Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

555.596 Posts in 13.367 Topics- by 42.580 Members - Latest Member: twucdexa9
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on MySpaceShare this topic on StumbleUponShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Tata Tertib Menggunakan Forum  (Read 44983 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
admin
Guest
« on: January 13, 2006, 12:48:29 PM »

ATURAN UMUM & ETIKET

Berikut ini adalah beberapa etiket yang diterapkan untuk memastikan kenyamanan anda dan anggota lainnya dalam forum.

1. Aturan Posting


  • Sebelum posting akan pertanyaan atau komentar, biasakan mencari terlebih dahulu. Fasilitas Search sudah tersedia. Pertanyaan ataupun komentar anda mungkin sudah pernah dibahas atau dijawab. Jangan lupa cek ELEX FAQs.

  • Postingan anda harus sesuai dengan topik thread/board/child-board/forum yang ada. Moderator berhak memindahkan postingan anda ke area yang sesuai ataupun menghapusnya bila diperlukan.

  • Ciptakan subyek singkat lugas yang dapat merangkum topik anda.

  • Jangan menggunakan kata-kata seperti ‘Penting’ dan sejenisnya dalam kalimat subyek anda. Semua postingan disini memiliki tingkat kepentingan yang sama.

  • Jangan menggunakan huruf kapital semua dan tanda baca secara berlebihan (misal ?, !, dan sebagainya) dalam kalimat subyek anda.

  • Opini pribadi yang sekiranya sensitif sebaiknya tidak diposting. Apabila ada, akan dihapus tanpa pemberitahuan.

  • Jika anda melakukan kesalahan dalam postingan anda, dipersilahkan untuk menggunakan fungsi ‘Modify’. Tidak dianjurkan untuk menambahkan postingan balasan pada pesan anda sendiri.

  • Jika anda tidak yakin akan postingan anda, dipersilahkan untuk bertanya terlebih dahulu kepada salah satu moderator sebelum melakukan posting.



2. Aturan Komunitas


  • Bantulah orang lain. Forum merupakan suatu komunitas, dan akan berfungsi dengan maksimal bila orang-orang yang terlibat saling berbagi informasi.

  • Bersabar. Semua partisipan forum ini menggunakan forum dan berpartisipasi dalam diskusi sesuai dengan waktu mereka masing-masing.

  • Berikanlah masukan/Feedback. Jika ada yang membantu dengan menjawab pertanyaan anda, berikanlah respon lanjutan sebagai informasi apakah jawaban pertanyaan tersebut membantu atau tidak.

  • Sambutlah pendatang baru. Jangan menghakimi mereka bila mereka belum membaca etiket forum. Hadirkanlah suasana nyaman dalam komunitas dan jangan membuat mereka merasa bodoh ataupun konyol.

  • Area Komunitas bukan lagi diperuntukkan bagi tindakan flaming ataupung penghinaan. Jika anda butuh tempat untuk menyalurkan emosi, boleh dilakukan dalam forum ini tapi harap dijaga penggunaan bahasa anda. Kata-kata pelecehan atau penghinaan tidak akan ditolerir sama sekali.



3. Dilarang Keras

  • Dilarang melakukan spamming – jangan melakukan posting berupa iklan dalam bentuk apapun di forum terkecuali iklan anda diposting pada thread/board/child-board/forum komersil yang telah disediakan. Dilarang melakukan posting informasi atau undangan akan afiliasi atau rekomendasi illegal.

  • Dilarang melakukan flaming – jangan melakukan posting yang bersifat penghinaan dan pelecehan SARA di forum.

  • Dilarang melakukan crossposting – postingan anda hanya diperuntukkan bagi satu (1) forum saja. Tidak perlu mengirimkan postingan yang sama pada beberapa thread/board/child-board/forum.

  • Dilarang melakukan postingan ilegal – jangan melakukan postingan berupa material yang memiliki hak cipta atau link website yang berisi materi ilegal.

  • Dilarang menyalahgunakan fitur 'Report to Moderator' – gunakanlah fitur ini hanya apabila Anda ingin melaporkan sesuatu yg penting untuk SEMUA Moderator & Administrator, karena laporan Anda ini akan terkirim secara otomatis ke semua Moderator & Administrator tanpa terkecuali. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan hal yg ingin Anda tanyakan blm terjawab di ELEX FAQs.

  • Bila anda melanggar hal di atas, postingan anda akan dihapus dan akun serta alamat-IP anda akan di-ban dari komunitas ini selamanya.


4. Aturan Teknis

  • Perawatan forum akan dilakukan atas dasar kebutuhan dengan tujuan memastikan kinerja maksimal dan hasil pencarian yang lebih efisien.

  • Ukuran banner pada signature disarankan masing-masing tidak melebih ukuran tinggi 150 pixel dan lebar 500 pixel atau 175 KiloByte, 2 banner maksimum untuk 1 user, supaya loading forum tidak berjalan lambat. Sebagai Referensi mengubah ukuran, lihat ini



5. Aturan Moderator & Administrator


  • Perubahan aturan-aturan ini hanya dapat dilakukan oleh pihak website publisher sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam hukum.

  • Dalam memastikan semua orang dalam komunitas mematuhi aturan-aturan ini, para moderator akan mengawasi beberapa board/child-board. Moderator ditentukan oleh para Administrator.

  • Moderator memiliki wewenang tambahan dalam board/child-board yang dikelola mereka. Selain menutup atau menghapus sepenuhnya suatu thread, mereka juga berhak memindahkan, menggabungkan, atau membuat sticky thread.

  • Moderator dapat dan akan menyusun beberapa aturan posting tambahan yang sesuai dengan karakteristik board/child-board mereka.

  • Jika anda menemukan moderator yang menyalahgunakan wewenang yang diberikan, dipersilahkan untuk menghubungi Administrator dengan menggunakan link 'Contact Us'.

  • Global Moderator adalah Moderator yang memiliki wewenang untuk memoderasi semua forum. Global Moderator ditentukan oleh para Administrator.

  • Administrator adalah orang yang merawat kondisi teknis komunitas ini. Mereka yang berhak menentukan Moderator dan Global Moderator.


6. Penutup
  • Nikmatilah forum ini dan temukanlah berbagai pembelajaran seiring dengan kebiasaan saling membantu sama lain.

  • Bila anda tidak jelas akan penjabaran aturan-aturan ini, silahkan menghubungi administrator atau global moderator.


========================================================================
GENERAL RULES & ETIQUETTE
We practice the following etiquette to help you and others make the most of our forums:


1. Posting Rules

  • Before posting your question, always Search the forum.. Your question or comment may have already been discussed, answered or resolved.
  • Postings must be on topic of the thread/channel/sub-forum/forum you are posting to. The moderators will move them to the appropriate forum-area if needed or are entitled to remove them.
  • Create a concise subject that adequately summarizes your topic.
  • Do not use words such as 'Urgent' or 'Important' in your subject line. Every post here is considered important.
  • Do not use all capital letters, excessive question marks (?) or exclamation points (!) in your subject or content.
  • Sensitive personal opinions are to be kept personal. Any such postings will be removed without notice
  • If you have made an error in your posting, feel free to use the 'Modify' function. Adding a reply to your own message is unwanted.
  • If you are unsure of your post, feel free to ask one of the moderators before posting.


2. Community Rules

  • Help others. The forum is a community, and works best when people share information.
  • Be patient. All the participants of this forum, are using the forum and participating in discussions on their own time.
  • Give feedback. If someone helps you by answering your question, try to add a follow-up response letting them know if it worked or not.
  • Welcome newcomers. Do not chastise them for not reading the forum etiquette. Make them feel welcome in the community and do not make them feel dumb or silly.
  • The Community Arena is not meant for flaming or insulting. If you need a place to rant, vent or spew, it's ok in this forum but watch your language. Abusive or insulting language will not be tolerated.


3. Strictly Forbidden

  • No Spamming – do not post any advertisements in the forums unless you place your ad in the commercial announcement thread/channel/sub-forum/forum. Do not post any information or invitation for illegal referrals and affiliates programs.
  • No Flaming – do not post defamatory, abusive, vulgar, hateful, racist, or sexual harassing messages in the forums.
  • No Crossposting – your posting topic should always fit into one (1) forum. So there is no need to post the same posting into several threads/channels/sub-forums/forums.
  • No Illegal's – Don't post copyrighted material or links to websites containing illegal software.
  • Do not abuse the Report to Moderator feature – only use this feature wisely when you have urgent report to share with all moderators and administrators, since this report will be broadcast to all moderators and administrators. Before using this feature, always make sure first that your report havent been answered on ELEX FAQs.
  • Doing one of the above will definitely lead to the removal of your message and the banning of your account and IP-address from this community indefinitely.


4. Technical Rules

  • Forum maintenance will take place on a 'need to basis' in order to ensure maximum performance and more efficient search results.
  • Banner size on each signature are suggested within 150 pixels height and 500 pixels width or 175 KiloBytes, with 2 banner maximum for each user, for the convenience in surfing the forum. For resizing reference, please click here



5. Rules, Moderators & Administrators

  • Changes to these rules can only be made by the publisher of this website, as he is the one, who is responsible by law.
  • To be sure everyone in our community is living these rules, Moderators are watching the several channels/sub-forums. Moderators are set in and off by the Administrators.
  • Moderators have additional rights in their channels/sub-forums. Besides the closing or complete deletion of threads, they can also move them, merge them or make them sticky.
  • Moderators can and will set up additional posting rules which meet the characteristics of their channels/sub-forums.
  • If you think a moderator is abusing his or her power, feel free to contact an Administrator using the 'Contact Us' link below.
  • Global Moderators are Moderators which are have moderation rights on all available forums.  Global Moderators are set in and off by the Administrators.
  • Administrators are people maintaining the technical background of this community. They are setting Moderators and Global Moderators in and off.


6. Final words

  • Enjoy the forums and learn a lot by helping others as well.
  • Feel free to contact the administrator if you are unsure about these rules.

« Last Edit: February 07, 2011, 12:00:16 PM by camolatte » Logged
 
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 154
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 15.245


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #1 on: January 06, 2011, 08:42:00 AM »

Update 1.6
Rules edited
penambahan Bold utk intinya untuk yg versi Bahasa Indonesia, mempermudah menyimak
Logged



Member yg MAU dpt notifikasi forum via email, klik:
CARA VALIDASI EMAIL



camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 154
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 15.245


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #2 on: February 07, 2011, 11:59:47 AM »

Update 2.7
Rules edited
Menambahkan rules tentang Report to Moderator di pasal 3.
Logged



Member yg MAU dpt notifikasi forum via email, klik:
CARA VALIDASI EMAIL



Pages: [1]   Go Up
Print
Jump to: