Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.264 Posts in 16.861 Topics- by 44.060 Members - Latest Member: maulalohong1982
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahPARENTING & KESEHATANBERSAHABAT DENGAN ANAK - M. Harwansyah Putra Sinaga
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: BERSAHABAT DENGAN ANAK - M. Harwansyah Putra Sinaga  (Read 317 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
cherrycat
EMK
LX - Senior
****

Reputation: 71
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 1.461


"A reader lives a thousand lives..."


Awards
« on: August 13, 2018, 03:20:19 pm »

BERSAHABAT DENGAN ANAK
M. Harwansyah Putra Sinaga



Pemesanan & informasi, hubungi :
GRAMEDIA DIRECT
Telp. (62-21) 536 50 110 / 111 ext. 3901 / 3902
Email: sales.dm@gramedia.com, langganan@gramedia.com
Online Service / Layanan Online: www.gramedia.com



..


Pendidikan anak merupakan aspek yang paling penting dalam pembentukan kepribadian dan karakter anak agar menjadi anak yang shaleh dan sholeha. Namun, tidak sedikit para orangtua tidak memiliki konsep pendidikan yang akan dijalankannya kepada anak-anaknya. Pendidikan berjalan begitu saja tanpa tujuan dan tanpa perencanaan yang matang. Sehingga dapat dipastikan sangat sulit mengharapkan keberhasilan anak untuk menjadi anak yang shaleh dan shaleha. Padahal pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana bukan yang berjalan apa adanya.

Tidak cukup dari sisi pendidikan, orangtua yang ‘berpendidikan’ juga mempengaruhi pembentukan karakter anak. Tak jarang kita menemukan orangtua yang tidak open-minded dan tidak mau belajar, namun senantiasa memaksakan anak-anaknya untuk belajar. Orangtua semacam ini kaku dalam menghadapi anak, menyamakan metode dahulu dengan metode mendidik anak zaman sekarang. Sehingga fleksibilitas pada orangtua telah menghilang dan akhirnya anak selalu mengucapkan mantranya yakni ‘Itu kan dulu, sekarang kan beda’ dalam menunjukkan ketidaksetujuannya kepada orangtuanya yang bersikeras dengan mantranya, ‘Kalau kami dulu...’ dan seterusnya.

Mendidik bukan saja soal ilmu yang dimiliki, namun juga cara dalam menyampaikannya kepada anak. Tak sedikit pula orangtua yang berpendidikan tinggi namun gagal dalam menyampaikan esensi pesan pendidikan kepada anaknya. Ia tidak mengerti cara yang efektif dalam berkomunikasi kepada anaknya, ia hanya tahu bahwa mendidik berarti menasehati dan menceramahi tanpa melihat aspek-aspek lain dari sisi anak. Padahal cara dalam menyampaikan pesan pendidikan kepada anak merupakan salah satu faktor keberhasilan orangtua dalam mendidik anak.

Akrab dan bersahabat dengan anak merupakan kualitas hubungan orangtua dan anak yang tidak diperoleh dengan instan. Ada banyak hal yang harus dimiliki dan diperankan oleh orangtua agar mereka bisa bersahabat dengan anak-anaknya. Layaknya bersahabat dengan teman semasa sekolah dan kecil dulu, hal itu pun harus dilakukan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Urgensi akrab dan bersahabat dengan anak begitu banyak. Selain sebagai faktor penunjang tumbuh kembang anak ke arah yang positif secara optimal, juga sebagai sarana pengantar konsep pendidikan kepada anak.


Editor’s Note
Buku ini bisa mengatasi kesulitan dalam mendekatkan diri dengan anak dalam keluarga Muslim.

#anak #mendidikanak #sahabatanak #bersahabatdengananak #sahabat #pendidikananak #psikologi #psikologianak #muslim #MHarwansyahPutraSinaga


Spesifikasi Buku
ID: 718090963
ISBN: 9786020472539
Format Cover: Soft Cover
Editor: Yulia Suzana
Kategorisasi: NON FIKSI > EMK-PARENTING > EMK-PARENTING & FAMILY
Tgl. Estimasi: 15-Agustus-2018
Ukuran: 14 X 21
Harga: Rp. 69,800
Tebal: 208 Hlm
Pengguna: Dewasa

« Last Edit: August 14, 2018, 12:35:03 pm by camolatte » Logged

Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: