Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.292 Posts in 16.862 Topics- by 44.131 Members - Latest Member: jacwaciten1985
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: SEJARAH DUNIA KUNO - Susan Wise Bauer  (Read 9794 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.826


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« on: November 24, 2010, 11:05:10 am »

SEJARAH DUNIA KUNO: Dari Cerita-Cerita Tertua Sampai Jatuhnya Roma
Susan Wise Bauer


Pemesanan & informasi, hubungi :
GRAMEDIA DIRECT
Telp.
(62-21) 536 50 110 / 111 ext. 3901 / 3902
hubungi kami
Email: customercare@gramedia.com
Online Service / Layanan Online: www.gramedia.com
Suggestion & Complain / Saran & Keluhan: keluhan@gramediapublishers.com

DIRECT SELLING Surabaya
Telp. (62-31) 841 2913 
Email: cs.retail@surabaya.elexmedia.co.id

Klik cover untuk memperbesar

http://ow.ly/OqIcg

Membaca karya Bauer ini seperti menonton sebuah film-film sejarah kolosal, seperti Alexander The Great atau Julius Caesar.

Pembaca tidak dibiarkan berlama-lama larut dalam kebosanan membaca fakta-fakta sejarah seperti kejadian, tanggal, tahun dan nama pelaku. Nama pelaku sejarah dalam buku ini tidak hanya sekadar nama untuk dihapalkan, melainkan mempunyai kekuatan pribadi, atau dengan kata lain, menjadi sebuah karakter penentu jalannya cerita. Kejadian pun bukan hanya diuraikan sebab akibatnya, melainkan dipaparkan dengan hidup, dilengkapi fakta-fakta lain yang biasanya diabaikan dalam buku sejarah lainnya, seperti peninggalan arkeologi, peta dan alur waktu (time line).


...

“This was the end of the old Rome. But it would turn out to be the rise of something much more powerful, both for good and for evil.” (p.777).

...


Apa yang terlintas di benak kita ketika membaca ending sebuah buku seperti di atas? Dan bukan sembarang buku, melainkan sebuah buku sejarah dengan tebal nyaris 800 halaman? Pertama kali ketika saya menerima buku tersebut, setelah puas melihat judul, sinopsis, review dan acknowledgement-nya, saya langsung membuka (karena iseng, memang), halaman terakhir di mana terdapat kalimat terakhir dari ‘buku berat’ ini.

Waktu itu imaji yang terlintas di benak saya adalah sebuah ending yang ‘tidak biasa’ untuk sebuah buku sejarah, tidak datar, tidak monoton, tapi menyimpan sebuah ‘sisa akhir’ dari rangkaian aksi luar biasa sebelumnya, sekaligus menjanjikan sebuah ‘episode’ berikutnya yang lebih memukau. Seperti menonton bagian akhir dari Lord of The Rings episode pertama atau kedua. Ada kesan kepuasan, pemenuhan (accomplishment), dan pencerahan dari babak yang baru saja kita lewati. Sebuah ending yang sungguh ‘hidup.’

Kesan ini sesungguhnya memang terdapat di seluruh bagian buku The History of the Ancient World, From the Earliest Account to the Fall of Rome, karya penulis sejarah Susan Wise Bauer. Membaca karya Bauer ini seperti menonton sebuah film-film sejarah kolosal, seperti Alexander The Great atau Julius Caesar. Pembaca tidak dibiarkan berlama-lama larut dalam kebosanan membaca fakta-fakta sejarah seperti kejadian, tanggal, tahun dan nama pelaku.

Nama pelaku sejarah dalam buku ini tidak hanya sekadar nama untuk dihapalkan, melainkan mempunyai kekuatan pribadi, atau dengan kata lain, menjadi sebuah karakter penentu jalannya cerita. Kejadian pun bukan hanya diuraikan sebab akibatnya, melainkan dipaparkan dengan hidup, dilengkapi fakta-fakta lain yang biasanya diabaikan dalam buku sejarah lainnya, seperti peninggalan arkeologi, peta dan alur waktu (time line).

Bauer sendiri ketika diminta menulis ini cukup ragu-ragu. Bayangkan, dia (yang kini mengajar di College of William & Mary, Virginia, AS) harus menulis sebuah buku sejarah dunia lama yang komprehensif. Menurut penuturannya, siapa pun yang mendengar proyek yang ia kerjakan itu, pastilah akan menertawakannya.

Namun, berkat arahan dan support dari editornya di W.W. Norton, New York, Bauer menerima tantangan ini dan menuliskan semuanya dengan gaya naratif yang unik. Hasilnya? Sebuah buku tentang sejarah dunia lama yang sangat komprehensif (dan pasti tebal), namun tetap enak dibaca, bahkan oleh orang awam sekali pun.


Editor’s Note
* Catatan sejarah Dunia Lama (dari manusia mengenal tulisan hingga runtuhnya Roma) yang ditulis dengan sangat menarik
* Sangat komprehensif
* Tidak hanya memuat "official account" namun juga memuat hal-hal yang biasanya tidak dibahas di dalam sejarah, yakni epik, folktales, artefak sejarah (yang biasanya dibahas di antropologi)
* Gaya penulisan bertutur/bercerita (story telling), bukan paparan (eksposisi) seperti buku sejarah pada umumnya

Rating
4.11* - Goodreads
4.2* - Amazon


Spesifikasi Buku
ID: 777151193   
ISBN: 9786020267135
Format Cover: Soft Cover + Kuping + Rel
Editor: Eko Nugroho
Kategorisasi: NON FIKSI > EMK-HUMANIORA > EMK-SOCIAL SCIENCES
Ukuran: 15 X 23
Harga: Rp. 199,800
Est. Terbit: 17-Jun-2015
Tebal: 1,000 Hlm
Target Pengguna:
* mahasiswa/dosen sejarah
* sejarawan
* umum yang berminat ke bidang sejarah dan ingin membaca buku sejarah dunia lama tanpa berkesan "belajar"
« Last Edit: June 17, 2015, 05:09:25 pm by camolatte » Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.826


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #1 on: June 12, 2015, 03:54:36 pm »

UPDATE untuk post #1, perubahan informasi disesuaikan dengan edisi terbaru yang akan rilis di minggu ketiga Juni 2015 :)
Logged

Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: