Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.168 Posts in 16.726 Topics- by 41.659 Members - Latest Member: HarryMal
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahBooks ReviewPAPR : Pick-A-Prize Review (Moderators: raven, cherrycat)Vote Your Winner: Ther Melian (#1: Revelation)
Poll
Question:
Yang manakah review pilihanmu?  (Voting closed: September 27, 2012, 10:20:13 am)
Es Sant - 0 (0%)
4lKa - 7 (16.3%)
sakurazaki90 - 2 (4.7%)
peri_hutan - 5 (11.6%)
Biondy - 5 (11.6%)
Shiki - 0 (0%)
vadis - 16 (37.2%)
FairyLucyka - 1 (2.3%)
Norichanz - 1 (2.3%)
Hazuno_Cherry - 6 (14%)
Total Voters: 38

Pages: 1 [2]  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Vote Your Winner: Ther Melian (#1: Revelation)  (Read 6315 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Norichanz
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1



Awards
« Reply #10 on: September 18, 2012, 09:25:25 pm »

Daya tarik saat pertama kali melihat ini Ther Melian Revelation adalah ilustrasi kovernya yg dibuat dengan fotografi dan dilukis ulang secara digital. Keunikan lainnya ada penggunaan bahan kover yang mengkilap sehingga “mencuri perhatian” saat disejajarkan dengan novel  lain. Ditambah lagi konsep kover yang menguatkan  bahwa ini adalah novel fiksi fantasi.

Selanjutnya Nama Pengarang yang tertera pada novelnya “Shienny M.S”. Seorang penulis lokal aktif delapan judul  buku yang diterbitkan Elex Media  dengan nama “Calista”. Nama yang tak asing dalam perkembangan manga di Indonesia. Hal ini menjadi nilai plus tersendiri bila dilihat dari pengalamannya menulis sejak tahun 2000.

Ringkasan cerita  di belakang kover juga membuat penasaran akan petulangan yang dialami tokoh utama bernama Vrey. Membuat saya bertanya-tanya, Mengapa tokoh utamanya adalah seorang pencuri? Apa itu Benua Ther Melian? Harta Legendaris apa yang dicari?

Saat membuka isi dalam novel, saya menikmati  keindahan ilustrasi yang ditampilkan pada tiap awal bab. Penggunaan bahasa sehari-hari dan cara pelukisan cerita membuat seolah – olah tokoh dalam benua fantasi  ini ada di dunia nyata.

Walaupun alur berjalan cukup lambat dan terdapat beberapa kesalahan penulisan dalam proses editing, hal ini tidak mengurangi keasyikan saya untuk menyelami  ceritanya. Yang dirasa cukup mengganggu ada cukup banyak kata-kata asing dan untunglah disediakan glosarium di akhir halaman.

Banyak kejutan yang tak disangka-sangka pada latar belakang tiap tokoh membuat alur cerita cukup sulit untuk ditebak. Semua masalah dan tujuan yang terdapat pada Ther Melian Revelation ini bisa dipandang dari dua sisi. Jadi tidak ada yang 100% baik dan buruk.

Secara keseluruhan percampuran antara komik,anime dan game bisa ditemukan dalam Ther Melian  Cheesy
Bagi Para Pecinta novel fiksi fantasi, segera baca novel fiksi yang unik ini  icon14
Logged
Hazuno_Cherry
Guest
« Reply #11 on: September 19, 2012, 07:25:44 am »

Vrey adalah seorang Vier-Elv yang mendalami pekerjaan menjadi seorang pencuri dan pemburu handal di usianya yang masih sangat muda. Bersama dengan teman-temannya, ia melakukan berbagai pekerjaan perburuan dan pencurian demi memenuhi hasratnya menyelesaikan pembuatan jubah Nymph.

Valadin
adalah seorang Eldynn terhormat di dalam bangsa Elvar yang berambisi mengembalikan kejayaan Elvar di Ther Melian. Meski tanpa dukungan dari para tetua Elvar, ia berniat mengembalikan kejayaan itu dengan caranya sendiri. Dengan berniat mengumpulkan kekuatan elemen dari para Aether, ia pun membuka cakrawala baru bagi Elvar di masa depan.

Keduanya menempuh petualangannya sendiri, dengan tujuan dan ambisi mereka sendiri. Meski punya kenangan berdua di masa lalu, tak lantas keduanya akan dipertemukan kembali sebagai sepasang kekasih di kemudian hari. Pertemuan yang tak menyenangkan dengan berhadapan di sisi yang berbeda, keduanya harus menghadapi takdir sebagai musuh.

Diramu dengan dialog yang khas dan tidak kaku, petualangan Vrey dan Valadin dibawa pada kompleksitas yang membuat pembaca terus merasa penasaran. Meski alur terkesan lambat dan sedikit terlalu detil, bisa dikatakan cerita tetap stabil sambai akhir buku Revelation serta membuka keingintahuan para pembaca pada sekuelnya.

Dengan kover yang sangat menarik—saya lantas berpikir kalau itu adaptasi game— Ther Melian menyajikan fiksi fantasi lokal yang tidak bisa diremehkan. Meski ditulis oleh orang pribumi, tidak lantas tetralogi ini kehilangan keasyikannya untuk dibaca. Shienny M.S tahu benar bagaimana merangkai setting demi setting, dialog-dialog, hingga cerita ini padu dan mudah dimengerti. Meski jujur, sebagai seorang penulis dan pembaca saya lebih suka dialog yang lebih kaku dan tidak membuat gradasi yang mencolok dengan monolognya, novel ini malah terasa punya keunikan sendiri dengan hal itu sehingga terasa sekali orisinalitasnya dalam membentuk gaya bahasa.

Dari segi penceritaan dan isi cerita, novel ini cocok dikonsumsi remaja hingga dewasa. Saya tak cukup berani merekomendasikannya untuk anak-anak mengingat banyak bahasa baru yang digunakan sehingga akan sangat membingungkan untuk anak-anak, meski ada glosariumnya. Selain itu, tampak sekali bahwa gaya bahasa lebih pas ditujukan untuk remaja, terutama seusia Vrey dan dan kawan-kawannya.
Logged
Pages: 1 [2]  All   Go Up
Print
Jump to: