Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

609.188 Posts in 17.048 Topics- by 48.239 Members - Latest Member: LTFAshleig
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahKOMPUTER (Moderator: Vincent)DATABASE DESIGN ALL IN ONE: THEORY, PRACTICE, AND CASE STUDY - Indrajani
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: DATABASE DESIGN ALL IN ONE: THEORY, PRACTICE, AND CASE STUDY - Indrajani  (Read 759 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
cherrycat
EMK
LX - Senior
****

Reputation: 84
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.768


"A reader lives a thousand lives..."


Awards
« on: August 13, 2018, 03:18:11 pm »

DATABASE DESIGN ALL IN ONE: THEORY, PRACTICE, AND CASE STUDY
Indrajani, S.Kom., MM.



Pemesanan & informasi, hubungi :
GRAMEDIA DIRECT
Telp. (62-21) 536 50 110 / 111 ext. 3901 / 3902
Email: sales.dm@gramedia.com, langganan@gramedia.com
Online Service / Layanan Online: www.gramedia.com



..


Dalam dunia bisnis modern sekarang ini, teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting dalam perekonomian dunia. Kebanyakan perusahaan menganggap teknologi informasi sebagai jalan keluar untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul. Selain itu, dalam era globalisasi sekarang ini, kebutuhan akan informasi merupakan suatu titik vital yang sangat penting. Tak ketinggalan pula peranan basis data dalam hal tersebut. Tanpa basis data, teknologi informasi tidak akan berarti apa-apa dalam suatu perusahaan.

Buku ini disusun dengan tujuan memberikan kemudahan pembaca untuk menganalisis dan merancang sistem basis data yang dapat mendukung kemajuan perusahaan tersebut. Ditujukan kepada para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perancangan Basis Data khususnya, serta masyarakat Indonesia yang berminat mempelajari basis data umumnya. Selain itu, ditujukan pula bagi Anda yang akan dan tengah berkecimpung dalam dunia IT, baik dalam bidang programming maupun dalam bidang basis data, dan memiliki tekad sungguh-sungguh ingin mempelajari bagaimana merancang basis data yang benar dan baik.

Penyajian materi diberikan secara jelas dan terperinci disertai dengan berbagai contoh kasus nyata sehari-hari. Dalam setiap bab diberikan contoh-contoh latihan dan diakhiri dengan soal latihan yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami ulasan yang telah disajikan.

Pembahasan dalam buku mencakup:
• Database System Developmet Life Cycle
• Teknik Pengumpulan Data
• Entity Relationship Modeling
• Normalisasi
• Case Study: Analisis dan Perancangan Basis Data Konseptual
• Case Study: Perancangan Basis Data Logikal
• Case Study: Perancangan Basis Data Fisikal
• Case Study: Seleksi DBMS - Operasi Pemeliharaan
• Case Study: Pendukung Analisis dan Perancangan Basis Data


Editor’s Note
Materi diberikan secara jelas dan terperinci disertai dengan case study.

#DatabaseDesign #perancanganbasisdata #datalogikal #datafisikal #DBMS #programming #Theory #Practice #CaseStudy #computing #Indrajani


Spesifikasi Buku
ID: 718051154
ISBN: 9786020477909
Format Cover: Soft Cover
Editor: Oktivia Handayani Pujiantana
Kategorisasi: NON FIKSI > EMK-KOMPUTER > EMK-COMPUTING & INTERNET
Tgl. Estimasi: 15-Agustus-2018
Ukuran: 15 X 23
Harga: Rp. 74,800
Tebal: 328 Hlm
Pengguna: Dewasa,Mahasiswa


« Last Edit: August 14, 2018, 12:40:49 pm by camolatte » Logged



kevinjunior
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 1


WWW Awards
« Reply #1 on: January 29, 2019, 02:19:37 pm »

Ternyata buku ini sangat membantu sekali bagi para pemula untuk belajar pemrograman, tetapi apakah buku ini juga di lengkapi kaset, video tutor yang akan membimbing kita untuk belajar pemrograman. Hal ini diperlukan untuk melatih logika kita jadi diperlukan mentor untuk praktek. Selain itu juga menurut saya buku ini juga cukup lengkap untuk mengenal dasar pemrograman seperti, Logika, Aritmatika, Pengulangan, Perbandingan, Penugasan dan fungsi lainnya yang pastinya akan digunakan dalam pembuatan website.  Cool
« Last Edit: January 29, 2019, 02:20:45 pm by kevinjunior » Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 68
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.897


Always Be 10!


Awards
« Reply #2 on: January 29, 2019, 02:49:44 pm »

Pujian Anda terlalu berlebihan. Buku yang bagus itu adalah menjelaskan dari hulu sampai hilir. Saya sudah pernah membaca versi sebelumnya buku ini dan saya lihat pembahasannya sepenggal (gk tau apakah di versi baru ini sudah direvisi apa tidak). Harusnya pembahasan itu berfokus pada satu topik aja.

Misal membahas tentang sistem informasi akademik (Jadwal Kuliah, KRS, KHS, dsb) jadi dijelaskan dari awal sampai akhir. Untuk bahasan studi kasus bisa dijelaskan dulu tentang pembuatan tabel-tabel awal (Dosen, Mahasiswa, Matakuliah) dilanjutkan dengan pembuatan tabel relasi sederhana (Jadwal) lalu yang kompleks (KRS) terus super kompleks (KHS dimana datanya mengambil dari tabel KRS). Permasalahan semakin rumit ketika kurikulum kampus tersebut berubah jadi bagaimana mendesain relasi yang bisa mengakomodir hal tsb.

Selanjutnya untuk bahasan implementasi (jangan SQL Server tapi dengan MySQL karena lebih sederhana) bisa memasukkan fitur lanjutan seperti (Stored Procedure dan Trigger). Mengapa saya sarankan MySQL karena kalau pake SQL Server bagaimana mengimplementasikan ke pemrograman web seperti PHP, Java Servlet (J2EE) dan JavaScript (NodeJS).

Yang terakhir Basis Data itu selalu diidentikkan dengan Basis Data Relasional (SQL-based) padahal sekarang lagi booming Basis Data NoSQL (Apache Cassandra, MongoDB, Hadoop). Nah jadi mungkin untuk judul sebaiknya diubah menjadi Basis Data Relasional saja supaya orang-orang tidak salah konsep (mengganggap semua basis data itu relasional semua).

Itu saja sedikit saran saya. Mohon maaf bila terkesan kasar.
« Last Edit: January 29, 2019, 03:03:39 pm by BEN 10 » Logged

Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: