Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.375 Posts in 16.874 Topics- by 44.498 Members - Latest Member: tusssecbeli1989
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: MARCO POLO : From Venice to Xanadu  (Read 4295 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.828


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« on: May 19, 2009, 02:06:12 pm »

MARCO POLO : From Venice to Xanadu
Laurence Bergreen


Pemesanan & informasi, hubungi :
GRAMEDIA DIRECT
Telp.
(62-21) 536 50 110 / 111 ext. 3901 / 3902
hubungi kami
Email: cs@gramediapublishers.com
Online Service / Layanan Online: www.gramedia.com
Suggestion & Complain / Saran & Keluhan: keluhan@gramediapublishers.com


DIRECT SELLING Surabaya
Telp. (62-31) 841 2913 
hubungi kami


http://elexmedia.multiply.com/reviews/item/812

Nyaris semua orang kenal Marco Polo. Paling tidak pernah mendengar namanya, atau samar-samar ingat apa yang dikatakan guru sejarah ketika masih duduk di bangku sekolah dulu. Ada yang mengatakan dia seorang pelaut ulung, seorang laksamana, seorang saudagar bahkan petualang.

Lalu, apa sebenarnya yang sudah dilakukan Marco Polo sampai namanya sangat terkenal hingga detik ini? Jika pertanyaan ini dilontarkan ke khalayak ramai, pasti cara menjawabnya mulai ragu-ragu, kalau tidak malah terdiam sama sekali sambil menggelengkan kepala. Marco Polo dikenang sebagai orang pertama yang melakukan perjalanan terencana dan terpetakan dari Eropa (Venesia/Italia) ke Asia (Cina).

Berkat perjalanannya itu, maka terbukalah rute dagang antara Eropa ke Asia yang sebelumnya pada masa itu masih dianggap berbahaya dan uncharted, alias belum terpetakan. Berkat Marco Polo pula, kerajaan-kerajaan di Eropa mendapat informasi detil yang sangat berharga mengenai Asia. Salah satu pencapaian Marco Polo adalah ketika dia berhasil diterima dengan baik oleh Kubilai Khan di Cina, bahkan menurut beberapa sumber, dia bahkan dianugerahi sebuah jabatan oleh Khan dalam pemerintahannya.

Selain itu, Marco Polo tercatat pernah melakukan perjalanan hingga ke wilayah India. Perjalanannya itu dituangkan oleh Marco Polo dalam “The Travels”, kumpulan catatan perjalanannya ke Asia. Dibanding sebuah buku yang memang ditulis dan dipersiapkan dengan baik, “The Travels” lebih merupakan kompilasi jurnal-jurnal Marco Polo yang (menurut beberapa kritikus) kurang terorganisir dengan baik dan cenderung sangat subyektif sifatnya. Adalah Laurence Bergreen, penulis Amerika yang pernah memenangkan penghargaan, serta penulis beberapa buku best selling, seperti Magellan, Al Capone, Irving Berlin dan Louis Armstrong (dua yang terakhir adalah musisi kenamaan), mencoba menulis sebuah biografi Marco Polo berdasarkan data langsung dari buku “The Travels”.

Hasilnya adalah sebuah buku berjudul “Marco Polo: From Venice to Xanadu”, yang akan menjadi buku pertama dari Aperio Books. Seberapa menarik Bergreen menulis biografi ini? Dibanding dengan bukunya terdahulu, Over the Edge of the World: Magellan’s Terryfying Circumnavigation of the Globe, isi kisah Marco Polo memang dianggap kurang menarik dari sisi jangkauan penjelajahannya.

Wajar memang, Magellan berkelana keliling dunia, sementara Marco Polo “hanya” membuka rute yang menghubungkan Eropa dan Asia. Namun sebaliknya Bergreen dinilai telah berhasil memparafrasekan “The Travels” menjadi sebuah cerita diri Marco Polo yang layak dikonsumsi oleh pembaca selayaknya membaca sebuah novel petualangan! Dan sebenarnya di sinilah letak kekuatan dari karya-karya biografi Bergreen. Membuat tokoh-tokoh yang sudah mati menjadi seakan “hidup” kembali dan sangat dekat dengan kita.


Editor’s Note
- Akurat
- Komprehensif
- Berdasarkan sumber asli "Travels" (catatan perjalanan orisinal Marco Polo)
- Cara penceritaan yang dinamis, tidak membosankan
- Memuat detil kehidupan di Eropa maupun Asia pada zaman itu


Spesifikasi Buku
Id Produk: 777091047
Nama Editor: Eko N.
Kategori: HUMANIORA
Ukuran: 18 X 24 CM
Tebal: 600 Hal
ISBN: 9789792751017
Harga: Rp. 118800
Tgl. Rencana STO: 27 Mei 2009
Target Pengguna:
- Umum
- penggemar sejarah dan petualangan
- Mahasiswa sejarah, antropologi dan budaya
- Dosen, sejarawan
« Last Edit: May 29, 2009, 04:12:24 pm by camolatte » Logged

Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: