Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.160 Posts in 16.726 Topics- by 41.621 Members - Latest Member: Faustotraub
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahNOVEL - Fantasi, Roman & True Story (Moderator: Hayuuable)artikel2 ttg penulisan novel dan novel fantasy?
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: artikel2 ttg penulisan novel dan novel fantasy?  (Read 4251 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
rosedragon
Guest
« on: March 06, 2007, 09:18:53 am »

Ada yg tahu artikel2 berguna ttg penulisan novel dan/atau novel fantasi? Yg gw tau baru dari website sffworld.com dan ntar mo beli Stephen King's 'On Writing'.
Logged
gangga_desain
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 9


aku seorang desainer grafic


Awards
« Reply #1 on: March 06, 2007, 02:06:32 pm »

gmn sih karater artikel novel yang baik?????beri tau ya. thanks
Logged
Mahdafius
LX - Member
***

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 708


MERDEKA^o^/`


Awards
« Reply #2 on: March 06, 2007, 03:06:47 pm »

Stephen King on writing, sip deh bacaan wajib untuk penggemar ThirrLer horroR suspense, tapi Steve terlalu blak-blakan kalo ngarang
coba juga baca buku menulis karangan Daun brauer--gak salah ngetik ya
juga mengarang itu gampangnya arswendo
24 jam jagoan nulis cerpen karangan Donatus A Nugroho
magical World of Narnia, LOTR, Harry Potter juga boleh
dan segudang buku petunjuk lainnya

TAPIII semua itu gak BERGUNA jika kita gak mulai menulis, menulis apa aja deh okehh

"kalo mau jadi penulis tidak ada jalan pintasnya, selain menulis menulis dan menulis, membaca juga"

"segala teori dipelajari hanya untuk dilupakan, karena secara otomatis jika sering berlatih menulis, segala teori itu secara tidak sadar kita pakai"

"Lupakan kejeniusan, teori yang membelenggu, yang penting menulis apa yang ingin kau tulis"

Steve menulis pertama dari mencontoh sebuah komik, jadi menulislah...

masih banyak hal yang perlu dibahas kalo masalah ini, jelasinnya susah kalo gak dicoba
untuk NOVEL FANTASI ya saranku JANGAN TERLENA DENGAN KHAYALAN SEMATA

Jk Rowling itu memakai setting yang memang benar-benar ada di Inggris, dan nama-nama yang dikumpulkan dalam waktu tidak sebentar, dari bahasa latin, inggris kuno dll
apalagi JRR Tolkien... jadi kecewa pada penulis muda sekarang yang sekedar meniru imajinasinya belaka tanpa memperdalam referensinya... :type:Trims, maaf jika salah-salah kata, tolong di cek lagi



Logged

rosedragon
Guest
« Reply #3 on: March 07, 2007, 08:16:23 am »

OK deh..

Makhluk2 gaib yg gw pake dlm cerita gw biasanya gw cek lg di web2 mythical beasts dictionary. But kata 'editor' gw sebaiknya dibedain dikit agar beda dgn pengarang2 laen.. dia contohin ogre/orc/urgal di eragon, di warcraft, dan di LOTR kan beda padahal sama2 berasal dr mythical beast yg dikenal dgn nama ogre.
Logged
ZetRa
anak malang
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 35


let's shaking


WWW Awards
« Reply #4 on: March 07, 2007, 08:23:01 pm »

Coba aja kalo pake referensi dari kehidupan sehari-hari (ex: orang yang lu sebelin sebagai musuhnya, jurus2, julukan, atau keyword-nya apapun yang berhubungan dari orang tsb, misal: Guru fisika yang lu sebelin jidatnya jenong, kasih sebutan "si jenong dari goa jidat, jurusnya pake nama2 yang ada di pelajarannya, kalor=serangan membakar lawan, Pantulan=senjata musuh terpantul kembali dan semacamnya). Dan sebisa mungkin ceritanya tidak terlalu menghayal dan perkembangannya hampir sesuai dengan kenyataannya (biar kalo temen lu baca juga bisa menikmati)
Gitu deh! Sori kalo ada yang ngawur...
Logged

nggak kesampean jadi bartender
Kalo bisa, baca cerita aneh yaa, di
http://ovid-adventure.blogspot.com
Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #5 on: November 08, 2007, 01:33:44 pm »

Coba aja kalo pake referensi dari kehidupan sehari-hari (ex: orang yang lu sebelin sebagai musuhnya, jurus2, julukan, atau keyword-nya apapun yang berhubungan dari orang tsb, misal: Guru fisika yang lu sebelin jidatnya jenong, kasih sebutan "si jenong dari goa jidat, jurusnya pake nama2 yang ada di pelajarannya, kalor=serangan membakar lawan, Pantulan=senjata musuh terpantul kembali dan semacamnya). Dan sebisa mungkin ceritanya tidak terlalu menghayal dan perkembangannya hampir sesuai dengan kenyataannya (biar kalo temen lu baca juga bisa menikmati)
Gitu deh! Sori kalo ada yang ngawur...
saranku untuk baca tulisan org lain dahulu lalu mencari gayamu sendiri
jgn mengikuti org.. kl ternyata itu tidak sesuai dengan gayamu..

saran pertama.. banyak baca  icon14
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: