Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.168 Posts in 16.726 Topics- by 41.640 Members - Latest Member: omidqayahuy
Elex Online ForumDiskusi UmumRUMPI TEKNO (Moderator: saint)Trik Mencari Sumber Cahaya dalam Fotografi
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Trik Mencari Sumber Cahaya dalam Fotografi  (Read 1287 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
saint
Moderator
LX - Member
*****

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« on: January 30, 2012, 12:28:06 pm »

Fotografi atau dalam bahasa Inggris Photography berasal dari dua kata; Photo yang artinya cahaya, dan Graphy yang artinya gambar. Secara umum fotografi diartikan sebagai gambar cahaya, atau orang banyak menyebut dengan istilah melukis dengan cahaya.

Konsep kerja kamera sebagai perlengkapan utama fotografi adalah dengan menangkap dan mengumpulkan cahaya kemudian menembakkan cahaya tersebut ke film (untuk kamera analog) atau ke prosesor (untuk kamera digital). Jadi peran cahaya di dalam fotografi adalah hal yang utama.

Di manakah kita bisa mendapatkan sumber cahaya? Untuk foto di luar ruangan kita bisa mendapatkan cahaya matahari. Untuk di dalam ruangan bisa menggunakan cahaya lampu. Banyak produsen penghasil lampu foto. Harga yang ditawarkan pun beragam, dari kisaran puluhan ribu sampai ratusan juta. Ada kecenderungan semakin mahal harga lampu, kesempurnaan dari objek yang difoto juga semakin baik. Tapi apakah kita akan menunggu uang ratusan juta baru kita akan mulai memfoto?

Fotografi adalah seni, dan seni menuntut kreativitas. Sadarkah kita bahwa di sekeliling kita banyak sumber cahaya yang bisa digunakan? Kita bisa memulainya dengan lampu bohlam, lampu halogen, lampu kendaraan, lampu neon, cahaya lilin, lampu pancaran projector, bahkan kobaran api.

Untuk foto close up, foto wajah kita bisa menggunakan lampu bohlam dengan daya 100 Watt. Lampu bohlam menghasilkan warna kuning akan membuat kontur wajah terlihat lebih jelas dan detail.

Tip lengkapnya silakan klik http://rumpitekno.com/2012/berbagai-sumber-cahaya-dalam-fotografi/  biggrin
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: