Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.142 Posts in 16.725 Topics- by 41.606 Members - Latest Member: umla
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahBooks Review (Moderators: BY Eko Sulistiono, smartie, camolatte)Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
Poll
Question:
Bagaimana menurutmu tentang buku ini secara keseluruhan?
Bacaan yang WAJIB dikoleksi - 6 (85.7%)
Sangat menarik untuk diikuti - 0 (0%)
Lumayan lha - 1 (14.3%)
Tidak menarik - 0 (0%)
Heh?? Buku apa sih ini?? - 0 (0%)
Total Voters: 7

Pages: [1] 2 3  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm  (Read 12534 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« on: June 06, 2011, 09:47:40 am »



Sinopsis:
Perumpamaan adalah teknik yang sangat efektif untuk mengajar dan memengaruhi pikiran manusia. Ajahn Brahm tampaknya sangat paham akan hal itu. Dia memberikan 108 kisah luar biasa untuk mengubah kepribadian pembaca ke arah yang positif. Kisah-kisahnya sederhana, tapi sangat inspiratif. Penuh dengan pesan moral sekaligus lucu dan unik. Seperti mengajarkan rumus fisika lewat pertunjukan drama yang kocak.

Cerita yang dituturkan bervariasi, dari kisah nyata, legenda, sampai fabel atau cerita binatang. Masing-masing kisah hanya sepanjang sekitar tiga halaman. Jadi, proses membacanya menjadi nyaman dan tidak melelahkan. Pengalaman penulis sebagai Sarjana Fisika di Cambridge dan sebagai petapa selama puluhan tahun telah memperkuat pola pikir dan wawasannya. Karena itulah, ceramahnya di rumah sakit, penjara, dan rumah duka selalu ramai didatangi pengunjung.

Pada halaman pertama saja, terpapar cerita yang sangat indah. Saat itu, Brahm sedang membangun sebuah wihara. Seusai menyemen bata-bata untuk membuat tembok, dia memandangnya dengan bangga. Lalu, dia tersadar telah salah menyusun dua buah bata. Semua bata lain tersusun rapi, tapi ada dua bata yang miring dan tampak jelek. Alhasil, temboknya jadi terlihat sangat buruk.

Tiap ada tamu yang datang, Brahm selalu menjauhkan mereka dari tembok tadi. Sampai suatu hari ada tamu yang melihatnya. Dia berkata, “Itu adalah tembok yang indah!” Brahm terkejut dan menanyakan apa dia tidak melihat dua bata jelek itu. Lalu, tamu itu menjawab, “Saya bisa melihat dua bata jelek itu, tapi saya juga bisa melihat 998 batu bata yang bagus.” Brahm tertegun. Sejak saat itu, dia bisa melihat bata lain yang tersusun sempurna. Selama ini, dia hanya fokus pada kesalahannya dan melupakan hal baik lainnya. Kini, tembok itu menjadi sangat indah dan entah bagaimana dua bata itu seolah menghilang.

Banyak orang bercerai karena yang mereka lihat adalah dua bata jelek dari pasangannya. Sering, kita stres karena yang kita perhatikan adalah dua bata jelek dari kehidupan. Tiap orang punya “dua bata jelek”, tapi jauh lebih banyak bata bagus dalam diri kita. Saat kita melihatnya, semua akan menjelma menjadi “tembok yang indah”.

Buku ini ditutup dengan kesimpulan yang cerdas. Terkuaklah alasan mengapa buku yang berjudul asli "Opening the Door of Your Heart" ini diterjemahkan secara “liar” menjadi "Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya". Perumpamaannya begitu beragam, tapi hanya ada satu tujuan, yaitu mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


Sumber: resensi buku

(click to show/hide)
« Last Edit: June 06, 2011, 10:15:19 am by BEN 10 » Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #1 on: June 09, 2011, 12:24:26 pm »

Per April 2011, buku ini sudah dicetak ulang sebanyak 17x (pertama terbit tahun 2009).

Btw, tidak adakah yang membaca buku ini? mikir
Logged

ASHURATOU
Tyki Mikk's Mun
LX - Senior
****

Reputation: 40
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.273

Live between Black & White


WWW Awards
« Reply #2 on: June 09, 2011, 02:19:11 pm »

saya baca n beli juga.
semua karangan Ajahn Brahm saya beli :D

Bhante bener bener hebat :D , salut pada beliau :D
Logged

heartbeat We are part of BIG FAMILY name "EMOer - LXO"heartbeat

my DA :
http://ashurasakurahime.deviantart.com
http://ashura-sakura-hime.tumblr.com
Wink
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #3 on: June 09, 2011, 04:04:52 pm »

saya baca n beli juga.

Cerita apa yang paling berkesan (selain dua batu bata)?
Logged

ASHURATOU
Tyki Mikk's Mun
LX - Senior
****

Reputation: 40
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.273

Live between Black & White


WWW Awards
« Reply #4 on: June 09, 2011, 04:25:21 pm »

Hm... secara keseluruhan semua cerita bagus. yang berkesan yang waktu kunjungan Bhante ke Penjara di Australia. Trus yang seorang wanita yang merasa bersalah banget karena menyebabkan sahabatnya mati n pacar sahabatnya cacat. bagi Shura sih semua berkesan, (totalnya 108 cerita membuka pintu hati) , yang agak seru waktu menceritakan pengalaman Bhante awal awal tahun menjadi Bhikkhu dan perjuangannya. (apalagi ada bahas tentang Gurunya Ajahn chah) XD

untuk vol 1 si Cacing  ceritanya cukup ringan, lucu tapi berisi.
di vol 2 sudah mulai agak "masuk" , masih lucu tapi sudah mengupas lebih dalam dan detail.
untuk yang Hore!Guru si Cacing datang juga seru, menceritakan hal hal dibalik layar kunjungan Bhante ke seluruh Indonesia, lengkap dengan foto foto juga :)

Shura sangat senang karena buku ini diterbitin di Indonesia juga akhirnya.

Ben baca yang mana?
Logged

heartbeat We are part of BIG FAMILY name "EMOer - LXO"heartbeat

my DA :
http://ashurasakurahime.deviantart.com
http://ashura-sakura-hime.tumblr.com
Wink
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #5 on: June 10, 2011, 02:14:21 pm »

Ben baca yang mana?

Saya baru aja beli dan belum sempat baca sampai abis. Tetapi isi bukunya memang sangat bagus. clap
Logged

m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #6 on: June 10, 2013, 12:06:09 pm »

Re: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
buku apaan sih cacing dan kotorannya? aneh bener judulnya.
Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #7 on: June 10, 2013, 01:01:17 pm »

Re: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
buku apaan sih cacing dan kotorannya? aneh bener judulnya.

baca aja, bagus kok...
ak dah baca ampe yg  ke3, tp blum abis d baca...

isinya itu seperti tntang filsafat hidup gitu, tentang makna hidup..... pokoknya bagus biggrin
Logged
m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #8 on: June 10, 2013, 01:02:43 pm »

ooo kaya filsafat toh ga gitu tertarik sih ama filsafat tapi nanti saya coba baca deh masih ada ga ya di gramedia stoknya hehe thanks infonya
Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #9 on: June 10, 2013, 01:09:30 pm »

ooo kaya filsafat toh ga gitu tertarik sih ama filsafat tapi nanti saya coba baca deh masih ada ga ya di gramedia stoknya hehe thanks infonya

yup, sama2 ^^
kalo gramedia tempat tinggalku sih stoknya masih ada, ato coba aja pesan d webnya gramediaonline

hmm, ceritanya lbih tentang kehidupan sih, bagaimana pandangan dari Bhante Ajahn Brahm tentang kehidupan
Logged
Pages: [1] 2 3  All   Go Up
Print
Jump to: