Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

557.361 Posts in 13.440 Topics- by 43.441 Members - Latest Member: Mukti D. Luffy
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahKOMPUTER (Moderators: Vincent, saint, bona)Geliat Penerbitan Buku-buku komputer~sebuah artikel
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on MySpaceShare this topic on StumbleUponShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Geliat Penerbitan Buku-buku komputer~sebuah artikel  (Read 4971 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Vinsen
Guest
« on: April 16, 2007, 04:51:42 AM »

Geliat Penerbitan Buku-buku Komputer

Parameter apa saja yang tepat untuk mengukur tingkat kecakapan masyarakat Indonesia dalam menggunakan komputer? Barangkali salah satu penanda yang paling jitu adalah semakin banyaknya jumlah buku-buku bertemakan komputer dan teknologi informasi (TI) yang terbit. Hal tersebut mengumumkan kepada publik negeri ini bahwa ada banyak penulis-penulis kreatif di bidang komputer dan tentu saja penerbit-penerbit yang memiliki idealisme besar  dalam rangka meningkatkan akses informasi mengenai komputer dan TI kepada masyarakat.

Dan buku sendiri dalam pemahaman komunikasi massa, dipandang sebagai medium yang lebih besar perannya dalam mendukung suara dalam forum budaya jika dibandingkan dengan media massa lainnya (Baran, 2002). Mengacu pada kategori buku menurut Baran, penerbitan buku komputer dapat dikategorikan ke dalam professional books yang isinya didesain sedemikian rupa sebagai referensi dan pendidikan bagi kaum profesional (halaman 123).

Sesungguhnya penerbitan buku komputer di tanah air dimulai sejak sekitar 20 tahun yang  lalu, ketika tahun 1982 PC (personal computer/komputer pribadi) ditemukan dan mulai diproduksi secara massal. Sekira tahun 1989 saja, ada beberapa buku komputer yang muncul. Salah satunya adalah Desktop Publishing; Mengatur Tata Letak dan Cetak Sendiri terbitan PT. Elex Media Komputindo (kelompok KOMPAS- Gramedia, Jakarta). Buku itu sendiri adalah hasil terjemahan dari Desktop Publishing, Setzen und Drucken in eigner Regie karya Gerhard Bader (1987). Dan sebelumnya di tahun 1986 sudah hadir majalah komputer INFOKOMPUTER yang juga milik kelompok KOMPAS-Gramedia. Sedikit banyak, surat kabar semacam ini juga menjadi pendorong hadirnya buku-buku komputer.

Selanjutnya hingga tahun 2000 PT. Elex Media Komputindo yang mendominasi pasar buku komputer di tanah air. Namun, kini kita bisa lihat sendiri banyak sejumlah penerbit yang sangat intensif memberikan perhatian dalam penerbitan buku komputer. Ini menjadi indikasi bahwa pasar buku ini cukup menjanjikan. Selain penerbit Elex Media Komputindo, hadir pula Wahana Komputer Semarang, Dinastindo, Gagas Media, Penerbit Andi, Puspa Swara, Penerbit Indah Surabaya, Dua Selaras, Salemba Empat, Gaya Media, Yrama Widya, INFORMATIKA Bandung, Nexx Media dan Kisytama Media. 

Pasar
Untuk  pasar saat ini, para penggemar komputer lebih memilih buku komputer yang sifatnya tutorial ketimbang referensi. Hal ini dikarenakan buku yang bersifat tutorial lebih bersifat praktis dan mudah dipahami. Apalagi buku jenis seperti ini lebih dapat menjawab pertanyaan dan solutif terhadap masalah pengguna komputer. Jenis buku referensi masih tergolong bacaan kalangan profesional dan akademis. 

Apalagi kecenderungan dua tahun belakangan ini, media-media komputer/TI seperti CHIP, Komputer Aktif! dan PCplus merasa perlu untuk meluncurkan buku tip dan trik berkomputer dengan beragam tema, seperti digital imaging dan video editing. Namun demikian, penerbitan buku komputer menjadikan dunia penerbitan dan komunikasi massa di tanah air menjadi kaya serta berkarakter.

Karakter penerbitan
Ada beberapa karakter yang penulis perhatikan terhadap penerbitan buku komputer ini. Pertama, memperkenalkan perangkat-perangkat lunak komputer baru yang ada di pasar. Biasanya tulisan seperti ini memaparkan selengkap-lengkapnya mengenai perangkat lunak. Mulai dari cara instalasi, deskripsi fasilitas dan penggunaannya, latihan-latihan praktis dan tip dan trik. Terkadang jika sebuah produsen perangkat lunak merilis versi terbaru, biasanya juga diikuti dengan penerbitan buku referensinya. Kedua, bersifat memandu. Hal ini lebih memudahkan konsumen/pengguna. Jika sebuah perangkat lunak komputer cukup diminati oleh pasar, biasanya akan hadir buku yang sifatnya panduan/tutorial. Jenis tulisan seperti ini memuat langkah-langkah mudah dalam melakukan sebuah trik.
Ketiga, substansi tulisan antarbuku yang berbeda biasanya hampir sama. Sebab seperti buku referensi untuk memperkenalkan mengenai perangkat lunak secara lengkap, ada penulis yang mengambil kerangka termasuk isi dan gambar tulisan dari bagian HELP perangkat lunak. Keempat, kebanyakan tidak memiliki referensi terhadap sumber-sumber lain yang bisa memperkaya tulisan. Kelima, tulisan lebih banyak didominasi gambar.

Para penulis dan karya-karyanya
Dari sini juga mencuat nama-nama penulis kondang anak negeri, seperti Zeembry, Gregorius Agung (sempat drop out dari kampus karena merasa karirnya cerah sebagai penulis buku komputer. Pria yang sangat produktif menulis ini, berdomisili di Yogyakarta). Ada juga Ediman Lukito,  Herman Lukito, Kurweni Ukar, Onno W Purbo (Pakar TI), Adi Kurniadi, Nenny Djufri, Tri Amperiyanto, Andreas Andi Suciadi (penulis Membuat Animasi dengan Corel R.A.V.E), Dani Okianto (spesialis buku kelompok grafis), Ian Chandra (penulis paling produktif dalam sejarah Elex Media Komputindo. Buku hasil karangannya, PC DOS Versi 3.30 yang diterbitkan tahun 1988 dicetak hingga sembilan kali 1988-1992. Ia tinggal di Palembang). Lagi ada nama Wing Wahyu Winarno, Agustinus Nalwan (spesialis penulis buku pemrograman game komputer), Mico Pardosi (tenar dari buku hasil terbitan Dua Selaras dan Indah Surabaya) dan banyak lagi. Selain datang dari penulis-penulis lokal, terkadang ada juga buku hasil terjemahan. Seperti Look & Learn Photoshop 6 karya “dewa” Photoshop asal AS, Deke McClelland (2003) dan seri Field Guide To karya Stephen L. Nelson (1995) yang diterjemahkan Elex Media Komputindo dari Microsoft.

Beberapa judul buku yang cukup diminati di pasar adalah Panduan Belajar Photoshop 5.0 (Dani Okianto), Membuat Animasi dengan Corel R.A.V.E, Animasi Web dengan Macromedia Flash 5 (Zeembry), Komputer Grafis dengan Adobe Photoshop 5.5 (Ignatius Untung) dan berbagai buku lainnya yang bertemakan komputer grafis, seperti CorelDraw, Corel Photo Paint, 3D Studio MAX, Maya,  Linux dan Auto CAD.

Walau sedikit terekspos oleh media massa untuk dibicarakan, geliat penerbitan buku-buku komputer memberikan hiasan tersendiri bagi dunia penerbitan spesialis di tanah air. Peran besarnya sebagai elemen komunikasi massa dalam mengkonstruksi pengetahuan TI bagi rakyat Indonesia patut diacungi jempol.

Ada yang mo nambahin gak ya.....  Afro thanks
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
***

Reputation: 168
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 15.390


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #1 on: May 01, 2007, 10:53:34 AM »

Artikel yang sangat menarik, apa ini dari hasil riset anda pribadi?
Logged



Member yg MAU dpt notifikasi forum via email, klik:
CARA VALIDASI EMAIL



Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: