Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.376 Posts in 16.874 Topics- by 44.534 Members - Latest Member: EdithAddy8
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahBooks ReviewPAPR : Pick-A-Prize Review (Moderators: raven, cherrycat)[Vote Your Winner] Sesi XVII (27 April - 11 Mei)
Poll
Question:
Yang manakah review "Ajin - Demi Human" favoritmu?  (Voting closed: May 11, 2016, 12:34:07 pm)
bleach77 - 7 (35%)
guguk - 1 (5%)
weisswald - 3 (15%)
Meriana - 3 (15%)
kokuo sama - 2 (10%)
Ever - 1 (5%)
Sufyan Hakim - 3 (15%)
Total Voters: 15

Question:
Yang manakah review Daily Life of Scholar Shinjiro Katsuragi favoritmu?  (Voting closed: May 11, 2016, 12:39:27 pm)
jabberwock - 2 (11.1%)
yskasim - 9 (50%)
Ever - 3 (16.7%)
Arina ZYY - 4 (22.2%)
Total Voters: 18

Question:
Yang manakah review Miracle Girls favoritmu?  (Voting closed: May 11, 2016, 12:36:56 pm)
ruth_shiela - 7 (43.8%)
Lee - 6 (37.5%)
flagantz - 3 (18.8%)
Total Voters: 16

Pages: 1 [2] 3  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XVII (27 April - 11 Mei)  (Read 6815 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
yskasim
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 57



Awards
« Reply #10 on: April 26, 2016, 09:13:44 pm »

"Aku mampu melihat hal-hal aneh yang tidak mampu dilihat orang biasa..."

Untuk menggapai impiannya menjadi seorang penulis handal, Shinjiro Katsuragi memutuskan berangkat ke Tokyo.
Di Tokyo, Shinjiro tinggal di sebuah tempat bernama Pondok Kurohige. Sekilas kelihatannya ini adalah sebuah tempat yang biasa,
namun ternyata pondok ini dihuni oleh para siluman. Manusia biasa sudah pasti tidak bisa melihat mereka, namun berbeda dengan Shinjiro.
Sejak kecil ia mampu melihat hal-hal aneh yang tidak mampu dilihat oleh orang biasa ini.
Maka bukannya ketakutan, Shinjiro mulai berteman dengan para siluman ini. Bersama dengan Hiro, pengurus pondok tersebut yang aslinya adalah siluman rubah, dimulailah hari-hari Shinjiro yang berbeda dengan sebelumnya. Mampukah ia beradaptasi dengan kehidupan barunya ini, dan apakah ia mampu meraih impiannya menjadi seorang penulis terkenal?

Membaca hasil karya Minoji Kurata ini, pikiranku langsung tertuju pada Natsume Yujincho, Yup, aku merasa banyak aspek dalam komik ini yang mirip dengan Natsume.
Mulai dari tokoh utamanya yang mampu melihat siluman hingga kemudian dekat dengan para siluman tersebut.
Karena aku menggemari Natsume, maka aku pun menikmati kisah ini. Aku merasa kisah ini memiliki prospek untuk dikembangkan lagi.
Di negara asalnya, komik yang diterbitkan secara rutin di majalah Sunday GX (Shogakukan) sejak tahun 2010 ini telah mencapai volume 8 dan masih terus berjalan.
Membaca volume pertamanya, aku sedikit heran mengapa judul ini dimasukkan ke dalam Level Comic, karena menurutku ceritanya ringan dan tidak ada aspek yang memuat konten dewasa.
Namun pastinya Elex punya pertimbangan khusus.
Overall, bagi kalian yang ingin mencari bacaan ringan, penggemar tema slice of life maupun supernatural, serta ingin memanjakan mata dengan gambar-gambar komiknya yang indah, aku merekomendasikan kisah ini. Aku sendiri menantikan kelanjutan petualangan Shinjiro di volume selanjutnya serta bagaimana kisah ini akan bergulir. Wink
« Last Edit: April 27, 2016, 09:30:07 am by yskasim » Logged
Ever
LX - Member
***

Reputation: 101
Offline Offline

Posts: 695



Awards
« Reply #11 on: April 26, 2016, 11:30:33 pm »

Seperti apa rasanya hidup dikelilingi siluman dan makhluk halus?

Mungkin kedengarannya menyeramkan, tetapi tidak bagi calon novelis Shinjiro Katsuragi. Dari kecil ia sudah dapat melihat “hal-hal yang tidak dapat dilihat orang kebanyakan” dan begitu beranjak dewasa, ia pun pindah ke sebuah pondok misterius yang dihuni banyak siluman.  Shinjiro pun sering membantu (lebih tepatnya ikut campur) dalam masalah antara manusia dan makhluk halus, dengan dibantu oleh Chima (siluman api pendampingnya sejak kecil) dan Hiro (pengurus pondok yang merupakan siluman rubah berwujud gadis manis).
 
Pada dasarnya, komik ini menceritakan kisah-kisah petualangan Shinjiro serta interaksinya dengan manusia lainnya maupun siluman. Gaya penceritaan yang bersahaja membuatnya dapat digolongkan sebagai kisah iyashikei (=menyembuhkan), sub-genre dari slice of life yang menitikberatkan pada hubungan antar tokoh dan seringkali sarat pesan positif mengenai kehidupan. Hal yang dapat menjadi faktor istimewa bagi komik ini dibanding judul sejenis lainnya adalah nuansa latar Jepang di awal abad ke-20, berikut gaya berpakaian dan tatanan sosialnya yang khas. Terdapat pula sisipan informasi mengenai kejadian-kejadian bersejarah seperti Restorasi Meiji dan Pemberontakan Boxer di Tiongkok, yang menjadi bumbu penyedap tersendiri bagi pembaca yang menggandrungi sejarah.

Seperti halnya kebanyakan cerita iyashikei, para karakter dan chemistry di antara mereka mejadi daya tarik utama TDLoSSK. Pembaca dapat lambat laun jatuh hati pada Shinjiro yang agak kikuk tapi berhati emas, Hiro yang ringan tangan dan senantiasa tersenyum hangat, maupun Chima yang mungil tapi sakti. Hal ini pun ditopang oleh ilustrasi yang ekspresif dan sisipan komedi ringan yang mempertegas nuansa kekeluargaan. Di sisi lain, terdapat nuansa ambigu antara hubungan manusia dan makhluk halus, bahwa tidak semua masalah yang terjadi dapat diselesaikan dengan mulus. Oleh karena itu,  cukup menarik untuk melihat apa yang akan dialami Shinjiro dkk. di edisi-edisi berikutnya serta bumbu-bumbu kehidupan seperti apa yang akan terus diberikan kepada pembaca.


~

Dari murid teladan jadi buronan negara. Dari jalur karir yang telah rapi direncanakan jadi masa depan yang suram dan penuh bercak darah. Dari anak laki-laki biasa jadi makhluk mengerikan yang dibenci semua orang.

Begitulah kurang-lebih yang dialami Kei Nagai, tokoh utama dari Ajin: Demi-Human. Pada dasarnya, ini adalah komik mengenai proses Kei bermutasi menjadi Ajin, entitas misterius yang kekebalan tubuhnya lebih hebat daripada pesulap fakir dan mampu mengendalikan makhluk perban yang aneh bin ajaib. Dengan diburu oleh banyak pihak dan dicampakkan begitu saja oleh sebagian besar orang di sekitarnya, Kei hanya bisa mengandalkan sahabat lamanya Kaito dan kekuatan baru dalam dirinya sendiri.

Daya tarik utama Ajin ada pada atmosfernya yang terbangun berkat ilustrasi yang tajam, berkarakter kuat dan meninggalkan kesan  mencekam. Baik desain karakter maupun transisi antar panel diatur sedemkian rupa sehingga banyak adegan atau momen yang tidak akan mudah dilupakan begitu dilihat (terutama yang melibatkan si Makhluk Perban). Tempo cerita pun tergolong cepat, di mana tanpa banyak basa-basi Kei langsung dipaksa untuk bertahan hidup dalam situasi genting yang penuh kejar-kejaran. Kei sendiri tergolong sosok yang menarik sebagai tokoh utama, karena kemampuan membaca situasi dan sifat berdarah dingin yang lebih kental dibanding tokoh ‘jagoan’ pada umumnya.

Mengingat ini adalah komik seinen laga yang penuh situasi hidup-dan-mati, ini bukan jenis cerita yang layak dibaca semua kalangan. Di volume 1 ini saja, sudah jatuh cukup banyak korban jiwa dengan anggota tubuh berceceran seperti kepingan pasel. Oleh karena itu, Ajin cocok untuk pembaca yang haus darah sudah cukup dewasa untuk menghadapi kisah  yang ‘gelap’ seperti ini. Di sela-sela pertumpahan darah dan pertempuran antar makhluk-makhluk yang tidak bisa mati ini, akan menarik melihat bagaimana Ajin mengembangkan tema ceritanya secara psikologis... bukan hanya perjuangan untuk bertahan hidup, tetapi juga perjuangan mempertahankan kemanusiaan.
Logged
Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #12 on: April 27, 2016, 02:35:45 am »

Ajin, julukan yang diberikan kepada manusia atau tepatnya “makhluk jenis baru” yang tidak bisa mati. Kemunculan pertamanya adalah di medan perang Afrika 17 tahun yang lalu. Keberadaannya menjadi buruan negara-negara di dunia. Mereka diteliti secara tidak manusiawi, karena memang tidak lagi dianggap sebagai manusia. Di seluruh dunia keberadaan Ajin yang sudah terungkap ada 46, dua di antaranya ada di Jepang.

Kei Nagai, seorang siswa SMA yang bercita-cita menjadi dokter mendapati dirinya adalah seorang Ajin ketika ia ditabrak oleh truk. Dengan tubuh yang terkoyak, ia bangkit dan mengagetkan semua orang yang ada di sekitarnya. Dari sinilah pelarian Kei dari kejamnya dunia dimulai. Imbalan 100 juta Yen serta pihak berwenang Jepang yang mencarinya, membuatnya kebingungan dan harus bersembunyi. Teman bahkan keluarganya pun membuangnya. Untunglah Kaito, sahabat masa kecilnya mau menolongnya. Pada pelarian tersebut, Kei mempelajari beberapa hal tentang Ajin. Mulai dari “suara” misterius hingga sosok “hantu hitam” yang membayanginya.

Apakah sebenarnya sosok hitam yang membayangi para Ajin? Siapakah sebenarnya Pak Sato dan Tanaka yang sangat menginginkan Kei?




Sebenarnya pada gambarnya masih terdapat beberapa kesalahan proporsi dan perspektif. Gambar karakternya juga belum solid, misalnya saja wajah Kei yang sering berbeda-beda. Hal ini tentunya sangat dimaklumi karena masih dalam volume awal. Desain background-nya masih biasa-biasa saja, akan tetapi, screentone dan arsiran yang digunakan sangat baik. Hal ini membuat gambar menjadi lebih hidup. Yang paling menakjubkan adalah komikusnya mampu memainkan perpindahan panel dan halaman, sehingga nuansa ketegangannya sangat terasa. Di volume pertama ini ada banyak double page yang sangat memanjakan mata, amazing!

Ceritanya sangat seru, meski idenya sudah banyak digunakan, yaitu cerita seinen mengenai “manusia monster” yang hidup tragis. Ceritanya banyak menonjolkan sifat-sifat buruk atau ketamakan manusia. Banyak adegan menegangkan dan berdarah, sehingga sangat direkomendasikan untuk penggemar cerita aksi, misteri, horor, dan supernatural.

Komik ini sebenarnya sudah sangat populer, sangat layak untuk dikoleksi tentunya.
Logged

You Just Try Again . . .
Arina ZYY
LX - Babes


Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 22


Damai itu Indah


Awards
« Reply #13 on: April 27, 2016, 08:12:57 am »

Seorang nenek berpesan kepada cucunya:
Quote
Makhluk-makhluk seperti siluman maupun setan juga punya perasaan.

Mereka memiliki alasan ketika berbuat jahat.

Shinjiro, Kau bisa melihat mereka bukan?

Percayalah pada mereka...

Shinjiro Katsuragi, pemuda polos 23 tahun yang bercita-cita menjadi novelis. Ia dapat melihat hal-hal yang tak dapat dilihat oleh orang lain. Kemampuannya diwarisi dari neneknya yang seorang miko. Karena saran dari neneknya, ia akhirnya menetap di sebuah bangunan di sudut Tokyo yang tidak pernah dilirik orang. Pondok Kurohige, itulah namanya. Semua penghuninya bukan manusia, kecuali Shinjiro tentunya.

Shinjiro menetap di Pondok Kurohige ditemani Chima, makhluk imut yang selalu ada di pundaknya, yang tidak lain adalah sesosok Guenki (siluman api). Chima selalu melindungi Shinjiro layaknya seorang kakak dan bodyguard. Adapula Hiro, siluman cantik yang bertindak sebagai pengurus pondok. Ia sangat menyukai Shinjiro, karena itu ia sering cemburu. Bagaimana tidak, Shinjiro memang selalu peduli dengan sesama, ia tidak bisa tinggal diam melihat orang di sekitarnya menderita!!!

Kehidupan Shinjiro pun tak pernah lepas dari menolong orang lain yang berurusan dengan para siluman. Penasaran dengan para siluman yang serumah dengan Shinjiro? Penasaran dengan sosok asli Hiro? Inilah kisah keseharian Shinjiro bersama para siluman!

Sangat menghibur dan menyenangkan ketika membaca komik ini. Ceritanya ringan karena bertema kehidupan sehari-hari. Meski sudah ada cerita yang bertema sama, namun komik ini tetap memiliki kelebihan tersendiri. Ceritanya selalu hadir lebih “nyata” dan selalu mengharukan. Apalagi ditambah bumbu romance dan komedi yang tentunya menyegarkan. Setting ceritanya pun tergolong unik, karena berlatar zaman Taisho. Komik ini juga ibarat ensiklopedia siluman dan makhluk legenda. Jadi, sangat menambah wawasan tentang negeri Jepang tentunya.

Gambarnya cukup indah, desain karakter dan kostumnya sangat menawan dan bervariasi. Pada volume pertama ini, satu cerita selesai dalam satu hingga dua chapter saja, sangat cocok dibaca saat bersantai. Saat mengintip cover volume-volume berikutnya, semakin menggugah niat untuk mengoleksinya!

Logged
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 120
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.502



WWW Awards
« Reply #14 on: April 27, 2016, 12:43:30 pm »

Silakan vote dan/atau berkomentar ^_^
untuk voting ada yang bisa memilih dua review (Ajin) tapi di komentar dipilih satu saja ya :)

Sesi review yang masih berlangsung bisa dicek di sini.
Logged

guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 261
Offline Offline

Posts: 3.935



Awards
« Reply #15 on: May 10, 2016, 01:19:42 pm »

Buset~ baca ulasan Daily Life of Scholar Shinjiro Katsuragi dari kalian berempat sukses bikin aku galau di depan rak buku toko tapi kalo harus memilih satu...

Terdapat pula sisipan informasi mengenai kejadian-kejadian bersejarah seperti Restorasi Meiji dan Pemberontakan Boxer di Tiongkok, yang menjadi bumbu penyedap tersendiri bagi pembaca yang menggandrungi sejarah.

ლ(O Д O ლ) Ke-kenapa...kenapa harus menyentuh kelemahanku?? Why, Ever.., whyyy? 。。。ミヽ(。V≧ㅅ≦)ノ

Wkwkk~ //tawayangpenuhairmata
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
fetzhang
LX - Junior
**

Reputation: 8
Offline Offline

Posts: 178


Rain + Coffee + Books = Perfect


Awards
« Reply #16 on: May 10, 2016, 04:36:55 pm »

Ajin - Demi Human: ever

Bleach77: 3 kalimat pertama menurutku tidak begitu perlu, karena saat membaca bagian bawahnya, terkesan berulang-ulang.
Guguk: ide bagus tentang gaya wawancara, tapi saya kurang nankap inti kisahnya, maklumlah, kurang tidur jadi ga fokus #PerluAqua
Weisswald: seperti biasa, pembahasannya sangat mudah dicerna
Meriana: "bulat-bulat seperti bakpao" menggemaskan kayaknya hehehe
Kokuo sama: "kei yang terkesan tidak manusiawi" itu yang bikin penasaran ya.
Ever: kupasan yang menarik
Sufyan Hakim: pembahasan yang berimbang :)

Daily Life of Scholar Shinjiro Katsuragi: Arina zyy

Jabberwock: reviewnya oke banget
YS Kasim: Natsume Yujincho itu apa ya? Saya malah langsung ingat Apartment Monsternya M&c! ^^
Ever: Ringkasan yang sangat lengkap terutama tentang karakter tokohnya
Arina ZYY: ulasannya benar-benar maut!!!  Pengen beli jadinya

Miracle Girls: Lee

Ruth_Shiela: kebanyakan tentang efek "nostalgia" ya.. aku malah ga nonton serialnya di tivi waktu dulu hahaha
Lee: perkenalan karakter tokoh lebih ditekankan di ulasan Lee, mudah dimengerti
Flagantz: sayangnya perkenalan tokohnya lebih singkat dari Lee ^^


Warrrbiazzzsaaaaa yang ikutan, hanya bisa kasih clap keren semua XD
« Last Edit: May 10, 2016, 04:45:49 pm by fetzhang » Logged
kokuo sama
LX - Senior
****

Reputation: 36
Offline Offline

Posts: 823


araa !!! destroy de' world


WWW Awards
« Reply #17 on: May 10, 2016, 06:01:56 pm »


Miracle Girls

Ruth_shiela : hmm, penjelasan yg lengkap pd informasi tambahannya, ceritanya pun simpel dan mudah dimengerti.
Lee : waw, bait-nya cukup memikat, sayangnya tidak cukup untk membuat aq memakan umpannya wkwk. Walo begitu, pengenalan tokohnya lengkap.
Flagantz : singkat dan padat, penjelasan akan masalahnya dijelaskan lebih kompleks dr review yg lain.

Review ketiganya saling melengkapi, krn hanya boleh pilih satu, aq akan pilih punya Flagantz.



Daily Life of Scholar Shinjiro Katsuragi

Jabberwock : penjelasan yg bagus, aq hanya berharap penempatan tanda bacanya lebih diperhatikan (aq sempat bingung bacanya, maaf).
Yskasim : yups, aq jg berpendapat sama. Penjelasan ceritanya emang mirip2 sama Natsume Yuujincho, siaal, aq jd pengen koleksi >.<
Ever : well, informasi tambahan yg luar biasa, restorasi meiji >.< aah, kaga tahan yg beginian.
Arina zyy : kereen, lagi2 aq jatuh cinta dengan informasi tambahannya. Terima kasih atas quotenya tentang saran dr neneknya, aq memang penasaran sama yg itu.

Hmm, lagi2 review yg saling melengkapi dan lagi2 harus milih satu saja >.< baiklah, pilihanku jatuh ke Ever.



Ajin - Demi Human

Terima kasih atas komentar dan votenya >.<
Logged

Kuylah Baca Ceritaku #NDsWattpad #NDsStory >,<
https://www.wattpad.com/user/Endy_UKilled

Image Hosting bermasalah, menyebabkan gambar jadi tak kasat mata

Mau baca Ripiu Abal-abal? Cek #NDsReview #NDsCollectionn di IG aku~
https://www.instagram.com/Endy_UKilled/

Difollow yak //plak
bleach77
LX - Noob
*

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 72



Awards
« Reply #18 on: May 10, 2016, 10:19:56 pm »

Wah, dikira ga bakalan ada yang vote untuk sesi ini. Terasa sepi sekali dibanding PAPR sebelum-sebelumnya.
Untungnya menjelang hari terakhir, mulai banyak yang muncul.:)
Ikutan vote juga deh untuk PAPR edisi ini :

Untuk Miracle Girls, aku vote punya ruth_shiela.
Kebetulan dulu aku juga suka nonton animenya saat disiarkan di tv, sehingga paham betul apa yang dirasakan oleh ruth.
Dan aku setuju bahwa memang serial ini begitu memorable. Kalimat ruth yang mampu membuatku nostalgia kembali serta kelengkapan informasi yang disampaikan membuatku memilihnya.

Untuk Daily Life of Scholar Shinjiro Katsuragi, aku vote punya yskasim.
Entah kenapa, penggambarannya yang menyamakan komik ini dengan Natsume membuatku memiliki gambaran tentang kisah slice of life seperti apa yang hendak disajikan. Bahasanya yang ringkas dan jelas juga mudah dipahami serta enak dibaca. Sepertinya komik ini bisa menjadi pertimbangan untuk dibeli. 
Logged

Go for your Dream
nophee
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 16



Awards
« Reply #19 on: May 10, 2016, 10:44:12 pm »

1. Ajin - Demi Human
buat judul ini, sebenarnya ada dua kandidat yang dipilih, yaitu Meriana dan bleach77. Suka dengan review mereka berdua. Andaikan saja boleh memilih keduanya, pasti sudah kupilih mereka.
Tapi karena harus pilih satu, pilih bleach77. Dari review sama lengkapnya, sama-sama mudah dipahami dan membuat penasaran untuk membaca komiknya, hanya kekurangan yang kurasakan pada Meriana ada pada quotes awalnya yang membuat bingung. Selain itu semuanya sudah perfect.


2. Daily Life of Scholar Shinjiro Katsuragi
Membaca quotes awal yang ditulis yskasim, rasa ingin tahu tentang komik ini muncul. Orang yang membaca quotes awalnya niscaya langsung penasaran seperti apa sih komiknya. Reviewnya juga informatif dengan menyertakan beberapa hal yang tidak diulas oleh reviewer lain. Jadi pilih yskasim.


3. Miracle Girls
Lagi-lagi aku memilih berdasarkan quotes (dasar quotes mania. Grin ). Pilihanku jatuh pada ruth_shiela yang memberikan quotes maknyos yang mampu mengajak pembaca lama serta pembaca baru untuk berkumpul menikmati Miracle Girls. Kesederhanaan review yang dibuat menjadi nilai tambah karena mudah dipahami (jadi ingin menonton animenya nih).

« Last Edit: May 10, 2016, 11:36:35 pm by nophee » Logged
Pages: 1 [2] 3  All   Go Up
Print
Jump to: