Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

561.215 Posts in 13.589 Topics- by 44.795 Members - Latest Member: fistania
Elex Online ForumDiskusi UmumRUMPI TEKNO (Moderator: saint)Tips Cara Pintar Ikutan Mailing List (1)
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on MySpaceShare this topic on StumbleUponShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Tips Cara Pintar Ikutan Mailing List (1)  (Read 508 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
saint
Moderator
LX - Member
*****

Reputation: 10
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 369

i come, i learn, i do my best


Awards
« on: February 17, 2012, 04:51:39 PM »

Sarana komunikasi Internet lainnya selain email yang banyak digunakan orang adalah Mailing list atau Internet group. Mailing list dan Internet Group termasuk One-to-Many Communicati­on. Artinya, komuni­kasi dari satu-ke-banyak orang. Deskripsi singkatnya, mailing list/Internet group adalah kumpulan nama dan alamat (email) yang digunakan masyarakat Internet untuk mengirim pesan-pesan atau material ke banyak pene­rima secara simultan. Mailing list dikenal juga dengan list, milis, atau grup diskusi.

Setiap kali Anda bergabung dengan sebuah komunitas mailing list, sudah seharusnya Anda mengikuti “aturan main” atau tata krama yang berlaku dalam komunitas tersebut, baik yang tersurat maupun yang tersirat. Panduan di bawah ini menjelaskan hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan saat bergabung dengan komunitas mailing list.

Jangan Sebarang Bergabung, Pilihlah Topik yang Tepat

Di Internet, ada ribuan grup mailing list/Internet group dengan topik yang beragam. Beberapa di antaranya bersifat tertutup. Artinya, hanya untuk kalangan tertentu. Sedangkan yang lainnya bersifat terbuka sehingga siapa pun boleh bergabung dengan melakukan subscribe atau mengisi formulir yang tersedia.

Saat Anda ingin bergabung menjadi member sebuah mailing list atau Internet group, pastikan untuk tidak asal gabung. Pilihlah grup yang sesuai dengan hobi atau topik ketertarikan Anda. Ketika Anda salah memilih, mailbox Anda hanya akan dibanjiri oleh pesan-pesan yang sama sekali tidak menarik untuk Anda baca.

Kebanyakan tipe mailing list dan Internet group hadir berbasis Web. Direktori Internet group yang paling terkenal dewasa ini adalah Yahoo! Groups (http://groups.yahoo.com/) dan Google Groups (http://groups.google.com/). Dari kedua direktori ini, Anda dapat melakukan search atau browse grup-grup diskusi yang Anda inginkan. Di sana dapat ditemukan ratusan ribu grup—kalau tidak jutaan—yang sudah terdaftar.

Buatlah Email Khusus untuk Milis

Ketika Anda ingin bergabung dengan salah satu mailing list atau Internet group, buatlah account email baru. Jangan sampai account email reguler yang biasa untuk berkirim email normal digunakan juga untuk mailing list.

Catat bahwa pada grup-grup diskusi yang populer trafiknya dapat sangat besar sehingga bisa membanjiri mailbox Anda. Oleh karena itu, agar mail diskusi tidak campur-aduk dengan mail reguler, sangat dianjurkan Anda memisahkannya melaui acount email berbeda sehingga memudahkan dalam manajemen.


Jangan “Bertanding” Sebelum Mengetahui Medan

Diskusi-diskusi dapat berjalan sangat alot. Untuk satu posting subjek saja, bisa di-reply oleh banyak orang dan dalam waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, terutama untuk isu-isu hangat. Oleh sebab itu, agar Anda mengetahui kondisi diskusi, adalah penting untuk membaca terlebih dahulu arsip diskusi, minimal untuk postingan 1 sampai 2 bulan terakhir.

Bacalah arsip tersebut dengan seksama untuk mengerti kultur dari grup dimaksud dan diskusi yang sedang berlangsung. Setelah Anda memahami dan mengetahui posisi, silahkan ikut berdiskusi jika diinginkan.

Lengkapnya di http://rumpitekno.com/2012/tips-cara-pintar-ikutan-milis/
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: