Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

598.007 Posts in 15.864 Topics- by 51.987 Members - Latest Member: Asti Harita
Poll
Question:
Yang manakah review Fish For It pilihanmu?  (Voting closed: May 10, 2017, 12:28:36 PM)
rena2en - 3 (37.5%)
 ruth_shiela - 5 (62.5%)
Total Voters: 8

Question:
Yang manakah review Yokohama pilihanmu?  (Voting closed: May 10, 2017, 12:27:28 PM)
Sneakpeekcro - 2 (28.6%)
yskasim - 5 (71.4%)
Total Voters: 7

Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on MySpaceShare this topic on StumbleUponShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [Vote Your Winner] Sesi XXXIX (19 Apr-10 Mei)  (Read 2094 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 116
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.368



WWW Awards
« on: March 29, 2017, 11:30:45 AM »



Untuk ikut serta, silakan ulas judul-judul menarik di bawah ini:

Stray Souls


Fish for It


Yokohama (Deluxe)


Supaya tidak membingungkan, ganti subject post dengan judul buku yang diulas dan pakai teks berwarna untuk membedakan dengan judul lain.

- Stray Souls: hijau
Code:
[color=green]...teks reviewmu...[/color]

- Fish For It: biru
Code:
[color=blue]...teks reviewmu...[/color]

- Yokohama (Deluxe): marun
Code:
[color=maroon]...teks reviewmu...[/color]

Review diterima paling lambat Rabu, 19 April 2017, jam 12 siang (waktu forum). Setelah itu, sesi vote dan komentar akan dibuka selama dua tiga minggu :D

Baru pertama kali ikutan? Jangan lupa cek peraturan di sini.

« Last Edit: April 19, 2017, 12:11:03 PM by raven » Logged

 
Sneakpeekcro
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 4


Awards
« Reply #1 on: April 15, 2017, 01:47:50 PM »

Cerita Yokohama bersetting di sebuah kota pelabuhan pada akhir abad ke-19. Tokoh utamanya, Uno, adalah seorang gadis yatim piatu dari desa yang ditolong Tuan Kanou, seorang pedagang besar dari Yokohama. Uno pun dibawa ke rumah Tuan Kanou dan menjadi pelayan untuk menemani putrinya yang sebaya Uno, Mariko. Mariko adalah seorang gadis cantik, pandai, dan baik hati. Namun, ia menjadi nakal dan keras kepala karena keinginannya untuk bersekolah ditentang ayahnya. Maklum, saat itu perempuan Jepang masih sangat jarang yang bersekolah. Uno yang memahami perasaan Mariko pun meminta Tuan Kanou mengizinkan Mariko bersekolah. Selain itu, ia pun memohon agar dirinya dapat bersekolah juga dengan menggunakan uang peninggalan orangtuanya untuk pernikahannya kelak yang dititipkan pada Tuan Kanou. Akhirnya, bersekolahlah mereka di sekolah orang Amerika. Konflik muncul saat kedua gadis itu jatuh cinta pada cowok yang sama.
Logged
niQen
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 5


Awards
« Reply #2 on: April 17, 2017, 11:03:58 AM »

Kisah tentang 2 gadis dengan latar belakang berbeda pada era Westernisasi Meiji

Uno, adalah seorang gadis desa dengan kepribadian tegas dan tegar yang kehilangan orang tuanya pada usia 11 tahun. Pada musim gugur tahun 1875, untuk pertama kalinya dia melihat laut dan orang asing yang tinggal di jepang karena dibawa oleh Tuan Kanou ke Yokohama untuk jadi teman anak gadisnya yang berusia sama dengannya.

Mariko, adalah putri Tuan Kanou. Dia cantik, bengal, selalu mengganggu orang-orang disekitarnya.

Dengan dua kepribadian berbeda, mereka dipertemukan. Walau punya sifat berlawanan, tapi mereka memiliki satu persamaan, yaitu bisa bersekolah dan keliling dunia!! 

Awalnya Tuan Kanaou tidak mengijinkan mereka untuk bersekolah, karena mengikuti adat istiadat lama yang mengharuskan anak perempuan hanya belajar tata krama untuk persiapan berumah tangga kelak. Sehingga Mariko jadi semakin bengal hanya untuk mencari perhatian sang Ayah, supaya bisa bersekolah. Hanya satu orang yang bisa memahami keinginan Mariko, yaitu Amano Reika**, nenek dari Amano Shintaro, teman masa kecil Mariko. Setelah disadarkan oleh Reika, akhirnya Tuan Kanou mengijinkan dua gadis tersebut untuk sekolah, dan mereka bersekolah di sekolah Dr.Cimons, yang merupakan warga asing kebangsaan Amerika. Disanalah Mariko dan Uno mulai berkenalan dengan berbagai macam orang

Selain cerita tentang perjuangan Mariko dan Uno untuk bersekolah, Yokohama juga tetap menyisipkan kisah asmara didalamnya. Uno yang berkenalan dengan Shintaro, teman masa kecil Mariko mulai jatuh cinta padanya, sedang Mariko perlahan juga menyadari kalau dia juga jatuh cinta pada Shintaro, tapi sikapnya selalu bertolak belakang dengan kata hatinya. Apa yang akan terjadi?? Siapakah yang akan dipilih oleh Shintaro??


note :
* Sedikit info, sebenarnya Yokohama sudah diterbitkan tahun 90-an (maaf saya lupa tepatnya tahun berapa) dengan format komik biasa sebanyak 8 volume. Dan komik ini juga salah satu dari komik yang langka yang kalau dijual sama toko online/toko buku bekas, harganya bisa mencapai ratusan ribu!!  Shocked Bersyukur bisa diterbitkan ulang walau dengan format deluxe.  clap
**Reika artinya bunga cantik dan ini sangat berlawanan dengan keadaannya sekarang yang sudah tua dan keriput  laugh



review by niQen
« Last Edit: April 18, 2017, 03:05:28 PM by niQen » Logged
yskasim
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 35



Awards
« Reply #3 on: April 18, 2017, 10:23:10 PM »

Seting cerita Yokohama ada di tahun 1875 pada saat era Meiji di Jepang.
Sebuah era dimana Jepang yang tadinya menutup diri terhadap masuknya pengaruh dari luar, terutama dunia barat, perlahan membuka diri.
Di tahun tersebut, kedua orang tua Uno meninggal dunia.
Karena tidak memiliki siapa-siapa, Uno pun kemudian dibawa oleh keluarga Kanou untuk tinggal bersama mereka.
Di rumah keluarga Kanou di Yokohama, Uno berkenalan dengan anak mereka yang bernama Mariko.

Tidak membutuhkan waktu bagi Uno dan Mariko untuk akrab satu sama lain.
Mereka pun memiliki keinginan yang sama, yaitu bersekolah. Sebuah keinginan yang bisa dibilang tidak biasa pada saat itu. Ini karena saat itu wanita di Jepang hanya boleh di rumah saja mengurus keluarga, sehingga tidaklah penting untuk bersekolah. Keinginan mereka pun ditentang oleh ayah Mariko. Namun lewat berbagai upaya, mereka pun akhirnya diijinkan bersekolah dan dimasukkan dalam sekolah yang sama. Di sekolah inilah perlahan mereka menghadapi berbagai masalah yang terjadi karena perubahan Jepang pada saat itu.
Persahabatan mereka pun diuji. Mampukah Uno dan Mariko menggapai impian serta mempertahankan kebersamaan mereka, apalagi ketika masalah cinta hadir di tengah-tengah mereka?

Banyak hal menarik yang ada dalam Yokohama.
Tidak hanya mengusung genre romance seperti komik shojo pada umumnya, namun kita juga dapat mempelajari kondisi Jepang pada saat itu.
Persahabatan Uno dan Mariko juga menjadi sisi positif yang bisa diambil setelah membaca komiknya.
Mereka memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang, namun hal ini bukan menjadi jurang pemisah, melainkan membuat mereka bisa saling melengkapi satu sama lain.
Meski ceritanya menarik, namun tidak bisa dipungkiri, artwork yang terkesan lawas bisa membuat para pembaca baru menghindari komik ini. Ini karena memang Yokohama merupakan komik yang dirilis tahun 1980. Overall, Yokohama merupakan sebuah komik yang menyenangkan untuk dibaca bagi penggemar komik shojo serta mampu menambah wawasan kita tentang kehidupan wanita Jepang saat itu.
Logged
rena2en
LX - Junior
**

Reputation: 9
Offline Offline

Posts: 150


Escaping from "rotten soul" ^^;;


Awards
« Reply #4 on: April 19, 2017, 01:37:49 AM »

“Anda… segitu sukanya pada kingyo sukui?”
Seorang gadis cantik berkimono dengan corak ikan mas berada disampingku.
Tatapan gadis berambut hitam sebahu dengan dengan jepitan bunga mekar yang indah  membuatku terpesona dalam pandangan pertama.

*******************************************************************************************************************************************************************************

Makoto Kashiba, seorang banker elite yang awalnya bekerja di kantor pusat Tokyo harus dipindahtugaskan ke kota Yamatokoriyama di prefektur Nara.
Kota ini sangat mempromosikan permainan ikan mas yang disebut kingyo sukui dan penduduk kota sangat antusias terhadapnya.
Saat perjalanan pulang dari bekerja dengan perasaan jengkel, ia diseret oleh seorang pemilik kios untuk membantunya mengangkat bak ikan mas ke dalam kios dan ditawarkan untuk mencoba menangkap ikan tersebut.
Makoto mencoba menangkap ikan dengan poi namun selalu gagal dengan kertas poi selalu robek ketika menangkapnya.
Ditengah kekesalannya, ia tidak menyadari bahwa seorang gadis cantik telah memperhatikannya  sedari tadi.
Makoto pun terpesona kepada sang gadis tersebut yang bernama Yoshino Ikoma. Pertemuannya dengan Yoshino telah membuatnya semakin tertarik kepada kingyo sukui.
Namun tidak hanya sebagai cara untuk mendekati  Yoshino,tetapi kingyo sukui juga mengubah cara pandang dan membawa perubahan terhadap dirinya.

Inilah kisah seorang pemuda kaku yang mulai menekuni kingyo sukui...

=====================================================================================================================================

Komik Fish for It atau Sukuttegoran karangan Noriko Ohtani mengangkat sebuah tema permainan menangkap ikan (Kingyo sukui) dengan menggunakan poi atau alat khusus berbentuk saringan kertas.
Permainan ini biasa ditemukan dalam festival musim panas di Jepang. Bukan hanya sebuah permainan, namun juga kingyo sukui juga dibuat sebuah turnamen besar hingga ke tingkat nasional.

Kesan saya pada komik ini ialah membawa suasana yang ringan kepada pembaca dengan mengangkat tema permainan namun juga sarat nilai kehidupan. Komedi yang terselip sangat menghibur dan gambarnya indah  mempesona.
Sangat tertarik dengan upaya Makoto dalam menarik perhatian Yoshino yang diolah sebagai plot romansanya. Sangat direkomendasikankan komik ini karena refreshing dan hanya 3 jilid komik saja.
« Last Edit: April 19, 2017, 09:02:58 AM by rena2en » Logged


I'm Despairly In Love with dead characters ngoceh
ruth_shiela
LX - Junior
**

Reputation: 1
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 131


Shinjitsuwa Itsumo Hitotsu!


Awards
« Reply #5 on: April 19, 2017, 10:34:08 AM »

Tokoh utama komik Fish for It adalah seorang bankir terkenal bernama Makoto Kashiba.
Ia bekerja di sebuah bank besar yang berlokasi di Tokyo.
Suatu hari karena kesalahan yang diperbuatnya, ia dipindahkan ke kantor cabang yang ada di Yamatokoriyama.
Tentu saja ini membuat dirinya kesal. Ia merasa bahwa di tempat kecil seperti Yamatokoriyama, tidak akan bisa memberinya karir yang cemerlang seperti ketika di Tokyo.

Saat sedang berjalan menuju tempatnya yang baru, ia memutuskan mencari tempat untuk beristirahat sejenak.
Dirinya lalu tertarik ketika melihat sebuah kios yang menjual ikan mas dan memutuskan masuk ke dalamnya.
Ia kemudian tahu bahwa penduduk Yamatokoriyama sangat menyukai permainan kingyo sukui, yaitu permainan menangkap ikan mas dengan menggunakan poi (semacam saringan).
Awalnya ia merasa ini adalah sebuah permainan yang biasa-biasa saja. Namun setelah mencobanya sendiri, ia mulai menemukan daya tarik tersendiri dari kingyo sukui.
Lambat laun Kashiba pun mulai menyukai permainan ini dan tanpa sadar, hobi barunya ini mengantarkan dirinya pada sebuah petualangan baru yang mengubah hidupnya.

Cerita yang diusung oleh komik ini bisa dibilang jarang diangkat. Di Jepang sendiri, permainan kingyo sukui sering dilakukan oleh penduduk setempat, terutama ketika musim panas tiba atau ketika ada festival.
Sedangkan di Indonesia, meskipun tidak seheboh di Jepang, namun permainan ini sudah bisa ditemui di beberapa tempat (biasanya digemari anak-anak).
Di Jepang, komik yang memiliki judul asli Sukutte Goran ini masuk dalam kategori Josei, yaitu komik untuk pembaca wanita berusia 20-30 tahun.
Kelebihan komik ini selain dari ceritanya yang unik, ada pada gambarnya yang begitu menawan dan rapi.
Di tahun 2014, komik ini masuk dalam top 20 manga untuk pembaca wanita versi majalah Kono Manga ga Sugoi!
Apakah kamu tertarik juga untuk membaca komik yang hanya terdiri dari 3 volume ini?
Logged

Life is beautiful...
kokuo sama
LX - Senior
****

Reputation: 30
Offline Offline

Posts: 773


araa !!! destroy de' world


WWW Awards
« Reply #6 on: April 19, 2017, 11:03:03 AM »


Stray Souls - Ryu Fujisaki

Dataran suci Kamitsuyo Mido, adalah Kota Roh yang tentu saja dihuni oleh Roh, yang terletak di antara pengunungan di Tohoku. Suatu tempat yang tidak seperti masa sekarang dan tidak ada dalam peta. Putri Ame adalah Putri Kamitsuyo Mido yang memiliki kekuatan Ochikara yang mampu menenangkan Roh Pendendam yang merupakan arwah penasaran yang akan membawa bencana untuk Manusia sampai dendamnya terpuaskan.

Bersama Ksatria Pelindungnya, Sarutahiko, Putri Ame langsung pergi ke dunia Manusia untuk menenangkan Roh Pendendam, Kikugai Okabe, yang muncul dalam "ramalan 100% tepat" Himiko. Saat itu pula Putri Ame dan Sarutahiko bertemu dengan Furao Shibou yang tewas ditebas oleh Okabe karena kesalahpahaman. Demi menyelamatkan nyawa Shibou, Putri Ame mengerahkan kekuatan Ochikara yang juga mampu menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal. Namun, terdapat efek samping disetiap kali Putri Ame menggunakan kekuatan Ochikara, umur Putri Ame akan memendek sedangkan tubuhnya akan menua. Putri Ame yang masih 11 tahun pun terlihat seperti berusia 17 tahun.

Setelah berhasil menenangkan Okabe, Putri Ame dan Sarutahiko menemukan fakta baru akan fenomena kemunculan Roh Pendendam yang terlalu sering akhir-akhir ini. Sesuai dengan pengakuan Okabe, bahwa ada seorang wanita yang sengaja membangkitkan Roh Pendendam sepertinya, seseorang yang memiliki kekuatan Ochikara yang sama dengan Putri Ame. Siapakah dia? Apa tujuannya membangkitkan Roh Pendendam?

Ryu Fujisaki Sensei memiliki ciri khas yang unik dalam karyanya, salah satunya adalah sering sekali terdapat adegan atau dialog yang tidak serius pada saat yang serius, bahkan karakter yang digambarkan pun hampir semuanya bisa bersikap konyol.

Karya Fujisaki Sensei yang saya koleksi adalah Hoshin Engi, Sakuratetsu Dialogue, Ryu Fujisaki Selection World dan Ryu Fujisaki Selection 2 Dramatic Irony.
Logged

Hitam Putih Merah Kehidupan di Balik Kehidupan
My Black Hearth
http://endyukilled.blogspot.com/

Image Hosting bermasalah, menyebabkan beberapa gambar jadi tak kasat mata //plak

Mau lihat Ripiu Abal-abal? Langsung cek #NDsReview #NDsCollectionn di Instagram akuh~
https://www.instagram.com/Endy_UKilled/

Difollow yak //plak
raven
(r)avengers
Moderator
LX - Frenzy
*****

Reputation: 116
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7.368



WWW Awards
« Reply #7 on: April 19, 2017, 12:36:03 PM »

Selamat datang kembali di sesi review PAPR wave

Maaf untuk review niQen tidak bisa diikutsertakan karena kelebihan 20 kata Sad
sayang sekali, padahal bagus dan lengkap....

kokuo otomatis menang untuk review Stray Souls, akan saya hubungi tiga minggu lagi
(yup, tiga minggu waktu vote khusus untuk sesi ini saja sekalian untuk mengurangi beban staf yang mengurus pembagian hadiah dari gudang yang sampai sekarang belum bisa seperti sedia kala notworthy )
Logged

rena2en
LX - Junior
**

Reputation: 9
Offline Offline

Posts: 150


Escaping from "rotten soul" ^^;;


Awards
« Reply #8 on: May 10, 2017, 11:22:23 AM »

Sayang sekali review niQen didiskualifikasi  no
padahal saya suka ama penyusunan dan gaya cerita niQen apalagi info tambahannya  Cheesy

Untuk review Yokohama(Deluxe) saya beri vote ke yskasim karena reviewnya sangat lengkap dari sinopsis cerita hingga kesan dan pendapat penulis dalam reviewnya

untuk review sneakpeekcro reviewnya terlalu singkat bahkan terkesan 'terpotong'? 

So my vote for yskasim
Logged


I'm Despairly In Love with dead characters ngoceh
bleach77
LX - Noob
*

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 56



Awards
« Reply #9 on: May 10, 2017, 11:53:19 AM »

Fish for it
Kedua ulasan yang ada, baik rena maupun ruth sama-sama unggul dalam hal cerita.
Orang yang membacanya akan dengan mudah memahami isi cerita Fish for It ini.
Dari sisi tanggapan tentang komiknya juga sudah pas.
Perbedaaan tipis saja menurutku adalah trivia yang disampaikan oleh ruth terasa lebih banyak dan lengkap.
Sehingga dari sisi ini, pilihanku jatuh pada ruth_shiela.

Yokohama
Antara ulasan Sneakpeekcro dan yskasim, terlihat begitu berbeda.
Sneakpeekcro hanya mengulas dari sisi ceritanya saja, sedangkan yskasim selain mengulas ceritanya, latar belakang kisah maupun komiknya juga diulas.
Ini yang menurutku menjadi nilai tambah yang tidak dimiliki ulasannya Sneakpeekcro.
Sehingga untuk Yokohama aku memilih yskasim.
Sangat disayangkan untuk ulasan niQen tidak lolos seleksi, padahal menurutku sangatlah berbobot.

*Semoga ini bukan menjadi akhir dari PAPR. :(
Logged

Go for your Dream
Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: