Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

604.919 Posts in 16.574 Topics- by 40.240 Members - Latest Member: Matveyparo
Poll
Question:
Drama Shakespeare terbagi menjadi 3 genre. Yang mana yang paling kamu suka? (^^)
History - 1 (11.1%)
Tragedy - 2 (22.2%)
Romance-Comedy - 6 (66.7%)
Total Voters: 9

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 78   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: William Shakespeare  (Read 371799 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 252
Offline Offline

Posts: 3.875



Awards
« on: July 17, 2013, 04:11:02 pm »

Di antara teman-2 member forum ini pasti pernah dengar :

   To be or not to be, that is the question
( dari Hamlet, pangeran Denmark yang bingung dalam Hamlet )

   If music be the food of love, play on
( dari Duke Orsino yang lagi jatuh cinta dalam Twelfth Night )

   But, soft! What light through yonder window breaks?
   It is the east, and Juliet is the sun

( dari Romeo yang mabuk kepayang dalam Romeo & Juliet )

   A horse! A horse! My kingdom for a horse!
( dari King Richard III yang putus asa dalam King Richard III )

   All that glitters is not gold
( dari 'hasil undian' yang didapat Prince of Morocco dalam Merchant of Venice )

Semua kutipan itu (termasuk signature-ku di forum ini kadang-iya-kadang-diganti^^ ) adalah buah karya dari :

William Shakespeare ( 1564 - 1616 ), penyair dan penulis drama berkebangsaan Inggris.
Terkenal juga karena Sonnets-nya yang sampai sekarang menjadi perdebatan mengenai siapa orang yang dimaksud dalam sonnet-2 tersebut.
Drama karangan beliau dikenal sangat luas, dan dianggap sangat mempengaruhi bukan hanya literatur, tapi juga budaya, kesenian, dan, pada jaman modern, perfilman.
Sosok dramawan ini sering menimbulkan kontroversi di kalangan para ahli modern, mengenai dari mana beliau mendapat ide, keyakinannya, kehidupannya, bahkan banyak juga yang mempertanyakan apakah drama-2 tersebut benar-2 merupakan karangannya.
Tapi di luar perdebatan itu, drama-2 Shakespeare telah tertanam dalam hati masyarakat luas.

Apa di antara teman-2 juga ada yang suka dengan Shakespeare?
Mungkin mau berbagi kutipan yang berkesan,
atau me-review drama yang kalian baca / tonton...
Silakan... ^^



Haloo~ (^o^)/
Untuk memudahkan pencarian (seandainya ada yang nyari~ ) semua drama yang pernah dibuat ringkasannya di sini Guguk buatin link-nya yah :)

1. Othello [tragedy] - oneshot^^

2. King Henry VI Part I [history] - awal - akhir

3. The Merchant of Venice [romance-comedy] - oneshot^^

4. Hamlet, the Prince of Denmark [tragedy] - awal - akhir

5. A Midsummer Night’s Dream [romance-comedy] ~ by Meriana heartbeat - awal - akhir

6. King Richard III [history] - awal - akhir

7. Julius Caesar [tragedy] - awal - akhir

8. The Taming of the Shrew [romance-comedy] - awal - akhir

9. The Tempest [romance-comedy] - awal - akhir

10. Antony and Cleopatra [tragedy] - awal - akhir

11. Macbeth [tragedy] - awal - akhir

12. As You Like It [romance-comedy] - awal - akhir

13. King John [history] - awal - akhir

14. King Lear [tragedy] - awal - akhir
« Last Edit: February 03, 2016, 02:53:45 pm by guguk » Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
Meriana
LX - Senior
****

Reputation: 136
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.005

Enjoy Reading BOOKS ( ̄▽ ̄)


Awards
« Reply #1 on: July 18, 2013, 09:39:53 am »

Abah Shakespeare emang sangar banget, tpi syangnya gw cman tau ttg Romeo & Julietnya aj Cheesy
tpi gw tertarik banget sma dramanya yg "Macbeth"
stelah nyeleasain Sherlock Holmes nih, lgsg mau hunting novelnya.

"The proper study of mankind is man"-Sherlock Holmes, A Study in Scarlet
Logged

“I’m just trying to live every day and not wish I had done something differently.” – Emma Roberts.
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 252
Offline Offline

Posts: 3.875



Awards
« Reply #2 on: July 18, 2013, 10:07:07 am »

'Macbeth' emang keren.. ^^ ceritanya seru...
Saking disukainya drama ini, Macbeth dianggap termasuk Empat Besar drama Shakespeare ( yang lainnya Hamlet, King Lear, dan Othello.. kisah tragedi semua ^^; )
Padahal konon sejak awal pementasannya dan diikuti pementasan-2 drama Macbeth di tahun-2 selanjutnya, drama ini selalu dirundung 'kesialan' sampai-2 menimbulkan takhayul di antara orang-2 teater ^^

Happy hunting, sist Meriana... :)
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
raven
(r)avengers
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 119
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.456



WWW Awards
« Reply #3 on: July 18, 2013, 10:12:05 am »

Belum sanggup baca skenario drama-nya, kecuali yang versi singkat, jadi cuma nonton filmnya X)

Selain tragedi, Shakespeare ini sepertinya yang memulai genre romcom dengan tema 1) love at first sight dan 2) love-hate-love. Yang kedua ini fave saya XD Contohnya Taming of the Shrew dan Much Ado About Nothing (adaptasi modern (menurut saya gabungan dari keduanya): 10 things I hate about you).

Film Much Ado versi terbaru sudah dibuat oleh Joss Whedon, jadi nunggu2 sampai sini ^_^ (setidaknya copy digitalnya kalau ga sampai tayang di bioskop  )
Logged

guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 252
Offline Offline

Posts: 3.875



Awards
« Reply #4 on: July 18, 2013, 10:41:27 am »

Aku baca skenario dramanya dengan bantuan kamus dan glossary yang ada di belakang bukunya ^^
Jadi baru baca satu halaman aja udah capek banget... ^^;
Tapi karena makin gak ngerti jadi makin penasaran... akhirnya keterusan Grin

Raven-senpai suka tema romcom ya.. emang banyak juga judul-2 dengan tema itu ^^
Aku baru tau kalo ada film Much Ado about Nothing versi terbaru.. ( hehe.. jadi tambah info )
Yang aku suka di naskahnya itu adegan bantah-2an antara Benedick & Beatrice.. kocak ^^
« Last Edit: July 18, 2013, 10:49:31 am by guguk » Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 252
Offline Offline

Posts: 3.875



Awards
« Reply #5 on: July 19, 2013, 11:11:01 am »

Baru dua hari lalu kelar baca ulang Othello, jadi pengen ngebagi review-nya ^^

Othello ( ditulis sekitar tahun 1604 )
Setting : Venice dan Cyprus
Sinopsis :
Othello, orang Moor, adalah jendral perang yang mengabdi pada Duke of Venice, ia sangat berjasa dan disegani.
Tapi ada anak buahnya yang bernama Iago yang marah dan merasa tidak puas terhadap Othello karena telah mengangkat Cassio sebagai Letnan, dan bukannya Iago.
Iago pun merencanakan ingin mencelakakan baik Othello maupun Cassio, dengan bantuan temannya, Roderigo.

Sementara itu Othello jatuh cinta pada Desdemona, putri senator yang bernama Brabantio.
Brabantio sering mengundang Othello untuk makan di rumahnya, pada kesempatan itulah Othello mengisahkan pengalaman-pengalaman perangnya kepada Desdemona.
Desdemona pun terpikat pada kisah-kisah itu, dan pada akhirnya jatuh hati pada Othello.

Karena yakin Brabantio tidak akan menyerahkan putrinya kepada Othello yang walaupun dihormati, tapi berbeda ras, Othello dan Desdemona pun menikah diam-diam.
Ketika akhirnya Brabantio mengetahui hal itu, ia memperingatkan Othello, bahwa seorang putri yang bisa mengkhianati ayahnya, bisa pula menjadi istri yang mengkhianati suaminya.

Othello, Desdemona, Cassio, dan Iago berangkat ke Cyprus karena Montano, gubernurnya meminta bantuan tentara Venice untuk melindungi Cyprus.
Iago membuat Cassio mabuk sehingga kemudian terjadi kerusuhan, yang sebenarnya juga ditimbulkan oleh Roderigo.
Karena tidak mau kehilangan muka di depan Montano, Othello pun memecat Cassio dari jabatannya.

Iago membujuk Cassio untuk meminta bantuan Desdemona agar Cassio bisa diterima kembali.
Di lain pihak Iago memberi isyarat-isyarat kepada Othello bahwa Desdemona selingkuh dengan Cassio.
Maka ketika Desdemona memohon kepada Othello untuk mengangkat Cassio kembali sebagai letnan, maka Othello pun terbakar api cemburu.

Apakah yang kemudian terjadi?
Taktik licik apa lagi yang dijalankan Iago untuk menjerumuskan Othello?
Bacalah "Othello" karangan William Shakespeare!
*gak tahan untuk ngiklan... ^^*

(click to show/hide)

Pertama kali denger tentang Othello waktu baca Tirai ( Agatha Christie ), karena suka banget sama ceritanya, aku penasaran sama Iago yang disebut sebagai pembunuh yang sempurna seperti Mr. X...
Yang bikin seru dari drama Othello ini bujukan-2annya Iago.. ^^;
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 78   Go Up
Print
Jump to: