Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.276 Posts in 16.861 Topics- by 44.095 Members - Latest Member: comdecexen1976
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahBooks ReviewPAPR : Pick-A-Prize Review (Moderators: raven, cherrycat)Vote Your Winner: The Reader - Bernhard Schlink
Poll
Question:
Yang mana review pilihanmu?  (Voting closed: August 01, 2012, 01:12:30 pm)
Hazuno_Cherry - 5 (35.7%)
dewi_puspa00 - 0 (0%)
vivie_chan - 3 (21.4%)
FioVal - 3 (21.4%)
4lKa - 3 (21.4%)
Total Voters: 11

Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Vote Your Winner: The Reader - Bernhard Schlink  (Read 4199 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 120
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.500



WWW Awards
« on: July 18, 2012, 03:11:28 pm »

Kisah apa yang diceritakan novel ini?

Jangan lupa cek peraturan. Batas waktunya 25 Juli jam 1 siang. Selamat mereview.

« Last Edit: July 25, 2012, 01:12:23 pm by raven » Logged

Hazuno_Cherry
Guest
« Reply #1 on: July 19, 2012, 12:04:14 pm »

Michael Berg, jatuh cinta pada seorang wanita yang jauh lebih tua darinya. Terpikat dengan gairah wanita itu hingga berhubungan fisik dengannya, tetapi sayang cintanya harus kandas saat wanita itu tiba-tiba saja meninggalkannya.

Hanna Schmitz, wanita yang dicintai Michael yang pergi meninggalkannya tanpa pesan apa pun. Menyimpan banyak rahasia ketika berhubungan dengan Michael hingga akhirnya memilih untuk meninggalkannya.

Keduanya dipertemukan kembali oleh takdir di ruang sidang dalam kasus kejahatan perang yang luar biasa pelik. Hanna menjadi tertuduh dalam kasus pembakaran gereja yang menewaskan banyak wanita dan anak-anak tersebut. Saat Michael ingin mencoba mempecayai Hanna, wanita itu malah tak mau membela dirinya sama sekali seolah ada yang disembunyikannya selama ini. Ia menyimpan banyak rahasia besar dibalik kebungkamannya, rahasia yang bahkan lebih memalukan dari sekedar pembunuhan.

Berlatar di Jerman setelah perang dunia kedua, kisah roman ini seakan mampu membawa kita kembali ke masa itu di mana semua kepelikan yang terjadi di Jerman mampu kita bayangkan di masa kini. Kehidupan sosial masyarakat Jerman seusai perang dunia kedua dan hancurnya Nazi secara terperinci menjadi suatu bagian yang kompleks dalam novel ini. Di saat yang sulit untuk mendapatkan pengakuan atas hubungan keduanya tersebut, Michael dan Hanna secara diam-diam menjalin hubungan mereka dalam kisah cinta rahasia yang bergairah. Kisah cinta yang takkan pernah memiliki masa depan...

Aura gelap yang menyelimuti novel ini seolah membawa pembaca turut serta dalam kompleksitas yang kedua tokoh itu hadapi. Cinta, air mata, dan rahasia yang terbungkam, perlahan-lahan mulai menyiratkan kebenaran yang sesungguhnya, membuat keduanya beradu satu sama lain. Entah pada akhirnya Michael dan Hanna akan bersatu kembali dalam ikatan cinta yang telah kandas sebelumnya atau menjadi musuh yang saling mengarahkan mata pedangnya, hanya bisa dicari tahu dalam akhir kisah novel ini.


« Last Edit: July 24, 2012, 01:55:26 pm by Hazuno_Cherry » Logged
dewi_puspa00
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 1


Awards
« Reply #2 on: July 19, 2012, 02:52:42 pm »

Novel The Reader mengisahkan tentang percintaan antara seorang remaja pria dan wanita dewasa yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi namun menyimpan bara hingga keduanya menua. Kisah diawali dengan pertemuan Michael Berg dan Hanna Schmitz ketika Michael sakit. Wanita itu menolong Michael dan pesona wanita itu menarik perhatian Michael hingga ia sering mengunjunginya secara sembunyi-sembunyi. Hanna senang bila Michael membacakan buku dan kegiatan ini menjadi rutinitas pertemuan mereka. Sayang kemudian Hanna menghilang tak berbekas, hingga suatu saat mereka bertemu lagi di sebuah persidangan saat Michael menjadi mahasiswa hukum. Hanna menghadapi kasus hukum yang rumit dan menyimpan sebuah misteri. Kemisteriusan Hanna ini berbekas di memori Michael hingga ia menua dan akhirnya menemukan jawabannya.

Kisah percintaan dua generasi ini mungkin tidak lazim, namun yang menarik hubungan ini memilih buku untuk penguat ikatan mereka. Hubungan mereka yang naik turun, Michael yang masih labil dan Hanna yang emosinya seperti roller coaster, menarik untuk disimak. Namun, bagian yang paling menarik adalah masa ketika mereka berjumpa kedua kali saat di persidangan dan upaya Michael menemukan rahasia Hanna. Sebuah novel percintaan yang tidak biasa.
Logged
nandha
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 2


Awards
« Reply #3 on: July 19, 2012, 04:26:50 pm »

Novel The Reader ini mengisahkan seorang gadis yang mencitai seorang pria
Smu Takyoisi yang tak mungkin di dapatkannya.Dengan susah payah Michi tak pernah menyerah mendapatkan hati lion,namun tak berhasil.Ketika seminggu michi tak
bertemu dengan lion,akhirnya michi menyerah,mungkin lion bukanlah jodohnya,
ketika melamun didepan teras toko Mas,seorang pria menghampirinya dan langsung menyatakan cintanya,hati michi bertanya-tanya mengapa?,dan pria itu menyatakan namanya,dia bernama rian,setelah bingung michi bertanya mengapa pria itu tiba-tiba menyatakan cinta padanya,rian pun menceritakannya,bahwa dia sering melihat michi dekat sekolah SMU Takyoisi disebelah toko mas yang mereka tumpangi untuk berbincang-bincang,dan disaat itu pula rian jatuh cinta kepada michi,michi sedikit memikirkan sesewatu,dan setelah itu dia langusng menerima rian sebagai pacarnya.Michi merasa lapar,perutnya sudah bunyi dari tadi,rian tertawa terbahak-bahak dan mereka berdua makan di restaurant dekat Smu itu.

Hal yang menarik dari novel ini adalah seorang michi yang tidak putus asa mendapatkan perhatian lion,tetapi pada akhirnya michi menyerah,dan menemukan pria yang lain.Apa kisah yang terjadi selanjutnya Baca saja Novel ini
Logged
vivie_chan
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 41


Awards
« Reply #4 on: July 22, 2012, 02:56:33 pm »

Ketika jatuh sakit, seorang bocah lima belas tahun bernama Michael Berg ditolong oleh Hanna, seorang perempuan yang dua kali usianya. Pada detik itulah si bocah jatuh cinta. Perempuan itu memikat hati bocah laki-laki itu dengan gairahnya, tetapi aksi diamnya yang aneh cukup membingungkannya.

Kemudian pada suatu hari perempuan itu menghilang begitu saja tanpa pesan. Michael bertemu dengan perempuan itu lagi ketika ia sudah menjadi mahasiswa fakultas hukum, dan Hanna sedang berhadapan dengan sidang pengadilan atas kejahatannya yang mengerikan. Akan tetapi, ketika Michael melihat Hanna tidak mau membela diri, sedikit demi sedikit Michael menyadari bahwa mantan kekasihnya itu sedang menyembunyikan sebuah rahasia rapat-rapat, yang menurutnya lebih memalukan daripada pembunuhan.
Logged
FioVal
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 42


Awards
« Reply #5 on: July 23, 2012, 11:59:24 am »

Kover novel The Reader bernuansa 'manis', tapi jangan salah kira karena buku ini tidak hanya sekedar manis. Hubungan cinta dengan rentang umur yang jauh terjadi antara Michael Berg yang saat itu berusia 15 tahun dengan Hanna Schmitz yang dua kali lipat usia Michael. Karena menolong Michael yang sakit, pesona wanita itu berhasil menjerat Michael. Pemuda ini jatuh cinta setengah mati pada Hanna. Mereka sering bertemu diam-diam ... sampai Hanna menghilang tanpa jejak.

Sekian tahun kemudian, saat Michael telah menjelma menjadi seorang mahasiswa hukum dan dipertemukan kembali dengan Hanna yang terjerat kasus hukum. Michael mempelajari bahwa Hanna adalah seorang penjaga kamp yang bertanggung jawab atas kematian puluhan wanita dan anak-anak. Hanna dan penjaga lainnya menolak membuka pintu gereja yang terbakar di mana para tawanan disekap. Michael baru menyadari bahwa Hanna menyimpan begitu banyak rahasia darinya selama ini.

Bagaimana akhir kisah Michael dan Hanna?

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: Michael saat SMA, sebagai seorang mahasiswa hukum, dan seorang paralegal.

Pada bagian satu, Michael yang tergila-gila pada Hanna mempelajari banyak hal 'dewasa'. Apakah sekian tahun kemudian, Michael akan tetap memuja Hanna? Apa ia berani mempertaruhkan kemungkinan terjebak dalam fantasi masa mudanya? Apakah ia akan menceritakan soal Hanna pada kekasih atau istrinya di masa depan? Apakah ia akan dapat menjalin hubungan dengan wanita seumurannya?

Pada bagian dua, rahasia Hanna mulai terkuak. Apakah Hanna berniat untuk mengorbankan sisa hidupnya menghadapi kebohongan yang akan membuatnya malu? Michael mulai tidak bersimpati pada Hanna dan sedikit banyak saya merasa kecewa pada Michael.

Pada bagian tiga, Michael mulai membacakan buku dan merekamnya menggunakan tape untuk dikirimkan pada Hanna di penjara. Hanna memaksa dirinya untuk membaca dengan mendengarkan rekaman dari Michael dan juga meminjam buku aslinya dari perpustakaan penjara. Hanna menyumbangkan semua uangnya untuk para Jahudi korban kejahatannya, tapi para korban menyalurkan uang itu pada badan amal Yahudi atas nama Hanna.

Secara garis besar, seharusnya Michael yang dibawah umur tidak diperbolehkan melakukan hubungan intim dengan Hanna karena dikategorikan kekerasan seksual. Namun, mengingat seting cerita ini tidak lama setelah PD II, di mana jutaan orang meninggal, ribuan wanita dan anak di Berlin diperkosa, apa yang dilakukan Michael dan Hanna mungkin bisa dimaafkan. Michael sendiri menganggap dirinya sudah cukup dewasa saat menjalin hubungan dengan Hanna.

Novel ini berisi rasa bersalah dan komplesitas, ketakutan dan keangkuhan, dan berbagai macam hal lain yang membuat seorang manusia berbuat kehjahatan. Apa yang terjadi pada Hanna akhirnya mungkin akan membuat sebagian orang senang, tapi sebagian lagi kesal. Sejujurnya, tidak semua orang akan menyukai novel ini. Terlebih cara bertuturnya yang terlalu klinis dan datar. Tapi, buku ini meninggalkan beberapa pertanyaan moral yang perlu Anda pikirkan dan jawab.
Logged
4lKa
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 83


Awards
« Reply #6 on: July 24, 2012, 11:38:29 am »

The Reader bukanlah sebuah buku yang 'mudah untuk di baca'. Alurnya cepat dan kita dibuat tidak bisa berhenti membaca dengan karakter yang beragam dan cerita yang membuat saya sulit untuk melupakannya.

Novel The Reader dinarasikan oleh Michael, seorang cowok berusia 15 tahun beberapa saat setelah PD II Jerman, yang digoda oleh seorang wanita yang jauh lebih tua, Hanna. Michael menjelaskan hubungan mereka secara gamblang, seakan-akan apa yang terjadi di antara mereka adalah sebuah kisah percintaan biasa, bukannya cerita tentang pedofilia.

Michael tidak pernah menganggap dirinya seorang korban dan, pada usia 15, menganggap dirinya cukup matang untuk menjalahi hubungan itu. Dia jatuh cinta dengan kilat dan terobsesi pada Hanna. Dia tidak menyadari bagaimana Hanna memanfaatkannya, tidak pernah melihat kaitan hubungannya ini dengan ketidakmampuannya menjalin hubungan sesungguhnya di kemudian hari.

Setelah musim panas yang penuh gairah dan banyak membaca (ya, judul ini diambil dari tehnik 'pemanasan' yang disukai Hanna: meminta Michael membacakan novel-novel klasiknya), Hanna menghilang begitu saja, dan Michael tidak pernah dapat pulih sepenuhnya.

Bertahun-tahun kemudian, sebagai seorang mahasiswa hukum, Michael ditakdirkan bertemu Hanna kembali saat wanita itu dituntut atas Kejahatan Perang Nazi. Michael baru mengetahui bahwa Hanna adalah penjaga kamp yang bertanggung jawab atas kematian banyak wanita dan anak-anak yang terkurung dalam gereja yang terbakar. Michael menyadari bahwa Hanna menyimpan begitu banyak rahasia selama ini ...

Buku ini meninggalkan banyak pertanyaan: Apakah yang diperbuat Hanna tidak dapat dimaafkan? Apakah alasannya melakukan itu dapat dimengerti? Dari penjelasan Hanna, juga latar belakangnya, kita dapat mengerti bahwa Hanna melakukan itu karena terpaksa. Karena itu, apakah Hanna patut dihukum? Atau sebetulnya Hanna juga seorang korban?

Salah satu hal yang mengganggu saya dari novel ini adalah Hanna, seorang pedofil dan pembunuh masal, adalah karakternya yang penuh tragedi dan air mata. Saya tidak tahu harus merasa kasihan pada Hanna atau malah kesal. Banyak hal yang tidak dapat dicari jawabannya dengan mudah dari buku ini. Mungkin memang beberapa pertanyaan itu sebaiknya dibiarkan tidak dijawab ...
Logged

Cuma muncul demi review... *jujur*
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: