Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.210 Posts in 16.736 Topics- by 41.692 Members - Latest Member: Shanelchata
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Selamat Hari Raya Nyepi  (Read 1339 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Medlineth
The Watchdoge
LX - Evangelis
*****

Reputation: 167
Offline Offline

Posts: 2.117


Sometimes, the right path is not the easiest one.


Awards
« on: March 09, 2016, 08:26:48 am »

Elex Media Komputindo mengucapkan: Selamat Hari Raya Nyepi - Tahun Baru Saka 1938.



Logged



"I'm being ironic. Or is it sarcastic? I can never remember." - Lockwood
fetzhang
LX - Junior
**

Reputation: 8
Offline Offline

Posts: 178


Rain + Coffee + Books = Perfect


Awards
« Reply #1 on: March 09, 2016, 09:02:12 am »

Selamat Hari Raya Nyepi ^^
Pas waktunya dengan gerhana matahari :)
Logged
K.S.B.S
LX - Senior
****

Reputation: 13
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 785


WWW Awards
« Reply #2 on: March 09, 2016, 12:26:18 pm »

Selamat Hari Raya Nyepi - Tahun Baru Saka 1938. :)
Logged

kokuo sama
LX - Senior
****

Reputation: 35
Offline Offline

Posts: 820


araa !!! destroy de' world


WWW Awards
« Reply #3 on: March 09, 2016, 05:04:51 pm »

Selamat hari raya nyepi :)

Ad yg mau jelasin, ap yg dilakukan pd hari raya nyepi, aq cuma dikasih tau "g bole bicara" hmm...
Logged

Kuylah Baca Ceritaku #NDsWattpad #NDsStory >,<
https://www.wattpad.com/user/Endy_UKilled

Image Hosting bermasalah, menyebabkan gambar jadi tak kasat mata

Mau baca Ripiu Abal-abal? Cek #NDsReview #NDsCollectionn di IG aku~
https://www.instagram.com/Endy_UKilled/

Difollow yak //plak
fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.197


Awards
« Reply #4 on: March 10, 2016, 09:20:39 am »

Selamat Hari Nyepi^^



Ad yg mau jelasin, ap yg dilakukan pd hari raya nyepi, aq cuma dikasih tau "g bole bicara" hmm...

Eheem... Saya sebenernya bukan yang kompeten banget buat ngejelasinnya, tapi kalo secara garis besarnya masih okelah

Ini yang saya dapet dari pelajaran agama waktu di sekolah dulu sih, ya Ditambah sedikit pemahaman dari saya sendiri^^ Nyepi itu pada intinya perayaan tahun baru. Kalau tahun baru kita juga berharap semuanya akan jadi lebih baik kan, ya^^ Kalau ingin jadi lebih baik, tentunya nggak bisa hanya dengan berharap dan berdoa saja tetapi manusia juga harus melakukan sesuatu untuk membuatnya terjadi. Salah satunya adalah dengan melakukan introspeksi dan melatih diri/menahan diri.

Caranya adalah dengan melakukan pantangan atau brata yang ada empat jenis atau biasa dicebut Catur Brata Penyepian ( catur=4, brata=berpantang, penyepian=saat nyepi/sunyi ). Nah, ini nih yang nggak dilakukan pada waktu Nyepi^^


1. Nggak menyalakan api alias Amati Geni. Jadi segala kegiatan yang berhubungan dengan api dan listrik tidak dilakukan, misalnya memasak dan menyalakan lampu. Kalo nggak masak, lazimnya sih pas Nyepi pasti pada puasa.


2. Nggak melakukan pekerjaan alias Amati Karya. Jadi, pekerjaan yang biasa dilakukan seperti pekerjaan kantor untuk satu hari itu ditiadakan. Gimana kalo nyapu di rumah? Kalo saya sih tetep, kan yang namanya menjaga kebersihan, ya wajib Tapi ngga sampe nyapu halaman di luar rumah^^


3. Nggak bepergian alias Amati Lelungan. Soalnya manusia kan selalu bergerak, nggak badan, nggak pikiran. Jadi kalau badan nggak bergerak -maksudnya ngga pergi- diharapkan pikiran bisa sedikit tenang. Biasanya jalanan bakal lengang banget^^ Tapi untuk hal darurat masih dibolehkan untuk keluar, misalnya kalau sakit atau melahirkan.


4. Nggak menikmati hiburan alias Amati Lelanguan. Jadi ngga menikmati musik, film atau bacaan yang bersifat hiburan supaya bisa lebih khusuk. Makanya siaran tipi pas waktu Nyepi ditiadakan di Bali.


Nah, untuk fasilitas publik macem rumah sakit tetap beroperasi seperti biasa. Kan gawat kalo rumah sakit sampe gelap-gelapan^^ Yang saya sebut diatas itu sih kondisi idealnya, ya. Untuk pelaksanaannya tergantung kebiasaan masing2 keluarga atau orang. Yang diharapkan, kita bisa jadi manusia yang lebih baik sehingga setahun ke depan bisa berbuat hal baik lebih banyak.

Untuk larangan bicara, ini pertama kalinya saya denger mikir Yang pasti, saya tahunya ya empat itu sih. Hehe

Maaf kalau panjang dan membosankan Semoga bermanfaat^^
Logged

~tat twam asi~
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 255
Offline Offline

Posts: 3.910



Awards
« Reply #5 on: March 10, 2016, 12:47:27 pm »

Sama sekali ga membosankan, De!! panda-sailor Ini malah jadi tambah pengetahuan panda-neo Thank youu~ (^o^)/

Selamat Hari Nyepi untuk AdeLein dan semuanya yang merayakan~ panda-chuu
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
kokuo sama
LX - Senior
****

Reputation: 35
Offline Offline

Posts: 820


araa !!! destroy de' world


WWW Awards
« Reply #6 on: March 10, 2016, 01:58:11 pm »

Waah, penjelasannya baik sekali. Makasih ka fraulein, bener2 nambah informasi nih.
Jd salah y dgn g bole bicara, sip2 aq paham skarang.
Logged

Kuylah Baca Ceritaku #NDsWattpad #NDsStory >,<
https://www.wattpad.com/user/Endy_UKilled

Image Hosting bermasalah, menyebabkan gambar jadi tak kasat mata

Mau baca Ripiu Abal-abal? Cek #NDsReview #NDsCollectionn di IG aku~
https://www.instagram.com/Endy_UKilled/

Difollow yak //plak
fetzhang
LX - Junior
**

Reputation: 8
Offline Offline

Posts: 178


Rain + Coffee + Books = Perfect


Awards
« Reply #7 on: March 10, 2016, 02:04:47 pm »

Pernah tanya ke seorang Bli (paman) pas main ke Bali tentang Nyepi ini. Bicara masih boleh, makan juga boleh, karena sudah disiapkan sebelumnya. Kalo anak-anak ngga makan kan repot. Apalagi bayi ntar nangis :)
Kalau pesawat dan kendaraan emang dilarang lewat dan katanya ada kelompok yang "menjaga" hal tersebut tidak terjadi atau jangan sampai menimbulkan kegaduhan. Segitu aja dibilangnya. Heheheh :)
Logged
fraulein
LX - Senior
****

Reputation: 109
Offline Offline

Posts: 1.197


Awards
« Reply #8 on: March 10, 2016, 02:51:59 pm »

Pernah tanya ke seorang Bli (paman) pas main ke Bali tentang Nyepi ini. Bicara masih boleh, makan juga boleh, karena sudah disiapkan sebelumnya. Kalo anak-anak ngga makan kan repot. Apalagi bayi ntar nangis :)


Iyak, ini juga bener. Seperti yang kusebut di atas, keempat tadi itu adalah bentuk idealnya. Pelaksanaannya ya fleksibel disesuaikan dengan sikon seperti yang disebut  Fetzhang di quote itu.



Kakak Guguk : Makasii
Logged

~tat twam asi~
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: