Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.374 Posts in 16.874 Topics- by 44.422 Members - Latest Member: endangtampu
Elex Online ForumDiskusi UmumRUMPI TEKNO (Moderator: saint)Pentingnya Mempartisi Hard Disk
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Pentingnya Mempartisi Hard Disk  (Read 1182 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
saint
Moderator
LX - Member
*****

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« on: February 07, 2012, 10:26:57 am »

Sebagian pengguna komputer berpendapat bahwa apabila kapasitas hard disk cukup besar haruslah dibagi ke dalam beberapa partisi. Pendapat ini dapat dibenarkan supaya pengalokasian data-data dapat diatur dengan baik. Misalnya membedakan tempat penyimpanan data-data dokumen dan tugas kantor, data-data pribadi, dan file-file hiburan multimedia. Pembagian tersebut dapat diatur sesuai selera pengguna.

Berikut saya perlihatkan sebuah pembagian partisi hard disk yang baik, dimana dari keseluruhan hard disk dibagi menjadi tiga partisi. Partisi C adalah 30 GB, lalu partisi D 40 GB, dan partisi yang terakhir D adalah 80 GB. Pengalokasian ini sangat baik karena C digunakan untuk sistem operasi dan program, lalu D digunakan untuk penyimpanan data, dan yang terakhir yang berkapasitas paling besar yaitu E digunakan untuk alokasi file hiburan/multimedia.

Pada pengalokasian kapasitas hard disk seperti di atas, semua file akan tersimpan dengan aman di dalam drive-nya masing-masing. Adapun kalau terjadi error pada sistem, maka ketika melakukan format ulang, data-data tidak akan hilang karena berbeda partisinya dengan sistem operasi.

Di sisi lain, usahakan agar drive C memiliki ruang/space kosong sebanyak mungkin. Jangan menyimpan file data yang bersifat statis di drive C, misalnya seperti file musik dan film atau file-file yang jarang digunakan. Drive C membutuhkan ruang/space kosong yang banyak karena Windows secara otomatis akan menggunakan ruang kosong tersebut. Ketika menjalankan beberapa program pada komputer secara bersamaan dan program yang dijalankan ternyata terlalu banyak memakai kapasitas memory, sedangkan RAM (Random Access Memory) komputer terbatas, maka Windows akan memanipulasi ruang/space kosong pada drive C menjadi virtual memory.

Baca selengkapnya di
Code:
http://rumpitekno.com/2012/pentingnya-mempartisi-hard-disk/
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: