Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.375 Posts in 16.874 Topics- by 44.493 Members - Latest Member: browgiftnecont1979
Elex Online ForumDiskusi UmumRUMPI TEKNO (Moderator: saint)Panduan Mengetik dengan 10 Jari
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Panduan Mengetik dengan 10 Jari  (Read 3624 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
saint
Moderator
LX - Member
*****

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« on: February 03, 2012, 01:40:09 pm »

Mengetik 10 jari dikenal juga dengan touch typing. Artinya, Anda mengetik menggunakan 10 jari tanpa melihat papan keyboard.

Teknik ini pertama kali dikenalkan oleh seorang pengajar mengetik yang bernama Frank Edward McGurrin. McGurrin mulai dikenal publik setelah berhasil meraih juara pengetikan. Lomba mengetik tersebut diadakan pada tahun 1888 di Ohio, Amerika Serikat.

Langkah pertama praktek mengetik adalah mengerti posisi awal (finger positions atau home row). Caranya sebagai berikut:

Letakkan 4 jari tangan kiri (selain jempol) di atas tombol A S D F. Anda akan merasakan sedikit tonjolan pada tombol F. Jadikan itu sebagai penanda.
Letakkan 4 jari tangan kanan (selain jempol) di atas tombol J K L ;. Anda akan merasakan sedikit tonjolan pada tombol J. Jadikan itu sebagai penanda tombol tanpa harus melihat papan keyboard.
Letakkan kedua jari jempol di atas tombol spasi (space bar).
Pastikan pergelangan tangan lurus tidak membengkok. Sedangkan jari-jari sedikit membengkok.

Gambar dan artikel lengkapnya di sini http://rumpitekno.com/2012/panduan-mengetik-dengan-10-jari/
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
Cippy
Timbuners | register 2323
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 69
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.270


Cerahkan dunia


Awards
« Reply #1 on: February 04, 2012, 04:50:31 am »

jgn lupa jg berlajar mengetik setiap hari untuk memperlancarnya Smiley
mulai dari mengetik apa yang ada di dlm pikiran atau mengetik artikel dr koran2 biggrin


Logged

saint
Moderator
LX - Member
*****

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« Reply #2 on: February 06, 2012, 08:33:35 am »

iya nih, susah ya, bntar2 harus liat keyboard  
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
lothlorien
LX - Junior
**

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 184

make a dream come true..


Awards
« Reply #3 on: February 10, 2012, 01:10:19 pm »

daku punya loh bukunya, tapi ilang  biggrin tapi masih ingetlah letak-letak jari-jarinya, paling apal mencet spasi pake jempol kanan/kiri (tapi jempolku yang kebiasa yang kanan tuh  Grin)
Logged

"bUatLah dUniA di KepaLamu"
saint
Moderator
LX - Member
*****

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« Reply #4 on: February 10, 2012, 02:01:29 pm »

saya ngetiknya cukup cepet, tapi ga 10 jari, susaaaaah  argg
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
lothlorien
LX - Junior
**

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 184

make a dream come true..


Awards
« Reply #5 on: February 10, 2012, 05:55:50 pm »

saya ngetiknya cukup cepet, tapi ga 10 jari, susaaaaah  argg

sama kalau gitu 
tapi kalau pake tombol kalkulator yang sebelah kanan keyboard itu, saya handal loh, ga usah liat tombolnya  lol
Logged

"bUatLah dUniA di KepaLamu"
Marsella Azuela
LX - Member
***

Reputation: 8
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 648


M.A.Z.U


Awards
« Reply #6 on: February 10, 2012, 06:19:18 pm »

Kok aku ngetiknya sepuluh jari tanpa ngeliat juga udah bisa... saking kebiasaan kali ya? mikir

Tapi emang dua kali lipat lebih cepet, cobain deh (saran)
Logged

Tolong Vote J-Novel di sini butuh 500!!!
Tolong Vote J-Novel di sini butuh 500!!!
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #7 on: February 11, 2012, 09:31:50 am »

daku punya loh bukunya, tapi ilang  biggrin tapi masih ingetlah letak-letak jari-jarinya, paling apal mencet spasi pake jempol kanan/kiri (tapi jempolku yang kebiasa yang kanan tuh  Grin)

Belajar mengetik 10 jari pake komputer kan bisa dibaca di buku pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) SMA kelas I biggrin Jadi @lothlorien bisa pinjam baca sama adik-adik yang masih SMA biggrin
Logged

lothlorien
LX - Junior
**

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 184

make a dream come true..


Awards
« Reply #8 on: February 11, 2012, 10:00:55 am »

Belajar mengetik 10 jari pake komputer kan bisa dibaca di buku pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) SMA kelas I biggrin Jadi @lothlorien bisa pinjam baca sama adik-adik yang masih SMA biggrin

heyy justru itu daku punyanya yaa bekas skulah dulu, ga niat pinjam ahh kan udah apal 
Logged

"bUatLah dUniA di KepaLamu"
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: