia dikatakan tidak menyediakan perlindungan HaKI yang layak ataupun akses pasar bagi mereka yang mengandalkan HaKI.

Selain Indonesia, Algeria, Kanada, China dan Rusia, negara-negara lain yang tahun ini masuk dalam kategori Priority Watch List adalah Argentina, Chile, India, Israel, Pakistan, Thailand dan juga Venezuela.

Pihak Amerika Serikat pun akan melakukan berbagai diskusi bilateral untuk memperbincangkan masalah ini dengan negara-negara tersebut.


Dan ini sedikit quote dari perwakilan dan juru bicara BSA di Indonesia mengenai dampaknya yang akan merugikan kita sendiri :
"Saat ini Indonesia masuk ke dalam Priority Watched List, sebagai balasan dari tingginya tingkat pembajakan di Indonesia. Barang-barang yang berasal dari Indonesia atau negara lain yang masuk dalam Priority Watched List, akan dikenai biaya masuk yang besar,"


Tentu saja yang akan kena dampaknya tidak hanya barang yang akan KELUAR dari Indonesia tapi juga barang yang akan MASUK ke Indonesia, ijin buku-buku terjemahan dan komik tentu saja termasuk. Dengan kalimat ini, semoga ada pemahaman temen2 akan dunia manga di Indonesia ini akan semakin bagaimana jika ini terus berlanjut. So comment anyone?




Ada artikel menarik, thanks to rouge ^^

U.S., Japanese Publishers Unite Against Manga Scan Sites (Updated)
(click to show/hide)

Bagi yang sering menjustifikasi bahwa situs pembajakan digital itu tidak merugikan dunia perkomikan, silahkan baca artikel ini.
Editor: Foreign Manga Scanning Led to Japanese Uploads
(click to show/hide)

Dari Blog Pop Culture Jepang (tautan tidak disertakan karena banyak iklan gambar yang tidak layak ditampilkan) :
Shonen Jump to Pirate Scum: “This is War!”
(click to show/hide)

“US Manga Sales Plunge 20% in 2009, Scanlation to Blame!”
(click to show/hide)

Black Lagoon Writer: “I Hope You Manga Pirates Get Cancer”
(click to show/hide)

Black Butler's Mangaka: “Pirates are Nothing but Immoral Thieves”
(click to show/hide)

Dan ada yg menyinggung komik EBooks? Tanpa kertas tidak berarti lebih murah, malah sebaliknya.
Shogakukan Online Manga DRM Crippled, Pricier Than Paper
(click to show/hide)

New Anti-Piracy Bill Proposed in U.S. Senate
(click to show/hide)

Japanese Teen Arrested for Distributing Manga Online
(click to show/hide)

[news] UU Baru Jepang Terhadap Pengunduh Komik Online

UPDATE
Agustus 2014, Pemerintah Jepang Memulai Gerakan Anti Pembajakan Anime dan Manga

About the LAW
UU Indonesia
(click to show/hide)

(click to show/hide)

(click to show/hide)

UU Internasional
(click to show/hide)

(click to show/hide)

(click to show/hide)

(click to show/hide)

(click to show/hide)

(click to show/hide)

« Last Edit: January 12, 2016, 10:21:37 am by camolatte » Logged





 
SXTP
LX - Junior
**

Reputation: 4
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 228


Awards
« Reply #301 on: December 11, 2013, 11:29:42 pm »

Sekedar sharing aja. Sepertinya untuk manga jenis yaoi cara ini ga berlaku. Soalnya kalau diperiksa bea cukai, manga yang mengandung pornografi akan dimusnahkan atau dire-ekspor. Ini pengalaman pribadi saya beli via toko online manga yaoi & artbook dari salah satu judul manga yaoi. Gara-gara kejadian seperti itu saya trauma mau beli manga dari Jepang. Maksud hati mau mendukung komikusnya dengan beli versi aslinya malah kena masalah di bea cukai  
itu kalau manga yaoi-nya safe sekalipun juga kena? cuma pernah beli novel strawberry panic terbitan amrik, dan kayaknya sampai dengan selamat. (no aku ga bakal bisa belajar bahasa jepang  )

takutnya kalau mau beli manga yuri entar diapa2in :(
« Last Edit: December 11, 2013, 11:31:44 pm by SXTP » Logged
poretto
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 56



Awards
« Reply #302 on: December 14, 2013, 01:40:04 pm »

itu kalau manga yaoi-nya safe sekalipun juga kena?
Kurang tahu juga ya. Soalnya setelah cari-cari, ketemu download an manganya (bahasa mandarin) kayaknya termasuk hardcore. Kalau yang artbook waktu itu sempat lihat sekilas ada gambar topless.
Saya pribadi sudah ga mau lagi beli via toko online, takut kena masalah lagi di bea cukai. Sudah habis waktu 2hari untuk di kantor bea cukai (gara-gara ini sampai ga masuk kerja), harus keluar uang lagi untuk biaya re-ekspornya (kalau ga mau bayar, barangnya diambil sama orang bea cukai mau dimusnahkan)
« Last Edit: December 14, 2013, 01:41:50 pm by poretto » Logged
Marsella Azuela
LX - Member
***

Reputation: 8
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 648


M.A.Z.U


Awards
« Reply #303 on: July 30, 2014, 10:22:54 pm »

[setelah sekian lama menghilang akhirnya muncul lagi]
Sekarang lagi kaget sama kabar pemblokiran situs manga anime. Kukira cuman satu dua, tapi kelihatannya sekarang akan sangat sulit mendownload bahkan membaca atau menonton dari internet... masalahnya berita ini datang tiba-tiba jadi kagetnya minta ampun. Kalau Manga sih masih aman karena beberapa manga di Jepang ada lisensi di Indonesia, sedangkan Anime. Kan kasihan orang yang gak punya duit harus nonton lewat tv kabel.

Pas kelas 2 SD kalau gak salah anime legal masih di jual di supermarket (harganya kelewat murah lagi skitar 7500 gitu... CMIW), tapi sekarang anime legal udah jadi anime-anime buat anak kecil. Dulu masih kejamanan itu yang namanya anime D.N Angel, tapi sekarang udah gak ada anime begituan, adanya anime-anime yang main kartu gitu... (lupa judulnya)

Semoga aja setelah kejadian ini, orang-orang kembali membeli manga anime secara legal, entah itu dari internet maupun secara fisik kayak buku cetak atau DVD gitu. Bukan malah menjadi mencari kesempatan di dalam kesempitan (make proxy segala macem lah aku gak ngerti biggrin).

Intinya... gak selamanya gratis itu baik untuk kesehatan (?)
Dalam masalah ini saya berada di golongan putih, tidak memihak piracy maupun pemerintah jepang... cuman bisa berdoa agar Anime masih bisa ditonton di Indonesia  doa doa

Oh ya nemu disini http://jurnalotaku.com/2014/07/30/situs-gerakan-anti-pembajakan-anime-dan-manga-oleh-pemerintah-jepang-sudah-mulai-diluncurkan/
Logged

Tolong Vote J-Novel di sini butuh 500!!!
Tolong Vote J-Novel di sini butuh 500!!!
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 451
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 19.023


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #304 on: August 04, 2014, 08:42:27 am »

Good info untuk situs MAG  icon14 semoga dengan demikian, para creative creator bisa kembali terisi nafkahnya, nafkah tidak melulu ditelan pembajak dan prospek hidup sebagai mangaka dan animator lebih cerah serta hasil karya terapresiasi jadi termotivasi semakin menarik dan kreatif.

Untuk di Indonesia, semoga dengan demikian, akan menjadi menarik bagi stasiun tv non kabel juga untuk membeli lisensi tayang anime2 yg cukup hype. Saat ini hal tersebut kurang menarik karena salah satu alasan sudah dibajak dan beredar di internet. :)
Logged





okta92
LX - Evangelis
*****

Reputation: 26
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.054

May the force be with you


Awards
« Reply #305 on: August 04, 2014, 10:27:51 am »

Untuk semua orang yang mencintai Manga dan Anime

Terima kasih telah mencintai produk ini.
Terima kasih atas selera yang baik terhadap konten.
Terima kasih telah melindungi masa depan Manga dan Anime.
    
Terus hentikan pembajakan
Kami adalah Manga-Anime Guardians.




Mulai bulan Agustus, pemerintah Jepang beserta penerbit manga dan perusahaan anime memulai gerakan anti pembajakan anime dan manga. Hal ini dilakukan mengingat semakin banyaknya situs yang mengupload anime dan manga secara illegal. Manga-Anime Guardians (MAG) pun segera meminta kepada situs-situs yang selama ini mengupload anime dan manga secara illegal untuk menghapus kontennya.

Ini adalah proyek besar yang diimplementasikan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Asosiasi Distribusi Konten Luar Negeri (CODA), bekerja sama dengan produsen konten anime dan manga yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian: Aniplex, Kadokawa, Good Smile Company, Kodansha, Sunrise, Shueisha, Shogakukan, ShoPro, Studio Ghibli, Tezuka Productions, Toei Animation, TMS Entertainment, Bandai Namco Games, Pierrot dan Bushiroad.
Fyi, dampak dari pembajakan secara online selama ini telah mencapai 2 Trilyun Yen (sekitar 230 Trilyun Rupiah)




Gerakan anti pembajakan ini juga disertai dengan dibentuknya situs Manga-Anime-Here. Apa fungsinya?

klik gambar untuk detail


Manga-Anime-Here akan menjadi wadah dimana versi resmi dan legal dari anime dan manga bisa dinikmati secara mudah. Bukan hanya itu, proyek besar ini juga diharapkan bisa membangun masa depan yang cemerlang untuk industri anime dan manga. Penggemar yang memiliki passion untuk berkarya pun diharapkan bisa ikut berkontribusi sehingga kedepannya masa depan industri anime dan manga akan jauh lebih cerah

::Video dari Manga-Anime Guardians::
Manga-Anime Guardians Small | Large


Thanks infonya @Marsella Azuela  Wink

Klik sumber untuk info lebih lengkap :)

Sumber: Jurnal Otaku
« Last Edit: August 04, 2014, 11:07:27 am by okta92 » Logged

REX
Imut dan lucu
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 179
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 6.687


Why so serious, desu?


Awards
« Reply #306 on: August 04, 2014, 11:38:13 am »

Entah pendapat saya ini masuk kategori pesimis atau realistis... Azn

Yang namanya internet itu kan... yah, tahulah: sekali masuk ke sana, nggak bakalan ke mana-mana (tinggal tergantung jagonya google-fu kita aja). Dan satu lagi: mati satu, tumbuh seribu. Satu situs konten ilegal mati, ribuan (oke, yang ini agak lebay) situs lain bermunculan.

Cara yang kayaknya paling ampuh untuk mencegah pembajakan, yaa, jangan sampai diupload. Dan hal inilah yang nyaris mustahil dilakukan... kecuali pemerintah Jepang punya sistem deteksi super-duper canggih kayak precog di Minority Report (atau Sybil di Psycho-Pass Grin)

Intinya, selama masih banyak yang cari (atau cari-cari) pembenaran (pasti adaaaa aja. Alasan andalan sih ketiadaan/keterbatasan akses) untuk mengonsumsi produk bajakan, kurasa pihak industri hiburan (film, serial TV, komik, buku, komik, apapun) pasti bakal kalah (minimal) selangkah dengan para pembajak. Mencegah, membatasi, atau melarang... Makin dilarang malah makin penasaran dan makin berontak. Dunno, human nature?

Jadiiii, "obat" yang paling manjur rasanya nggak jauh-jauh: di dalam diri kita. Mungkin bisa dimulai dengan... perasaan bersalah (karena udah menikmati suatu karya hiburan - yang nggak gratis - tanpa memberi sepeser pun bagi penciptanya yang udah capek-capek bikin)?

Just my 2 cents rupiah Grin
Logged
SXTP
LX - Junior
**

Reputation: 4
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 228


Awards
« Reply #307 on: August 04, 2014, 02:18:46 pm »

welp aku cuma tertarik sama rusuh2nya reaksi terhadap MAG ini karena aku tahu, tanpa perubahan sistem penjualan yang ada (atau peningkatan intensitas lisensi), penghabisan pembajakan apapun ga bakal banyak berpengaruh sama penjualan rill.

lagipula MAG ini juga barat-sentris dan rasanya ga terlalu banyak berguna jika hal beginian terlalu dipikiran di belahan dunia timur yang ga banyak dijadikan fokus.

loyalis akan tetap menjadi seorang loyalis dan pembajak akan mencari hal gratis lain atau terus melawan.
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 451
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 19.023


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #308 on: August 04, 2014, 04:24:31 pm »

Memang kembali ke kepribadian masing-masing seperti yang Rex katakan.

Yang peduli akan beradaptasi dan menerima regardless ada kendala dengan sistem penjualan yg SXTP utarakan, atau apa pun. Dan yang tidak peduli, tidak akan menerima walau apa pun telah disediakan dengan pembenaran dan ketidakpuasan apa pun.

Tapi bisa dikatakan usaha-usaha demikian adalah bagian dari cara dan harapan untuk semakin membawa yang tadinya tidak peduli atau yang di tengah menjadi lebih peduli.




Terjemahan: "Saya seorang seniman, tapi ini tidak berarti saya akan berkarya dengan gratis. Saya juga ada tagihan yang harus dibayar seperti Anda. Seni bukanlah kenikmatan masa kecil yang disalurkan hanya untuk kesenangan semata. Seni adalah waktuku, usahaku, pekerjaanku, dan apa yang kulakukan untuk menafkahi hidupku. Terima kasih untuk pengertiannya."
Logged





stephanie istalri
I'm ...
LX - Member
***

Reputation: 9
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 562

Salah satu orang yang anti mainstream


Awards
« Reply #309 on: August 04, 2014, 05:35:46 pm »

Hmmm, aku dah denger kabarnya dari FB, grup, dsb, dan sekarang dari forum LXO. Wkt itu aku kira gak bakal banyak pengaruh, eh ternyata pas berita ini meluas gini jd heboh banget, terutama dikalangan temen2 yg tukang ngedonlot manga2 (awalnya juga aku agak gak percaya, percayanya juga pas lagi buka salah satu web penyedia manga ilegal, si ownernya bilang,"cepetan donlot sekarang sebelum web ini ditutup" <<<yah kira2 seperti itulah ngomongnya)

Setuju ma Rex dan SXTP thumb up
Makin dibasmi makin menjamur. Dan ingat, orang2 itu akan semakin kreatif dalam membajak sesuatu. Dan, mengingat banyak manga gak bisa terbit di Indo (ah, alesan ini itulah) para pembajak juga akan terus bersemangat membajak manga, apapun rintangan yang harus dilalui, bajak terus !!!

Dan kalau dipikir2, pembajakan manga seperti ini juga lumayan menguntungkan, apalagi untuk situs2 yang meminta donasi.

Reaksinya udah keliatan, sptnya menjelang pembasmian ini justru akan meningkat jumlah kerugian yang dialami. Sesudah dibasmi, pembajakan mungkin akan terus berlanjut alias kerugian akan tetap dialami (walau mungkin kerugiannya akan lebih sedikit), lalu ketika para pembajak merasa bahwa keuntungan mereka berkurang, mereka akan mencari celah lain, yaitu pembajakan secara offline. Mungkin mereka akan menjualnya dalam bentuk CD (paling cuma modal beli CDnya aja)

Sama aja ceritanya spt ini,"semakin banyak peraturan, semakin banyak juga pelanggaran" Semakin dibasmi, semakin banyak. (Klo g percaya, liat d rmh aku, tuh rumput liar makin dibasmi makin banyak)

Pembajakan manga diindo pasti akan terus berlanjut, percayalah. Pembajakan windows aja banyak gt walau udah dibasmi juga. Masih aja ada banyak yg jual CD bajakannya (klo g percaya mah, liat aja ke mangdu)

Jadi, cuma satu yang bisa melawan pembajakan, yaitu kesadaran dari sang pembaca (bahwa itu ilegal, dan dia seharusnya gak baca). Dan kesadaran dari si pembajak (bahwa ia tidak boleh membajak karya orang lain, mungoin sinpembajak ini harus ngerasainkalo karya dia di bajak) krn, penikmat bajakan hanya menikmati, kesalahan pun ada pada si pembajak.

Sori kalo ini berbelit2 dan tidak berurutan. Ciri khas aku banget :v

@camolatte: ijin pasang tuh gambar di pp, menarik :)
« Last Edit: August 04, 2014, 07:35:33 pm by stephanie istalri » Logged

If you win, you need not to explain ...

If you lose you should not be there to explain!
Androis
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3


Wonder If I can collect all of my favourite comics


Awards
« Reply #310 on: October 29, 2015, 08:40:30 am »

 Cheesy Forum ini masih hidup g ya? masih banyak tuh situs baca manga gratis blm terblokir.saya lbh suka baca komik aslinya.Walaupun skrg agak susah cari buku terbitan lama di gramedia,tapi saya masih berusaha nyari org yg jual komik eks-kolpri.
« Last Edit: October 29, 2015, 08:42:58 am by Androis » Logged
Pages: 1 ... 24 25 26 27 28 29 30 [31] 32 33 34 35 36   Go Up
Print
Jump to: