Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.371 Posts in 16.874 Topics- by 44.416 Members - Latest Member: paubescongsrin1979
Poll
Question:
Yang manakah review 'Q.E.D. Best Selection' pilihanmu?  (Voting closed: February 22, 2017, 12:23:48 pm)
Ever - 11 (73.3%)
haart - 4 (26.7%)
Total Voters: 15

Question:
Yang manakah review 'Yotsuba&!' pilihanmu?  (Voting closed: February 22, 2017, 12:41:38 pm)
haart - 1 (6.3%)
Meriana - 4 (25%)
weisswald - 2 (12.5%)
sano - 1 (6.3%)
bleach77 - 8 (50%)
Total Voters: 16

Question:
Yang manakah review Inn of the Lost Things pilihanmu?  (Voting closed: February 22, 2017, 12:36:52 pm)
Meriana - 7 (50%)
niQen - 3 (21.4%)
sano - 2 (14.3%)
weisswald - 2 (14.3%)
Total Voters: 14

Pages: [1] 2  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XXXVI (8-22 Feb)  (Read 4848 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 120
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.502



WWW Awards
« on: January 25, 2017, 01:25:18 pm »



Yuk, review salah satu judul di bawah ini:

Q.E.D. Best Selection


Inn of the Lost Things


Yotsuba&! (1-13)


Supaya tidak membingungkan, ganti subject post dengan judul buku yang diulas dan pakai teks berwarna untuk membedakan dengan judul lain.

- Q.E.D. Best Selection: biru
Code:
[color=blue]...teks reviewmu...[/color]

- Inn of the Lost Things: marun
Code:
[color=maroon]...teks reviewmu...[/color]

- Yotsuba&! : hijau
Code:
[color=green]...teks reviewmu...[/color]

Review diterima paling lambat dua minggu dari sekarang, Rabu, 8 Februari 2017, jam 12 siang (waktu forum). Setelah itu, sesi vote dan komentar akan dibuka selama dua minggu :D

Baru pertama kali ikutan? Jangan lupa cek peraturan di sini.

---

Sesi Vote yang sedang berlangsung bisa dilihat di sini
« Last Edit: February 08, 2017, 12:20:24 pm by raven » Logged

haart
LX - Noob
*

Reputation: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 30


Light will bring you home


Awards
« Reply #1 on: January 27, 2017, 06:41:40 pm »

 Inn Of The Lost Things


"aku tidak suka anak-anak"
Begitulah yang diucapkan nona pemilik penginapan saat tamu yang datang adalah seorang anak-anak yang mencari kucingnya yang hilang.

Pondok penginapan tua di tempat yang terpencil dimana orang yang kehilangan sesuatu bisa menemukannya disana. Tamu yang datangpun harus diantar seorang penunjuk jalan bernama Matsuura. Jika dipikir dengan akal sehat tidak mungkin barang yang hilang entah dimana, semua bisa diketemukan di penginapan tersebut. Manga ini terdiri dari rangkaian cerita terpisah yang membentuk alur cerita yang utuh, dimulai dari kisah seorang pria yang kehilangan sesuatu yang tidak bisa diingatnya. Hal ini masih termasuk cerita biasa yang berakhir baik, tapi mulai dari cerita ke tiga pembaca pelan pelan akan menyadari ada sesuatu yang tidak biasa dari penginapan tersebut.

Tempat apakah sebenarnya penginapan tersebut? Siapa gadis kecil yang disebut sebagai nona pemilik oleh para pegawai penginapan? Siapa tamu tamu yang datang ke penginapan tersebut? Apa yang hilang dan hanya bisa ditemukan di penginapan tersebut? Apakah yang dicari para tamu adalah barang yang hilang atau sesuatu yang lain?

Meski manga ini bergenre shoujo drama, namun layak dibaca oleh pembaca pria juga. Aroma misteri ditampilkan dengan halus dan menimbulkan keingin-tahuan pembaca akan hal apa yang akan terjadi selanjutnya. Ada hal yang manis, pahit, tragis tapi juga yang heartwarming ada di manga ini. Penerjemahan yang bagus dari bahasa aslinya memberi nilai tambah pada manga ini karena salah satu kekuatan manga ini ada di dialognya yang kuat dan menimbulkan kesan di pikiran pembaca.  thumb up

Bagi yang berminat mengoleksinya, manga ini hanya terdiri dari 3 jilid yang tentunya tidak akan memberatkan kantong anda  Cheesy


Logged
Ever
LX - Member
***

Reputation: 101
Offline Offline

Posts: 695



Awards
« Reply #2 on: February 01, 2017, 12:34:12 pm »

Buku kompilasi yang memuat empat cerita dari seri Q.E.D. yang telah diterbitkan Elex, bertema pemecahan kasus/masalah oleh seorang jenius muda lulusan MIT dan teman sekolahnya yang enerjik. Adapun, keempat kasus yang dipilih di judul ini adalah:

-Si Mata Perak (pembunuhan, dari volume 1)
-1st April, 1999 (transaksi internasional, volume 4)
-Mangkuk Anjing (penipuan produk murahan, volume 30)
-Magic & Magic (trik sulap, volume 32)

Ada juga catatan dan pembahasan dari si pengarang Motohiro Katou tentang beberapa kasus lainnya, walau jumlahnya tidak sebanyak yang saya inginkan. Bagaimanapun, dari kasus-kasus yang ditampilkan di buku ini terlihat jelas keunggulan Q.E.D. dibanding komik detektif lainnya, yaitu variasi kasus dan ilmu pengetahuan yang disisipkan dengan apik. Keempat kasus tersebut mewakili ragam cerita dan cara pemecahan yang menarik, dengan alih bahasa baru yang mungkin dapat memberi nuansa berbeda bagi yang sudah pernah membacanya.

Dua tokoh utamanya saling melengkapi dan senantiasa memecahkan kasus dengan kerja sama yang baik. So sebagai ‘otak’ yang menginvestigasi, sementara Kana sebagai ‘otot’ dan ‘hati’ dalam hubungan tersebut. Kana jelas bukan hanya tokoh wanita pemanis maupun ‘spesialis diculik’, melainkan penyeimbang yang sangat diperlukan oleh So yang logis dan kalem. Dalam kompilasi ini, ada bagian saat mereka saling ‘mengerjai’ yang menyenangkan untuk dilihat.

Q.E.D. BS ini patut direkomendasikan kepada:

(1) Yang belum pernah baca Q.E.D. dan penasaran apa bagusnya seri ini;

(2) Yang membaca/mengoleksi Q.E.D. secara bolong-bolong seperti saya dan belum pernah membaca kasus yang ditampilkan di buku kompilasi ini; atau

(3) Fans berat Q.E.D. yang ingin menambah koleksi, membaca catatan tambahan dari si pengarang,  ataupun sekedar nostalgia.
Logged
Meriana
LX - Senior
****

Reputation: 136
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.005

Enjoy Reading BOOKS ( ̄▽ ̄)


Awards
« Reply #3 on: February 01, 2017, 08:58:58 pm »

"...bukan mencari barang hilang... melainkan barang yang ingin dibawa."

Matsuura. Seorang pria dewasa berjas dan berkacamata, dengan senyum yang selalu tersungging,
bertugas menunjukkan jalan bagi para tamunya menuju ke Pondok Barang Hilang.

Nona Pemilik. Perempuan yang suka mengenakan kimono ini selalu membantu para tamunya mencari barang milik mereka yang hilang,
agar mereka dapat pergi dengan tenang.

Ada suatu penginapan besar bergaya Jepang kuno di suatu tempat.
Hanya mereka yang diantar oleh si penunjuk jalan yang mampu pergi ke penginapan tersebut.
Penginapan itu bernama Pondok Barang Hilang.

***

"Apa yang sebenarnya dia cari... sambil bekerja di pondok ini?"

"Jika yang dicari sudah ditemukan, mereka akan keluar dari sini. Lalu bagaimana jika mereka tidak berhasil menemukan apa yang mereka cari?"


---


Ahh... sepintas terlihat kalau plot cerita komik ini hanya akan begitu-begitu saja: tamu datang, kemudian mencari barang hilang sambil merenungi kisah hidupnya, lalu menemukan barang tersebut, dan akhirnya pergi. Tapi sebenarnya, banyak juga hal yang menggugah rasa penasaran saya dari komik ini—terutama mengenai identitas Nona Pemilik, hubungan apa yang sebenarnya dimiliki oleh mereka yang tinggal di Pondok Barang Hilang, dan bagaimana kisah hidup mereka.

Di volume 1 ini, cerita masih berfokus pada tamu-tamu Pondok Barang Hilang serta kisah hidup mereka. Ada yang bahagia, sedih, sampai tragis, namun semuanya mampu memberikan kehangatan tersendiri pada saya sebagai pembaca. Lewat kedatangan para tamu itu juga dijelaskan apa sebenarnya Pondok Barang Hilang itu dan disinggung sedikit tentang Nona Pemilik dan si penunjuk jalan yang misterius. Tapi yang paling mengagetkan dari cerita ini adalah ternyata tamu pondok ini, nggak semuanya manusia. Bisa juga kucing, lho!!

Untuk artwork serta penulisan dan gaya bahasa, semuanya bagus dan rapi icon14

Secara keseluruhan, seri ini menarik untuk diikuti, terutama bagi penggemar drama supranatural. Apalagi hanya 3 volume tamat. Azn 

« Last Edit: February 03, 2017, 11:08:24 pm by Meriana » Logged

“I’m just trying to live every day and not wish I had done something differently.” – Emma Roberts.
niQen
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 9


Awards
« Reply #4 on: February 02, 2017, 04:18:54 pm »


"Penginapan yang jauh dari keramaian.."

"Si Pengantar tamu dan penunjuk jalan yang tidak pernah masuk ke penginapan.."

"Nona pemilik penginapan yang ketus dan penggerutu, tapi selalu membantu para tamu penginapan mencari barang mereka yang hilang..."



Itulah gambaran pertama yang tertangkap kuat dari komik Inn of the Lost Things jilid 1 ini. Di buku ini terdapat 6 cerita dengan tamu yang berbeda. Ada seorang pegawai yang kebingungan karena tidak ingat benda apa yang telah dia hilangkan, seorang anak kecil yang mencari kucingnya yang hilang, ada pendaki gunung yang tidak ingat bagaimana dia sampai ke penginapan itu dan diberikan gudang untuk dia pakai sebagai kamar menginap, seorang guru wanita yang disukai oleh muridnya sendiri, seorang Ibu yang lebih mementingkan kekasihnya daripada anaknya sendiri dan terakhir seekor kucing yang terus menunggu majikannya datang.

Disetiap cerita selalu menceritakan hubungan erat para tamu dengan barang mereka yang hilang, ada cerita yang bahagia, sedih, maupun perpisahan. Selain itu masih ada misteri-misteri yang belum terkuak di jilid 1 ini, seperti siapa Matsuura, orang yang selalu mengantarkan para tamu untuk mencari barang mereka yang hilang, siapa Nona Pemilik maupun orang-orang yang bekerja di penginapan, dan mengapa mereka bekerja disana.


Dengan Artwork yang cantik dan cerita yang menyentuh, rasanya sayang buku ini hanya terdiri dari 3 jilid.    no
Logged
haart
LX - Noob
*

Reputation: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 30


Light will bring you home


Awards
« Reply #5 on: February 02, 2017, 08:26:07 pm »

Yotsuba&!



Lincah, ceria, enerjik, penuh rasa ingin tahu, dan aneh
Hingga ayahnya sendiri menyebutnya anak aneh

Manga ini menceritakan tentang Yotsuba Kiowai, anak berumur 5 tahun dan ayah angkatnya, yang pindah ke kota baru.
Setibanya di kota yang baru semua hal hal baru menarik minat Yotsuba, kerumunan orang, deretan pertokoan, semua menarik perhatian Yotsuba.
Setibanya di rumah yang baru, Yotsuba langsung memulai petualangannya di tempat baru, mulai dari ayunan (yang mungkin baru pertama kali dilihatnya) hingga memanjat tiang listrik untuk melihat cicada. Manga ini menceritakan keseharian Yotsuba dan petualangan yang melibatkan 3 gadis tetangganya dari keluarga Ayase, yaitu Asagi, Fuuka dan Ena. Kenaifan Yotsuba dalam memenuhi keingin tahuannya mengenai hal hal kecil menjadi undur humor yang menjadi kekuatan manga ini.

Meraih penghargaan excellence award for manga tahun 2006, masuk nominasi di Osamu Tezuka Culture Award dan Eisner Award tahun 2008, meraih Grand Prize di Osamu Tezuka Award ke 20 tahun 2016. Serial ini telah diterbitkan di banyak negara seperti Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Rusia, Italia, Spanyol, Swedia, Korea dan juga Indonesia.

Selain dalam bentuk manga, serial ini juga telah dijadikan anime, buku bergambar dan CD musik. Ilustrasi yang artistik, cerita yang ringan dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak anak hingga dewasa menjadi nilai tambah manga ini. Salah satu masterpiece karya Kiyohiko Azuma,yang juga mengarang Azumanga Daioh. Salah satu kelebihan manga ini adalah dapat dinikmati secara terpisah, tidak harus mengikuti dari awal, karena dibuat menjadi berbagai cerita lepas, meski untuk mengetahui hubungan antar karakter, membaca jilid pertama janganlah dilewatkan. Art grafis yg realis dan detil juga menjadi sisi kuat dari manga ini

« Last Edit: February 04, 2017, 07:15:34 am by haart » Logged
Meriana
LX - Senior
****

Reputation: 136
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.005

Enjoy Reading BOOKS ( ̄▽ ̄)


Awards
« Reply #6 on: February 03, 2017, 10:45:42 pm »

"Hari ini kita main apa?"

Yosuke Koiwai, pria lajang yang berprofesi sebagai penerjemah dan telah mengunjungi berbagai negara di dunia, suatu hari mengadopsi anak bernama Yotsuba karena terpukau dengan kelincahan dan keriangan anak 5 tahun tersebut. Yosuke kemudian mengontrak sebuah rumah di kota untuk ditinggali bersama dengan Yotsuba. Hari-hari Yotsuba dan ayahnya pun dimulai.  Berkat pekerjaan ayahnya sebagai penerjemah di rumah, hari-hari Yotsuba dipenuhi dengan interaksi—baik antar ayah-anak, maupun dengan orang-orang lain di sekitarnya.



Faktor-faktor penting yang menjadikan Yotsuba&! wajib dikoleksi:

1. Artworknya. Gambar latarnya realis, super detail, dan bersih. Tokohnya digambar dengan berbagai ekspresi yang unik namun sesuai konteks. Sudut pandang gambarnya juga bervariasi. Super top pokoknya icon14 icon14

2. Ceritanya. Sebenarnya ide ceritanya sederhana saja karena menyangkut keseharian anak perempuan kecil dengan ayahnya. Selain itu ada juga kegiatan seperti menangkap serangga, mengunjungi peternakan, berkemah, main pistol air, membuat rak, pergi ke toko bunga, hingga menonton pertandingan balon udara. Tapi ceritanya dibawakan dengan alur yang mendetail dan feeling yang pas sehingga jauh dari kata membosankan.

3. Kenakalan dan kepolosan Yotsuba ketika berbohong atau berbuat salah, bisa direspon oleh Ayahnya secara kreatif dan mendidik sehingga makna serta kelucuannya jadi makin membekas di hati. Sifat Yotsuba ini juga mampu mengajak kita bernostalgia pada kepolosan dan kenakalan masa kecil kita yang menggemaskan laugh

4. Tokoh-tokoh lain dengan sifat yang bervariatif, mampu dibawakan dengan jelas dan penghayatan yang pas. Ada dua sahabat Yosuke yang konyol, tetangga Yotsuba—tiga saudari cantik berkepribadian menarik—juga mahasiswi tomboi teman kuliah si tetangga, teman-teman Yotsuba sendiri, hingga neneknya Yotsuba.

Gabungan keempat hal di atas, mampu membuat Yotsuba memenangkan banyak penghargaan komik di Jepang hingga populer di manca negara. Di Indonesia sendiri, komik ini sempat masuk jajaran komik langka yang sangat diminati hingga akhirnya dicetak ulang oleh Elex.

« Last Edit: February 03, 2017, 11:03:13 pm by Meriana » Logged

“I’m just trying to live every day and not wish I had done something differently.” – Emma Roberts.
weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.007


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #7 on: February 05, 2017, 10:51:28 am »

Yotsuba Koiwa adalah gadis kecil berusia 5 tahun yang ceria dengan rasa ingin tahu yang besar walau sifatnya sedikit aneh. Bersama ayahnya Yosuke Koiwa dan dibantu teman ayahnya, Jumbo mereka pindah ke rumah baru. Di sana mereka bertetangga dengan keluarga Ayase yang memiliki tiga orang putri yaitu Asagi, Fuuka, dan Ena. Seperti apakah keseharian Yotsuba di lingkungan yang baru?

Yotsuba&! adalah komik bertema slice of life yang ringan dan menghibur. Tingkah laku dan rasa ingin tahu Yotsuba dijamin bisa membuat anda minimal tersenyum. Ditambah tokoh-tokoh lain yang tidak kalah menghibur. Selain kelucuan juga terdapat pesan-pesan moral di sini, seperti pada saat sang ayah mengajari Yotsuba untuk tidak berbohong. Secara keseluruhan saya sangat merekomendasikan untuk membaca komik yang satu ini. Dan seperti yang tertulis disemua volume, saya juga "Enjoy Everything" dari komik yang satu ini. :D

Trivia

* Yotsuba&! dibaca Yotsubato! dalam bahasa Jepang yang artinya Yotsuba dan!, dimana setiap chapter judulnya selalu diawali dengan Yotsuba & [sesuatu].
* Moto "Enjoy Everything" dalam bahasa Jepang ditulis いつでも今日が、いちばん楽しい日 yang artinya "Today is always the most enjoyable day".
« Last Edit: February 05, 2017, 11:24:46 am by weisswald » Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
haart
LX - Noob
*

Reputation: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 30


Light will bring you home


Awards
« Reply #8 on: February 05, 2017, 11:27:05 am »



Q.E.D / quod erat demonstrandum

Salah satu manga karya sensei Motohiro katou yang juga membuat C.M.B
menceritakan tentang sou toma, seorang muda jenius lulusan M.I.T di amerika serikat yang kembali ke Jepang dan memecahkan kasus kasus investigasi bersama sahabatnya Kana Mizuhara. Kemampuan deduksi dan penalaran Sou digabung dengan bakat sosialisasi dari Kana membantu mereka memecahkan kasus kasus sulit yang ditemui.

Buku ini adalah kumpulan dari kasus kasus terbaik yang diambil dari volume volume yang telah terbit sebelumnya. Seri manga ini sebelumnya juga telah meraih penghargaan Kodansha Award untuk kategori shonen pada tahun 2009.
Dan juga telah dijadikan drama seri di televisi jepang dengan durasi 10 episode yang dibintangi oleh  Ai Takahashi sebagai Kana dan Aoi Nakamura as Toma.

Kumpulan kasus ini cocok bagi pembaca yg tidak memiliki seri ini secara lengkap, bukunya lebih tebal daripada buku biasa tentu saja dengan harga yang sedikit lebih tinggi. namun bagi yang belum pernah membaca kasus kasus yang dikompilasi dalam buku ini, tidak rugi untuk membelinya  thumb up

Logged
sano
tukang baca
LX - Kidz
LX - Evangelis
*

Reputation: 28
Offline Offline

Posts: 2.825


bleh


WWW Awards
« Reply #9 on: February 06, 2017, 08:18:13 pm »


Bagaimana jika kau kehilangan benda berharga tapi kau tak ingat di mana benda itu hilang? Bahkan… kau tak ingat benda apa itu.

“Apa Anda kehilangan sesuatu?”
Tiba-tiba ada pria misterius yang menyapa, merasakan kebingunganku.
Ia lalu mengajakku ke suatu pondok penginapan tua, “Pondok Barang Hilang” katanya.
Pondok di mana seseorang pasti bisa menemukan barang yang hilang.
Pria itu hanya mengantarkanku sampai ke depan gerbang pondok.
Pak penjaga tua yang membawaku masuk maupun seluruh pelayan tidak ada yang bisa menjawab tentang barang yang kucari.
Semua menyuruhku bertanya pada Nona Pemilik, gadis muda yang angkuh.
Bagaimana ini? Apa yang harus kulakukan? Apa yang sebenarnya kucari?

Satu judul lagi dari Hozumi, setelah “The Wedding Eve” dan “Au Revoir, Sorcier”. Kali ini berupa kumpulan kisah misteri dalam 3 jilid komik.
Misteri di sini bukanlah misteri berupa teka-teki ataupun horor. Tapi, mungkin bisa dibilang gabungan keduanya.
Semacam kumpulan teka-teki kehidupan yang belum terjawab, diceritakan dengan ringan tapi mengundang rasa penasaran, disertai gambar yang lembut.
Pondok Barang Hilang” alias “Inn of The Lost Things” mungkin akan menjadi tempat kau menemukan hal berharga.
« Last Edit: February 06, 2017, 08:33:31 pm by sano » Logged

Love yourself
Love your life
Love this world, where you live
Don't ruin what you love
Pages: [1] 2  All   Go Up
Print
Jump to: