Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.336 Posts in 16.864 Topics- by 44.357 Members - Latest Member: MerryMcNic
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahNOVEL - Fantasi, Roman & True Story (Moderator: Hayuuable)Ther Melian: REVELATION - Shienny Megawati Sutanto
Pages: [1] 2 3  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Ther Melian: REVELATION - Shienny Megawati Sutanto  (Read 14078 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.828


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« on: April 15, 2011, 03:44:23 pm »

Ther Melian: REVELATION
Shienny Megawati Sutanto


Pemesanan & informasi, hubungi :
GRAMEDIA DIRECT
Telp.
(62-21) 536 50 110 / 111 ext. 3901 / 3902
hubungi kami
Email: customercare@gramedia.com
Online Service / Layanan Online: www.gramedia.com
Suggestion & Complain / Saran & Keluhan: keluhan@gramediapublishers.com


DIRECT SELLING Surabaya
Telp. (62-31) 841 2913  
Email: cs.retail@surabaya.elexmedia.co.id

Klik cover untuk memperbesar

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150148817296149


Vrey, pencuri andal anggota komplotan Kucing Liar, terbiasa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keinginannya. Valadin, Elvar terhormat yang menjalani hidupnya sebagai seorang Eldynn, kesatria suci yang bersumpah melindungi sesamanya. Kisah mereka terjalin di Ther Melian, sebuah benua tropis kecil yang diselimuti kabut dan misteri.

Vrey memburu harta legendaris yang diimpikan setiap pencuri. SedangValadin menjalankan misi rahasia untuk mengembalikan kejayaan bangsanya. Pencarian masing-masing membawa mereka dalam petualangan yang luar biasa, dan pada akhirnya mempertemukan mereka... Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Akankah mereka berakhir sebagai teman atau musuh? Inilah PEMBUKAAN dari kisah mereka...


Editor’s Note
Merupakan kisah fantasi lokal, yang ceritanya berpusat pada sebuah benua bernama Ther Melian yang karakteristiknya mirip dengan Indonesia; seperti terletak di khatulistiwa, dengan hutan, tanaman, dan satwa khas Indonesia (komodo).

Dunia Ther Melian didiami berbagai ras, dengan berbagai satwa mistis, dan bentang alam yang memukau (dilengkapi peta). Ceritanya tentang seorang gadis pencuri dan seorang kesatria Elvar yang rela mengobankan apa pun untuk mencapai apa yang mereka impikan. Ini adalah buku pertama dari trilogi Ther Melian.

Bonus: Pembatas Buku


Spesifikasi Buku
ID: 188110784
ISBN: 9789792798661
Editor: Desy
Target Pengguna: umum dan penggemar fantasi
Harga: Rp. 66.800
Ukuran: 12.5 X 19.5 Cm
Cover: Soft Cover
Tebal: 448
Terbit: 27-Apr-11
Media: NOVEL
Kelompok: FIKSI
Kategori: FANTASI
« Last Edit: May 07, 2013, 10:13:40 am by camolatte » Logged

shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #1 on: April 15, 2011, 04:39:46 pm »

Thanks Elex :)


follow Ther Melian on Facebook and Twitter @thermelian

Ther Melian pages at Goodreads http://www.goodreads.com/book/show/11045775-revelation



Best Regards

The Author  Wink




Camo: cuma edit link gambar supaya bisa diklik fullsize Smiley
« Last Edit: April 18, 2011, 08:37:56 am by camolatte » Logged
shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #2 on: May 02, 2011, 06:23:52 pm »

We cordially invites you to the launching of Ther Melian Revelation,
for further info/ RSVP, click the link below:

http://www.facebook.com/event.php?eid=117195681696845

Just in case the link won't open, here are the essential details:

Ther Melian: Revelation (Launching & Book Signing)

Location: TB. Gramedia Grand City Mall Surabaya, Jalan Gubeng Pojok, Surabaya

Time: ‎4:00PM Sunday, May 8th 2011





Best Regards

The Author
« Last Edit: May 07, 2011, 08:58:12 am by shiennyms » Logged
shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #3 on: May 09, 2011, 10:11:27 pm »

Acara launching buku pertama Tetralogi fantasi Ther Melian diselenggarakan pada hari Minggu, 8 Mei 2011 di Gramedia Grand City Mall.  Acara ini diadakan di area kosong depan kasir yang memang dikhususkan untuk acara-acara seperti launching dan bedah buku.
 
Acara launching yang diproyeksikan akan dihadiri sekitar 20 orang ini ternyata akhirnya kebanjiran pengunjung. Pihak toko buku sampai harus mendatangkan kursi baru di tengah-tengah acara untuk menampung para penonton yang meluber di depan area kasir. Beberapa penonton bahkan harus rela menonton sambil berdiri.




Apa kiranya yang membuat acara launching ini menjadi istimewa?
Pertama, acara sejenis ini adalah  yang pertama kalinya diadakan di Gramedia Grand City Mall. Kedua, tema dari buku yang diluncurkan pada acara ini, yaitu fantasi, yang selalu memiliki penggemar setia di kalangan pembaca. Walaupun novel fantasi saat ini telah banyak beredar, namun  novel fantasi lokal yang diterbitkan penerbit besar seperti Elex Media Komputindo masih sangat jarang, bahkan mungkin bisa dikatakan Ther Melian adalah novel fantasi lokal pertama  yang diterbitkan Elex Media.
 
Nah,  apa yang membuat novel ini menjadi istimewa sehingga salah satu penerbit buku terbesar di Indonesia tertarik untuk meliriknya? Dan bagaimana kiat-kiat penulisnya hingga dapat menembus penerbit besar?
 
Pembawa acara Sdri. Lenny  Diana dan para pengunjung yang hadir pun mencoba mencari tahu jawabannya langsung dari sang novelisnya sendiri, Shienny M.S.
 

photo by : Julius Dicky
 
Acara diawali dengan perkenalan diri oleh Shienny, yang sehari-harinya berprofesi sebagai seorang Dosen jurusan Visual Communication Design Universitas Ciputra selama lima tahun terakhir. Karir Shienny sendiri di dunia tulis-menulis berawal sejak sepuluh tahun yang lalu, semenjak karya pertamanya—sebuah komik—diterbitkan Elex Media. Hingga kini, Shienny telah menghasilkan sepuluh karya, baik fiksi maupun non fiksi—sebelas apabila Ther Melian juga dihitung.
 
Latar belakang Shienny sebagai penggemar segala sesuatu yang berbau fantasi, baik novel, film, komik, anime, dan—terutama—video game, mendorongnya untuk menuliskan karya fantasi ini.
Shienny lalu mengisahkan bahwa ia  menulis keseluruhan tetralogi ini dalam kurun waktu tiga tahun. Di mana sebagian besar waktunya habis untuk proses brainstorming dan pencarian ide.
 
Proses tersebut dimulai saat Shienny terpikir sebuah ide sederhana, yaitu menulis sebuah novel fantasi tanpa tokoh ‘jahat’. Setelah berkutat dengan ide-idenya sekian lama, Shienny akhirnya memutuskan untuk menulis novel yang berkisah tentang dua orang yang sangat berbeda. Seorang pencuri licik dan kesatria suci, yang menempuh jalan yang berbeda untuk memenuhi ambisinya masing-masing, hingga akhirnya bertemu di suatu titik dalam cerita. Di situlah pembaca akan diajak untuk bertanya-tanya dan memikirkan apa yang akan terjadi di antara mereka. Pembaca juga diajak untuk menilai moralitas setiap tokoh, karena tidak ada tokoh yang benar-benar baik maupun yang benar-benar jahat dalam novel ini, semuanya hanya bergantung bagaimana cara memandang suatu permasalahan.
 
Sebagai seorang dosen visual dan ilustrator, Shienny juga banyak menuangkan idenya dalam bentuk visual. Berbagai coretan ide, rancangan tokoh, dan adegan-adegan dalam cerita dibuatnya jauh sebelum menuliskan novelnya sendiri. Menurutnya, coret-coretan itu membantunya membayangkan cerita dengan lebih baik dan menuliskannya ke dalam novel.
 
Karena merancang novel fantasi, Shienny harus benar-benar memeras imajinasinya, tidak hanya dia merancang kisah dan tokoh, tetapi segala sesuatu di dalam dunia yang diciptakannya. Termasuk ras, suku bangsa, makhluk-makhluk ajaib, bahkan bahasa.
 
Hal menarik yang patut dicatat dalam kreasinya adalah Shienny menyelipkan beberapa elemen unik asli Indonesia ke dalam dunia ciptaannya. “Saya menyadari bahwa ini adalah sebuah novel fantasi yang berseting di dunia imajinasi saya,” katanya. “Namun sebagai seorang warga Indonesia yang bangga dengan kekayaan alamnya, saya ingin memasukkan walau hanya satu atau dua saja dari keanekaragaman tersebut.”
 
Hasil rancangan Shienny tersebut berupa ‘komodo’ versi dunia Ther Melian. Komodo yang diciptakannya memang tidak sama dengan komodo yang kita kenal. Komodo ciptaan Shienny adalah herbivora, selain itu hewan tersebut juga berjalan dengan dua kaki belakangnya, dan dapat dijadikan hewan tunggangan. Bahkan komodo adalah salah satu transportasi utama di dunia Ther Melian yang diciptakannya.  Di buku selanjutnya dia juga berniat memasukkan elemen-elemen serupa. “Untuk seri kedua akan ada gajah yang bisa ditunggangi, dan hutan yang terinspirasi oleh hutan hujan Indonesia,” jelasnya.
 
Saat ditanya mengenai bagaimana kiatnya menembus penerbit besar, Shienny menekankan pada pentingnya si penulis dalam menyelesaikan naskah mereka dan mengeditnya sebaik mungkin sebelum diajukan. “Setiap hari, penerbit menerima banyak sekali naskah, mereka tentu akan memprioritaskan naskah yang sudah selesai dan matang.” Selain itu, Shienny juga membagi beberapa tips lain untuk para pengunjung. “Saat mengirimkan naskah kepada penerbit, usahakan untuk selalu melengkapinya dengan cover letter, loglines, blurb, dan sinopsis yang jelas.”
 
Cover letter, adalah selembar surat yang menerangkan kepada penerbit mengenai buku yang kita tulis, seperti keunikan dan keistimewaannya, serta sedikit tentang latar belakang kita sebagai penulis. Loglines adalah intisari dari novel itu sendiri, biasanya ditulis tidak lebih dari dua kalimat saja. “Melalui logline harus sudah bisa terbaca dengan jelas apa tema utama dari novel kita,” jelas Shienny. Sedangkan blurb adalah ringkasan pendek yang biasanya terdapat pada cover belakang buku. “Blurb tidak perlu ditulis terlalu detail,” Shienny menjelaskan. “Berilah keterangan secukupnya yang membuat orang penasaran. Berbeda dengan sinopsis, di mana cerita novel harus dipadatkan dan dikisahkan ulang dengan detail, namun harus diingat bahwa panjang sinopsis tidak boleh melebihi sepuluh halaman. Hal-hal itu akan membantu penerbit saat menyeleksi naskah, dan memperbesar peluang naskah kita untuk dilirik, ketimbang kita hanya mengirimkan sekian ratus halaman novel saja.”
 
Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat diminati pengunjung, pihak panitia bahkan sampai kehabisan goodie bag untuk diberikan pada pengunjung yang bertanya, tapi nampaknya hal tersebut tidak mengurangi antusiasme pengunjung.
 

photo by : Julius Dicky
 
Sebelum menutup acara, Shienny memberikan bocoran gambar cover untuk novel Ther Melian seri dua yang akan diluncurkan bulan Juni yang akan datang. “Gambar cover ini memang khusus saya persembahkan untuk pengunjung Gramedia Grand City Mall hari ini,” jelasnya. “Gambar ini tidak akan saya munculkan lagi di mana-mana sampai bukunya terbit.” Setelah itu acara ditutup dengan pemutaran video teaser Ther Melian dan sesi penandatanganan buku.  (Doc by : Elisa)
 
video teaser Ther Melian :
Small | Large

 
Foto-foto lain dari acara: http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150242628914402.367628.240372134401
Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #4 on: May 10, 2011, 04:32:55 pm »

Well... well... nice try... Hope that this book will beat "Rainbow Troops" in terms of sales and popularity... And hopefully can make it into the movie... clap
Logged

shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #5 on: May 11, 2011, 04:42:48 pm »

thank you for your support  heartbeat

so far Ther Melian has been well accepted by public  icon14 can' wait to publish the 2nd book
Logged
shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #6 on: May 13, 2011, 11:47:43 am »

Hello LX-ers

Here's Ther Melian Character Sheet to accompany you in your weekend :
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150249636999402.368683.240372134401
get to know these beautiful characters  before you read the book  heartbeat

You can also participate in the favorite character pool, right here:
http://www.facebook.com/home.php?sk=question&id=10150249658204402&qa_ref=qd

have a nice weekend  inlove
Logged
shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #7 on: May 20, 2011, 09:55:38 am »

Download TherMelian wallpaper

for your PC & standard monitor http://on.fb.me/kgIp73

for your Mac & widescreen http://on.fb.me/jSzqdB

enjoy ur Friday everyone :)
« Last Edit: May 20, 2011, 11:19:54 am by shiennyms » Logged
kosmos
LX - Babes


Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 11



Awards
« Reply #8 on: May 20, 2011, 11:40:43 pm »

aku baru selesai bacanya, bagus loooo keren ceritanya (apalagi Valadin nya, tapi Karth sama Eizen juga keren)
lanjutannya keluarnya kapan ya? udah nggak sabar nih, penasaran :
Logged
shiennyms
LX - Noob
*

Reputation: 5
Offline Offline

Posts: 76



Awards
« Reply #9 on: May 24, 2011, 08:32:35 am »

hi kosmos, thanks udah baca Ther Melian  thanks

lanjutannya akan keluar sekitar akhir Juni atau awal Juli  heartbeat
Logged
Pages: [1] 2 3  All   Go Up
Print
Jump to: