Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.142 Posts in 16.725 Topics- by 41.605 Members - Latest Member: udayda
Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Tetralogi - Andrea Hirata  (Read 35070 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
Ally
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 17
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.225


gothic demeanor


WWW Awards
« on: August 04, 2007, 01:54:21 pm »



Laskar Pelangi
Andrea Hirata
Tebal: 534 hal
Penerbit Bentang

Di Pulau Belitong berdiri SD sekaligus SMP Muhammadiyah.  Jangan sekali kali berniat membandingkannya dengan sekolah sekolah PN Timah yang dibangun arsitektur yang pantas disandingkan dengan rumah bergaya Victoria.. Bangunan yang seakan hendak roboh, dengan papan tulis lusuh, lantai kelas yang hampir menjadi tanah. Tak ada gambar presiden ataupun wakil presiden yang menghiasi dinding kelas. Kalaupun ada satu gambar seorang pria berjenggot lebat, memakai jubah sambil memegang gitar, yang selanjutnya dikenal sebagai Rhoma Irama, hanyalah untuk menutupi lubang besar di dinding.

Sekolah kampung ini yang hanya memiliki dua guru untuk semua mata pelajaran. Berbeda dengan Sekolah- Sekolah PN timah yang memiliki guru yang berbeda untuk setiap mata pelajaran. Namun itu tak menyurutkan semangat 10 anak kecil untuk menuntut ilmu. Tak peduli jarak, hujan dan panas, mereka akan berusaha untuk hadir dikelas setiap harinya untuk meredakan rasa haus mereka akan ilmu. Bagi mereka, Pak Harfan dan Bu Mus sudah lebih dari cukup. Mereka tak hanya berperan sebagai guru yang mentransfer ilmu, namun juga sebagai penjaga,  sahabat dan pembimbing spiritual bagi murid-muridnya. Bagi laskar pelangi, mereka adalag Ksatria tanpa pamrih, sumur jernih ilmu pengetahuan  dan pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya.

Boleh saja memandang sebelah mata terhadap bangunan yang lebih mirip gudang kopra ini. Namun lihatlah anak anak yang ada di dalamnya. Kucai, sang ketua kelas yang dengan berat hati menjalankan jabatannya untuk menertibkan diri teman sekelas padahal diri sendiri tak bisa diam. Trapani, anak laki laki berparas tampan yang sangat berbakti kepada ibunya. Sahara, satu satunya perempuan dikelas, yang benar benar menghargai arti kebenaran. Akiong, musuh bebuyutan Sahara yang tak pernah bisa memenangkan perdebatan jika Sahara mulai berkidau. Harun, anak laki laki santun , pendiamdan murah senyum, yang selalu menanyakan hal yang sama disetiap pelajaran. Borek, dengan obsesi menjadi pria terkuat dan sempat membuat Ikal termakan hasutannya. Lintang, yang menjadi bintang di hampir semua mata pelajaran karena kecerdasaan yang sangat mencolok. Tak ketinggalan Mahar, anak laki laki memiliki beribu ide jenius untuk hal hal yang berhubungan dengan seni. Di tangan kedua anak inilah, sekolah muhammadiyah dapat menyaingi sekolah PN TIMAH di perlombaan cerdas cermat ataupun karnaval 17 Agustus.

Ke sepuluh anak, yang menyebut diri mereka sebagai laskar pelangi tak hanya berbagi kesenangan di  dalam kelas. Bermain karet di musim kemarau ataupun hanya dengan pelapah di musim penhujan. Petir tak pernah menyurutkan mereka menikmati derasnya hujan yang turun.pohon filicium menjadi tempat bermain favorit mereka. Menikmati pelangi menjadi aktivitas yang paling mereka sukai. Semua dilakukan bersama sama. Bahkan untuk tugas menyiram tanaman di sekitar bangunan sekolah. Ataupun untuk kegiatan yang paling mereka benci,  membeli kapur di toko kelontong milik A Miau.

Tak pernah disangka ketika giliran Ikal membeli kapur menghantarkannya, Ia bertemu seorang gadis yang memiliki jari jari yang indah yang membuat ikal mabuk kepayang dan dapat menghayati lirik lagu Have I Told You Lately That I Love You. Bahkan menciptakan beribu puisi untuk anak perempuan ternyata masih sepupu A Kiong sebagai A Ling. Sejak pertemuan pertama dengan A ling, Setiap kali mereka kehabisan kapur, Ikal dengan ikhlas menawarkan diri untuk membelinya. Semua demi A Ling.

Jika Ikal tergila gila dengan A ling, lain halnya dengan Mahar. Ia mengorbankan seluruh waktu belajarnya dengan mendalami klenik, ilmu gaib, takhyul, dan dunia paranormal. Kegilaannya semakin menjadi ketika Flo, murid sekolah PN TIMAH  yang berhasil diselamatkannya, berkeras untuk pindah ke sekolah  Muhammadiyah. Flo mengagumi  Mahar, bukan sebagai pribadi tapi sebagai professional muda perdukunan. Persekutuan antara keduanya melahirkan sebuah perkumpulan yang dinamakan Societeit de Limpai. Perkumpulan yang melakukan pertemuan rutin dan aktivitas perklenikan secara diam-diam. Semakin lama anggota mereka bertambah banyak. Namun akhirnya perkumpulan ini dibubarkan oleh Mahar setelah membaca pesan yang ditulis oleh  Tuk Bayan  Tula, orang yang dulu dianggap suci oleh semua anggota Societeit de Limpai.

Setelah kehebohan yang ditimbulkan oleh Mahar dan Flo mereda, suasana berubah menjadi sendu ketika Lintang memutuskan berhenti sekolah, empat bulan sebelum ia menyelesiakan SMP. Ayahnya meninggal dunia dan membuatnya harus mengambil alih tanggung jawab untuk membiayai keluarga. Semua orang menyayangkan hal ini. Laskar pelangi kehilangan laki laki cerdas yang telah menorehkan prestasi paling istimewa dan mengangkat derajat sekolah miskin itu.

**

HEBAT. Itu kata untuk menggambarkan isi buku ini.  Buku yang membuat saya sempat tertawa sejadi-jadinya akibat tingkah laku aneh anak anak laskar pelangi bahkan terharu sampai menitikan air mata.  Walau awalnya sempat pesimis dengan isi ceritanya. Namun begitu masuk ke dalamnya, buku ini tak bisa lepas sebelum membaca kalimat terakhir

Pengalaman hidup yang ditulis Andrea Hirata membuka mata setiap orang yang membacanya lebih lebar dan menorehkan semangat untuk terus berusaha mendapatkan apa yang mereka cita citakan.

Walaupun ada beberapa hal yang sempat membuat saya bingung. Setting kejadian antara SD dan SMP tidak dibedakan secara jelas. Sehingga terkadang saya harus menebak, kapan kejadian ini terjadi.  Namun hal ini tak mengurangi keinginan saya untuk melahap setiap kalimat didalamnya.

Buku yang layak untuk dijejerkan ke dalam rak buku setiap orang.
Logged

Ally
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 17
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.225


gothic demeanor


WWW Awards
« Reply #1 on: August 04, 2007, 01:58:36 pm »



Andrea Hirata
Sang Pemimpi
Penerbit Bentang
Tebal : 292 hal

Sang pemimpi, buku yang menceritakan kehidupan Ikal di masa SMA.  Ikal harus meninggalkan kampung karena SMA hanya ada di Magai. Dengan nilai NEM yang memadai, Ikal berhasil menjadi salah satu muridnya. Bersama Arai dan Jimbron, Ikal menjalani hari hari di daerah yang berjarak 30 Km dari rumahnya.

Arai, tak lain adalah saudara sepupu yang tumbuh bersama Ikal sejak kecil. Arai telah kehilangan kedua orang tuanya.Yang dijuluki oleh ikal sebagai Lone Ranger. Pria yang selalu memberikannya kejutan kecil yang terasa sangat manis.Arai adalah seseorang selalu berdiri disebelah Ikal dan tak henti memberi dukungan  ketika seluruh dunia mencemooh bahkan memusuhinya. Tak jarang tingkah Arai membuat Ikal terkagum kagum, termasuk ketika Ikal menyerahkan semua uang hasi kerja merek auntuk membantu mak Cik Maryamah. Bahkan terpingkal-pingjal ketika mengetahui bahwa Arai berhasil mengelabui Taikong Hamim, Imam masjid yang terkenal sangar, dengan melafakan amin dengan seringan serigala. Arai adalah salah satu rangkaian mozaik dalam kehidupan Ikal.

Adapun Jimbron, laki laki yang tak jauh beda dengan Arai.Jika Ikal mengidolakan Bang Rhoma dan Arai dengan keinginan untuk menemui  Jim Morrison walau hanya pusaranya, pria tambun ini lebih memilih Kuda. Semua jenis Kuda dihapalnya luar kepala. Tak satupun yang terlewatkan. Yang anehnya, dirinya tak kunjung melihat sosok binatang itu secara langsung. Tak ada hari tanpa membicarakan binatang kesayangannya. Hingga kadang membuat Ikal merasa muak.

Bersama dua laki laki ini, Ikal mengalami suka duka yang tak akan pernah dilupakannya. Seperti lari dari kejaran wakil kepala sekolah,pak Mustamar yang sangar akibat datang terlambat, hingga membuat kekacauan di pasar ikan milik nyonya pho. Ataukan ketika mendapat hukuman berat dari pria yang sama akibat melanggar aturan saat itu, yaitu mendekati gedung bioskop yang saat itu menayangkan film yang tak senonoh. Bahkan  ketika membantu Arai untuk menyampaikan perasaannya kepada Zakiah Nurmala, perempuan yang telah membuat Arai mabuk kepalang selama beberapa tahun. Ataupun membantu usaha Jimbron membuat Yasmin, gadis pujaannya, tersenyum.

Di masa SMA ini pula, mimpi mereka mulai terajut. Terinsipirasi dari Pak Balia, Kepala sekolah sekaligus guru kesastraan, mereka pun bertekad untuk menjelajahi Eropa sampai ke Afrika, bahkan melangkahkan kaki di atas altar suci almaamater terhebat tiad tara : Sorbornne. Walau sempat pesimis dan terpuruk, akhirnya ikal berhasil menyelesaikan pendidikannya. Bersama Arai, Ikal nekat mengadu nasib ke Jakarta dengan berbekal uang yang telah dikumpulkannya dengan bekerja sampingan tak kenal lelah.

Kehidupannya di Jakarta ternyata tak begitu ramah menyambut mereka. Kehidupan mereka sempat terlunta –lunta walaupun telah berkali kali berganti pekerjaan. Dari pekerja pabrik, Salesman, kerja serabutan di tempat fotokopi Titik terang mulai terlihat ketika Ikal mendapat pekerjaan di Kantor Pos sedangkan Arai berkelana di kalimantan. Dengan gaji yang dimilikinya, Ikal berhasil menyelesaikan kuliah di fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Namun mimpi belum juga terwujud. Sobornne masih jauh dari jangkauan.

**

Buku kedua Andrea Hirata yang tak kalah kocak jika dibandingkan dengan laskar Pelangi. Tak jarang saya tiba tiba tertawa terbahak membaca setiap kalimat ada didalamnya.

Buku ini juga yang membuat saya percaya akan kekuatan mimpi. Percaya bahwa mimpi tak hanya boleh berakhir dengan tumpukan angan, tetapi harus diwujudkan. Semua itu terlihat dari kegigihan dan pengorbanan yang dilakukan Ikal dan Arai.

Japan, wait for me…!!!!
Logged

Ally
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 17
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.225


gothic demeanor


WWW Awards
« Reply #2 on: August 04, 2007, 02:00:25 pm »




Edensor
Andrea Hirata
Penerbit Bentang
Tebal : 295 Hal


What is a name? Kalimat yang keluar dari mulut seorang Shakespeare tidaklah berlaku bagi setiap orang di Belitong. Karena menurut mereka nama adalah doa dan amanah untuk setiap orang yang memilikinya. Tak tanggung tanggung, Ikal harus mengganti namanya berkali kali hanya karena tingkah laku tak sesuai dengan nama yang disandangnya. Setiap hari kenakalannya semakin menjadi.

Andrea , nama yang akhirnya dipilih sendiri oleh ikal, setelah membolak balik majalah Aktuil. Nama yang diambil oleh seorang wanita yang nekat terjun dari gedung tinggi jika penyanyi pujaannya Elvis Presley tak membalas suratnya. Sehingga nama Aqil Barraq Badruddin, dan Wadhudh tak pernah lagi terdengar.

Bersama Arai, his patner crime, Andrea menjalani beribu hal yang membuatnya tertawa, kesal, sedih, bahkan  terharu. Kerja keras dan kegigihan dalam menjalankansesuatu telah nampak dari keduanya sejak kecil. Kesemua itulah yang membuat keduanya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke Sorbonne.

Namun sebelum ke Sorbonne mereka harus ke Belanda terlebih dahulu. Di sana mereka bertemu Famke Somers, yang mengantar mereka untuk menemui Simon Van der Wall, sang landlord dan mengurus segala persuratan yang dibutuhkan. Sayangnya sambutan yang mereka terima tidak seramah yang mereka harapkan, Dan hal itu membuat mereka terpaksa bemalam di taman. Tanpa pemanas ataupun seseuatu yang bisa membendung sengatan dingin. Mereka harus berjuang melawan dingin yang membekukan darah dan menggigit tulang. Bahakn ketika temperature turun hingga minus sembulan derajat. Dengan bantuan lilin dan Ikan teri sangonlah mereka berdua dapat bertahan hidup.

Setelah bertemu dengan Dr. Michaella Woodward dan sekretarisnya Erika Ingeborg , mereka bisa mendapatkan semua yang mereka butuhkan. Barulah seminggu setelahnya, Ikal dan Arai bisa mendapatkan apartemen yang memberi pemandangan Menara Eiffel yang megah. Satu mimpi telah mereka taklukkan. . Menginjak Sorbornne, Paris.

Belum lama perkuliahan dimulai, Arai telah membuat ikal kalang kabut. Tiba tiba saja ia menghilang tanpa jejak. Setelah mencari kesana kemari, barulah Ikal sadar bahwa Arai ikut rombongan Hippies yang memperingati kematian Jim Morrison. Dan di depan pusara idolanya itu, Arai membacakan puisi untuk seorang wanita tak lain  Zakiah Nurmala. Ha! Tak salah jika dulu ikal menyangka bahwa Arai diserang sakit gila nomor dua puluh enam : tak bisa membedakan di terima dan ditolak.

Di kelas, Ikal kembali menekuni kebiasannya sebagai pengamat. Ia mengenal Naomi Stansfield, The Brits, yang dengan bangganya menyemburkan kata kata Bollock! atau  Bloddy Morron!, Sue Townsend dan beberapa mahasiswa amerika dengan kegemarannya mengucapkan F word, Katya dan teman temannya dengan Motto 3P, Saskia de Roojis dan Marike Ritsema yang brilliant, Abraham Levin dan pemuda Yahudi lainnya yang selalu menjaga jarak, beberapa mahasiswa perancis yang memandang tinggi persahabatan, Para mahasiswa Tionghoa yang memilih berkumpul sesama mereka namun bisa akrab dengan siapa pun. Dan akhirnya ikal menjatuhkan pilihan untuk bergabung bersama Vikram Raj Chauduri Manooj yang meminta agar tak seorang pun menyingkat namanya, Pablo Arian Gonzales yang jenaka dan terakhir bersama Ninochka Stronovsky yang pemalu.

Walalaupun setiap kelompok berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik di bidang akademis, namun diluar kelas kelompok kelompok itu menjadi satu di kafe Mahasiswa Brigandi et Bougreesses. Berpergian  dari pub satu ke pub lainnya. Keakraban inilah yang membuat Ikal akhirnya bisa dekat dengan Katya, sang primadona kelas. Bagaikan mendapatkan durian runtuh, Ikal tak pernah menyangka bahwa Katya akan memilih dirinya. Padahal Allesandro D’ arcchy, sang arjuna kelas saja ditampiknya. Sayangnya hubungan mereka berakhir karena hanya perbedaan prinsip. Dan ikalpun kembali kepada kenangan masa lalunya, Njoo Xian Ling.

Waktu terus bergulir dan menhantarkan mereka ke liburan musim panas. Arai dan Ikal sepakat untuk melanjutkan mimpi mereka menjelajahi eropa. Sayangnya masalah dana menghambat mereka. Sampai suatu ketika Famke Somers kemabli menyapa mereka dan memberi mereka solusi. Dengan bantuan beberapa teman Famke,.Ikal dan Arai  bisa membiayai perjalanan mereka denga menjadi Live statue, patung hidup yang berbentuk Ikan duyung.

Perjalanan pun di mulai. Tak jarang senyum pahit yang tampak pada wajah mereka.  Begitu banyak halangan. Semua bercampur aduk menjadi satu Ada kepuasan dari keduanya begitu mereka berhasil menuntaskan semua mimpi mimpi yang telah mereka rajut sejak di SMA.

**

Membaca petualangan mereka di beberapa negara membuat saya banyak mengernyitkan alis. Bahkan beberapa kali saya membaca ulang di bab bab tertentu sehingga setidaknya bisa ikut menikmati perjalanan yang terasa sangat rumit. Jika berasa di sepatu mereka, saya tidak yakin bisa bertahan. Namun dalam hati terbersit keinginan untuk mengikuti jejak mereka. Tak perlu jauh jauh, Kota kota di Indonesia masih banyak yang belum saya jelajahi. Hehehe…
Logged

saiko
LX - Member
***

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 329


Have A Nice Day


Awards
« Reply #3 on: October 17, 2007, 01:10:42 pm »

katanya nih buku bagus ya?
recommended nggak?
jadinya tetralogi itu:
1. Lasykar Pelangi
2. Pemimpi
3. edensor
4. ???

yg ke 4 apa judulnya? dah keluar belum?
bersambung kayak LOTR apa model kayak hary potter?
Logged

Aquilamarine
are you talking to me?
LX - Senior
****

Reputation: 17
Offline Offline

Posts: 792

聖杯の騎士


Awards
« Reply #4 on: October 17, 2007, 02:04:46 pm »

4. Maryamah Karpov
Kayaknya belum keluar.
Logged
Cippy
Timbuners | register 2323
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 69
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.267


Cerahkan dunia


Awards
« Reply #5 on: October 17, 2007, 05:36:02 pm »

bukunya bagus banget ya..
pd hal aku baru baca bukunya yg pertama

kata2 kiasannya bagus dan saling sambung menyambung tidak terputus
Logged

Ally
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 17
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.225


gothic demeanor


WWW Awards
« Reply #6 on: October 22, 2007, 06:54:47 am »

Coba deh baca satu buku aja...buku ini yang bikin aku nangis dan tertawa hampir dalam waktu yang bersamaan...buku ke empat...cant hardly wait
Logged

VioLeTTe
^__^
LX - Senior
****

Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 862


uuh...


Awards
« Reply #7 on: October 29, 2007, 05:39:13 pm »

banyak yg ngerekomendasiin buku ini  Shocked

kayaknya bener2 keren yah  Afro Afro
 inlove jd pengen beli....
Logged



Sakura wa ore no daijina hito da. Kore kara zutto ichiban daijina hito da
==================いつもいつも笑ってて==================
visit my blog Grin http://cantabilehearts.multiply.com
Ally
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 17
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.225


gothic demeanor


WWW Awards
« Reply #8 on: October 30, 2007, 07:58:05 am »

Mereka g salah koq. Bukunya Andrea Hirata emang pantas ada disetiap rak buku seseorang.hehehe...segitunya.
Mending baca sekarang sebelum buku ke 4 nya terbit
Logged

Ally
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 17
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 5.225


gothic demeanor


WWW Awards
« Reply #9 on: November 01, 2007, 07:29:14 am »

Kemarin dapat tanda tangannya Andrea.hihihi...
Logged

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9  All   Go Up
Print
Jump to: