Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.168 Posts in 16.726 Topics- by 41.656 Members - Latest Member: ajewilu
Pages: [1] 2  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Trio Detektif - Robert Arthur, Jr  (Read 8189 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Draven
LX - Noob
*

Reputation: 4
Offline Offline

Posts: 70


Awards
« on: March 27, 2014, 03:40:28 pm »

Trio Detektif yang dalam judul aslinya Alfred Hitchcock and the Three Investigators adalah seri novel detektif. Seri orisinil novel populer ini diedarkan antara 1964 sampai 1987 yang terdiri dari 43 buku. Walaupun judulnya mencantumkan nama Alfred Hitchcock, tetapi sebenarnya tidak ada buku yang ditulis oleh Alfred Hitchcock sendiri. Random House, penerbit seri novel tersebut membayar Alfred Hitchcock agar namanya dicantumkan pada seri novel tersebut untuk menarik perhatian pembeli. Seri buku ini awalnya ditulis oleh Robert Arthur, Jr. yang menulis buku ke 1 sampai 9 serta buku ke-11.


Tokoh-tokoh Utama :

    1. Jupiter "Jupe" Jones, Penyelidik Pertama - Seorang mantan aktor cilik dinamakan Baby Fatso, Jupiter adalah seorang yang pintar dan memiliki ingatan kuat serta kemampuan deduksi. Jupiter adalah anak yatim piatu yang tinggal bersama pamannya Titus Jones dan bibi Matilda.

    2. Peter "Pete" Crenshaw, Penyelidik Kedua - Pete adalah seorang atlet atletik yang tidak menyukai situasi berbahaya tetapi sering menjadi andalan dalam beberapa situasi yang memerlukan aksi. Ayahnya adalah seorang ahli efek khusus di Hollywood.

    3. Robert "Bob" Andrews, Dokumentasi dan Penelitian - Bob digambarkan sebagai seorang yang suka belajar dan memakai kaca mata. Bob bekerja sebagai pegawai paruh waktu di perpustakaan sehingga cocok dengan perannya sebagai pengumpul data. Karena dulu kakinya pernah mengalami cedera maka ditugaskan sebagai data dan riset. Ia pun menjadi yang paling kurus dan paling tampan di antara rekan lainnya.


Informasi Mengenai Para Tokoh Utama :

Jupiter, Pete dan Bob tinggal di Rocky Beach, sebuah kota pantai kecil fiktif di California Selatan. Digambarkan bahwa kota tersebut berada sekitar 10-12 mil dari Hollywood dan 15 mil dari tengah kota Los Angeles.

Keluarga Jupiter memiliki dan mengoperasikan The Jones Salvage Yard (Pengusaha Barang Bekas Jones) atau The Yard, dimana terletak markas Trio Detektif yang tersembunyi di dalam sebuah truk trailer tua yang juga tersembunyi di tengah-tengah timbunan barang bekas pula. Terdapat beberapa jalan masuk rahasia yang cerdik (seperti Terowongan Dua, Pintu Empat, dsb.). Alat-alat yang ada di dalam trailer tersebut antara lain sebuah telepon, kamar gelap untuk mencuci-cetak film, sebuah lemari kabinet, dan sebuah ruang kerja dimana Jupiter biasanya merangkai berbagai macam peralatan (kebanyakan berasal dari barang-barang bekas yang ada di sekitarnya) yang sangat membantu ketiga remaja ini untuk melakukan kegiatan penyelidikan mereka. Ketiga remaja ini seringkali harus membayar barang-barang yang mereka ambil dengan cara bekerja untuk Bibi Mathilda --- seorang pekerja keras yang percaya bahwa anak-anak yang terlihat menganggur harus segera diberi pekerjaan.

Jupiter merancang kartu nama Trio Detektif sedemikian rupa sehingga menarik perhatian para calon klien mereka. Yang paling diingat oleh para pembaca adalah adanya tiga tanda tanya di atas kartu nama tersebut. Para calon klien ini seringkali bertanya apa makna ketiga tanda tanya itu --- suatu hal yang memberikan kesempatan bagi Jupiter untuk membuat para calon klien itu terpesona oleh penjelasannya: "tiga tanda tanya itu adalah simbol dari pertanyaan yang akan terjawab, misteri yang akan terpecahkan." Orang-orang yang menyewa jasa Trio Detektif biasanya hanya memperkenalkan mereka pada kasus-kasus yang mesti dipecahkan, dan bertemu lagi dengam ketiga remaja itu pada akhir petualangan. Beberapa diantaranya ada yang merujuk para remaja ini ke ahli-ahli tertentu, seperti seprang peneliti tentang kekuatan supernatural. Tidak pernah sekalipun disebutkan bahwa para klien tersebut memberikan bantuan dana kepada ketiga remaja ini untuk melakukan penyelidikan mereka.

Trio Detektif memecahkan berbagai kasus lewat riset (keahlian Bob), observasi aktif (keahlian Pete), dan penelaahan deduksi yang pandai (keahlian Jupiter). Walau para remaja ini lebih muda dan kurang memiliki dukungan serta koneksi seperti yang dimiliki oleh tokoh-tokoh detektif fiktif lainnya (The Hardy Boys dan Nancy Drew), mereka selalu dapat menemukan cara untuk mengkompensasi kelemahan mereka tersebut.

Walau masih terlalu muda untuk bisa menyetir mobil sendiri, Trio Detektif cepat-cepat bisa memperoleh alat transportasi yang dapat diandalkan dalam bentuk mobil mewah sewaan Rolls-Royce yang dibawa oleh sopir Inggris bernama Worthington. Jupiter memperoleh fasilitas ini selama "tiga puluh hari, dua puluh empat jam tiap harinya" setelah memenangkan sebuah kontes promosi dari sebuah perusahaan penyewaan mobil, tepat sebelum memulai penyelidikan mereka di buku Misteri Rumah Hantu. Meskipun Jupiter berdalih bahwa kata-kata "tiga puluh hari, dua puluh empat jam per hari" berarti bahwa anak-anak remaja itu harusnya memiliki hak untuk menggunakan mobil mewah tersebut selama masa setara dengan 30 hari penuh (atau 720 jam), perusahaan penyewaan mobil Rent-N-Ride langsung menghentikan hak mereka itu dalam cerita Misteri Mata Berapi. Untungnya, seorang klien yang sangat berterima-kasih atas bantuan Trio Detektif mengatur jalan bagi para remaja itu untuk dapat menggunakan fasilitas mobil mewah itu kapanpun mereka butuhkan. Namun, walau Worthington kemudian menjadi salah seorang kepercayaan dan pendukung Trio Detektif, penggunaan mobil mewah itu belakangan menjadi semakin jarang di buku-buku yang terbit selanjutnya.

Setelah berhasil membuktikan ketangguhan mereka, Trio Detektif memperoleh kartu tanda pengenal dari kepala polisi Rocky Beach, Samuel Reynolds, yang menunjukkan bahwa ketiga remaja tersebut adalah petugas muda yang membantu kepolisian Rocky Beach. Mereka kadang-kadang menggunakan tanda pengenal ini untuk meyakinkan orang lain bahwa mereka adalah penyelidik sungguhan.


Daftar judul seri Trio Detektif :

    1. The Secret of Terror Castle (Misteri Puri Setan)
    2. The Mystery of the Stuttering Parrot (Misteri Nuri Gagap)
    3. The Mystery of the Whispering Mummy (Misteri Bisikan Mumi)
    4. The Mystery of the Green Ghost (Misteri Hantu Hijau)
    5. The Mystery of the Vanishing Treasure (Misteri Kurcaci Gaib)
    6. The Secret of Skeleton Island (Misteri Pulau Tengkorak)
    7. The Mystery of the Fiery Eye (Misteri Mata Berapi)
    8. The Mystery of the Silver Spider (Misteri Laba-laba Perak)
    9. The Mystery of the Screaming Clock (Misteri Jeritan Jam)
    10. The Mystery of the Moaning Cave (Misteri Gua Raungan)
    11. The Mystery of the Talking Skull (Misteri Tengkorak Berbicara)
    12. The Mystery of the Laughing Shadow (Misteri Bayangan Tertawa)
    13. The Secret of the Crooked Cat (Misteri Kucing Bengkok)
    14. The Mystery of the Coughing Dragon (Misteri Naga Batuk)
    15. The Mystery of the Flaming Footprints (Misteri Jejak Bernyala)
    16. The Mystery of the Nervous Lion (Misteri Singa Gugup)
    17. The Mystery of the Singing Serpent (Misteri Nyanyian Kobra)
    18. The Mystery of the Shrinking House (Misteri Rumah Yang Mengkerut)
    19. The Secret of Phantom Lake (Misteri Danau Siluman)
    20. The Mystery of Monster Mountain (Misteri Gunung Monster)
    21. The Secret of the Haunted Mirror (Misteri Cermin Berhantu)
    22. The Mystery of the Dead Man's Riddle (Misteri Teka-Teki Aneh)
    23. The Mystery of the Invisible Dog (Misteri Anjing Siluman)
    24. The Mystery of Death Trap Mine (Misteri Tambang Jebakan Maut)
    25. The Mystery of the Dancing Devil (Misteri Setan Menandak)
    26. The Mystery of the Headless Horse (Misteri Kuda Tanpa Kepala)
    27. The Mystery of the Magic Circle (Misteri Kelompok Penyihir)
    28. The Mystery of the Deadly Double (Misteri Kemelut Kembar)
    29. The Mystery of the Sinister Scarecrow (Misteri Boneka Beringas)
    30. The Secret of Shark Reef (Misteri Karang Hiu)
    31. The Mystery of the Scar-Faced Beggar (Pengemis Buta Bermuka Rusak)
    32. The Mystery of the Blazing Cliffs (Misteri Tebing Menyala)
    33. The Mystery of the Purple Pirate (Misteri Perompak Ungu)
    34. The Mystery of the Wandering Caveman (Misteri Manusia Gua)
    35. The Mystery of the Kidnapped Whale (Misteri Penculikan Ikan Paus)
    36. The Mystery of the Missing Mermaid (Misteri Hilangnya Putri Duyung)
    37. The Mystery of the Two-Toed Pigeon (Misteri Merpati Berjari Dua)
    38. The Mystery of the Smashing Glass (Misteri Kaca-kaca Remuk)
    39. The Mystery of the Trail of Terror (Misteri Kejaran Teror)
    40. The Mystery of the Rogues' Reunion (Misteri Reuni Berandal Cilik)
    41. The Mystery of the Creep-Show Crooks (Misteri Penyamun Horor)
    42. The Mystery of Wrecker's Rock (Misteri Karang Bencana)
    43. The Mystery of the Cranky Collector (Penculikan Kolektor Serakah)


Semoga di terbitkan, mengingat 5 sekawan aja juga di terbitkan.  doa   doa   doa



« Last Edit: July 23, 2014, 10:52:41 am by smartie » Logged
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 255
Offline Offline

Posts: 3.910



Awards
« Reply #1 on: March 27, 2014, 03:49:51 pm »

Suka banget sama Trio Detektif~!!  (^,^)/

Dulu cuma pinjem di perpus SMP & SMA, sekarang berburu bukunya di lapak buku bekas (^^)
Tapi baru dapet beberapa..., dulu kayaknya yang paling berkesan itu yang judulnya Naga Batuk, Nuri Gagap, Kuda Tanpa Kepala, sama Bisikan Mumi  Grin
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
Draven
LX - Noob
*

Reputation: 4
Offline Offline

Posts: 70


Awards
« Reply #2 on: March 27, 2014, 03:58:30 pm »

dah susah cari buku nya yang masih bagus, kebanyakan sudah dimakan usia. Mengharapkan cetul aja, masih wangi kertas baru hahaha
Logged
Meriana
LX - Senior
****

Reputation: 136
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.005

Enjoy Reading BOOKS ( ̄▽ ̄)


Awards
« Reply #3 on: May 07, 2014, 04:48:10 pm »

Kangen banget sama novel iniiiii!!!!
Dulu sempet baca di perpus SD (ada 2 judul aja) itu tiap kali istirahat gw baca bolak-balik sampe bosen^^
Entah judulnya yg mana gw lupa,, tapi yg pasti kesan gw pas baca itu terus membekas. Yaitu: "Awesome!!!!"

Tapi untuk 3 karakter utamanya,, gw masih ingat semua^^
Logged

Im just trying to live every day and not wish I had done something differently. Emma Roberts.
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.720


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #4 on: July 08, 2014, 03:33:14 pm »

Kabarnya ini mau diterbitin lagi dengan cover baru lho, cover-cover barunya beda style-nya, mengingatkan g akan animasi Batman. Ada yang mau koleksi ulang? :)

« Last Edit: July 08, 2014, 03:35:15 pm by camolatte » Logged

Draven
LX - Noob
*

Reputation: 4
Offline Offline

Posts: 70


Awards
« Reply #5 on: July 14, 2014, 11:34:17 am »

Mantap ! Kabarnya baru 3 buku awal dulu ya, harganya sekitar 40.000

Huff....  

Harga yang mengerikan, harus lebih menarik tali ikat pinggang  gangstauzi
Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #6 on: July 20, 2014, 09:27:37 pm »

Trio Detektif itu sudah 3x mengalami kenaikan:
* tahun 1990an @3500
* tahun 2000an @10rb
* tahun 2014 @40rb
Sungguh kenaikan harga yang fantastis. argg
Logged

guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 255
Offline Offline

Posts: 3.910



Awards
« Reply #7 on: July 21, 2014, 10:08:16 am »

Kemaren di tokbuk udah pegang-2 bukunya.., cuman ya itu~ gak 'tega' sama harganya (>,<)  Lebih tepatnya, gak tega sama dompet

Padahal kepingin banget karena ceritanya yang seru & keren, kesan 'kuno' yang ada ( para pembaca modern jangan mengharapkan Trio Detektif ini punya smartphone ) itu justru menambah keunikan & daya tarik ceritanya~

Mungkin aku masih harus berburu buku bekasnya aja di loakan (^^)
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
dondigdo
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 54


untung ada saya! :D


Awards
« Reply #8 on: July 21, 2014, 11:04:43 am »

Trio Detektif itu sudah 3x mengalami kenaikan:
* tahun 1990an @3500
* tahun 2000an @10rb
* tahun 2014 @40rb
Sungguh kenaikan harga yang fantastis. argg
haiyaaaaa
klo yg diliat gitu doang sih berasa mahal.
nilai Rp. 3500 thn 90an bisa jadi lebih tinggi dari pada Rp. 40.000 sekarang.
kursnya aja udah beda, blm lg urusan daya beli & inflasi.


klo trio detektif, kebetulan saya emang kumpulin, paling gak ada 20an buku. :d
Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #9 on: July 21, 2014, 06:44:54 pm »

haiyaaaaa
klo yg diliat gitu doang sih berasa mahal.
nilai Rp. 3500 thn 90an bisa jadi lebih tinggi dari pada Rp. 40.000 sekarang.
kursnya aja udah beda, blm lg urusan daya beli & inflasi.

klo trio detektif, kebetulan saya emang kumpulin, paling gak ada 20an buku. :d

Tahun 2000an, mie instance @1500 terus Harry Potter @25rb. Dengan Harry Potter sekarang @45rb semestinya harganya di kisaran 30rb-an. Toh Lima Sekawan (novel yang sezaman) sekarang harganya cuman @25rb-an. mikir
Logged

Pages: [1] 2  All   Go Up
Print
Jump to: