Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.334 Posts in 16.864 Topics- by 44.337 Members - Latest Member: winifredlr2
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahBooks Review (Moderators: BY Eko Sulistiono, smartie, camolatte)Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
Poll
Question:
Bagaimana menurutmu tentang buku ini secara keseluruhan?
Bacaan yang WAJIB dikoleksi - 6 (85.7%)
Sangat menarik untuk diikuti - 0 (0%)
Lumayan lha - 1 (14.3%)
Tidak menarik - 0 (0%)
Heh?? Buku apa sih ini?? - 0 (0%)
Total Voters: 7

Pages: 1 2 3 [All]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm  (Read 12700 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« on: June 06, 2011, 09:47:40 am »



Sinopsis:
Perumpamaan adalah teknik yang sangat efektif untuk mengajar dan memengaruhi pikiran manusia. Ajahn Brahm tampaknya sangat paham akan hal itu. Dia memberikan 108 kisah luar biasa untuk mengubah kepribadian pembaca ke arah yang positif. Kisah-kisahnya sederhana, tapi sangat inspiratif. Penuh dengan pesan moral sekaligus lucu dan unik. Seperti mengajarkan rumus fisika lewat pertunjukan drama yang kocak.

Cerita yang dituturkan bervariasi, dari kisah nyata, legenda, sampai fabel atau cerita binatang. Masing-masing kisah hanya sepanjang sekitar tiga halaman. Jadi, proses membacanya menjadi nyaman dan tidak melelahkan. Pengalaman penulis sebagai Sarjana Fisika di Cambridge dan sebagai petapa selama puluhan tahun telah memperkuat pola pikir dan wawasannya. Karena itulah, ceramahnya di rumah sakit, penjara, dan rumah duka selalu ramai didatangi pengunjung.

Pada halaman pertama saja, terpapar cerita yang sangat indah. Saat itu, Brahm sedang membangun sebuah wihara. Seusai menyemen bata-bata untuk membuat tembok, dia memandangnya dengan bangga. Lalu, dia tersadar telah salah menyusun dua buah bata. Semua bata lain tersusun rapi, tapi ada dua bata yang miring dan tampak jelek. Alhasil, temboknya jadi terlihat sangat buruk.

Tiap ada tamu yang datang, Brahm selalu menjauhkan mereka dari tembok tadi. Sampai suatu hari ada tamu yang melihatnya. Dia berkata, “Itu adalah tembok yang indah!” Brahm terkejut dan menanyakan apa dia tidak melihat dua bata jelek itu. Lalu, tamu itu menjawab, “Saya bisa melihat dua bata jelek itu, tapi saya juga bisa melihat 998 batu bata yang bagus.” Brahm tertegun. Sejak saat itu, dia bisa melihat bata lain yang tersusun sempurna. Selama ini, dia hanya fokus pada kesalahannya dan melupakan hal baik lainnya. Kini, tembok itu menjadi sangat indah dan entah bagaimana dua bata itu seolah menghilang.

Banyak orang bercerai karena yang mereka lihat adalah dua bata jelek dari pasangannya. Sering, kita stres karena yang kita perhatikan adalah dua bata jelek dari kehidupan. Tiap orang punya “dua bata jelek”, tapi jauh lebih banyak bata bagus dalam diri kita. Saat kita melihatnya, semua akan menjelma menjadi “tembok yang indah”.

Buku ini ditutup dengan kesimpulan yang cerdas. Terkuaklah alasan mengapa buku yang berjudul asli "Opening the Door of Your Heart" ini diterjemahkan secara “liar” menjadi "Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya". Perumpamaannya begitu beragam, tapi hanya ada satu tujuan, yaitu mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


Sumber: resensi buku

(click to show/hide)
« Last Edit: June 06, 2011, 10:15:19 am by BEN 10 » Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #1 on: June 09, 2011, 12:24:26 pm »

Per April 2011, buku ini sudah dicetak ulang sebanyak 17x (pertama terbit tahun 2009).

Btw, tidak adakah yang membaca buku ini? mikir
Logged

ASHURATOU
Tyki Mikk's Mun
LX - Senior
****

Reputation: 40
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.273

Live between Black & White


WWW Awards
« Reply #2 on: June 09, 2011, 02:19:11 pm »

saya baca n beli juga.
semua karangan Ajahn Brahm saya beli :D

Bhante bener bener hebat :D , salut pada beliau :D
Logged

heartbeat We are part of BIG FAMILY name "EMOer - LXO"heartbeat

my DA :
http://ashurasakurahime.deviantart.com
http://ashura-sakura-hime.tumblr.com
Wink
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #3 on: June 09, 2011, 04:04:52 pm »

saya baca n beli juga.

Cerita apa yang paling berkesan (selain dua batu bata)?
Logged

ASHURATOU
Tyki Mikk's Mun
LX - Senior
****

Reputation: 40
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.273

Live between Black & White


WWW Awards
« Reply #4 on: June 09, 2011, 04:25:21 pm »

Hm... secara keseluruhan semua cerita bagus. yang berkesan yang waktu kunjungan Bhante ke Penjara di Australia. Trus yang seorang wanita yang merasa bersalah banget karena menyebabkan sahabatnya mati n pacar sahabatnya cacat. bagi Shura sih semua berkesan, (totalnya 108 cerita membuka pintu hati) , yang agak seru waktu menceritakan pengalaman Bhante awal awal tahun menjadi Bhikkhu dan perjuangannya. (apalagi ada bahas tentang Gurunya Ajahn chah) XD

untuk vol 1 si Cacing  ceritanya cukup ringan, lucu tapi berisi.
di vol 2 sudah mulai agak "masuk" , masih lucu tapi sudah mengupas lebih dalam dan detail.
untuk yang Hore!Guru si Cacing datang juga seru, menceritakan hal hal dibalik layar kunjungan Bhante ke seluruh Indonesia, lengkap dengan foto foto juga :)

Shura sangat senang karena buku ini diterbitin di Indonesia juga akhirnya.

Ben baca yang mana?
Logged

heartbeat We are part of BIG FAMILY name "EMOer - LXO"heartbeat

my DA :
http://ashurasakurahime.deviantart.com
http://ashura-sakura-hime.tumblr.com
Wink
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #5 on: June 10, 2011, 02:14:21 pm »

Ben baca yang mana?

Saya baru aja beli dan belum sempat baca sampai abis. Tetapi isi bukunya memang sangat bagus. clap
Logged

m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #6 on: June 10, 2013, 12:06:09 pm »

Re: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
buku apaan sih cacing dan kotorannya? aneh bener judulnya.
Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #7 on: June 10, 2013, 01:01:17 pm »

Re: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
buku apaan sih cacing dan kotorannya? aneh bener judulnya.

baca aja, bagus kok...
ak dah baca ampe yg  ke3, tp blum abis d baca...

isinya itu seperti tntang filsafat hidup gitu, tentang makna hidup..... pokoknya bagus biggrin
Logged
m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #8 on: June 10, 2013, 01:02:43 pm »

ooo kaya filsafat toh ga gitu tertarik sih ama filsafat tapi nanti saya coba baca deh masih ada ga ya di gramedia stoknya hehe thanks infonya
Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #9 on: June 10, 2013, 01:09:30 pm »

ooo kaya filsafat toh ga gitu tertarik sih ama filsafat tapi nanti saya coba baca deh masih ada ga ya di gramedia stoknya hehe thanks infonya

yup, sama2 ^^
kalo gramedia tempat tinggalku sih stoknya masih ada, ato coba aja pesan d webnya gramediaonline

hmm, ceritanya lbih tentang kehidupan sih, bagaimana pandangan dari Bhante Ajahn Brahm tentang kehidupan
Logged
m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #10 on: June 10, 2013, 01:12:27 pm »

mau tanya lagi hehe sori byk tanya apa buku ini kira2 sama seperti buku CONFUCIOUS?
Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #11 on: June 10, 2013, 01:15:28 pm »

mau tanya lagi hehe sori byk tanya apa buku ini kira2 sama seperti buku CONFUCIOUS?

hmm, sebelumnya maaf
(click to show/hide)
Logged
m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #12 on: June 10, 2013, 01:22:07 pm »

yah ada kaya filsafat hidup juga gitu deh, yg sy baru baca sih itu kaya komik CONFUCIOUS hehe
Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #13 on: June 10, 2013, 01:24:16 pm »

hmmm, mungkin sama juga mikir

(click to show/hide)
Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #14 on: June 10, 2013, 01:40:08 pm »

yah ada kaya filsafat hidup juga gitu deh, yg sy baru baca sih itu kaya komik CONFUCIOUS hehe

Gak samalah... nono Buku ini berisi kumpulan kisah2 yang didalamnya memuat pesan moral...

(click to show/hide)
Logged

m4vericks41
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35


Awards
« Reply #15 on: June 10, 2013, 01:41:13 pm »

Re: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya--Ajahn Brahm
ooo ic ic ok deh thanks infonya mo jalan dulu ke gramedia hehe
Logged
samira
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 12



WWW Awards
« Reply #16 on: November 30, 2013, 01:08:25 pm »

Lucu, Pada kisah yang terakhir no 108, Temannya Dewa yang berubah jadi Cacing dan ada pada kotoran tidak mau di ajak/dibawa ke surga. jadi, Surga adalah dimana kita merasa cukup dan bahagia dengan keadaan kita saat itu...Menarikk...:)
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #17 on: December 20, 2013, 01:12:39 pm »

Lucu, Pada kisah yang terakhir no 108, Temannya Dewa yang berubah jadi Cacing dan ada pada kotoran tidak mau di ajak/dibawa ke surga. jadi, Surga adalah dimana kita merasa cukup dan bahagia dengan keadaan kita saat itu...Menarikk...:)

Wah pemahaman Anda cukup mendalam. Ane cuman sampai pemahaman bahwa kita tidak bisa merubah nasib seseorang tapi harus orang itu sendiri. Dalam kasus si cacing, temannya yang seorang dewa berusaha membawa si cacing ke surga tetapi si cacing tidak mau karena dia masih melekat dengan kekotoran bathin (yang dilambangkan dengan taik). Kekotoran bathin dalam dunia nyata menurut ane adalah harta, seks dan jabatan.
Logged

erwinmaya
LX - Babes


Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 5



Awards
« Reply #18 on: March 26, 2014, 09:16:51 am »

buku ini adalah satu satunya buku yang membuat saya terinspirasi dan termotivasi dengan kalimat dan paragrafnya yang indah sekali, rekomen deh bukunya
Logged

Les AKONG: Bimbel Yang Menyediakan Les IB, Les International School dan Les Lainnya.
rozzana
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 59


WWW Awards
« Reply #19 on: March 26, 2014, 12:40:52 pm »

sempat liat bukunya di toko tapi belum ada duit buat beli. maybe next time. kayaknya bagus :)
Logged
daryatno
LX - Member
***

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 336

Back In Black


Awards
« Reply #20 on: April 26, 2014, 01:25:40 pm »

Sepertinya asik...
Coba beli ah.. Wink
Hehe,, iyung itung nunggu komik kesayangan terbit,,
Hehe
Logged

Pesan Ka Annie: jangan berani oot kalo gak mau ilang reput Cry
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #21 on: May 16, 2014, 05:27:05 pm »

Dibeli aja dijamin cerita-cerita di dalamnya bakal membuka hati kita. iloveusign
Logged

okta92
LX - Evangelis
*****

Reputation: 26
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.054

May the force be with you


Awards
« Reply #22 on: May 19, 2014, 04:14:22 pm »

Bagus bukunya. Menyentuh dan menginspirasi.
Dari awal juga aku udah suka, yang kalo ga salah soal...
"Jangan hanya karena 1 bata yang jelek, 99 bata lainnya jadi ikut jelek".
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #23 on: August 31, 2014, 05:17:13 pm »

Bagus bukunya. Menyentuh dan menginspirasi.
Dari awal juga aku udah suka, yang kalo ga salah soal...
"Jangan hanya karena 1 bata yang jelek, 99 bata lainnya jadi ikut jelek".

Jadi mbak @Okta ada baca buku ini juga ya? Ceritanya sangat ringan dan inspiratif. beerchug
Logged

printerkaos
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1

printer kaos tangerang


WWW Awards
« Reply #24 on: September 27, 2014, 07:56:02 am »

buku ini merupakan salah satu kesukaan saya dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami walaupun ada cerita cerita yang juga bisa kita dapatkan di buku buku lain, bukan merupakan ide original ajahn, tetapi diceritakan ulang dengan teknik dan narasi yang berbeda, bahkan menjadi lebih segar
Logged
Pages: 1 2 3 [All]   Go Up
Print
Jump to: