Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.208 Posts in 16.736 Topics- by 41.679 Members - Latest Member: MetaloidKnight
Poll
Question:
Yang manakah review "Raja Setan, Ambilin Itu Dong!" favoritmu?  (Voting closed: April 27, 2016, 12:14:18 pm)
rena2en - 1 (5.9%)
Aikawa_Chocola - 5 (29.4%)
kokuo sama - 1 (5.9%)
weisswald - 3 (17.6%)
 bleach77 - 7 (41.2%)
Total Voters: 16

Question:
Yang manakah review Evil Eater favoritmu?  (Voting closed: April 27, 2016, 12:08:37 pm)
guguk - 2 (14.3%)
Meriana - 7 (50%)
weisswald - 2 (14.3%)
kokuo sama - 3 (21.4%)
Total Voters: 14

Question:
Yang manakah review The Book of List favoritmu?  (Voting closed: April 27, 2016, 12:19:13 pm)
kokuo sama - 8 (53.3%)
Sufyan Hakim - 7 (46.7%)
Total Voters: 15

Pages: 1 [2] 3  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XVI (13-27 April)  (Read 5952 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #10 on: April 13, 2016, 10:01:08 am »

Akitsune Hiwatari, seorang siswa dengan rambut acak-acakan yang pemalas, seenaknya, dan suka membolos. Tapi, jangan meremehkannya. Dia memiliki kemampuan “menakar barang antik” yang membuatnya terlihat keren. Bagaimana tidak, Akitsune adalah seorang anak pemilik toko barang antik yang terbengkalai. Suatu hari, secara tidak sengaja tas bekalnya tertukar dengan tas milik gadis yang ditolongnya di kereta. Isi tas tersebut adalah sebuah jam tangan yang mampu mengembalikan sesuatu ke kondisi 24 jam sebelumnya. Dari sinilah takdir Akitsune dengan dunianya yang terlihat membosankan berubah drastis menjadi menegangkan.

Jam tangan ajaib itu pun menjadi incaran lelaki misterius. Saat nyawa Akitsune dalam bahaya, muncullah List. List adalah pemilik jam tangan ajaib yang bernama Aschenputtel (Cinderella) tersebut. Akitsune yang sekarat terpaksa menggunakan Aschenputtel pada dirinya dan akhirnya menyatu dengan jam tersebut. Mau tidak mau, List harus mengikuti Akitsune sampai jam tangan itu terlepas. Dari sinilah dimulainya pertualangan Akitsune bersama List, seorang ahli dan kolektor benda-benda ajaib, mengumpulkan 200 benda ajaib Dongeng Grimm.




Ide cerita yang digunakan sangat unik, yaitu “benda-benda dengan nama judul dongeng yang memiliki kemampuan ajaib sesuai cerita dongeng tersebut”. Meskipun unsur komedi dan misteri yang diracik oleh komikusnya tersampaikan dengan baik, namun unsur ketegangan yang diharapkan kurang begitu terasa. Beberapa adegan yang seharusnya menjadi sangat menegangkan, terlewati biasa-biasa saja. Kelebihannya, Character Profile di setiap perantaraan bab membantu lebih memahami setiap tokoh.

Gambar yang digunakan dalam komik ini sebenarnya kurang cocok untuk cerita shonen. Mata yang besar, screentone beraneka corak, dan background yang sederhana akan mengganggu penggemar cerita shonen. Namun, benda-benda ajaibnya digambarkan dengan sangat detail dan artistik. Sangat indah dipandang. Mungkin hal inilah yang menyebabkan komikus Izuco Fujiya diminta untuk menangani gambar dua judul Durarara!! di majalah shojo Sylph.

Komik ini cocok untuk segala pembaca, baik itu penggemar cerita shonen maupun shojo. Juga sangat mudah untuk dikoleksi karena hanya enam volume.
Logged

You Just Try Again . . .
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 119
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.478



WWW Awards
« Reply #11 on: April 13, 2016, 12:20:40 pm »

Review ruth_shiela tidak bisa diikutsertakan karena melebihi batasan 300 kata.
Untuk yang lain, silakan berkomentar~
Logged

Lee
LX - Member
***

Reputation: 77
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 736


Leadership is action, not position


WWW Awards
« Reply #12 on: April 13, 2016, 01:13:51 pm »

Dari keempat review Evil Eater, saya tertarik dengan review dari Meriana. Bukan hanya dari sisi cerita, Meriana juga me-review pengembangan cerita dan pengembangan karakter. Saya jadi bisa mengira-ngira cerita dan layak atau tidaknya komik ini untuk dibeli ^^
Logged

I may fall down but that’s not failure
Because I can just get up and run again
Because everything will make me stronger
weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 998


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #13 on: April 13, 2016, 02:23:27 pm »

Untuk review The Book of List pilihan saya untuk Sufyan Hakim.
Saya sedikit bingung waktu membaca ulasan Kokuo, kenapa Aschenputtel bisa menyatu dengan Akitsune dan mendapat penjelasan di punya Sufyan. Selain itu ulasan Sufyan menurut saya lebih lengkap menjelaskan kelebihan dan kekurangan komik tersebut.
Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 255
Offline Offline

Posts: 3.910



Awards
« Reply #14 on: April 13, 2016, 03:46:54 pm »

Untuk Raja Setan, Ambilin Itu, Dong! ulasannya pada menghibur semua~ terutama karena aku lagi maju-mundur buat ngambil komik ini ngoceh
Yang bikin ketawa di awal adalah punya Weiss gara-gara ngutip tulisan-tulisan di kovernya itu Grin Bleach yang nyebutin status komik ini juga oke, dan Rena yang nyebut soal "kasta celana" itu bikin penasaran
Jadi, pilih ulasan Weisswald yang jelas, plus bikin ngakak :)


Untuk Book of List, ini juga sama menariknya. Ulasan Kokuo yang pakai nama-nama asing itu menarik, cuma memang baca ulasan Sufyan kerasa sangat jelas, baik sinopsisnya maupun pendapatnya :)
Jadi, pilih ulasan Sufyan Hakim :)


Untuk Evil Eater, aku seneng banget baca ulasan Meriana, Weisswald, dan Kokuo-sama soalnya abis baca komik ini ada beberapa hal yang aku ga ngerti, dan jadi lebih paham setelah baca ulasan kalian + ngobrol-2 di thread-nya panda-nomnom XDD
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
gusfina
LX - Senior
****

Reputation: 92
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 788

Ubugoe ♪


WWW Awards
« Reply #15 on: April 13, 2016, 06:21:56 pm »

Ohho~! \(^ o ^)/ Heartbeat shortcut greget review is greget! //wat
Terima kasih, usaha para reviewer dan tulisan kalian semua sangat menarik dan menggugah hati. Kali ini perkenankan saya ikut berkomentar.
Nah baiklah,  mulai dari mana ya? Ufufufu~ ///U v U///


...-...-...-...-...-...-...   


|| Evil Eater ||
Masing-masing review mampu mengutarakan dan menjelaskan istilah-istilah yang menjadi landasan cerita di Evil Eater dengan baik. Tapi saya harus mengancungi jempol pada kejelian Meriana. Kalimat yang dipilihnya memang poin terbesar untuk dipaparkan kepada pembaca di awal review. Kata-kata yang bernada mengambang dan menakutkan seperti itu bukankah menarik untuk sebuah review? laughing  Tatanan tulisannya juga menarik, menjadikan reviewnya lebih 'terkesan mudah dibaca'.
Tapi mengenai ulasan isi hati yang lebih terbuka, saya salut kepada guguk yang berani memberikan contoh-isi bukunya. Kokuo-sama dan weisswald juga memiliki review yang padat dan informatif. icon14


Untuk review Evil Eater, perkenankan saya memilih review saudara Meriana Grin
Overall, review kalian berempat semua menarik kok^^   


...-...-...-...-...-...-...   


|| Raja Setan, Ambilin Itu Dong! ||
Review pertama yang paling menggoda tentu saja milik saudara weisswald. Singkat, padat, dan jelas. Tata pengaturan tulisannya rapih dan meski kalimat yang dipilih itu sudah ada di kover, tapi jika dituliskan secara menurun kesannya jadi benar-benar percakapan. Saya rasanya gatal untuk menambahkan tanda seru di bagian kata "bukan" itu.
Lalu untuk review rena2en, saya merasa mungkin beberapa penulisannya harus diperbaiki. Meski ini cuma masalah minor, tapi penggunaan 'spasi' itu akan membantu memperapih penulisan lho^^. Tapi overall reviewnya cukup oke, sama seperti peserta lain. Untuk review yang informatif, review saudara bleach77 dan Aikawa_Chocola menurutku memberikan pendapat mereka dan informasi mengenai buku pertamanya dengan baik. Ah, tidak untuk dilupakan review dari kokuo-sama juga menarik dengan bahasa yang baku dan formal, tipe tulisan yang cocok sebagai sinopsis belakang buku Grin
Kalau ini review yang bisa diduet-kan reviewnya, saya mungkin berharap penjelasannya seperti saudara weisswald dan isi pendapatnya seperti tulisan Aikawa_Chocola


Untuk review Raja Setan, Ambilin Itu Dong!, perkenankan saya memilih review saudara weisswald Grin
Overall, review kalian berlima semua menarik kok^^   


...-...-...-...-...-...-...   

|| Book of List ||
Pada review ini saya... akan jadi orang jahat
Dalam dua pilihan review, saya merasa keduanya tidak benar-benar menggugah keinginan beli saya. Kalimat pertama yang dipilih kokuo-sama untuk menarik pembaca, terasa agak aneh jika dituliskan begitu saja. Mungkin tidak ada salahnya memainkan fitur forum dan membuat kalimat ini berpotongan agar lebih mudah dibaca (dan dibayangkan bacaannya?)
Lalu untuk review Sufyan Hakim, review 'opini'-nya sebenarnya saya tidak begitu sukai. Bagian dimana:
Mungkin hal inilah yang menyebabkan komikus Izuco Fujiya diminta untuk menangani gambar dua judul Durarara!! di majalah shojo Sylph.
saya rasa agak... terlalu jauh untuk membahas ini dalam sebuah review. Kecuali jika itu memang benar-benar seperti itu. Meski begitu, jika kalimat itu dituliskan sebagai bahan diskusi tambahan untuk pembaca, mungkin tidak masalah untuk saya pribadi. mikir
Terlepas dari itu, tulisan review kokuo-sama dan Sufyan Hakim cukup menarik. Masing-masing menyuarakan bagaimana menariknya Book of List.


Untuk review Book of List, perkenankan saya memilih review saudara Sufyan Hakim Grin
Overall, review kalian berdua semua menarik kok^^   


...-...-...-...-...-...-...   
Logged

fetzhang
LX - Junior
**

Reputation: 8
Offline Offline

Posts: 178


Rain + Coffee + Books = Perfect


Awards
« Reply #16 on: April 14, 2016, 07:20:26 am »

evil eater: Weisswald
guguk: wah.. bagus, dengan penjelasan menggunakan poin yang lebih mudah membacanya...
meriana: Paragraf awal, walaupun tidak dijelaskan terperinci seperti guguk, namun, tetap bisa dimengerti. Sayangnya quote itu membuat saya bingung.
weisswald: Menjelaskan latar belakang kedua tokoh utama, penjelasan mengenai inti cerita juga menarik :)
kokuosama: Penjelasan yang singkat dan jelas.

Raja Setan, Ambilin Itu Dong!: Bleach77
rena2en: "...namun SUSAH dapat inti ceritanya (lelah)" ---> saya setuju dengan kalimat ini, waktu baca resensi juga bingung hahahha
Aikawa_Chocola: Jelas dan bisa dimengerti, lanjutkan gaya tulisan ini, enak dibaca.
Kokuo sama: Kokuo menjelaskan bahwa penyihir juga terperangkap di dalam segel, yang tidak dijelaskan oleh dua reviewer sebelumnya ^^
Weisswald: singkat dan jelas seperti biasanya :)
Bleach77: Jelas dan menghibur, sayangnya terlalu banyak informasi mengenai komik ini yang menurut saya tidak perlu dimasukkan, jadinya kepanjangan.. untungnya masih muat dalam 300 kata ya

The Book of List: Sufyan Hakim
Kokuosama: "...tentu saja Akitsune selaku Pencerita [Aschenputtel] pun menjadi incaran. Tatsufumi Kunieda, si Pencerita [der Wolf und die Sieben Jungen Geißlein] kembali mengincar Akitsune..." ---> apakah ada dua "Pencerita" di sini?? mikir
Saya kira [Aschenputtel] itu nama jamnya?
Sufyan Hakim: Sangat jelas mengenai latar belakang kedua tokoh dan mengapa List bisa sampai mengikuti Akitsune :)


Karena tidak meresensi satu judulpun, jadinya puas komenin orang... wakakkaka... Maaf bila ada yang tidak berkenan. Sampai jumpa dua minggu lagi  Cool
Logged
jabberwock
LX - Noob
*

Reputation: 4
Offline Offline

Posts: 90



Awards
« Reply #17 on: April 18, 2016, 11:15:45 pm »

Untuk review Evil Eater saya memilih Guguk
Disini guguk memberi poin-poin sehingga reviewnya lebih enak dibaca Cheesy terutama kalimat "semuanya masih menggantung kayak jemuran" membuat saya bertanya-tanya apakah semua pertanyaan tersebut bisa dijawab dalam 3 volume?


Untuk review Raja Setan, Ambilin Itu Dong! pilihan saya jatuh kepada Weisswald
Reviewnya ringkas, jelas dan lebih mudah dipahami, juga membuat pembaca penasaran icon14


Untuk review Book of List saya tertarik dengan ulasan Sufyan Hakim
Ulasan yang diberikan oleh Sufyan sangat jelas dan detail, ditambah juga memberikan kekurangan dan kelebihan komiknya dengan rinci sehingga pembaca bisa memutuskan apakah komik itu layak dikoleksi atau tidak Wink
Logged

If you were to write a story with me in the lead role, it would certainly be a tragedy - Kaneki Ken

ruth_shiela
LX - Junior
**

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 149


Shinjitsuwa Itsumo Hitotsu!


Awards
« Reply #18 on: April 19, 2016, 05:16:35 pm »

Karena gagal dalam proses seleksi PAPR kali ini, coba ikut mereview aja deh. Siapa tahu bisa menjadi komentator terbaik.^^
Aku coba menilai kelebihan dan kekurangan dari setiap review yang masuk.
1. Raja Setan, Ambilin Itu Dong!
rena2en :
Kelebihan : Ulasan yang lengkap tentang ceritanya membuat orang yang membacanya bisa tahu apa yang hendak disajikan dalam komik ini.
Kekurangan : Di beberapa bagian, ada yang membuat bingung, seperti penggunaan beberapa tanda (?). Apakah memang dikomiknya tidak dijelaskan atau yang mereview memang bingung dengan
bagian tersebut. Ada beberapa penggunaan kata yang tidak pas juga, seperti beberapa jokes yang tidak dapat feel komedinya. Mungkin lebih tepat jika ditulis beberapa jokes yang tidak mampu membuat tertawa.

Aikawa_Chocola :
Kelebihan : Aku suka dengan cara Aikawa_Chocola menceritakan ulasan komik ini. Terlihat rapi dan mudah dipahami.
Kekurangan : Sayangnya di beberapa bagian, masih ditemukan kata yang tidak baku/tidak sesuai EYD, seperti kata banget dan aja. Mungkin jika diperbaiki, aku yakin reviewnya akan benar-benar oke.:)

Kokuo sama :
Kelebihan : Kalimat penutup yang diberikan mampu membuat orang yang membaca review kokuo sama tertarik untuk mengkoleksi komiknya ini.
Kekurangan : Jujur, dibandingkan yang lain, aku paling bingung dengan ulasan cerita yang ditulis oleh kokuo sama (olok-olek itu artinya apa ya?). Tidak dijelaskan juga bagaimana raja setan bisa kehilangan
kekuatannya dan tersegel dalam sangkar. Apakah memang dari awal sudah disegel?

Weisswald :
Kelebihan : Kalimat pembuka yang dijadikan tagline mampu membuat penasaran orang-orang untuk membaca reviewnya lebih lanjut.
Kekurangan : Rasanya terlalu singkat review yang ditulis, hanya 6 baris saja. Padahal rasanya masih bisa dikembangkan lagi. Lalu juga ada yang membuat bingung dengan kehadiran si Penyihir. Apakah si Penyihir ini
sudah ada di dalam sangkar, atau dia termasuk dalam sekelompok pahlawan tersebut.

Bleach77 :
Kelebihan : Ulasan yang lengkap dari bleach77 mampu membuat orang semakin tertarik membaca komiknya. Lalu juga rasa penasaran kenapa Elex memberi judul komik ini dengan judul yang 'sedikit aneh' terjawab
lewat ulasannya.
Kekurangan : Tidak disertai kesan-kesan pribadi setelah membaca komik ini. Padahal itu juga mampu mempengaruhi orang untuk membaca/membeli komiknya.

Dari kesemuanya, untuk Raja Setan, Ambilin Itu Dong! aku pilih review punya bleach77

Evil Eater :
Guguk :
Kelebihan : adanya gambar yang menyertai postingan review menjadi suatu nilai tambah. Membuat review dengan berdasarkan poin per poin juga
sebuah keunikan tersendiri.
Kekurangan : aku masih menemukan beberapa kata yang tidak baku yang masih dipergunakan, selain itu rasanya tidak apa-apa memberikan pendapat guguk setelah membaca volume 1nya.

Meriana :
Kelebihan : Bahasa yang dipergunakan membuat enak membaca review dari Meriana. Selain itu pendapat dari Meriana sendiri menjadi
nilai tambah yang dapat mempengaruhi orang untuk membelinya.
Kekurangan : Rasanya kalimat yang bercetak miring tidak usah dipergunakan karena hanya membuat bingung dan juga tidak dicantumkan siapa yang mengucapkan
kalimat tersebut di dalam komiknya.

Weisswald :
Kelebihan : Sinopsis cerita komiknya ditulis dengan begitu detail dan jelas sehingga makin memudahkan orang memahami isi ceritanya.
Kekurangan : Penggunaan beberapa istilah tanpa disebutkan maknanya, seperti Searcher dan debugger yang tidak dijelaskan maknanya membuat bingung orang yang membacanya.

Kokuo sama :
Kelebihan : Sama seperti Weisswald, kelebihan kokuo sama karena cerita diulas dengan begitu lengkap dan mudah dipahami.
Kekurangan : Tidak menjelaskan kenapa komik ini sangat layak untuk dikoleksi. Karena di satu sisi memuji komik ini dari segi artworknya, namun di sisi lain mengatakan bahwa ceritanya padat dan membutuhkan
konsentrasi.

Dari kesemuanya, untuk Evil Eater aku pilih review punya Meriana

The Book of List :
Kokuo sama dan Sufyan Hakim
Kelebihan : sama-sama mengulas cerita dengan lengkap dan mudah dipahami.
Kekurangan Kokuo sama : Ada yang membuat bingung dalam review Kokuo sama, terkait dengan Aschenputtel. Nama ini merupakan barangkah atau si pencerita?
Kekurangan Sufyan Hakim : Disebutkan bahwa jam tangan tsb menyatu dengan Akitsune. Ini yang membuat bingung, apakah menyatu itu berarti masuk dalam dirinya atau bagaimana?

Dari kesemuanya, untuk The Book of List aku pilih review punya kokuo sama. Apalagi Kokuo sama juga menyebut-nyebut Card Captor Sakura. Hei, siapa sih yang tidak tahu karya legendaris Clamp ini?
Dengan dikatakannya bahwa ceritanya mirip dengan Card Captor Sakura, akan membuat orang makin penasaran dan tertarik membeli komiknya.
*Semoga Elex bisa menerbitkan ulang Card Captor Sakura.:)
« Last Edit: April 19, 2016, 05:19:09 pm by ruth_shiela » Logged

Life is beautiful...
yskasim
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 53



Awards
« Reply #19 on: April 19, 2016, 06:22:55 pm »

Saatnya mengomentari review-review yang sudah masuk dalam PAPR.
Seperti biasa, ini bukan hal yang mudah.
Untuk Raja Setan, Ambilin Itu Dong!, saya tertarik dengan ulasan yang ditulis oleh bleach77.
Sedari awal saya sudah penasaran kenapa elex mengambil judul ini. Apakah karena kekurangan judul?hehehe
Tapi rupanya memang judul dari Jepangnya sudah 'nyeleneh' seperti itu. Info tambahan yang diberikan juga sangatlah informatif.
Kalau dari segi ulasan ceritanya, saya rasa satu sama lain saling melengkapi dan sudah pas diberikan.

Untuk Evil Eater, saya pilih review dari meriana.
Sebenarnya review dari Meriana bukannya tanpa kekurangan. Saya bingung dengan quotes yang diberikan dalan reviewnya ini.
Dilihat-lihat, quotesnya ini tidak nyambung kemana-mana dengan pembahasan ceritanya. Namun saya suka dengan gaya bercerita Meriana, terutama mengenai
ulasan yang diberikan untuk komiknya. Begitu lengkap dan jelas. Hasil akhirnya tentu saja membuat orang terpicu dan tertarik untuk mengikuti komiknya.

Untuk The Book of List, saya menyukai review yang ditulis oleh kokuo sama.
Sebenarnya kalau lengkap, saya akui lebih lengkap sufyan hakim. Namun membaca review sufyan hakim, saya yang merupakan penggemar kisah-kisah shonen, jadi berpikir ulang untuk membeli komik ini. Sedangkan review milik kokuo sama malah mendorong saya untuk membeli komik ini. Karena mampu mengompori inilah, makanya saya pilih kokuo sama.
Logged
Pages: 1 [2] 3  All   Go Up
Print
Jump to: