Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.777 Posts in 16.798 Topics- by 43.189 Members - Latest Member: provtuconhelp1982
Pages: 1 ... 10 11 12 13 14 15 16 [17]  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Kosakata Bahasa Indonesia baru...  (Read 62284 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.006


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #160 on: November 23, 2016, 08:11:03 am »

Waduh, lagi-lagi sepertinya ada krisis inkonsistensi (IMO) dalam Bahasa Indonesia yang tercinta kita, hehe Cheesy

Jadi, kalau e-ktp jadinya katepel dong Grin *kalaubermutasimenjadiketapeldong


Kl e-ktp emang jadi ktp-el, lihat di situs dukcapil.kemendagri.go.id, sebagian koran2 lokal di Bandarlampung juga pake ktp-el
Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
sano
tukang baca
LX - Kidz
LX - Evangelis
*

Reputation: 28
Offline Offline

Posts: 2.825


bleh


WWW Awards
« Reply #161 on: November 23, 2016, 08:43:38 am »

hari ini melihat ada vocab "e-dagang" di surat kabar Kompas, untuk menggantikan istilah e-commerce. Bagaimana menurut kalian dgn vocab itu? :)

"e-commerce" artinya 'kan electronic commerce, kalau diubah ke bahasa Indonesia harusnya perdagangan elektronik atau dagang elektronik. Berarti lebih tepat singkatannya dagang-e atau dagange~

Atau kalau seperti email yang dalam bahasa Indonesia-nya, surel atau surat elektronik. Maka dengan struktur yang sama, dagang elektronik jadi dagel?? Jadi aktivitas melakukan dagang elektronik jadi "dagelan"? laugh
ikut ketawa laugh tapi jadi buka kamus cari padanannya commerce (=dagang, niaga)
gimana klo jadi e-niaga? niaga-el? Grin

(click to show/hide)
penjelasan apanya ya, sufyan? banyak kata dalam bahasa Indonesia memang serapan kan? dari bahasa Arab, Inggris, Belanda, Portugis, Sansekerta, dll (cmiiw)
bisa dicek daftarnya di sini
Logged

Love yourself
Love your life
Love this world, where you live
Don't ruin what you love
Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #162 on: November 23, 2016, 09:02:50 am »

penjelasan apanya ya, sufyan? banyak kata dalam bahasa Indonesia memang serapan kan? dari bahasa Arab, Inggris, Belanda, Portugis, Sansekerta, dll (cmiiw)
bisa dicek daftarnya di sini

Penjelasan serapan dari Bahasa Arab yang maknanya beda itu, hehe Cheesy
Logged

You Just Try Again . . .
weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.006


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #163 on: November 23, 2016, 09:52:03 am »

Penjelasan serapan dari Bahasa Arab yang maknanya beda itu, hehe Cheesy

Kl baca di sumber dari Sano, emang beberapa kata serapan dari Arab berubah maknanya dalam bahasa Indonesia selain kalimat, siasat juga beda artinya.
Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.197


Awards
« Reply #164 on: April 20, 2017, 03:12:32 pm »

OOT dikit.


Klo masih ada yang main twitter, akun @ivanlanin bagus buat nginget2 kembali pelajaran bhs indonesia dulu atau untuk nambah ilmu baru.


Makasih kesempatan OOt-na Grin
Logged

~tat twam asi~
REX
Imut dan lucu
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 172
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 6.655


Why so serious, desu?


Awards
« Reply #165 on: August 09, 2018, 09:46:21 am »

Hasil kemaren baca TaC baru Go*ek:
Force majeure = keadaan kahar :)
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 442
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.768


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #166 on: August 09, 2018, 10:58:18 am »

*langsung cek KBBI :D
kahar/ka·har/:
1 mahakuasa (sifat Allah): Tuhan Yang --
2 sewenang-wenang
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« Reply #167 on: August 09, 2018, 12:21:43 pm »

Baru-baru ini di beberapa film asing yang kutonton di TV kabel sering muncul kata-kata agnostik. Biasanya sih tokoh utamanya berkata saya agnostik. Dapat sih artinya di Wikipedia tapi masih bingung juga. Pemahaman saya kata ini menyangkal theis (percaya adanya Tuhan) dan atheis (tidak percaya adanya Tuhan). Jadi apaan tuh? mikir

Serasa masuk ke pelajaran filsafat. Mungkin ada-ada teman yang bisa memberikan pencerahan. doa
« Last Edit: August 09, 2018, 12:24:54 pm by BEN 10 » Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 442
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.768


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #168 on: August 09, 2018, 12:41:11 pm »

Mohon dikoreksi bila salah ya~
Dulu dari film sih menarik kesimpulan bahwa Agnostik itu mempercayai adanya entitas Maha Kuasa, tapi menolak terikat dengan agama mana pun.
Logged

weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.006


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #169 on: August 09, 2018, 01:16:27 pm »

Agnostik itu lebih kearah paham bahwa saya tidak tahu bahwa Yang Maha Kuasa itu ada atau tidak itu tidak diketahui karena tidak bisa dibuktikan.
Kalo yang Camo tulis lebih ke arah teis agnostik, lawannya ateis agnostik.

Quote
Agnostic atheists are atheistic because they do not hold a belief in the existence of any deity and agnostic because they claim that the existence of a deity is either unknowable in principle or currently unknown in fact.

The agnostic atheist may be contrasted with the agnostic theist, who believes that one or more deities exist but claims that the existence or nonexistence of such is unknown or cannot be known.
Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
Pages: 1 ... 10 11 12 13 14 15 16 [17]  All   Go Up
Print
Jump to: