Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.236 Posts in 16.861 Topics- by 44.010 Members - Latest Member: ChelseaApp
Elex Online ForumDiskusi UmumFreeTalk Guest (Moderators: smartie, raina)Wisata alternatif di Bali
Pages: [1] 2 3  All   Go Down
ReplyPrint
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Wisata alternatif di Bali  (Read 11509 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Maria Ulfa
LX - Noob
*

Reputation: 2
Offline Offline

Posts: 39


WWW Awards
« on: October 05, 2012, 03:38:39 pm »
Reply with quote

 :beerchug:Halloo para penghuni, ijin share seputar travel yaa :D
Saat kita liburan ke Bali, ternyata tidak hanya panorama pantai aja lo yang bisa dilihat. Masih banyak tempat bagus yang layak dikunjungi, namun tempat itu masih kurang familiar di orang-orang kita. Nah selain Kuta, Sanur, Uluwatu, Nusadua yang bernuansa pantai, apa lagi sih yang bisa ditemukan di Bali?

1. Menyaksikan Ngaben di Bali

Untuk menghormati kematian jika di Sumatera Utara dikenal Sarimatua, di Tana Toraja dikenal dengan upacara Rambu Solo, maka di Bali dikenal dengan Ngaben.
Persamaan dari ketiganya: ritual upacara kematian dan penguburan jenazah. Ngaben ini upacara pembakaran mayat yang dilakukan di Bali, khususnya oleh yang beragama Hindu, dimana Hindu adalah agama mayoritas di Pulau Seribu Pura ini.

2. Parorama Ubud  

Inilah tempat syuting artis terkenal Hollywod Julia Roberts untuk film drama Eat Pray Love. Ubud merupakan salah satu tempat yang “wajib” dikunjungi, paling tidak saya mengatakan begitu. Wilayah Ubud diapit dua kabupaten besar yakni Gianyar dan Tampaksiring, adalah wilayah pedesaan yang asri dan teduh. Alamnya nan elok diketinggian pegunungan merupakan tempat ribuan seniman bali menetap. Jadi, tidak heran selain tenang, Ubud juga disebut sebagai kampung seniman Bali.

3. Bali Safari Marine Park, Gianyar

Ternyata yang namanya Taman Safari tidak hanya terdapat di Bogor saja, Bali juga memiliki taman safari yaitu yang biasa disebut Bali Safari Marine Park atau BSMP. Terletak di kabupaten Gianyar, dan cukup dekat dengan pantai. Di Bali Safari & Marine Park, para pengunjung diajak melihat dan mengenal binatang lebih dekat. Nuansa edukasi dan konservasi sangat terasa disana. Selain itu, para pengunjung juga disuguhi aktifitas yang seru seperti elephant ride, night safari, safari journey dsb. Kita juga bisa menyaksikan atraksi para gajah (elephant show) dengan kampanyenya untuk mencintai gajah yang dikemas dalam sebuah drama edukasi. Tidak hanya itu saja, Anda bisa menemukan hal menarik lainnya disana.

4. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat adalah habitat berkembang biaknya jenis flora dan fauna liar, yang berstatus langka. Di taman ini anda bisa melakukan aktivitas, seperti penelitian, belajar budidaya, pariwisata dan rekreasi. Taman nasional ini terletak di ujung barat Pulau Bali lebih kurang 2 Kilometer dari Pelabuhan Penyebrangan Gili, atau  tepatnya berada di kabupaten Buleleng.

5. Taman Ujung Karang Asem

Taman Ujung Karangasem yang disebut juga Taman Sukasada, atau populer juga sebagai ”Water Palace”, terletak di tepi pantai Desa Ujung, Karangasem. Taman ini adalah salah satu bukti historis yang monumental dari kebesaran Kerajaan Karangasem di masa lalu. Berdasarkan hasil-hasil penyelidikan arkeologis-historis dapat diketahui bahwa taman ini adalah sebuah contoh hasil akulturasi budaya yang serasi antara arsitektur tradisional lokal (Bali) dengan arsitektur Eropa, yang memancarkan kearifan atau keungguhan lokal (local genius).

6. [Panorama Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung paling suci di pulau Bali dan menjadi rumah Pura Besakih, pura terbesar dan paling suci di Bali. Maret 1963, Gunung Agung ini terjadi letusan besar, yang larvanya mengalir nyaris mendekati Pura Besakih yeng terdapat di lereng gunung.  Gunung ini terletak di Bali bagian timur dengan ketinggian 3.148 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara itu, bertengger di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl (3.000 kaki) adalah Pura Besakih yang merupakan pura ibu di Bali.

7. Pura Mahospait Denpasar

Pura Maospahit terletak di Banjar Tatasan Kelod Kelurahan Tonja Kecamatan Denpasar Utara. Arkeologi yang terdapat di Pura Maospahit Tonja terdiri dari: Meja Batu, Palung Batu, Candi (Prasada) dan Candi Kurung. Hal ini dapat dikelompokan menjadi 2 periodisasi yaitu periode prasejarah (tradisi megalitik) dan periode klasik (sekitar abad 4-15). Dari Kota Denpasar, Pura ini berjarak kurang lebih 2 km ke arah timur laut. Menurut karakteristik, Pura ini adalah Pura milik keluarga, tergolong sebagai Pura Kawitan. Dan Pura ini memiliki daya tarik yaitu adanya peninggalan arkelogi di dalam Pura.
« Last Edit: October 05, 2012, 03:54:26 pm by Maria Ulfa » Report to moderator   Logged
fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.198


Awards
« Reply #1 on: November 21, 2013, 11:23:31 am »
Reply with quote

hmm. kalau ngaben, akan lebih menarik melihat yg dilakukan oleh keluarga puri kerajaan, karena biasanya memang lebih grandeur. biasanya tanggal untuk ngaben bisa diperkirakan karena memang di penanggalan bali ada hari-hari baik yang sifatnya tetap untuk tiap upacara. cuma tetep agak susah karena namanya juga upacara kematian.

di Karangasem sendiri selain Taman Ujung, ada juga taman air Tirta Gangga. bukan seperti waterpark modern tapi taman air dengan arsitektur tradisional. kita bisa jalan di tengah kolam karena dibuat pijakannya. cuma agak ngeri karena nggak ada pegangan. jadi klo terpeleset ya.. nyebur deh. air di Tirtagangga jernih dan dingin.
« Last Edit: November 21, 2013, 11:45:08 am by fraulein » Report to moderator   Logged

~tat twam asi~
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 443
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.817


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #2 on: November 22, 2013, 09:25:06 am »
Reply with quote

hmm. kalau ngaben, akan lebih menarik melihat yg dilakukan oleh keluarga puri kerajaan, karena biasanya memang lebih grandeur. biasanya tanggal untuk ngaben bisa diperkirakan karena memang di penanggalan bali ada hari-hari baik yang sifatnya tetap untuk tiap upacara. cuma tetep agak susah karena namanya juga upacara kematian.

di Karangasem sendiri selain Taman Ujung, ada juga taman air Tirta Gangga. bukan seperti waterpark modern tapi taman air dengan arsitektur tradisional. kita bisa jalan di tengah kolam karena dibuat pijakannya. cuma agak ngeri karena nggak ada pegangan. jadi klo terpeleset ya.. nyebur deh. air di Tirtagangga jernih dan dingin.
fraulein tinggal di Bali kah? atau sering jalan2 ke Bali?
Report to moderator   Logged

fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.198


Awards
« Reply #3 on: November 22, 2013, 09:46:07 am »
Reply with quote

saya penduduk Bali sejak lahir, senpai  Cheesy jadi, sering ngukur jalan (bukan jalan-jalan) rumah kantor (bukan tempat wisata).. klo dipikir-pikir kok menyedihkan, ya? 

Report to moderator   Logged

~tat twam asi~
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #4 on: November 22, 2013, 09:51:33 am »
Reply with quote

saya penduduk Bali sejak lahir, senpai  Cheesy jadi, sering ngukur jalan (bukan jalan-jalan) rumah kantor (bukan tempat wisata).. klo dipikir-pikir kok menyedihkan, ya? 


Wahh... fraulein nak bali? akhirnya saya menemukan teman seperjuangan(?) Saya juga penduduk Bali sejak lahir...
fraulein tinggal di daerah mana ya?
Report to moderator   Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 443
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.817


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #5 on: November 22, 2013, 11:18:19 am »
Reply with quote

Woo~ asli Bali tokh, sugeee! :) Pengen deh tinggal di sana, temen g tinggal sana cerita2 kalau suasananya sangat tentram, damai, dan nyaman. Enak buat menetap, kerja, sambil ditemani anjing dan kucing kesayangan :D
Report to moderator   Logged

fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.198


Awards
« Reply #6 on: November 22, 2013, 01:30:08 pm »
Reply with quote

Nanna : weeeee....  beerchug  senangnyaa saya di dps barat, Nanna. tp kerja di kuta sih. Nanna dimana?

senpai : ayooo senpai! melali na'e mai!
Report to moderator   Logged

~tat twam asi~
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #7 on: November 22, 2013, 01:43:34 pm »
Reply with quote

beerchug
Ohhh jauh juga... Saya malah diem di Kuta Selatan, tapi kalo kuliah ke Denpasar
Kata 'nae' mengingatkanku pada temen2ku yang pada heboh denger kata itu

Kalo mas camo melali ke sini, makanlah rujak kuah pindang biggrin
Report to moderator   Logged
fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.198


Awards
« Reply #8 on: November 22, 2013, 04:21:53 pm »
Reply with quote

weh, kebalik, yaa. saya pas kuliah malah ke Jimbaran. Cheesy

wuah, ide bagus itu. rujak kuah pindang sama bulung, tipat cantok trus es gula.  Grin
jalan-jalan kan bukan soal tempat aja, tp makanan juga  Cheesy

kliatan banget ya Bali cuma dengan kata na'e? 
Report to moderator   Logged

~tat twam asi~
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 443
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.817


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #9 on: November 22, 2013, 04:34:33 pm »
Reply with quote

Hahahaha, rujak kuah pindang belum pernah coba, bulung, tipat cantok, dan es gula juga belum. Dulu waktu main2 ke sana cuma sempat makan lawar waktu jalan2 subuh sekitar Popis, ada yg jualan keliling, trus sama makan hiu yg deket Univ. Udayana keliatannya kudu ke sana lagi ya :D
Report to moderator   Logged

Pages: [1] 2 3  All   Go Up
ReplyPrint
Jump to:  

+ Quick Reply
With a Quick-Reply you can use bulletin board code and smileys as you would in a normal post, but much more conveniently.