Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.235 Posts in 16.736 Topics- by 41.707 Members - Latest Member: Srpzxga
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahBooks ReviewPAPR : Pick-A-Prize Review (Moderators: raven, cherrycat)[Vote Your Winner] Sesi XXVII (28 Sept-12 Okt)
Poll
Question:
Yang manakah review Flying Witch favoritmu?  (Voting closed: October 12, 2016, 01:13:56 pm)
sasada_iko - 1 (7.1%)
kokuo sama - 1 (7.1%)
nophee - 6 (42.9%)
Sufyan Hakim - 6 (42.9%)
Total Voters: 14

Question:
Yang manakah review Inuyasha favoritmu?  (Voting closed: October 12, 2016, 01:28:54 pm)
I-Sartika - 0 (0%)
kokuo sama - 5 (41.7%)
ruth_shiela - 7 (58.3%)
Total Voters: 12

Question:
Yang manakah review Livingstone favoritmu?  (Voting closed: October 12, 2016, 01:10:24 pm)
haart - 5 (41.7%)
kokuo sama - 7 (58.3%)
Total Voters: 12

Pages: 1 [2]  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XXVII (28 Sept-12 Okt)  (Read 3035 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
yskasim
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 53



Awards
« Reply #10 on: October 11, 2016, 09:44:12 pm »

Ikutan kasih komentar untuk PAPR sesi ini ya... Smiley

Untuk Flying Witch, saya memilih/vote tulisan hasil nophee. Sinopsis cerita yang diberikan enak dibaca dan membuat setiap orang jadi penasaran untuk mengikuti kelanjutannya. Tidak hanya itu, gaya bahasanya juga rapi. Kelebihan dan kekurangan komik ini dari sisi yang mereviewnya juga tidak ketinggalan disertakan juga.

Buat review Inuyasha, saya vote tulisan ruth_shiela. Sebenarnya dari sisi cerita, ketiga review hampir memberikan isi cerita yang mirip-mirip. Apalagi Inuyasha merupakan cerita yang terkenal dan bisa jadi sebagian besar sudah tahu akan ceritanya. Namun saya tertarik dengan ruth_shiela yang sedikit memberikan latar belakang alasan dibalik sang pengarang membuat Inuyasha. Hal ini yang menurut saya menjadi daya tarik dari reviewnya.

Sedangkan untuk serial Livingstone, saya cenderung memilih review milik kokuo sama. Ulasan haart sebenarnya bagus, hanya rasanya paragraf awal terasa tidak menyambung dengan ulasan yang hendak disampaikan. Ulasan kokuo sama menurut saya lebih runut dari awal hingga akhir. Namun keduanya sama baiknya, apalagi sama-sama menyinggung judul Deadman Wonderland yang dibuat oleh orang yang sama.
Logged
skow
LX - Junior
**

Reputation: 32
Offline Offline

Posts: 226



Awards
« Reply #11 on: October 11, 2016, 11:06:45 pm »

Flying Witch
Review yang ada, secara garis besar memiliki isi dan batasan cerita yang hampir sama.
Review sasada_iko yang ringkas sebenarnya sudah cukup baik dan jelas, namun kurangnya tanda baca, dalam hal ini adalah tanda koma (,), membuat saya agak bingung akan penggalan-penggalan kata dalam satu kalimatnya.
Isi review kokuo sama lebih meluas dengan menambah bahasan cerita serta informasi mengenai adanya adaptasi anime.
Saya suka review milik nophee, susunannya terlihat rapi dan teratur, pendapat mengenai komik Flying Witch di paragraf ke-3 sangat menarik dan cukup persuasif.
Isi review milik Sufyan Hakim sepertinya merupakan yang terlengkap bila dibandingkan dengan yang lain. Adanya hint mengenai tema-tema cerita pada setiap bab, memberikan arah dan gambaran lebih jelas tentang “seperti apa isi komik ini?”, tidak melulu berpusat pada Makoto Kowata yang berpindah kota dan tinggal di rumah saudaranya untuk belajar menjadi penyihir. Pendapat pribadi mengenai komik Flying Witch pada tiga paragraf terakhir juga diulas dengan cukup baik.
Untuk Flying Witch, saya memilih review Sufyan Hakim.

Inuyasha
Walau Inuyasha sangat terkenal, baik komik maupun anime-nya, saya termasuk awam.
Ketika disodorkan review milik I-Sartika, walau sudah memiliki alur cerita, namun alurnya terlalu cepat dan kurang mendetail sehingga masih menyisakan ketidakpahaman dalam diri saya. Selain itu, masih banyak kesalahan EYD, seperti tidak menggunakan huruf kapital pada huruf pertama di awal kalimat,  penggunaan kata penghubung “dan” di awal kalimat yang tentunya sebuah kesalahan besar, dan penggunaan preposisi yang tidak tepat, seperti “dikuil” yang seharusnya “di kuil”.
Review milik kokuo sama sudah sangat baik. Alur ceritanya pas dan cukup jelas serta ada penjelasan mengenai istilah-istilah bahasa Jepang sehingga saya yang “buta” akan Inuyasha sudah mulai menemukan titik terang. Namun, pendapat pribadi mengenai komik Inuyasha dirasa terlalu singkat dan masih kurang kuat untuk menarik minat baca.
Review ruth_sheila memaparkan dengan lebih detail dan alur cerita yang disampaikan terasa lebih mengalir. Ada penggambaran suasana dan emosi sehingga saya dapat membayangkan dan ikut “masuk” ke dalam cerita. Selain itu, ulasan pada paragraph terakhir cukup bermanfaat dan menarik.
Untuk Inuyasha, saya memilih review ruth_sheila.

Livingstone
Review milik haart yang menjelaskan secara mendetail plot cerita sudah berhasil menarik perhatian saya akan premis awal komik ini, namun masih terasa datar dan kurang mengundang emosi.
Review milik kokuo sama dibungkus dengan apik dengan penggunaan bahasa yang lebih baik. Walau penyampaian cerita kurang mendetail, kokuo sama membuat cerita menjadi samar-samar, tapi malah memancing rasa penasaran, rasa ingin tahu, dan membuatnya seolah-olah ada sebuah misteri besar yang perlu dikuak dan menunggu untuk dipecahkan.
Untuk Livingstone, saya memilih review kokuo sama.

Logged
sano
tukang baca
LX - Kidz
LX - Evangelis
*

Reputation: 28
Offline Offline

Posts: 2.823


bleh


WWW Awards
« Reply #12 on: October 12, 2016, 12:13:33 pm »

Ola~ semoga masih sempet  doa
udah lewat jam forum ternyata. gapapa lah ya tetep ikut komen aja Kiss raven

Livingstone  : vote for kokuo sama

Judul ini emang njelimet sih ya ceritanya, jadi pasti susah juga bikin sinopsis/reviewnya, supaya ga ikut njelimet. Tapi review kokuo bisa nyebutin poin2 ceritanya dengan cukup sederhana. Penutupnya (bagian penilaian) juga cukup berimbang dengan nyebutin ceritanya agak sulit dimengerti pada awalnya tapi bisa sekaligus menguras emosi.


[PREMIUM] Inuyasha : vote for kokuo sama

Review I-sartika sebenernya cukup menarik, terutama di kalimat pembukaan & penutupnya. Secara keseluruhan saya ga sreg karna kurang rapi ada ada beberapa kesalahan penulisan : di(spasi)masa, di(spasi)kuil, di(spasi)desa, ketika. Antara kokuo sama dan ruth_shiela akhirnya saya pilih kokuo, karena paragraf kedua sebelum terakhir, yg ada kata nostalgia Grin Tapi secara keseluruhan, mirip seperti di Livingstone, review/penilaian kokuo cukup lengkap & berimbang. 3 paragraf terakhir itu rasanya penutup yg pas.


Flying Witch : vote for Sufyan Hakim

Aak, ga sempet komenin semua. Sebenernya pilihan saya antara review kokuo dan sufyan tapi akhirnya pilih sufyan karna yg dua judul lain saya udah pilih kokuo XD Tongue Penilaiannya sama : sinopsis cukup jelas, penulisan rapi, penilaian juga runut & lengkap. Yg bikin yakin utk vote sufyan itu kalimat ini :
Inilah kisah penyihir terbang yang begitu menyejukkan!!![/color]

Penyihir? Menyejukkan? Saya jadi penasaran Wink
« Last Edit: October 12, 2016, 12:15:24 pm by sano » Logged

Love yourself
Love your life
Love this world, where you live
Don't ruin what you love
Pages: 1 [2]  All   Go Up
Print
Jump to: