Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.125 Posts in 16.724 Topics- by 41.588 Members - Latest Member: Angiefoxpn
Pages: 1 ... 6 7 8 9 10 11 12 [13] 14 15 16 17 18 19 20 21  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Ukuran Buku, Kualitas Kertas dan Harga Komik  (Read 99393 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
BenjaminTakeyo
Guest
« on: October 01, 2007, 11:31:15 pm »

Tiga hal itu dinaikkan semua dong.

Biar 1 buku harganya 25 ribu juga mampu beli kok saya. Maksud gw, komik di Jepang kan dijual sekitar 500 yen/Rp 40.000,00, tapi dengan kualitas dari tiga hal di judul yang lebih superior dari komik Indonesia. Gw pengen banget menikmati kualitas seperti yg dinikmati orang Jepang (sebagai seorang otaku).

Tapi denger2 shonen jump kualitas kertasnya jelek ya? Makanya raw scan2annya Bleach yang terbit di shonen jump jelek juga.
« Last Edit: October 01, 2007, 11:37:04 pm by BenjaminTakeyo » Logged
 
plie_plie
AWARD GOKIL
LX - Evangelis
*

Reputation: 30
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 4.591

Sukses yah tanggal 5 nanti


Awards
« Reply #121 on: June 14, 2010, 09:29:51 pm »

Harga kertas tidak selalu diartikan dengan harga komik, tapi juga buku2 pelajaran, buku tulis dan semua buku lainnya. Saya mendukung pencabutan subsidi BBM kendaraan mewah, digantikan dengan subsidi kertas
Logged

Born for the Guns n' Die Like a Roses
Genie_Blackheart
Guest
« Reply #122 on: June 15, 2010, 01:43:42 am »

Ga usah nunggu naik, di tempat saya saja harganya sudah gila-gilaan.*Karena faktor jarak*
Eeeeehhh...! Kalo naik lagi, matilah daku...!
Logged
Maiko Sriyani
LX - Babes


Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 13


Awards
« Reply #123 on: June 21, 2010, 11:53:44 pm »

Maaf kalo saya mengangkat postingan soal warna lagi. Menurut Mbak/Mas Camollate pernah bilang begini :

Jarak waktu suatu tanko diterbitkan di Jepang setelah pernah beredar sebelumnya di majalah itu biasanya relatif lama. Dan beberapa penerbit Jepang tidak menyimpan data digital majalah mereka terlalu lama atau tidak sama sekali, mereka lebih cenderung memilih menyimpan data digital tanko. Hal ini bisa dimengerti karena sifat majalah yang usianya cenderung pendek dan tidak ada cetak ulang, beda dengan tanko.

Jadi boro2 untuk mencetaknya dalam warna untuk versi komik di Indonesia, sering kalinya ketika kita minta data digital warna untuk cetak di majalah komik kita, pihak Jepang tidak dapat menyediakan datanya, yg ada hanya data BW versi tanko sehingga terpaksa dicetak BW.

Jadi jelas khan mengapa kita cetak tanko berdasarkan data tanko, bukan data majalah.

Memang benar ada beberapa penerbit di jepang yang halaman warna di majalah, setelah chapter itu diterbitkan ke tankoubon jadi hitam putih. Tapi ada juga yang tetap berwarna meski sudah masuk ke tankoubon. Ini juga tidak sedikit.

Dan saya liat ada beberapa komik-komik terbitan elex (tankoubon versi indonesia)yang halaman warnanya jadi hitam putih, padahal di tankoubon jepangnya berwarna.

Berarti untuk kasus ini ada kebijakan lain, bukan masalah data tankoubon jepangnya hitam-putih, karena nyatanya tankoubon jepangnya berwarna.

1. Untuk kasus diatas itu gimana mbak/mas?
2. Apa pernah ada ide untuk menerbitkan edisi spesial gitu? Semacam "collector edition" gitu?. Yang halaman aslinya berwarna ya berwarna, kertas HVS gitu? :P
Logged
flutterby
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 30
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 5.187

Daniel Potter


Awards
« Reply #124 on: June 22, 2010, 07:41:50 am »

Rasanya sekarang Elex dah mulai nerbitin tanko dengan halaman warna deh mikir
Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.889


Always Be 10!


Awards
« Reply #125 on: June 22, 2010, 10:40:25 am »

Mungkin masalah utamanya adalah kalau dicetak halaman berwarna akan menaikkan biaya produksi yang jelas juga akan menaikkan harga komik. Naiknya harga komik jelas akan menurunkan daya beli kan? Perkiraan sih harga komik bisa dikisaran 20rb-an kalau halaman berwarna ikut dicetak juga mikir
Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.717


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #126 on: June 22, 2010, 11:28:08 am »

Menambahkan dari komentar flutterby dan Ben10, bahwa skg Elex sudah mulai banyak menerbitkan komik dgn bonus halaman warnanya.

Intinya untuk halaman warna, ada beberapa hal yg perlu ditelaah
01. Materinya, apakah file master-nya yang tersedia berwarna atau tidak
02. Ijinnya, apakah ijin cetak yg diberikan untuk warna atau BW
03. Jumlah halamannya, apakah cukup banyak sehingga dapat mempengaruhi struktur harga? Sebab harga sebaiknya tidak naik turun fluktuatif dalam 1 seri hanya karena mendadak ada yg halaman warnanya banyak atau sedikit atau tidak sama sekali.
04. Harga materinya/halaman, apakah berbeda jauh atau tidak. Penjelasan sama seperti poin 03.


Utk kasus yg disampaikan Maiko, kemungkinannya masih tetap bisa 4-4nya, termasuk materi. Mengapa? Walau majalahnya berwarna, tankonya berwarna, tidak berarti penerbitnya mengirimkan materi digital-nya yang berwarna ke Elex. Bisa terjadi materi yang disediakan untuk Elex hanya BW.
« Last Edit: June 22, 2010, 11:40:02 am by camolatte » Logged

Maiko Sriyani
LX - Babes


Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 13


Awards
« Reply #127 on: June 22, 2010, 08:39:28 pm »

Walau majalahnya berwarna, tankonya berwarna, tidak berarti penerbitnya mengirimkan materi digital-nya yang berwarna ke Elex. Bisa terjadi materi yang disediakan untuk Elex hanya BW.

Ooo begitu. Baru tau aku ternyata untuk mengeluarkan halaman berwarna ada ijin2 lain juga.
Makasih atas penjelasannya
« Last Edit: June 22, 2010, 08:42:19 pm by Maiko Sriyani » Logged
halilintar_girlzz
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 64

Love read book..X3


Awards
« Reply #128 on: June 28, 2010, 01:43:44 pm »

Jiah, harga komiknya mau naik lagi.. image013

Moga2 aja ada subsidi kertas dari pemerintah,
biar harga buku2 tidak jadi naik gara2 harga kertas naik.. Evil

Link daftar harga kenaikan komik dari camo :
http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18584.0
Logged
kiannezra
LX - Member
***

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 483

kiannezra is always be my nickname


WWW Awards
« Reply #129 on: June 28, 2010, 02:07:08 pm »

elex dan sejenisnya 16.500 skrg >.< ukh parah juga, harga2 pada naek. tp penghasilan ga naik :(
elex buat e-book aja kale ya, tp harga dimurahin abiz donk :) setengah harga kek dari skrg... kita tinggal copy di alat e-booknya aja jdnya (harga e-booknya jangan mahal2 >.<)
kalo worthed kia maw beli deh kyknya... drpd beli buku molo numpuk bin ajaib dirumah... mana harga naek lagee... naek lage... (kia beli komik dari mulai harganya cuma 2.700!!!)
Logged


sexy ren add ins XD
halilintar_girlzz
LX - Noob
*

Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 64

Love read book..X3


Awards
« Reply #130 on: June 28, 2010, 02:22:35 pm »

Link daftar harga kenaikan komik dari camo :
http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18584.0

Komik Elex
Komik reguler Rp.15.000 menjadi Rp.16.500
Komik pika-pika   Rp.13.500 menjadi Rp.14.500
Komik tipis (<=136 hal) tetap Rp.15.000

Komik LC   
Rp.17.000 menjadi Rp.18.500
Rp.18.000 menjadi Rp.19.500
Rp.19.000 menjadi Rp.20.000
« Last Edit: June 30, 2010, 08:57:09 am by camolatte » Logged
Pages: 1 ... 6 7 8 9 10 11 12 [13] 14 15 16 17 18 19 20 21  All   Go Up
Print
Jump to: