Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.309 Posts in 16.862 Topics- by 44.177 Members - Latest Member: downdawaxday1989
Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 17  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Saran-saran untuk komik ELEX!  (Read 66942 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« on: March 08, 2008, 03:07:09 pm »

1. Setau saya tankobon pada dasarnya memiliki beberapa lembar halaman berwarna. Kenapa ELEX tidak mencetaknya dan tetap mempertahankan komik hitam putih?
2. Untuk poin (1) kalau alasannya adalah harga komiknya akan naik kan bisa dicetak vol 1-nya berwarna kalau ternyata laris harganya tetap tapi kalau tidak laris harganya kembali ke 12rb dengan kondisi komik tetap dicetak hitam/putih. Ambil contoh CONAN seri ANIMASI TV meski harganya 21800 tetapi tetap laku juga kan?
« Last Edit: April 05, 2008, 09:21:49 am by beno_jange » Logged

raina
The Watcher
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 27
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.486

nya nya nya nya~ petok~


Awards
« Reply #1 on: March 10, 2008, 03:16:32 pm »

jilid 1 berwarna lalu jilid selanjutnya ga berwarna? ogah ah... males ngoleksinya kalau kaya gitu. ^^; (pendapatku pribadi sebagai pengoleksi komik)
Logged

Dilarang keras:
1. Spamming
2. Flamming
3. Crossposting
4. Posting konten ilegal
Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
Tambahan: Dilarang mengemis karma!
smartie
bookaholic 书虫
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 258
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 24.872


ღ smartie™ ღ

  • Awards http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18693.0

  • WWW Awards
    « Reply #2 on: March 10, 2008, 03:17:37 pm »

    tankoubon elex berdasarkan tankoubon jepang
    pada dasarnya tidak semua tankoubon jepang berwarna
    contoh saja TOUCH 1
    ada lembar yang berwarna sewaktu masih dimuat di majalah komik, namun pas dijadikan tankoubon (DI JEPANG!) tetap tidak berwarna
    jadi, gimana mo dicetak berwarna oleh elex?

    conan animasi tv sendiri memang berwarna dari asalnya
    dari potongan-potongan adegan anime
    Logged


    segala postingan yang menyinggung RAW/SCANS akan dihapus!
    sebelum bertanya, mohon baca FAQs FORUM dulu
    hindari penggunaan singkatan ga lazim! ini forum, bukan sms

    Please vote for J-Novel


    FYI: smartie is not an employee of Elex/KKG Tongue
    baka-chan
    LX - Kidz
    LX - Senior
    *

    Reputation: 4
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 989


    tha black prince


    Awards
    « Reply #3 on: March 10, 2008, 03:21:23 pm »

    jilid 1 berwarna lalu jilid selanjutnya ga berwarna? ogah ah... males ngoleksinya kalau kaya gitu. ^^; (pendapatku pribadi sebagai pengoleksi komik)
    setuju rain.. *toss* what a waste of money.. lagian entah kenapa enakan itemputih buat gue.. toh imajinasi gue dah warna warni.. harga naik karena warna juga males.. ga gitu penting sih.. mending naik karna lebih tebal..
    Logged

    IcHaN
    LX - Senior
    ****

    Reputation: 2
    Offline Offline

    Gender: Male
    Posts: 1.068



    Awards
    « Reply #4 on: March 11, 2008, 02:05:04 am »

    ketebalan komik jg skrg ga merata.
    tebel ama tipis kyknya ama aja.
    kecuali bwt yotsuba 13.500

    btw,klo d jepang emang berwarna kmgkn elex nerbitinnya berwarna.
    kmgknan lho.
    klo level sih pasti diusahain berwarna.

    main2 ke feedback donk bwt liat saran2 ama diskusi2 topik yg sejenis
    Logged

    Harapan,buat ichan yang seorang anak kost mungkin bisa berupa nyala korek api di tengah kamar yang gelap ketika aliran listrik terputus:hanya sedikit memberi terang,namun menentramkan.
    BEN 10
    *Just read it!*
    LX - Evangelis
    *****

    Reputation: 67
    Offline Offline

    Gender: Male
    Posts: 3.892


    Always Be 10!


    Awards
    « Reply #5 on: March 15, 2008, 09:36:35 am »

    Sekarang dah bermunculan komik-komik bajakan dan scanlation (komik yang discan menjadi JPG).

    Katakanlah scanlation gak bisa dicegah karena muncul di situs-situs internet dan dalam bahasa Inggris dan tentunya tidak semua pembaca komik Indonesia yang mampu membacanya. Tetapi kalau komik bajakan dalam bahasa Indonesia tentunya kan bisa dibaca oleh semua orang.

    Hal tersebut tentunya sangat merugikan penerbit legal seperti ELEX. Merugikan dalam hal pembelian karena terpecah menjadi dua yaitu beli komik legal atau bajakan. Terlebih kalau komik bajakan volume-nya jauh mendahului komik legal. Kita ambil contoh EYESHIELD 21 komik bajakannya dah volume 25 otomatis mana ada yang mau baca komik EYESHIELD 21-nya ELEX yang baru sampai volume 13.

    Kalau begini caranya akan membuat banyak orang juga jadi tertarik untuk menerbitkan komik bajakan. Bermodal komik asli yang discan ke komputer terus diterjemahin dan diedit pake PHOTOSHOP terus dicetak di percetakan lokal jadilah komik bajakan. Celakanya harganya sama dengan komik legal. Padahal kita tau kalau komik legal mesti membayar biaya lisensi dan pajak ke negara sedangkan komik bajakan tidak. Malah penerbit komik bajakan berani memberi diskon 40% kepada penyalur komik yang sebagian besar adalah taman-taman bacaan.

    Moga-moga hal ini bisa menjadi perhatian penerbit legal seperti ELEX.
    « Last Edit: March 15, 2008, 09:46:05 am by beno_jange » Logged

    BEN 10
    *Just read it!*
    LX - Evangelis
    *****

    Reputation: 67
    Offline Offline

    Gender: Male
    Posts: 3.892


    Always Be 10!


    Awards
    « Reply #6 on: March 15, 2008, 09:42:19 am »

    *Masalah komik dicetak halamannya berwarna*

    Saya sangat mengharapkan dicetaknya halaman berwarna tersebut karena jika halaman berwarna dicetak hitam/putih malah mengurangi keindahan halaman berwarna itu sendiri. Terlebih lagi hargailah komikus yang sudah capek-capek mewarnai komiknya eh malah dicetak hitam/putih. Kalau begitu baiknya si komikus gak usah mewarnai komiknya aja sekalian kan?
    Logged

    raina
    The Watcher
    LX - Kidz
    LX - Frenzy
    *

    Reputation: 27
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 6.486

    nya nya nya nya~ petok~


    Awards
    « Reply #7 on: March 15, 2008, 10:04:34 am »

    ga ada masalah sih kalau buat halaman yang memang asli dari sananya berwarna. tapi untuk halaman-halaman yang memang ga ada warnanya, mau dipaksain gimana? nyuruh editor indonesia untuk ngewarnain? (rain ngomong gini karena dulu ada tuh yang maksain minta suatu komik yang memang aslinya ga berwarna, tapi disuruh diterbitin berwarna oleh elex)
    Logged

    Dilarang keras:
    1. Spamming
    2. Flamming
    3. Crossposting
    4. Posting konten ilegal
    Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
    Tambahan: Dilarang mengemis karma!
    smartie
    bookaholic 书虫
    Moderator
    LX - Holic
    *****

    Reputation: 258
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 24.872


    ღ smartie™ ღ

  • Awards http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18693.0

  • WWW Awards
    « Reply #8 on: March 15, 2008, 08:38:04 pm »

    Sekarang dah bermunculan komik-komik bajakan dan scanlation (komik yang discan menjadi JPG).

    Katakanlah scanlation gak bisa dicegah karena muncul di situs-situs internet dan dalam bahasa Inggris dan tentunya tidak semua pembaca komik Indonesia yang mampu membacanya. Tetapi kalau komik bajakan dalam bahasa Indonesia tentunya kan bisa dibaca oleh semua orang.

    Hal tersebut tentunya sangat merugikan penerbit legal seperti ELEX. Merugikan dalam hal pembelian karena terpecah menjadi dua yaitu beli komik legal atau bajakan. Terlebih kalau komik bajakan volume-nya jauh mendahului komik legal. Kita ambil contoh EYESHIELD 21 komik bajakannya dah volume 25 otomatis mana ada yang mau baca komik EYESHIELD 21-nya ELEX yang baru sampai volume 13.

    Kalau begini caranya akan membuat banyak orang juga jadi tertarik untuk menerbitkan komik bajakan. Bermodal komik asli yang discan ke komputer terus diterjemahin dan diedit pake PHOTOSHOP terus dicetak di percetakan lokal jadilah komik bajakan. Celakanya harganya sama dengan komik legal. Padahal kita tau kalau komik legal mesti membayar biaya lisensi dan pajak ke negara sedangkan komik bajakan tidak. Malah penerbit komik bajakan berani memberi diskon 40% kepada penyalur komik yang sebagian besar adalah taman-taman bacaan.

    Moga-moga hal ini bisa menjadi perhatian penerbit legal seperti ELEX.

    untuk kesekian kalinya: MENGERTI PROSES PENERBITAN KOMIK GA?
    komik bajakan emang tinggal disulap dari scanlations
    sedangkan untuk komik berlisensi, namanya juga berlisensi, KUDU NGURUS PERIJINAN DARI PENERBIT ASLI
    perijinan tersebut tidak keluar sekejap mata saja, kadang memang butuh PROSES LAMA!

    *Masalah komik dicetak halamannya berwarna*

    Saya sangat mengharapkan dicetaknya halaman berwarna tersebut karena jika halaman berwarna dicetak hitam/putih malah mengurangi keindahan halaman berwarna itu sendiri. Terlebih lagi hargailah komikus yang sudah capek-capek mewarnai komiknya eh malah dicetak hitam/putih. Kalau begitu baiknya si komikus gak usah mewarnai komiknya aja sekalian kan?

    tankoubon elex berdasarkan tankoubon jepang
    pada dasarnya tidak semua tankoubon jepang berwarna
    contoh saja TOUCH 1
    ada lembar yang berwarna sewaktu masih dimuat di majalah komik, namun pas dijadikan tankoubon (DI JEPANG!) tetap tidak berwarna
    jadi, gimana mo dicetak berwarna oleh elex?

    conan animasi tv sendiri memang berwarna dari asalnya
    dari potongan-potongan adegan anime

    REPLY TERSEBUT SUDAH DIBACA?

    dan mungkin perlu ditambahkan
    untuk proses halaman warna juga perlu persetujuan dari pemberi ijin
    Logged


    segala postingan yang menyinggung RAW/SCANS akan dihapus!
    sebelum bertanya, mohon baca FAQs FORUM dulu
    hindari penggunaan singkatan ga lazim! ini forum, bukan sms

    Please vote for J-Novel


    FYI: smartie is not an employee of Elex/KKG Tongue
    camolatte
    Centerspread inside the comical world
    EMK
    LX - Holic
    ****

    Reputation: 444
    Offline Offline

    Gender: Male
    Posts: 18.828


    Critter of Vox Machina~


    WWW Awards
    « Reply #9 on: March 16, 2008, 06:20:42 pm »

    Sekarang dah bermunculan komik-komik bajakan dan scanlation (komik yang discan menjadi JPG).

    Katakanlah scanlation gak bisa dicegah karena muncul di situs-situs internet dan dalam bahasa Inggris dan tentunya tidak semua pembaca komik Indonesia yang mampu membacanya. Tetapi kalau komik bajakan dalam bahasa Indonesia tentunya kan bisa dibaca oleh semua orang.

    Hal tersebut tentunya sangat merugikan penerbit legal seperti ELEX. Merugikan dalam hal pembelian karena terpecah menjadi dua yaitu beli komik legal atau bajakan. Terlebih kalau komik bajakan volume-nya jauh mendahului komik legal. Kita ambil contoh EYESHIELD 21 komik bajakannya dah volume 25 otomatis mana ada yang mau baca komik EYESHIELD 21-nya ELEX yang baru sampai volume 13.

    Kalau begini caranya akan membuat banyak orang juga jadi tertarik untuk menerbitkan komik bajakan. Bermodal komik asli yang discan ke komputer terus diterjemahin dan diedit pake PHOTOSHOP terus dicetak di percetakan lokal jadilah komik bajakan. Celakanya harganya sama dengan komik legal. Padahal kita tau kalau komik legal mesti membayar biaya lisensi dan pajak ke negara sedangkan komik bajakan tidak. Malah penerbit komik bajakan berani memberi diskon 40% kepada penyalur komik yang sebagian besar adalah taman-taman bacaan.

    Moga-moga hal ini bisa menjadi perhatian penerbit legal seperti ELEX.
    and ur point is? Kalo sekedar pointing out yg sudah jelas, yah jelas memang sudah jadi perhatian. But like every pirated products, everything start from the buyers that encourage the market. Siapapun anda, jika anda peduli akan keberlangsungan suatu produk di negara anda, stop membeli versi bajakannya.
     
    Semakin banyak yg membeli versi bajakan, semakin banyak penerbit komik bajakan, semakin marah para penerbit asli terhadap negara yang bersangkutan, semakin sulit komik2 resmi mendapatkan ijin terbit utk negara itu.

    So it's your choice, everyone, apakah ingin Indonesia dipersulit dan di-blacklist dalam ijin. Jadi setiap kali anda ingin membeli komik bajakan DENGAN ALASAN APAPUN, tanyakan pada diri sendiri, apakah anda ingin mengambil andil dalam mendukung tindakan kriminal yg tidak menghargai inteletualitas orang, memburukkan citra bangsa kita sendiri di mata bangsa lain, dan menghambat ijin komik2 resmi ke negara kita?

    Utk pertanyaan2mu, rasanya sudah dijawab dgn jelas sama smartie dan raina.

    Dan sebagai masukan, harga tidak segampang itu menjadi mainan dinaikkan dan diturunkan begitu saja. Lihat saja dari beberapa komik tetangga yang menaikkan harga dan memasukkan bonus pada no. awalnya, maybe to soften the price blow. Walaupun bonus2 itu kemudian tidak disertakan lagi pada no. berikutnya, harga awal yg sudah dinaikkan tetap dipertahankan. Hal ini disebabkan dalam faktor penentuan harga produk, banyak variabel yang patut dipertimbangkan dan variabel2 ini memiliki nilai yg berbeda-beda tergantung perjanjian dengan penerbit aslinya dan kondisi di negara kita.
    « Last Edit: March 16, 2008, 08:49:11 pm by camolatte » Logged

    Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 17  All   Go Up
    Print
    Jump to: