Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.125 Posts in 16.724 Topics- by 41.588 Members - Latest Member: Angiefoxpn
Pages: 1 ... 8 9 10 11 12 13 14 [15]  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Saran / Masukan untuk Cover Komik Elex  (Read 55961 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
fachien
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 10


Awards
« on: April 19, 2007, 03:25:06 am »

Kk

Saya mau kasi saran
GImn kl smua komik elex covernya dibuat sperti cover kamoshika ato J?

soalnya cover yg biasa tipis bgt jadi mudah lepek, kl yg covernya kamoshika gt kan tbel
jadi lumayan kuat ga gampang lepek
Logged
 
Yenny Thie
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 22


Awards
« Reply #141 on: July 02, 2014, 08:55:35 pm »

Pertama, saya ingin puji Cover komik Youth Strategy Guide; ini desain cover komik yang paling aku suka sampai saat ini (dalam konteks komik-komik terbitan hakusensha yang diterbitkan di Indonesia).
Karena, lihat saja contohnya, komik Hari ini dan Besok juga; desainnya tidak menarik. Saya tahu di Jepang aslinya seperti itu (di atas ilustrasi, ada warna putih untuk mengisi judul), tapi menurutku itu membosankan. Nyatanya komik Hakusensha yang baru sudah mengubah layout cover jadi full ilustrasi ^^. Nah,cover komik Youth Strategy Guide (versi Indo) ini salah satu contoh desain untuk mengakalinya. Great job!

Logo Judulnya juga cukup keren, walau saya tak begitu menangkap konsep dari logo itu. Tapi setidaknya sudah ada usaha untuk membuat LOGO JUDUL; bukan hanya ketikan font biasa, seperti contohnya, Hari ini dan besok juga... (maaf sekali bagi yang bertanggung jawab membuat ini... ini hanya contoh, karena kebetulan komik itu ada di rak komik saya... XD). Jadi kiranya, tolong logo judul juga didesain dengan baik :)

Selain itu, editting teks dalam YSG ini juga bagus ^^ Entah kenapa aku merasa seperti itu... (mgkn karena sebelumnya aku membaca komik dgn editting jelek? Saya lupa...)
Font dalam balon dialog, font narasi, font perasaan tokoh, font berteriak/tebal, font sfx, font tulisan dalam komik (di kertas, dsb), font celetukan, semuanya beda. Kadang ada komik yang harusnya font-nya tebal (saat berteriak), tapi font-nya seperti font bicara biasa. Ada yang font narasi, feeling, dan font dialog-nya sama (yg kuingat, ini byk terjadi di komik terbitan M&C); membuat sulit dibaca dan terlihat tidak enak & tidak indah.
Jadi, tolong pertahankan dan tingkatkan pemilihan font ini.
Kadang di komik aslinya mempunyai font yang sangat dinamis; saat membaca, feel-nya lebih dapet. Tapi, pas di versi Indonesianya, jadi terlihat biasa saja karena font-nya juga biasa saja.
Contoh: kadang terdapat font putih yang di-stroke dan di-drop shadow (tentunya opacity 100% black) dan gede, tapi di versi Indonesia jadi font dialog biasa... itu menurunkan kualitas :( (Contoh komik yang saya ingat untuk kasus ini komik LC: The Black Museum Springald).

Maaf, jadi banyak dan melebar kemana-mana *sekalian* XD

Hm... Saya sebenarnya ingin sekali bekerja di bidang seperti ini: Desain cover&logo komik atau editting teks dalam komik. Tapi, saya tidak tahu yang seperti itu melamarnya ke mana... Apa ada yang bisa sekalian bantu? Hehe... XD
Logged
okta92
LX - Evangelis
*****

Reputation: 26
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.054

May the force be with you


Awards
« Reply #142 on: July 03, 2014, 10:20:17 am »

Hai @Yenny Thie  wave

Wah seneng banget ada yang perhatian sama komik Elex soal cover, font, dll.
Pujian dan saranmu sudah kusampaikan ke pihak yang mengerjakan.
Tentunya kami dari redaksi jadi semakin semangat dengan adanya feedback seperti ini.

Ditunggu feedback selanjutnya ya  Grin

PS: Passion-mu disitu ya? Di Elex bisa kok, jika memang sedang ada recruitment.
Jadi, pantengin terus forum supaya tidak ketinggalan info. Siapa tahu ada lowongan di posisi itu  biggrin
Logged

laviniakartika
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 43



Awards
« Reply #143 on: July 21, 2014, 03:29:17 pm »

halo elex,

pengen kasih saran untuk cover komik elex. Terutama detektif conan. Biasanya conan itu covernya cukup khas ya. Pasti selalu ada tokoh conan & dibelakangnya ada foto. Nah fotonya itu kalau di cover book versi aslinya, biasanya foto2 lokasi dijepang yg jadi latar belakang cerita / kasus yg lagi di alami si conan.

Elex bisa ngga ya, supaya fotonya itu ngga di ganti? soalnya unt cover conan edisi indonesia, fotonya sering banget gambarnya burem & ga bagus & ga menarik. terkadang juga kurang relevan (menurut ku pribadi).

kedua, aku mau comment soal kualitas cover komik. Kayaknya untuk cost reduction, elex mengganti jenis kertas yg dipakai untuk cover komik. Jujur aja, cover komik elex yg sekarang itu tipis & gampang lecet. Terutama di bagian2 sudut buku. kepentok sedikit aja udah lecet (maksudnya lecet itu, kertasnya gampang ngelupas.) Contohnya yg paling jelas itu untuk cover komik topeng kaca edisi deluxe.

Kalau saran saya, kenaikan harga ga jadi masalah asalkan kualitas tetap terjaga / tidak ada penurunan kualitas. Memang kenaikan harga sangat memberatkan, tapi asal kualitas tetap bagus, saya rasa pembaca masih bisa menerima.

Lalu, saya pengen tanya nih, sedikit out of topic. Kalau misalnya ada buku yg saya beli (terbitan kompas gramedia). Lalu ada cacat produksi, misalnya halaman hilang. Buku tersebut bisa saya tukarkan dengan yg baru tidak ya? Kalau masa pembelian buku sudah cukup lama, misal 3 minggu. Apa masih bisa saya tukar?

Sorry, nanyanya aga tidak sesuai topik. soalnya bingung mau tanya dimana lagi. Thanks
Logged
elvan99
LX - Member
***

Reputation: 4
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 251

Always Do Your Best


Awards
« Reply #144 on: August 17, 2014, 06:34:00 pm »

Saran aja nih buat elex, untuk lambang nomor knkight in area tolong jangan di edit, biarin aja begitu, layaknya cover dari jepangnya, soalnya lambang nomor yang jepang mulaiu volume 27 rasanya ga kotak kotak gitu, kalo dibuat kaya aslinya lebih keren.  Cheesy

Oh iya, buat cover manga muhyo and rozy juga mendingan dibuat semirip mungkin sama aslinya aja min  Grin
« Last Edit: August 17, 2014, 06:48:24 pm by elvan99 » Logged
okta92
LX - Evangelis
*****

Reputation: 26
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.054

May the force be with you


Awards
« Reply #145 on: August 19, 2014, 10:20:44 am »

Halo @laviniakartika  wave
Maaf ya baru dibalas. Mm, oke masukanmu tentang cover akan kusampaikan ke pihak ybs. Makasih ya :) Dan masalah buku cacat, selama cacatnya random (tidak semua buku mengalami cacat serupa) dan stoknya masih ada, bisa kok ditukarkan ke TB Gramedia.

Halo @elvan99  wave
terima kasih ya atas masukannya. Akan jadi pertimbangan kami :)
Logged

Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #146 on: April 08, 2016, 09:29:06 pm »

Sebenarnya sudah dari beberapa waktu yang lalu (dari sebelum bergabung menjadi member forum) saya ingin mengutarakan ini:

1. Terima kasih sudah memberikan logo Elex Media Komputindo pada bagian cover samping (punggung buku). Sangat tepat!!! Sekarang kesannya menjadi lebih "resmi" dengan adanya logo ini.

2. Terima kasih [lagi] sudah menghilangkan harga buku di cover belakang Level Comics. Secara pribadi memang hal ini kurang cocok, mengingat harga di beberapa tempat berbeda, termasuk di kota saya.

3. Terima kasih [yang terakhir] untuk semua cover designer komik Elex dan Level yang sepertinya selalu berusaha agar cover-nya mirip dengan versi Jepang (aslinya). Bahkan saya mendapati beberapa tampilan cover versi Elex/Level lebih baik (lebih cakep) dibanding cover versi negara lainnya (pendapat pribadi). icon14


Untuk masukan, sebenarnya tidak terlalu penting juga. Mengenai konsistensi tulisan Buku Komik Elex Media Komputindo di cover depan. Saran saya alangkah lebih baik apabila tulisannya konsisten dari sisi ukuran dan jenis huruf. Saya melihat masing-masing pendesain sampul memiliki style-nya masing-masing untuk tulisan ini. Mengenai warna dan letaknya tentunya sudah tepat dengan menyesuaikan dengan keadaan cover-nya.
thanks

Maaf apabila postingan ini salah tempat dan maaf jikalau hal ini sudah dibahas sebelumnya.
Logged

You Just Try Again . . .
sulpher
LX - Member
***

Reputation: 4
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 362



Awards
« Reply #147 on: September 19, 2016, 10:57:25 am »

Mau saran aja buat cover belakang komik one punch man, apa boleh kalau untuk bbrp cover mengikuti versi vizmedia (versi bhs inggris) daripada versi jepang? Soalnya untuk versi jpg bbrp cover nyambung dgn gambar sampul blkg sehingga terlihat 3D. Sementara versi vizmedia sdh termasuk semua.

Semoga bisa jd bahan pertimbangan buat elex. Kecuali kalau ternyata sdh dipertimbangkan krn memang nggak muat semua... kalau itu sih apa boleh buat  Grin 
Logged
arun yustiansyah
LX - Babes


Reputation: 2
Offline Offline

Posts: 3


Awards
« Reply #148 on: June 05, 2017, 08:37:05 pm »

Saran saya sih seharusnya cover komik yang terbit di indo di pertahankan,karena sampul mempunyai peran penting walaupun ada kata-kata "Don't Judge book from cover" nono tapi di indonesia kebanyakan buku-buku masih di segel dalam bungkus plastik.seperti  sampul manga tankobon dari One Punch Man yang ternyata bisa menjadi objek ilustrasi 3 dimensi clap clap clap.http://jurnalotaku.com/2015/11/05/keren-sampul-manga-one-punch-man-ternyata-3d/
saya berharap semoga nanti kalau terbit di Indonesia sampul epik itu dipertahankan doa.
tapi setelah terbitnya di indonesia alangkah kecewanya saya melihat cover komik yang terkesan biasa. image008 no
walaupun (mungkin) harganya juga bakal lebih mahal tapi Membayar harga sepantasnya untuk sesuatu yang bernilai, menurut saya tidak masalah  Cool
*Kata-kata dari komik favorit heartbeat Denpa Kyoushi/Ultimate Teacher volume 02 chapter 14 Cool


 thanks


« Last Edit: June 07, 2017, 05:47:49 am by arun yustiansyah » Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.717


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #149 on: June 06, 2017, 09:11:34 am »

Walau ada beberapa teman2 yang lebih mengutamakan kwalitas dibandingkan harga, sayangnya dalam faktanya sebagian besar pembaca di Indonesia lebih mengutamakan harga dibandingkan segalanya.

Menurut pengamatan perkembangan komik selama beberapa dekade, hanya dengan perbedaan harga beberapa ribu saja sudah dapat menurunkan persentase sebuah seri baru 'dipinang' pembaca Indonesia sebagai koleksi. Jadi terpaksa penyesuaian perlu dilakukan untuk mengikuti hasrat tersebut demi menjaga nafas yang lebih panjang (referensi ke sini). Tapi ini bukan berarti semua hal tidak dapat dilakukan, melainkan ada koridornya yang mengijinkan seberapa ruang gerak itu memungkinkan.
« Last Edit: June 06, 2017, 09:15:44 am by camolatte » Logged

Pages: 1 ... 8 9 10 11 12 13 14 [15]  All   Go Up
Print
Jump to: