Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.263 Posts in 16.861 Topics- by 44.057 Members - Latest Member: SiobhanRei
Poll
Question:
Yang manakah review Secret favoritmu?  (Voting closed: April 13, 2016, 12:55:40 pm)
guguk - 1 (4.8%)
weisswald - 2 (9.5%)
Meriana - 5 (23.8%)
kokuo sama - 8 (38.1%)
rofi17 - 1 (4.8%)
Sufyan Hakim - 4 (19%)
Total Voters: 21

Question:
Yang manakah review Super Darling favoritmu?  (Voting closed: April 13, 2016, 12:42:57 pm)
jabberwock - 8 (34.8%)
fetzhang - 5 (21.7%)
ruth_shiela - 10 (43.5%)
Total Voters: 23

Question:
Yang manakah review The Sluggish Tanaka favoritmu?  (Voting closed: April 13, 2016, 12:56:16 pm)
guguk - 1 (2.4%)
yskasim - 8 (19%)
mic0609 - 18 (42.9%)
kokuo sama - 1 (2.4%)
rofi17 - 3 (7.1%)
Jabberwork - 3 (7.1%)
Arina ZYY - 8 (19%)
Total Voters: 40

Pages: 1 2 [3] 4 5  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XV (30 Mar-13 April)  (Read 10184 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
bleach77
LX - Noob
*

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 71



Awards
« Reply #20 on: April 01, 2016, 10:47:09 am »

Sepertinya ini sesi PAPR dengan jumlah peserta terbanyak. clap
Turut senang melihat antusiasme teman-teman yang semakin rajin menulis, semoga kedepannya juga tetap banyak seperti ini.
Baiklah, tentu saja yang terberat adalah melakukan review/voting terhadap tulisan tersebut.

Untuk The Sluggish Tanaka, saya vote tulisan yskasim.
Saya suka dengan beberapa trivia yang diberikan selain dari sinopsis ceritanya. Jika sinopsis cerita mungkin para pembaca bisa dengan mudah mengetahuinya dari yang ada di belakang buku maupun forum Elex tercinta ini. Namun untuk hal-hal tambahan yang ada di luar buku (seperti publikasi komik tersebut di Jepang dan sambutan para pembaca disana yang heboh hingga bisa terjual sampai dengan 1 juta copy), saya rasa tidak banyak yang mengetahuinya, dan ini merupakan tambahan informasi yang mengasyikkan untuk dinikmati.
Pembaca jadi bisa lebih tahu informasi lain terkait buku yang dibacanya ini.Hal ini yang tidak saya temukan dalam review yang lain (kecuali milik Arina). Kalimat penutup yang diberikan juga menjadi refleksi tersendiri bagi kita semua untuk lebih memahami orang lain yang kita anggap malas.:)

untuk Secret, saya vote tulisan Meriana.
Alasan saya memilihnya karena di dalam review yang ditulisnya, terlihat reviewer berusaha menggambarkan sisi teknis yang ada di komiknya. Meski sinopsis cerita hanya diberikan sedikit di awal, namun seperti yang sudah dikatakan di atas, mungkin orang-orang yang berminat bisa mengetahui ceritanya dari sinopsis yang ada di komiknya. Pendapat pribadi setelah membaca komiknya juga menjadi nilai lebih yang mampu mempengaruhi orang yang tertarik untuk membacanya.Sebenarnya saya berharap ada trivia yang diberikan terkait komik Secret ini, tapi karena tidak ada yang memberikan (sepertinya sulit mendapatkan informasi lebih banyak terkait judul ini), tapi karena tidak ada yang menyertakan, saya coba melihat dari sisi yang lain.:)

Untuk Super Darling, saya vote tulisan ruth_shiela
Sama seperti tulisan yskasim dalam The Sluggish Tanaka, saya suka dengan trivia yang diberikan pada awal tulisan. Namun sedikit berbeda, ruth memberikan penjelasan terkait penulis dan karya-karyanya yang lain.
Ini bisa menjadi pemancing bagi para pembaca yang suka dengan Super Darling dan ingin mencari karyanya yang lain (dan tentunya pemancing supaya Elex menerbitkannya juga secara legal)
Kelebihan yang ada pada tulisan ruth_shiela adalah garis besar cerita yang diberikan/ditulis lebih mudah dipahami. Orang-orang yang ingin membacanya jadi lebih tahu mau dibawa kemana sebenarnya alur cerita komik ini.
Ibarat sebuah makanan, tulisan ruth_shiela sudah memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna.:)


« Last Edit: April 01, 2016, 10:49:40 am by bleach77 » Logged

Go for your Dream
ruth_shiela
LX - Junior
**

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 151


Shinjitsuwa Itsumo Hitotsu!


Awards
« Reply #21 on: April 01, 2016, 04:41:18 pm »

Sebelum voting, mau kasih ucapan terima kasih dulu buat yang sudah memvote saya (kokuo sama, bleach77, dan teman-teman lain yang mungkin mau mendukungku). Tanpa dukungan kalian, tiada artinya tulisanku.
Karena tidak boleh vote tulisan sendiri, coba kasih vote untuk 2 yang lain.

Komik Secret : kokuo sama
Bisa dibilang komik ini paling banyak direview dibandingkan yang lain. Namun aku tertarik dengan tulisan kokuo sama yang memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai jalan ceritanya sehingga membuat pembaca lebih tahu tentang alurnya.

Komik The Sluggish Tanaka : yskasim
Aku suka cara yskasim bercerita, serasa mengalir begitu saja.Detail-detail yang ditulis meski kecil namun sangat informatif. Dari awal, pertengahan, dan penutup serasa menyatu dengan tulisannya.Like it. heartbeat
Logged

Life is beautiful...
Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #22 on: April 01, 2016, 05:40:34 pm »

Wah, PAPR edisi ini sangat ramai... Ulasan teman-teman semua sangat berbobot icon14 Perkenankan saya untuk memberikan komentar dua judul buku.

1. Super Darling: jabberwock
Saya menyukai tulisan jabberwock karena ulasannya “membuat penasaran” terutama dengan adanya dua kalimat kutipan yang ditebalkan. Tulisannya memainkan besar-kecilnya huruf sehingga memberikan kesan menarik dipandang. Selain itu, juga terkesan rapi sehingga menyenangkan untuk dibaca. Tulisannya pun dikemas singkat dan padat sehingga menambah nilai lebih.
Kekurangan yang saya temui adalah adanya kesalahan penulisan kata depan di- pada beberapa kalimat, seperti “dibawah pohon”, “disekitarnya”, dan “dihadapannya”. Juga beberapa istilah asing (Bahasa Inggris dan Jepang) yang seharusnya dimiringkan. Semoga review berikutnya dapat diperbaiki lagi.

2. The Sluggish Tanaka: Arina ZYY
Untuk judul ini saya sangat tertarik dengan review karya Arina ZYY. Satu ungkapan; “beda dari yang lain”. Unik karena menggunakan sudut pandang tokoh utama sebagai reviewer. Sangat menyenangkan ketika membacanya. Bagi yang membaca komik Tanaka ini tentu paham dengan beberapa kalimat asli yang digunakan Tanaka dalam komik. Hebat! Perkenalan tokohnya lebih lengkap dibanding dengan lainnya. Menurutku tidak ada kesalahan penulisan atau ejaan. Pada paragraf terakhir juga ada info mengenai award atau prestasi yang diperoleh komik ini, sangat informatif.
Kekurangannya, tentunya dengan berani menggunakan gaya review seperti ini, para pembaca ulasan yang belum membaca komik ini banyak yang tidak mengetahui dan menyadari “kelebihan tersembunyi” dalam ulasannya. Akan tetapi, saya sangat salut dengan idenya.
Sekian komentar dari saya, mohon maaf apabila ada salah kata, teman-teman... Teruslah berikan tulisan terbaik kalian!!! beerchug
Logged

You Just Try Again . . .
gusfina
LX - Senior
****

Reputation: 92
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 788

Ubugoe ♪


WWW Awards
« Reply #23 on: April 01, 2016, 08:26:40 pm »

Wah wah waaah~ \(^ o ^)/ Heartbeat shortcut lovely review is lovely! //wat
Terima kasih, usaha para reviewer dan tulisan kalian semua sangat menarik dan menggugah hati. Kali ini saya akan ikut berkomentar berhubung review kali ini sepertinya yang paling ramai dan sangat menarik hati.
Nah baiklah,  mulai dari mana ya? Ufufufu~ ///U v U/// 


...-...-...-...-...-...-...   


|| Super Darling ||
Dimulai dengan kalimat yang ringan dan memberikan kesan misterius, tulisan fetzhang benar-benar memikat saya untuk membaca reviewnya. Penjelasannya mudah dimengerti dan kurasa pilihan kalimat pembukanya akan menarik para pembaca komik shoujo-- atau paling tidak saya (uhuk).
Tambahan pro kontra pendapatnya sangat membantu saya membayangkan isi ceritanya Grin  Hanya saja, saya merasa kalimatnya kepanjangan. Tapi toh meski panjang, saya berakhir tetap tertarik.
Disisi lain dan masih membicarakan gaya tulisan, saya juga tertarik dengan review jabberwock yang ditulis dengan rapih dan font memikat.   



Untuk review Super Darling, perkenankan saya memilih review saudara fetzhang Grin
Overall, review kalian bertiga semua menarik kok^^   


...-...-...-...-...-...-...   


|| The Sluggish Tanaka ||
Baiklah, saya akan jujur kalau saya paling tertarik menuliskan komentar untuk The Sluggish Tanaka, terlepas niat koleksiku. 
Review yang dituliskan Arina ZYY membuatku merasa ia keluar dari kebiasaan cara tulis review kebanyakan (dan jujur saja saya langsung nyamperin review resmi dari elex begitu selesai membaca review ini). Membuat seolah-olah ia menjadi tokoh utama yang begitu malas dan menceritakan satu dua hal mengenai buku pertamanya itu. Review ini membuatku ingat dengan sinopsis di salah satu komik elex juga, dan menurutku gaya tulis ini sangat memikat dan akan menjadi tonggak penulisan review lain kedepannya Grin
Oh! Apakah saya terlalu memuji? Maaf, tapi saya juga tidak hanya terpikat dari gaya pemaparannya, tapi isi reviewnya juga sangat menolong saya membayangkan isi bukunya karena bahasanya ringan dan bersahabat, merefleksikan tokoh di komik ini sendiri.
Tapi review kokuo-sama dan guguk juga menceritakan dengan baik The Sluggish Tanaka, dan sukses membuat saya senyam senyum membaca review mereka yang ringan-renyah.   


Untuk review The Sluggish Tanaka, perkenankan saya memilih review saudara Arina ZYY Grin
Overall, review kalian bertujuh semua menarik kok^^


...-...-...-...-...-...-...   


|| SECRET ||
Membaca review kalian semua...

...membuat saya yang belum baca komiknya sudah menebak siapa dalang yang akan menjadi plot twist makernya... //lhokok.

Baiklah, review yang paling memikat menurutku adalah tulisan guguk yang menjabarkan dengan rapih siapa-siapa saja korban yang selamat dengan penggunaan bold yang membantu dan sebuah note sampingan (yang sangat netral terhadap "korban").
Selain guguk, penjelasan awal Meriana yang dituliskan secara italic juga menarik minat saya. Detail yang dituliskan mudah dipahami dan sangat jujur.
Tapi untuk review yang padat, singkat dan mencakup sinopsis yang mengundang pembaca, saya senang dengan tulisan kokuo sama. Tidak begitu panjang tapi berisi. Tulisannya ditulis dengan netral dan sangat cocok untuk menjadi sinopsis belakang buku X"D   


Untuk review SECRET, perkenankan saya memilih review saudara kokuo sama Grin
Overall, review kalian berenam semua menarik kok^^


...-...-...-...-...-...-...   
Edit reason: Memperbaiki nama ZYY yang saya tulis sebagai XYZ > < //gustypomaster.
« Last Edit: April 01, 2016, 09:13:41 pm by gusfina » Logged

Ever
LX - Member
***

Reputation: 101
Offline Offline

Posts: 691



Awards
« Reply #24 on: April 02, 2016, 10:35:44 am »

Wow, ramai dan berbobot sekali ya review+komentar2nya  clap Tadinya mau ikutan review Secret juga, tapi karena telat jadi vote+komentar sajah...

-Super Darling
Pilih Jabberwock karena saya suka format sinopsisnya dengan 2 quote yang relevan dan menarik + uraian yang jelas terlihat sangat paham target audience untuk komik ini 

-The Sluggish Tanaka
Saya sebenarnya agak malas beli judul ini, tapi jadi agak tertarik karena review teman2. Untuk vote, walau saya juga suka gaya Arina yang unik, akhirnya pilihan jatuh ke yskasim yang memberikan informasi/trivia2 menarik yang membuat saya jadi berpikir2 untuk mengambil judul ini.   

-Secret
Luar biasa review teman2, akhirnya saya jadi beli buku ini padahal memang udah niat mau ambil dari dulu sih. Paling susah milih yang ini, saya sebenarnya sangat suka review Meriana yang rapi dan mengupas kekurangan2 buku ini setajam silet (*nggak seperti review pada umumnya yang kadang kesannya seperti iklan), tapi kadung terpikat oleh deskripsi karakter yang 'nakal' dan analogi kartu soliter-nya guguk. Mungkin karena saya lumayan familiar dengan gaya cerita Tonogai-sensei, jadi analoginya terasa sangat jitu. 



Logged
yskasim
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 57



Awards
« Reply #25 on: April 03, 2016, 04:39:22 pm »

Sesi voting :
1. Secret : Meriana
Kelebihan dari review milik Meriana adalah :
- Mengulas dengan cara yang berbeda karena menekankan pada pendapatnya setelah membaca komik tersebut.
- Kelebihan dan kekurangan komik diulas secara bersamaan

2. Super Darling : Ruth_shiela
- Kalimat yang dipakai membuat enak untuk membaca ulasan yang ditulis
- Hal-hal yang disampaikan diluar komiknya menjadi sesuatu yang menarik untuk dibaca
Logged
damiana
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 9


Awards
« Reply #26 on: April 03, 2016, 05:22:31 pm »

Baru tahu di forum Elex ada yang seperti ini.
Liat review-review yang ditulis keren-keren semua.
Coba ikutan review eh kasih komen buat tulisan yang masuk****

>>> Super Darling <<<
Pilihanku jatuh pada ruth_shiela. Sebelum mulai pembahasan, mengawali dengan memberikan informasi mengenai penulisnya, baru mengulas
ceritanya. Wow, ide yang menurutku oke. Tidak hanya itu, aku lebih memahami isi cerita Super Darling dari tulisan punya ruth_shiela

>>> The Sluggish Tanaka <<<
Sebenarnya tulisan yang dimuat untuk komik ini top semua. Tapi aku tertarik dengan kalimat penutup yang ditulis yskasim. Itu jugalah yang
membuatku memilih yskasim

>>> Secret <<<
Buat komik ini, vote punya Meriana. Aku suka dengan caranya mengulas secara detail kelebihan dan kekurangan yang dimiliki komik ini.
(sudah seperti reviewer luar negeri saja.hihihi)
Logged
ari1817
LX - Babes


Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 22



Awards
« Reply #27 on: April 05, 2016, 04:07:29 pm »

Reviewnya benar-benar berbobot.
Bukan hal yang mudah memutuskan siapa yang bakal dipilih.
Coba buat menilai dari segi bahasanya yang enak buat dibaca, kelengkapan review yang ditulis, dan bagaimana reviewnya mampu mempengaruhi pembaca buat membaca/membeli bukunya.
Dari sisi ini, pilihanku jatuh pada......
1. The Sluggish Tanaka... yskasim
Nilai plusnya ada pada detail yang tidak hanya mengacu pada cerita, namun lebih dari itu memberikan gambaran di luar komiknya.

2. Secret... kokuo sama
Nilai plusnya ada pada cerita yang diulas dengan lengkap sehingga memudahkan dipahami.

3. Super darling...ruth_shiela
Nilai plusnya ada pada kepadatan ulasan yang membuat tulisan jadi lengkap, namun tidak serasa menumpuk banyak.
Tapi overall semuanya oke kok. thanks
« Last Edit: April 12, 2016, 09:15:23 am by ari1817 » Logged
nophee
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 16



Awards
« Reply #28 on: April 10, 2016, 12:16:45 pm »

Bingung juga mau kasih komentar mengenai tulisan teman-teman di forum elex ini.
Tiap judul komik, punya 2 penulis favorit.
Agak berat memilihnya, tapi coba deh tetap memilih yang terbaik dari yang sudah baik.

- Meriana vs Kokuo sama ---> Secret
Aku suka sekali dengan tulisan mereka berdua. Meriana dengan sudut pandangnya terhadap komik yang direview membuat
orang yang membacanya jadi mampu melihat semenarik apa sih komik ini. Sayangnya dari sisi cerita kurang dikupas lebih dalam.
Kokuo sama merupakan kebalikan dari Meriana, karena sisi cerita dikupas lebih dalam sehingga membuat orang tahu lebih banyak, hanya
sayangnya kurang penilaian pribadi terhadap komik ini.
Untuk komik ini, saya pilih Kokuo sama.

- Jabberwock vs Ruth_shiela ---> Super Darling
Tulisan Jabberwock begitu unik karena memberikan awalan berupa quotes sebelum memulai sinopsis cerita. Hanya rasanya ada bagian yang dipotong
dalam penjelasan sinopsisnya (atau mungkin itu hanya perasaanku saja).
Sedangkan tulisan Ruth_shiela aku suka karena kelengkapan tambahan informasi yang dikasih serta ringkasan cerita komiknya yang lengkap.
Untuk komik ini, saya pilih Ruth_shiela.

- yskasim vs Kokuo sama ---> The Sluggish Tanaka
Untuk yskasim, sebenarnya dari sisi ulasan cerita rasanya masih kurang lengkap dan harusnya bisa ditambah lagi, tapi sangat terbantu
dengan info-info pelengkap yang membuatnya jadi menyatu dengan tulisan yang dibuat.
Kokuo sama berkebalikan dari yskasim, dari sisi cerita begitu lengkap dan detail sehingga mudah dipahami, sayangnya kurang info tambahan yang ditulisnya,
sehingga terasa ada yang kurang.
Untuk komik ini, saya pilih yskasim.
Logged
christina+rampo
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 1


Awards
« Reply #29 on: April 11, 2016, 07:32:21 pm »

Sluggish Tanaka : mic0609
Karena reviewnya gak terlalu panjang & to the point. Jadi saya gak perlu baca panjang-panjang tapi saya sudah tau gambaran ceritanya

Secret : Meriana
Benar-benar lengkap dengan penjelasan dari berbagai segi mulai dari cerita hingga gambar. Mencantumkan kelebihan & kekurangan cerita
Logged
Pages: 1 2 [3] 4 5  All   Go Up
Print
Jump to: