Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.334 Posts in 16.864 Topics- by 44.339 Members - Latest Member: billgq2
Poll
Question:
Yang manakah review Altair favoritmu?  (Voting closed: June 22, 2016, 09:58:02 pm)
ruth_shiela - 8 (50%)
F - 2 (12.5%)
Duniamimpigie - 2 (12.5%)
sulpher - 4 (25%)
Total Voters: 15

Question:
Yang manakah review Red Raven favoritmu?  (Voting closed: June 22, 2016, 10:09:39 pm)
kokuo sama - 4 (26.7%)
celo - 2 (13.3%)
yskasim - 9 (60%)
Total Voters: 14

Question:
Yang manakah review Yukito favoritmu?  (Voting closed: June 22, 2016, 10:10:43 pm)
kokuo sama - 3 (20%)
celo - 4 (26.7%)
Nanna - 8 (53.3%)
Total Voters: 14

Pages: 1 2 [All]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XX (8-22 Juni)  (Read 3986 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 120
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.500



WWW Awards
« on: May 25, 2016, 01:14:47 pm »


Review salah satu judul buku di bawah ini untuk mendapatkan hadiah pilihanmu! ^_^

Altair: Tale of the Great War (1-8)


Red Raven


Yukito


Supaya tidak membingungkan, ganti subject post dengan judul buku yang diulas dan pakai teks berwarna untuk membedakan dengan judul lain.

- Altair: Tale of the Great War : hijau
Code:
[color=green]...teks reviewmu...[/color]

- Red Raven: merah
Code:
[color=red]...teks reviewmu...[/color]

- Yukito: biru
Code:
[color=blue]...teks reviewmu...[/color]

Review diterima paling lambat dua minggu dari sekarang, Rabu, 8 Juni, jam 12 siang (waktu forum). Setelah itu, sesi vote dan komentar akan dibuka selama dua minggu :D

Baru pertama kali ikutan? Jangan lupa cek peraturan di sini.
----
Sesi Vote yang sedang berlangsung bisa dilihat di sini

« Last Edit: June 08, 2016, 09:55:50 pm by raven » Logged

kokuo sama
LX - Senior
****

Reputation: 36
Offline Offline

Posts: 823


araa !!! destroy de' world


WWW Awards
« Reply #1 on: June 03, 2016, 07:54:00 pm »


Red Raven

"Saat burung gagak bernyanyi, saatnya seseorang akan mati."
Andy, menggunakan coat merah seperti bersimbah darah dan dengan Guillotine, ia mengeksekusi orang-orang berdasarkan surat vonis sebagai eksekutor Red Raven ke-IV One Eyed Head Hunter. Sambil memburu Sccaggs demi membalaskan dendamnya, Andy pun bertemu dengan seseorang dari masa lalunya, seseorang yang seharusnya sudah "dibuang", siapakah dia?

"Jadi kau juga tersesat di Infinite Loop?"
Oops, walau terkesan pendiam dan memiliki Brute Eye di mata kanannya, Andy ini buta arah >.<

Komik Red Raven akan tamat di volume 9. Tokoh utamanya, Andy, entah kenapa mengingatkan saya pada "Bocah Bermantel Merah" dari komik FMA, sedangkan sifat buta arahnya mengingatkan pada "Si Marimo" dari komik OP >.<
Artwork-nya bagus, adegan action-nya digambar hidup, humor yang terselip di tengah-tengah adegan serius juga cukup menghibur. Dengan tema "Mafia" kita akan dibawa ke dunia yang aroma kriminal yang cukup khas.





Yukito

"Di tengah masyarakat di mana informasi terus bergulir ini.. Datang ke kota tanpa tahu apa-apa... Adalah sebuah kesalahan"
Yukito Kaji, pemuda yang berpenampilan kampungan menjadi sasaran penipuan An dan Eri di sebuah Bar di kota Shinjuku. Bukannya marah terhadap An dan Eri, Yukito justru membantu kedua gadis tersebut keluar dari masalah.
Yukito datang ke Tokyo dari Akita, demi mencari Grup Tashiro yang sayangnya telah bubar 10 tahun yang lalu. Dengan bantuan Sae, detektif dari kepolisian Shinjuku, Yukito berhasil bertemu dengan Miyamoto, seorang mantan petinggi dari Grup Tashiro. Pertemuan Yukito dan Miyamoto akhirnya mengungkapkan alasan utama Yukito mencari Grup Tashiro yang berhubungan dengan kematian Ayahnya, Masato Kaji, 12 tahun yang lalu. Apa yang sebenarnya terjadi 12 tahun yang lalu?

artwork-nya sungguh memanjakan mata, terutama untuk pembaca wanita. Sosok Yukito digambarkan dengan sangat keren, dan kadang saya pun tersipu-sipu saat melihat gambarnya >.< Komik yang akan tamat di volume 5 ini menyajikan face cerita yang terbilang cepat, walau begitu, penyampaian ceritanya cukup mudah dimengerti.
Logged

Kuylah Baca Ceritaku #NDsWattpad #NDsStory >,<
https://www.wattpad.com/user/Endy_UKilled

Image Hosting bermasalah, menyebabkan gambar jadi tak kasat mata

Mau baca Ripiu Abal-abal? Cek #NDsReview #NDsCollectionn di IG aku~
https://www.instagram.com/Endy_UKilled/

Difollow yak //plak
ruth_shiela
LX - Junior
**

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 151


Shinjitsuwa Itsumo Hitotsu!


Awards
« Reply #2 on: June 04, 2016, 08:33:05 pm »

Plot
Setting cerita Altair adalah negara Ottoman dan wilayah Mediterania periode tahun 1400-1600.
Saat itu bangsa Arab telah mendominasi Asia tengah dan menguasai hampir seluruh wilayah Timur Tengah.
Diceritakan bahwa Stratokrasi Turkiye merupakan negara kesultanan dimana Pasha (jenderal) bertugas mengawasi dan mengelola pemerintahan serta bertanggungjawab pada Buyuk Pasha (Sultan).
Tokoh utama Altair adalah Mahmud yang di usia mudanya telah berhasil menjadi Pasha.
Meski masih muda, ia mampu memimpin dengan bijaksana dan memiliki cita-cita memberi kedamaian bagi seluruh warga Turkiye.
Idealismenya ini bukanlah hal mudah karena Turkiye berada di ambang peperangan besar melawan kerajaan Balt-Rhain.
Balt-Rhain berambisi menguasai seluruh wilayah, termasuk Turkiye. Masalah yang menjadi pemicunya adalah tuduhan pembunuhan yang dilakukan terhadap Menteri Balt-Rhain. Diantara para Pasha sendiri pun terpecah menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang mendukung perdamaian (pacifist) dan yang mendukung perang melawan Balt-Rhain (war monger).
Apa yang harus Mahmud lakukan dan mana yang harus didukungnya? Masalah yang lebih besar siap menanti Mahmud...

Alasan ketertarikan
Karena bergenre shonen, aku langsung tertarik. Meski awalnya pesimis karena gambarnya bisa dibilang terlalu ‘cantik’, namun aku suka dengan konflik yang disajikan. Konflik politik serta perebutan kekuasaan diramu dengan intrik-intrik yang dalam. Meski berlatar sejarah Perang Salib, pengarangnya mampu menghindari isu sensitif tentang agama dan kepercayaan. Beliau menggantinya dengan kepercayaan terhadap alam. Jika ingin mencari komik shonen yang berbeda dari biasanya, aku merekomendasikan Altair. Banyak hal berharga yang dapat kita pelajari.

Trivia
Altair mulai dirilis tahun 2007 di majalah Shounen Sirius (Kodansha).
Hingga saat ini, komiknya telah mencapai volume 17 dan masih berjalan.
Karena kepopulerannya, Altair telah memiliki 2 cerita spin-off.
Pengarangnya, Kotono Kato, merupakan lulusan Universitas Tokyo jurusan sejarah yang berfokus pada sejarah Turki. Itu sebabnya ia mampu membuat dan menggambar cerita begitu detail tentang Turki.
« Last Edit: June 08, 2016, 10:19:10 am by ruth_shiela » Logged

Life is beautiful...
F
LX - Noob
*

Reputation: 6
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 77



Awards
« Reply #3 on: June 07, 2016, 06:37:56 pm »

Altair Tale Of The Great War Vol. 1

Berparas tampan, cerdas serta cinta damai. Itulah mahmud seorang jenderal muda dari negara militer turkiye. Pada suatu malam terjadi kasus pembunuhan yang membuat hubungan negara militer turkiye dengan negara tetangga imperium balthrain memanas. Mahmud menyadari adanya dalang di balik semua ini. Apakah yang akan dilakukan oleh mahmud untuk menjaga perdamaian antara kedua negara tersebut?


komik bernuansa politik timur tengah yg menarik untuk di ikuti karena banyak sekali menggunakan intrik-intrik yg menjadi daya tarik komik ini, apalagi tokoh protagonis dalam tokoh ini merupakan orang yg lebih menggunakan kecerdasannya daripada kemampuan fisiknya. untuk artworknya bagus dan detail
Logged
celo
LX - Kidz
LX - Member
*

Reputation: 6
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 660

Volturi Waltz


WWW Awards
« Reply #4 on: June 08, 2016, 08:21:34 am »

YUKITO

"Orang itu pernah berkata kalau Shinjuku adalah laut yang dalam. Ikan pemangsa ikan-ikan kecil seperti sarden yang muncul di permukaan ada di bagian tengah … sementara yang mengincar mereka ada di dasar laut. Pemangsa ganas seperti hiu pun kadang berkeliaran. Kalau lengah, yang manapun bisa jadi mangsa."

---

12 tahun lalu, terjadi dua insiden. Pertama, perkelahian antar pemabuk yang mengakibatkan satu orang Rusia terluka parah … dan kedua, terbunuhnya seorang inspektur saat mengawal tersangka pada kasus pertama. Tak hanya itu, tersangka dan juga seorang polisi lainnya yang terlibat dalam kasus tersebut pun menghilang. Kedua insiden tersebut berujung pada sebuah grup yakuza di Shinjuku, Grup Tashiro.

Selama 12 tahun, tidak ada perkembangan dalam kasus tersebut. Sampai akhirnya Yukito Kaji, seorang pemuda kampung dari Akita yang memiliki mata dan darah seorang pemburu datang ke Shinjuku. Yukito berkeliling Shinjuku menanyakan keberadaan Grup Tashiro yang sudah lama bubar, mengusik para pemangsa ganas yang biasanya hanya berdiam di ‘dasar laut Shinjuku’.

Berkat keteguhan Yukito, anak dari inspektur yang terbunuh dua belas tahun lalu itu sedikit demi sedikit berhasil menguak kenyataan di balik kasus ini. Yukito bahkan berhasil menemukan Koji Karibe, tersangka yang menghilang dua belas tahun lalu … terbunuh dalam sebuah kamar apartemen salah seorang petinggi Grup Tashiro. Ada apa ini?!

---

Diangkat dari novel berjudul 'Kita no Karyudo' karya Arimasa Osawa, kita bisa mengharapkan plot yang begitu hard boiled dari Yukito. Tapi, seri yang akan tamat dalam 5 volume ini bukanlah bacaan yang berat, kok. Meskipun kita bisa ikut tegang mengikuti alur ceritanya yang padat, Akiko MONDEN, ilustratornya, bisa membantu meredakan ketegangan dengan caranya yang apik dalam mengeksplorasi karakter-karakter lainnya. Ada An, gadis Shinjuku yang selalu tersipu saat melihat Yukito; Sae, seorang detektif yang sering dibuat terperangah oleh Yukito; dan juga Miyamoto, om-om gagah yang membuat kita ingin bermanja-manja dengan sifat kebapakannya :P




Red Raven

“SAAT BURUNG GAGAK BERNYANYI
SAATNYA SESEORANG AKAN MATI …”

---

Angkatlah kepala kalian. Jika kalian teman kami, bergantung pada kami … sampai kapan pun kita adalah keluarga. Keluarga harus saling melindungi, itulah mafia.

Tapi meskipun begitu, bukan berarti tidak ada mafia yang jahat, lho! Untuk memperluas kekuasaannya, kadang ada kelompok mafia yang melakukan apa saja, dari menyelundupkan senjata yang sudah dilarang peredarannya, menculik, bahkan membunuh! Kalau sudah seperti itu, keluarga pun jadi tak tenang, kan? Apalagi saat ini dunia sedang tak stabil, pemerintahan pun cenderung lemah. Mafia-mafia jahat seperti Keluarga Del Vecchio atau Keluarga Bossi jadi merajalela, deh. Mafia yang baik seperti Keluarga Giordani pun jadi ikut tercoreng namanya.

Untungnya, sekarang ada Red Raven, sebuah sindikat orang-orang terkuat pilihan yang akan menghukum siapa pun yang bersalah tanpa ragu dan pertimbangan! Red Raven akan berkeliling ke seluruh penjuru negeri, dan begitu ada surat vonis, burung gagak pun akan bernyanyi, dan … JLEB JLEB SREEEET …! Mafia-mafia jahat itu akan langsung dieksekusi di tempat!

Anna, ketua generasi ke-4 Keluarga Giordani yang disayangi penduduk kota pun dibuat terperangah dengan keberadaan Red Raven. Siapa sangka bocah kuntet berjaket merah tukang nyasar bernama Andy yang ditemuinya ini adalah seorang Red Raven?! Tapi, begitu Anna melihat sendiri bagaimana eksekutor berjalan ini menjatuhkan pedang vonis pada Keluarga Del Vecchio, mau tak mau ia harus percaya dengan kengerian Red Raven.

Tapi sepertinya Andy tidak hanya berkeliling untuk mengeksekusi mafia jahat saja, sih. Ia juga sibuk berkeliling melacak SCCAGGS, senjata mengerikan yang juga ditanamkan di mata kanannya! Sebenarnya apa, sih, SCCAGGS ini? Kenapa Andy berusaha melacak keberadaannya? Dan siapa yang menanamkan SCCAGGS di dalam mata kanannya? Apa hubungannya dengan Red Raven?

Oh, iya! Apakah kalian merupakan mafia jahat? Hati-hati, lho, siapa tahu berikutnya pedang vonis Red Raven akan jatuh di kepala kalian! Hiiiiiiiiiii …!
« Last Edit: June 08, 2016, 08:53:38 am by celo » Logged
yskasim
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 57



Awards
« Reply #5 on: June 08, 2016, 09:02:22 am »

Apa jadinya ketika kita merasa dunia sudah begitu kotor oleh banyaknya kejahatan yang merajalela?
Di saat para pembela hukum tidak bisa lagi menyentuh para pelaku kejahatan, dunia memerlukan sebuah eksekutor yang mampu mengeksekusi mereka tanpa ragu…

Premis cerita inilah yang coba diusung komik yang dibuat oleh Shinta Fujimoto ini.
Sejak mulai diserialisasikan tahun 2010 di majalah Shounen Gangan, komik ini cukup menuai banyak reaksi positif para penikmat komik. Diceritakan bahwa dunia berada dalam keadaan yang tidak stabil karena banyaknya kejahatan yang terjadi.
Mafia memegang kekuasaan penuh dan pemerintah tidak mampu mengontrol keadaan. Maka dibentuklah Red Raven, sebuah kelompok yang ditujukan untuk melawan dan menghancurkan para mafia dengan menggunakan agen khusus yang disebut Eksekutor, yang masing-masing dilengkapi dengan senjata khusus. Cerita berfokus pada Andy, seorang eksekutor yang memiliki tujuan membalaskan dendamnya pada keluarga mafia Scaggs. Pada volume-volume selanjutnya, sepertinya kita akan disuguhi aksi Red Raven dalam memberantas kelompok mafia tersebut dan usaha Andy dalam menuntaskan dendamnya.

Aku sungguh suka volume pertamanya ini.
Plot ceritanya begitu menarik, dan aku berharap plot yang rapi ini tetap terjaga hingga cerita berakhir. Dengan premis cerita yang diusungnya, tentu saja Red Raven menjanjikan cerita aksi yang menjadi porsi utama.
Meski begitu, kisahnya tidak 100% serius karena penulisnya dengan pandai menyelipkan humor untuk mencairkan suasana. Penggemar kisah shonen pun akan dimanjakan dengan kualitas gambarnya yang bagus. Overall, Red Raven menjadi komik yang wajib dikoleksi untuk penggemar cerita aksi dan kisah shonen yang memukau. Semoga Elex bisa menerbitkan judul ini dengan lancar hingga tamat di volume 9.
« Last Edit: June 08, 2016, 09:04:25 am by yskasim » Logged
Duniamimpigie
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 5


Awards
« Reply #6 on: June 08, 2016, 09:59:46 am »


"Aku ingin menjadi Pasha agar peperangan bisa dihentikan!"


Mahmud, Pasha (jenderal) termuda di Negara Militer Turkiye bertekad untuk menghentikan peperangan dengan Imperium Baltrhain yang gencar memperluas wilayah kekuasaannya. Didorong trauma masa lalu saat desanya dibumihanguskan dalam sebuah serangan, Mahmud bekerja keras untuk menduduki posisi penting di negaranya demi menggenggam kekuatan politik.

Awalnya, saya tertarik membaca serial ini berkat gaya gambarnya yang memesona  heartbeat Bahkan ini menjadi salah satu pemenuh hasrat fangirl saya hehe
Selain goresannya cantik, artwork untuk gambar latar belakang, busana adat, kerumunan orang, bahkan benda-benda kecil dan gaya bangunan pun digambar dengan sangat detail dan tepat.

Makin saya baca, makin saya menyadari bahwa cerita ini didasari sejarah peperangan di masa lampau, namun ditulis dengan sangat baik hingga bisa dinikmati sebagai kisah fiksi seutuhnya tanpa disangkut-pautkan dengan kenyataan.

Selama masih sekolah dulu, saya kerap membaca di buku-buku sejarah ada orang-orang yang sampai tega membunuh kerabatnya sendiri demi menggulingkan pemerintahan. Anak bunuh orangtua, adik bunuh kakak; dulu sewaktu saya baca di buku sejarah rasanya biasa-biasa saja, hanya untuk dihafal saat ujian. Sekadar, "Oh, Raja xx dibunuh dalam kudeta adik/istri/anak/sahabatnya sendiri demi membangun kerajaan baru/revolusi/dan sebagainya".

Tapi toh, giliran dibuat fiksi dengan plot dan intensitas cerita yang kuat, malah sukses mengaduk-ngaduk perasaan seperti cerita Altair ini. Saya tidak menyangka Altair yang awalnya saya baca hanya karena kepincut artwork yang indah, kini atmosfernya semakin kelam dan berat.


Ketika kekeluargaan maupun persahabatan dihadapkan dengan loyalitas sebagai abdi negara, manakah yang akan kita prioritaskan? Mampukah kita membuang rasa kemanusiaan kita demi kehormatan negara yang kita junjung tinggi?


Altair kisah yang amat cocok dibaca orang-orang yang menyukai intrik politik dan peperangan, namun juga diseimbangkan dengan drama kehidupan yang begitu down to earth yang mampu menggerakkan emosi.
« Last Edit: June 08, 2016, 10:03:00 am by Duniamimpigie » Logged
Nanna
LX - Evangelis
*****

Reputation: 127
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 2.174



Awards
« Reply #7 on: June 08, 2016, 10:20:39 am »


Shinjuku.... Kota yang bagaikan lautan dalam. Siapa saja yang lengah, akan menjadi mangsa 'ikan-ikan' yang menghuninya...
 
Yukito Kaji, pemuda 25 tahun dari Akita. Datang ke Shinjuku, distrik ternama yang ada di Tokyo, berkeliling menanyakan tentang Grup Tashiro, kelompok yakuza yang telah bubar 10 tahun lalu. Tindakannya yang berkeliaran dan mengacaukan wilayah kekuasaan para 'ikan' yang sudah terbagi, menarik perhatian Sae, seorang detektif kepolisian dari Shinjuku, dan Miyamoto, mantan petinggi Grup Tashiro.
 
Tujuannya hanya satu, mencari kebenaran kasus 12 tahun lalu...
 
"12 tahun lalu terjadi dua insiden.
Pertama, kasus penyerangan di pusat pertokoan Akita, di mana salah satu anggota Grup Tashiro, Koji Karibe, ditetapkan sebagai tersangka.
Insiden kedua, tewasnya dua detektif dari kepolisian Akita yang menjemput dan mengawal Karibe yang sempat kabur ke Tokyo.
Salah satu mayat detektif ditemukan di tepi sungai Arakawa, Masato Kaji."
 
"Aku.. anak Masato Kaji. Aku datang ke Shinjuku karena ingin tahu kebenaran di balik kasus ayahku.”



Komik ini merupakan adaptasi dari novel berjudul "Kita no Karyudo" karya Arimasa Osawa yang juga pernah membuat "Nightmare Hunter" (telah diterbitkan Elex). Berdasarkan pengakuan dari Akiko Monden-sensei, beberapa karakter serta plot cerita diubah atas izin dari Osawa-sensei. Walaupun begitu, komik ini tetap bisa dinikmati karena ceritanya seru, penuh ketegangan, dan banyak misteri. Selain itu, art komik ini sangat bagus dan proporsional, membuat pembaca (seperti saya) terhanyut masuk ke dalam ceritanya ^///^
« Last Edit: June 08, 2016, 10:37:22 am by Nanna » Logged
sulpher
LX - Member
***

Reputation: 4
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 362



Awards
« Reply #8 on: June 08, 2016, 11:56:11 am »

Altair

Berlatar belakang di dunia fiksi, kita mengikuti perjalanan Mahmud, pasha (jendral) termuda dari negara militer Turkiye. Mahmud adalah satu-satunya yang selamat saat Imperium Balt-Rhain menyerang desanya 12 tahun yang lalu. Wajar jika dia berkeinginan kuat untuk mencegah peperangan kembali terjadi. Sayangnya, Imperium Balt-Rhain kini berniat untuk memperluas wilayah kekuasaannya dengan menjajah negara-negara lainnya. Suka tidak suka, Mahmud harus memutuskan apakah ia akan tetap mempertahankan idealismenya atau mencari jalan lain untuk menghadapi perang yang akan berkobar..

Ditulis oleh Katou Kotono, Altair langsung menarik perhatian saya karena terinpirasi dari kisah Kesultanan Ottoman dan Kekaisaran Bizantium yang jarang diangkat di media. Plot pada Altair terlihat standar untuk manga shonen, namun saya harus memuji Kotono-sensei untuk perkembangan karakter Mahmud.

Tidak hanya ia harus bertanggung jawab atas tindakan yang ia lakukan, Mahmud dituntut untuk tidak seenaknya memaksakan idealismenya. Karena pada akhirnya, tidak ada karakter yang benar-benar jahat dalam Altair. Yang ada adalah pribadi yang mencintai negara mereka dengan cara mereka sendiri, walau itu artinya harus mengorbankan negara lain.

Selain art yang detail dan plot yang menarik, Kotono-sensei juga membuat world building yang solid dengan tidak hanya menampilkan kebudayaan Turkiye dan Balt Rhain, tapi juga negara2 tetangga mereka seperti Phoenicia, Venedik, Argyros, dan Chinili, serta menampilkan berbagai suku bangsa di daratan Rumeliana. Saya sangat merekomendasikan Altair, karena tidak hanya mengajarkan tentang perang, tapi juga tentang mengelola negara dan hubungan internasional.

Logged
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 120
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.500



WWW Awards
« Reply #9 on: June 08, 2016, 10:11:04 pm »

Silakan memberi komentar untuk review pilihanmu :D
Logged

Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #10 on: June 21, 2016, 07:20:46 am »

PAPR edisi XX ini tidak begitu ramai seperti edisi-edisi sebelumnya. Akan tetapi, ulasan teman-teman begitu keren dan mem”bakar”! devil Oke, kesempatan kali ini saya akan memberikan dukungan dan komentar untuk ulasan teman-teman...

1. Altair: Tale of the Great War: sulpher

Saya menyukai tulisan sulpher karena ulasannya mudah dibaca dan dimengerti, easy reading, kemungkinan karena pengaturan paragrafnya yang baik. Kalimat-kalimat yang digunakan terkesan resmi dan to the point. Ulasannya juga tidak didominasi oleh sinopsis cerita. Apalagi kalimat terakhirnya yang menyebutkan sisi edukatif itu membuat saya menjadi ter”bakar”.

Kekurangannya hanya menyangkut selera saya, yaitu tulisannya terlihat kaku, karena tidak ada kata-kata yang ditebalkan (biasanya untuk kata yang ditekankan) dan dimiringkan (biasanya istilah asing, misalnya art dan shonen). Selain itu, saya juga cukup terganggu dengan kata “negara2”, alangkah lebih baiknya dituliskan “negara-negara” saja. Kemudian, “Balt-Rhain” kadang dituliskan dengan tanda penghubung dan kadang tidak. Mungkin hal ini sebagai saran dari saya untuk ulasan berikutnya.

2. Red Raven: kokuo sama

Meski ulasannya yang paling singkat, tapi saya paling suka dengan ulasan yang dibuat kokuo sama. Soalnya ulasannya memadukan sinopsis cerita dan pendapatnya dengan baik, singkat dan padat. Paragraf pertama berupa sinopsis, paragraf kedua deskripsi tokoh utama, dan paragraf terakhir merupakan pendapat tentang komik, disusun dengan sistematis menurutku. Kemudian, penulisan istilah asing dalam ulasannya juga dituliskan miring, sesuai selera saya sih.

Kekurangannya, yah terlalu singkat! Jangan pelit dong, hehehe (jaskid). Menurut saya, kokuo harus memaksimalkan jumlah kata yang diperbolehkan dalam ulasan PAPR. Soalnya, ulasan yang terlalu singkat akan menjadi boomerang bagi ulasannya yang menggunakan banyak kata istilah asing yang dimiringkan. Ulasan yang terlalu singkat dan banyak kata yang dimiringkan akan mengganggu kenyamanan membaca.

3. Yukito: Nanna

Saya memilih ulasan Nanna, karena baru dilihat saja sudah membuat saya tertarik! Yah, ulasannya dibuat dengan penampilan yang sangat rapi, menarik, dan unik. Dan yang paling mengena di hati saya adalah perpaduan antara kata/kalimat yang ditebalkan dan dimiringkan, terasa membuat suatu harmoni yang indah.
Kemudian dari segi isi ulasan juga tak kalah bagusnya. Soalnya ulasannya tidak didominasi sinopsis cerita, tapi juga memaparkan pendapat. Untuk bagian isi ini, saya paling suka dengan bagian “Tujuannya hanya satu, mencari kebenaran kasus 12 tahun lalu...” lalu di bawahnya disajikan sinopsis dengan kalimat yang dimiringkan. Ini terasa hebat menurutku, amazing! Paragraf terakhir juga disajikan tiga aspek penting; yaitu informasi tambahan, pendapat dari segi cerita, dan pendapat dari segi gambar-nya. Sangat informatif dan pas menurutku.

Kekurangannya, no comment dulu icon14

Meski tidak begitu ramai, untuk memilih satu dari beberapa ulasan yang ada tetap sulit no
Sekian komentar dari saya, semoga dapat berguna untuk teman-teman Grin
Logged

You Just Try Again . . .
nophee
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 16



Awards
« Reply #11 on: June 21, 2016, 08:30:31 am »

Altair
Dari ke-4 review yang masuk, review Altair milik ruth_shielalah yang terasa begitu lengkap dan informatif. Poin-poin pendukung cerita mampu dijelaskan dengan baik,
selain itu ceritanya yang padat juga mampu membuat orang yang membacanya menjadi paham. Alasannya tertarik membaca komiknya mampu mengompori orang untuk penasaran
dan mencoba untuk mulai membacanya. Sedangkan trivia yang disampaikan sebagai penutup membuat orang yang membacanya makin mengetahui detil mengenai komik Altair.


Red Raven
Pertanyaan yang disampaikan sebagai pembuka review rasanya merupakan taktik jitu untuk membuat orang penasaran. Itu sebabnya aku suka sekali dengan review milik yskasim.
Konflik cerita secara tersirat ada pada pertanyaan pembuka tersebut, yang kemudian dijabarkan dalam review yang ditulis.
Sinopsis cerita mampu disampaikan dengan menarik ditambah dengan opini mengenai komiknya menjadi nilai plus tersendiri.


Yukito
Tidak bisa mengatakan tidak terhadap review yang ditulis oleh Nanna. Reviewnya ditulis dengan begitu menarik serta sinopsis cerita yang dibuat sepatah-patah justru mampu memancing
rasa penasaran pembacanya terhadap apa yang sebenarnya terjadi. Sepertinya orang yang sudah membaca review Yukito milik Nanna akan langsung mencari komiknya.
Salut atas review yang dibuatnya. Seperti istilah Nanna, reviewnya mampu membuat orang terhanyut masuk ke dalam ceritanya.
Logged
guguk
~agak mirip manusia...
LX - Evangelis
*****

Reputation: 261
Offline Offline

Posts: 3.935



Awards
« Reply #12 on: June 21, 2016, 10:39:12 am »

Gie muncuull!! Ahahahaa~ sering-sering muncul dong! (╯✧▽✧)╯
Untuk komik Altair ini memilih ulasan (☞゚ヮ゚)☞ sulpher yang [imho] jelas, lumayan detil, dengan pembagian paragraf yang enak dibaca, serta tak lupa menyisipkan di bagian awal bahwa ini adalah "dunia fiksi"
Grin

(゚(゚ω(゚ω゚(☆ω☆)゚ω゚)ω゚)゚)

Sempet tergoda sama komik Red Raven ini pas muncul :) tapi karena kurang info, jadi masih maju-mundur ngoceh
Jadi seneng baca ulasan teman-teman di sini Grin dan yang paling jelas [imho] adalah milik celo☜(゚ヮ゚☜)


(゚(゚ω(゚ω゚(☆ω☆)゚ω゚)ω゚)゚)

Ngakak baca ulasan celo yang bawa-bawa "om-om" ┬┴┬┴┤( ͡° ͜ʖ├┬┴┬┴
Untuk komik om-om Yukito ini memilih Nanna yang selain jelas, cara nyusun ulasannya juga bikin enak dibaca (⌒ω⌒)
Logged

"And frame your mind to mirth and merriment,
Which bars a thousand harms and lengthens life."
ari1817
LX - Babes


Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 22



Awards
« Reply #13 on: June 21, 2016, 11:16:47 am »

1. Yukito : celo
Untuk komik ini, ada dua tulisan yang menarik perhatian saya dan jujur pilihan yang sulit memilih salah satu diantaranya karena buat saya tulisan keduanya begitu menarik. Mereka adalah celo dan nanna. Celo dengan cerita yang diuraikan dengan begitu menarik mampu membuat pembacanya merasakan aura misteri yang ada di dalamnya. Paragraf akhir yang menjelaskan mengenai perspektif komiknya disampaikan dengan cara yang sedikit berbeda. Sedangkan tulisan nanna saya rasa juga sama lengkapnya seperti celo dengan penguraian cerita yang jelas dan ringkas. Sayangnya tanggapan mengenai komiknya kurang dijabarkan. Pada akhirnya saya memilih tulisan celo.

2. Red Raven : yskasim
Saat membaca tulisan milik yskasim, entah kenapa saya serasa masuk dalam dunia Red Raven ini. Bisa jadi masalah ini jugalah yang dialami oleh banyak negara-negara lain, termasuk Indonesia. Ketika merasa dunia sudah begitu kotor karena banyaknya kejahatan yang terjadi, seringkali merasa perlu adanya penegak kebenaran yang menegakkan keadilan dengan caranya tersendiri.
Hal inilah yang membuat saya merasa tulisan yskasim begitu menarik.

3. Altair : ruth_shiela
Deskripsi mengenai setting cerita, latar belakangnya, penggambaran mengenai tokoh utamanya begitu jelas dan terperinci.
Dari aspek ini saja saya merasa tulisan ruth sudah lebih unggul dibandingkan yang lainnya.
Beberapa hal teknis yang diberikan dalam bentuk trivia rasanya makin memperlengkap tulisannya.
Pastinya saya rasa sih pembaca bakalan menyuka info-info seperti ini.  Wink
« Last Edit: June 21, 2016, 11:23:56 am by ari1817 » Logged
weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.007


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #14 on: June 22, 2016, 09:36:58 am »

Untuk Altair saya pilih sulpher yang paling enak dibaca menurut saya.

Untuk Red Raven, saya pilih celo, ulasannya menarik, membuat penasaran cerita di komik ini.

Untuk Yukito, pilihan saya ulasan Nanna,karena jelas dan ringkas jadi enak dibacanya.

Tapi semua ulasan yang masuk bagus semua kok. #selera
« Last Edit: June 22, 2016, 09:40:40 am by weisswald » Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
damiana
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 9


Awards
« Reply #15 on: June 22, 2016, 10:12:39 am »

Altair: Tale of the Great War - ruth_shiela
Sukaaaaa banget dengan reviewnya punya ruth_shiela ini. Dengan pengelompokkan review berdasar sub judul, memudahkan yang membacanya,
jadi tidak saling tumpang tindih. Tiap sub judul memiliki bobot tersendiri yang membuatnya asyik dibaca.
Salut untuk ide reviewnya. Semoga bisa terus dipertahankan model sub judul begini.

Red Raven - yskasim
Membaca reviewnya yskasim, rasanya kok seperti menjadi sebuah pemicu untuk membeli komiknya ya? Keseruan dan daya tarik yang ditulis
dalam reviewnya bikin penasaran. Kata-kata kisah shonen yang memukau bikin jadi tidak sabar untuk segera ke toko buku.

Yukito - nanna
I love Nanna. I mean review from Nanna.
Membaca reviewnya seperti menjadi detektif dalam Yukito yang berusaha menyelidiki dan mencari kebenaran yang tersembunyi. Kalau begini sih,ini sama kasusnya seperti Red Raven. Bakal memasukkan Yukito dalam daftar buku yang harus dibeli.XDD
Aura ketegangannya sangat terasa saat membaca reviewnya Nanna.
Logged
bleach77
LX - Noob
*

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 71



Awards
« Reply #16 on: June 22, 2016, 12:09:01 pm »

Lagi-lagi sesi voting PAPR kembali ramai mendekati waktu-waktu terakhir.
Berhubung sesi ini tidak membuat review, jadi bisa bebas mengomentari review-review yang masuk.
Untuk Altair: Tale of the Great War, aku vote punya ruth_shiela. clap
Menurutku reviewnya ruth merupakan paket yang lengkap. Tidak hanya sekedar ceritanya saja yang diulas, tapi juga sisi lainnya merupakan nilai plus dari reviewnya. Salut karena bisa mendapatkan beberapa keterangan tambahan mengenai pengarangnya yang ternyata merupakan lulusan sejarah Turki (pantesan bisa membuat Altair dengan begitu rinci di bagian sejarahnya).

Untuk Yukito, aku vote punya celo. clap
Aku selalu tertarik dengan genre misteri seperti Yukito ini, dan reviewnya celo di bagian sinopsis sangat lengkap dan mampu menggugah siapapun untuk membaca komiknya untuk mengetahui lebih jauh misteri yang disimpan. Sebenarnya agak pesimis dengan jumlah volumenya yang hanya 5, kok rasanya bakalan menggantung dan kurang dieksplorasi. Tapi semoga saja ceritanya bisa dibuat padat dan lengkap dalam volume yang singkat itu.

Terakhir untuk judul Red Raven, aku vote yskasim. clap
Nah, kalau ini aku optimis ceritanya bakalan menarik, soalnya jumlah volumenya tidak terlalu pendek dan jika dilihat dari reviewnya yskasim, alur ceritanya bakalan menarik di volume berikutnya. Meski bisa dibilang singkat reviewnya, tapi aku merasa hal-hal penting dalam komiknya bisa disampaikan dengan jelas.
Logged

Go for your Dream
Pages: 1 2 [All]   Go Up
Print
Jump to: