Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.220 Posts in 16.736 Topics- by 41.698 Members - Latest Member: Andreasnsj
Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 17  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Saran-saran untuk komik ELEX!  (Read 65351 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
raina
The Watcher
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 27
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.486

nya nya nya nya~ petok~


Awards
« Reply #30 on: June 09, 2008, 07:10:32 pm »

uhm.. rain rasa, kalau komik2 harga lama trus masi beredar saat komik2 naek harga, sah2 aja kalau tuh komik2 yg harga lama, harganya disesuaikan ke harga yang baru. Selama ini juga biasanya seperti itu kok.

O ya, sekedar informasi tambahan aja ya. Penyesuaian harga ini ga cuma berlaku di bidang buku aja kok. Sepengetahuan rain, ini juga berlaku untuk barang komoditas lainnya. Contoh gampangnya itu komputer dan peralatan komputer. Misal: toko X membeli CD ROM X seharga 10 dolar AS (@Rp 9.000) trus pas dia jual dua bulan kemudian, ternyata kurs dolar AS tuh @Rp10.000 dan harga2 CD ROM memang sedang naik. So, toko X itu menjual CD ROM X seharga 10 dolar AS dengan kurs @Rp10,000, bukan 9.000 lagi.

Begitu pula sebaliknya, kalau waktu toko X membeli flash disk 1GB seharga 150,000 dan sekarang harga pasar flash disk tuh turun, mereka juga ga mungkin jual flash disk 1GB itu seharga 150.000 kok, tapi seharga harga di pasaran waktu itu. Itu sudah termasuk resiko bisnis.

Makanya rain bilang, meski di cover price tertera harga 13,800, kalau memang harga pasaran buku tuh naik, sah2 aja kalau dikasi price tag baru, seharga 16,000. Konsumen juga ga bisa bilang ga mau bayar 16000 karena cover price nya 13,800. Nanti pihak toko juga bisa balik bilang: kalau tiba2 harga turun, misal jadi 9.000, kalian mau tetap bayar sesuai cover price yang 13,800?
(pertanyaan terakhir itu... tolong jangan diaplikasikan hanya ke bidang komik/buku ya, tapi mohon diaplikasikan ke barang2 dagang yang lainnya. Jangan menganak-tirikan ataupun menganak-emaskan bisnis komik/buku. Semuanya sama2 bisnis).
Logged

Dilarang keras:
1. Spamming
2. Flamming
3. Crossposting
4. Posting konten ilegal
Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
Tambahan: Dilarang mengemis karma!
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #31 on: June 09, 2008, 07:32:44 pm »

Makanya rain bilang, meski di cover price tertera harga 13,800, kalau memang harga pasaran buku tuh naik, sah2 aja kalau dikasi price tag baru, seharga 16,000. Konsumen juga ga bisa bilang ga mau bayar 16000 karena cover price nya 13,800. Nanti pihak toko juga bisa balik bilang: kalau tiba2 harga turun, misal jadi 9.000, kalian mau tetap bayar sesuai cover price yang 13,800?

1. Setau saya cover price pada buku (majalah/komik/novel) umumnya hanya dicantumkan untuk buku yang cetaknya hanya sekali saja sedangkan untuk buku yang akan dicetak ulang biasanya jarang menampilkan cover price.
2. Majalah adalah salah satu contoh buku yang mencantumkan cover price karena majalah biasanya gak ada cetak ulang.
3. Lihat sendiri buku-buku laris seperti HARRY POTTER, emang ada cantumin cover price-nya?
4. Trus ada apa dengan cover price? Masalahnya seperti kata @camo kalau mesti cantumin cover price mesti ganti film untuk cetak jadi tambah ongkos produksi. Tambah ongkos produksi berimbas pada kenaikan biaya barang. Jadi hanya gara-gara ganti harga jadi ganti film, itu mah pemborosan namanya.
« Last Edit: June 09, 2008, 07:35:14 pm by BEN 10 » Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #32 on: June 10, 2008, 09:29:55 am »

...contoh TB. X membeli stok masing-masing 100 komik dari no 1 s/d 40 dimana harganya masih 13800. Tiba-tiba mulai no 41 naik harganya menjadi 16000...
Smiley wah, again salah satu postingan yg bisa masuk kategori post yg g bahas kemarin.

apakah anda memiiliki toko buku atau mengerti manajemen inventory?
Apakah anda tahu kecepatan perputaran buku dan syarat2 transaksi pembelian buku langsung ke penerbit? Sebab jika jawabannya iya, saya rasa pertanyaan2 itu akan terjawab sendirinya.

soalnya melihat simulasi yang anda propose, saya rasa either anda membayangkan toko buku dengan gudang yang luar biasa besar atau jaringan toko buku besar di puluhan bahkan ratusan tempat.
Bila toko demikian ada, toko ini akan menjadi klien yg menarik sebab menyetok 100 eks/per volume considering elex sudah menerbitkan ribuan judul selama ini dengan volume per judul berpuluh-puluh. Dan itu baru Elex, jika anda adalah toko buku, saya rasa anda tidak hanya akan menjual produk komik DAN tidak hanya akan menyetok produk dari Elex.

mungkin sebaiknya dipikirkan dulu tangibilitas yang relatif terhadap usaha yang terkait dan perluas scope pandangan anda sebelum anda probing pertanyaan demikian. Wink Biar diskusinya enak, masing2 tahu jelas apa yg dibicarakan. biggrin dengan demikian saran anda akan lebih produktif dan membangun, ok?
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #33 on: June 10, 2008, 09:48:10 am »

...Ambil contoh TB. X membeli stok masing-masing 100 komik dari no 1 s/d 40 dimana harganya masih 13800. Tiba-tiba mulai no 41 naik harganya menjadi 16000.

1. Maaf menyela lagi mas @Camo. Sekarang bukan masalah 100 eksemplarnya tetapi bagaimana kasir toko buku menjawab pertanyaan konsumen akan naik harga tersebut karena jelas-jelas cover price di komik masih harga lama. Kalau yang protes satu konsumen itu sih hal yang biasa tetapi kalau tiap hari ada yang protes bagaimana?

2. Setau saya kan dalam penitipan buku ada istilah konsinyasi yaitu buku dititipkan ke toko buku untuk dijual atau ada sistem "50% buku bisa diretur". Buku yang diretur dengan harga lama dan buku yang diambil dengan harga baru pasti menimbulkan selisih harga kan?

Tapi sudahlah saya cukupkan perdebatan 'politik' ini. Anyway, thx banget buat mas @Camo yang telah begitu sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Anda baik sekali deh ;)
Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #34 on: June 10, 2008, 10:21:22 am »

Wink u welcome, ben. g hanya mengangkat "100 eks" atas dasar bahwa tampaknya dikau menggarisbawahi kwantitas sebesar itu dalam simulasimu *sebelum anda revisi*, adalah untuk menekankan signifikansi terjadinya kasus demikian, in which setelah dianalisa, tangibilitas kasus demikian sangat rendah untuk dipertimbangkan.


Ok, nah, menanggapi pertanyaan no. 1, biasanya kenaikan harga ada alasan yang jelas, jika faktornya global misal dgn kondisi skg, harga bbm dan kertas naik, g rasa pembaca dijelasin singkat akan mengerti. Di sini pentingnya PR (public relation) dalam usaha, khususnya jika sudah ada komunikasi dan kepercayaan yang terbangun. So, kembali kepada Manajemen bisnis tokonya, bagaimana cara mereka mengkomunikasikan informasi kepada konsumennya.

Sedangkan mengenai poin 2, konsinyasi tidak terikat % tertentu, hal ini tergantung banyak faktor tapi intinya singkat bahwa kembali kepada kesepakatan dari awal yang mengatur mengenai perubahan kebijakan. Bagaimana perjanjiannya, supaya sama2 enak dan tidak terjadi perselisihan setelahnya baik jika ada kenaikan harga ataupun ada perubahan lainnya.

Wink hope it answers ur questions, ben... ok, I'm off for now. got datelines.
« Last Edit: June 10, 2008, 02:35:16 pm by camolatte » Logged

raina
The Watcher
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 27
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 6.486

nya nya nya nya~ petok~


Awards
« Reply #35 on: June 10, 2008, 11:28:59 am »

1. Setau saya cover price pada buku (majalah/komik/novel) umumnya hanya dicantumkan untuk buku yang cetaknya hanya sekali saja sedangkan untuk buku yang akan dicetak ulang biasanya jarang menampilkan cover price.
4. Trus ada apa dengan cover price? Masalahnya seperti kata @camo kalau mesti cantumin cover price mesti ganti film untuk cetak jadi tambah ongkos produksi. Tambah ongkos produksi berimbas pada kenaikan biaya barang. Jadi hanya gara-gara ganti harga jadi ganti film, itu mah pemborosan namanya.

nomor 1.
sebetulnya saya hanya menjawab pertanyaan dari Anda kok. Anda kan bilang, kalau cover pricenya 13,800 trus tiba2 naik harga, gimana?
Jawaban saya, singkatnya... tidak ada masalah. Komik yang cover pricenya 13,800 sah2 saja dijual sesuai harga komik baru yang 16.000 dengan penjelasan yang telah saya kemukakan sebelumnya.
Jadi permasalahannya bukan di cetak ulang atau tidaknya.

Nomor 4
Ada apa dengan cover price? Jawaban saya... Tidak ada apa2.
Hanya saja, ada yang minta cover price. Coba aja Anda baca lagi postingan2 sebelumnya. Masa sih ga ketemu, postingan yang minta pengadaan cover price? ;)
Logged

Dilarang keras:
1. Spamming
2. Flamming
3. Crossposting
4. Posting konten ilegal
Pelanggar akan di-ban. (lebih lengkapnya cek di sini )
Tambahan: Dilarang mengemis karma!
smartie
bookaholic 书虫
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 258
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 24.872


ღ smartie™ ღ

  • Awards http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18693.0

  • WWW Awards
    « Reply #36 on: June 10, 2008, 03:42:53 pm »

    Pertimbangan mencetak cover price bagi komik yang harganya seragam memang sangat menguntungkan konsumen tetapi jelas sangat merugikan bagi toko buku. Ambil contoh TB. X membeli stok masing-masing 100 komik dari no 1 s/d 40 dimana harganya masih 13800. Tiba-tiba mulai no 41 naik harganya menjadi 16000.

    1. Pertanyaannya bagaimana TB. X menaikkan harga komik lama sedangkan cover price udah ada?
    2. Buat apa TB. X men-stok komik lama banyak-banyak kalau masih harus dijual dengan harga lama sedangkan men-stok komik baru mesti harga baru. Kan lebih baik TB. X stok secukupnya saja.
    3. Pertimbangkan juga biaya pertukaran komik lama dan baru. Ada selisih harga kan? Nah sapa yang rugi?

    Kesimpulan :
    "Kemungkinan besar TB. X akan mengurangi stok bukunya dan yang rugi siapa?"

    1. Maaf menyela lagi mas @Camo. Sekarang bukan masalah 100 eksemplarnya tetapi bagaimana kasir toko buku menjawab pertanyaan konsumen akan naik harga tersebut karena jelas-jelas cover price di komik masih harga lama. Kalau yang protes satu konsumen itu sih hal yang biasa tetapi kalau tiap hari ada yang protes bagaimana?

    1.kenaikan harga pada barang yang sudah ada cover price, masa ga ngerti pelaksanaannya? perlu diberi contoh?
    2.nah ini nih biangnya...
    BUAT APA? tanyakan saja ke manajemen toko. toh mereka yang memutuskan untuk menimbun barang, tidak diharuskan dari pihak penerbit. ANDA tidak mengerti resiko berbisnis? MENIMBUN itu beresiko: UNTUNG atau RUGI!
    3.retur barang adalah sesuai dengan SO/PO. dalam bisnis tidak ada yang namanya MENUKAR BARANG (kecuali barang rusak, diganti yang sama). barang yang diRETUR dan barang yang dipesan baru dengan SO/PO baru adalah dua hal yang lain.

    apakah ada toko yang mau mengambil resiko menimbun komik-komik atau buku-buku yang belum diketahui angka penjualannya? semisalkan itu komik beken, toko mungkin akan mengambil sejumlah penjualan volume terdahulu dengan plus minus 10% saja. gambling juga ada aturannya...

    sepertinya Anda harus merasakan sendiri seluk beluk mengelola toko dan perusahaan...


     
    « Last Edit: June 11, 2008, 12:38:33 pm by smartie » Logged


    segala postingan yang menyinggung RAW/SCANS akan dihapus!
    sebelum bertanya, mohon baca FAQs FORUM dulu
    hindari penggunaan singkatan ga lazim! ini forum, bukan sms

    Please vote for J-Novel


    FYI: smartie is not an employee of Elex/KKG Tongue
    kurotan_dey
    and HE SAID KNEEL !!!!!
    LX - Kidz
    LX - Frenzy
    *

    Reputation: 12
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 6.891

    and HE SAID KNEELLLL !!!!!!!!!!!!!


    WWW Awards
    « Reply #37 on: August 03, 2008, 09:21:19 am »

    maap nih sedikit keluar jalur... udah lama masuk udah jadi kaya bahan kuliah dey aja hahahahaha.....

    lumayan nih jadi bahan project paper ...

    Logged

    ENGGAK NYANGKAH HANYA DENGAN 1 KATA DAN DUNIA PUN BERGETAR

    KNEELLLL

    WAZKAKAKAKAKAKAK
    BEN 10
    *Just read it!*
    LX - Evangelis
    *****

    Reputation: 66
    Offline Offline

    Gender: Male
    Posts: 3.890


    Always Be 10!


    Awards
    « Reply #38 on: September 14, 2008, 03:16:12 pm »

    Iya mirip thesis S2 saja. Anyway, topik ini adalah salah satu topik yang membuat saya banyak mendapat pengurangan karma lho bash Tapi setidaknya kita didengar dan dijawab  biggrin
    Logged

    Shooter
    LX - Member
    ***

    Reputation: -13
    Offline Offline

    Posts: 286


    "i am still chasing my freedom"


    WWW Awards
    « Reply #39 on: September 27, 2008, 10:10:27 pm »

    Saran Untuk Komik Elex Agar Setiap Judul Yang Terbit Dicetak Cover Pricenya Jangan Hanya Judul Tertentu Saja Karena Di Lapangan Kami Menemukan Distributor Komik Elex (gm)Menjual Komik Elex Yang Tidak Memiliki Cover Price dengan Harga yang Lebih Tinggi [13.800(harga baru elex)di Jual 15.500) sedangkan yang Memiliki Cover Price dijual dengan harga cover price. MnC & Level Comik sudah melakukannya, jd Kapan Giliran Elex??? Jangan sampai konsumennya dong yang dirugikan atau memang ada kebijakan elex yang demikian? Penjelasannya dong....

    Pernah ketemu gue kejadian kek gini dan pertama kali, pas gue beli komik di tk eceran, Si Mbak-nya mo nipu gue ... kek gue org baru beli komik.
    dia naikin komik elex yg harganya 13.800 jadi 15rb ... trus gue protes, ini harganya 13.800, saya tau mbak. 
    trus dia bales balik, disini (komik elex itu) ga ada harganya, trus karena gue kesell si mbak ga mo jual harga 13.800 ribu maksa 15rb,
    gue ampe bilang yaudah mbak balikin aja duit saya, saya ga jadi beli.
    Salah gue mestinya bales gini, trus kok mbak tau ini harganya 15rb ?, mana buktinya ..
    mbak melakukan penipuan loh, itu kejahatan yg cukup serius.
    tapi krn gue udah kesel banget, trus gue ambil duit gue,lansung pegi..
    trus besoknya gue beli di gramed, harga komik elex yg gue pengen beli itu harganya 13.800

    Menjawab mengenai Cover Price, pertimbangan awal untuk tidak mencantumkan harga pada cover adalah mempercepat proses cetak ulang tanpa menghambat proses cetak baru.

    Penjelasannya demikian, putaran cetak ulang komik kita sangat cepat dan banyak variannya sementara harga tidak statis. Sebagai contoh, saat sekarang kita masih mencetak ulang Doraemon & Conan dari film yang sudah dibuat sejak beberapa waktu yang lalu *asumsi singkat aja, bisa bandingin harga Conan no. 1 dan Doraemon no.1 waktu terbit pertama kali dan sekarang? Wink *.
    Dengan demikian, proses cetak ulang tidak perlu melalui proses re-desain dan pembuatan film lagi, jadi bagian produksi bisa tetap konsen ke desain cetak baru supaya terbitnya judul2 komik baru tidak terhambat.

    Tapi saran teman2 sudah disampaikan dan akan dipertimbangkan Manajemen Elex, so ke depannya, akan direncanakan untuk mencantumkan harga pada cover.

    Oh bener jg sih.
    tapi komik m&c menerapkan ada cover price, apakah m&c ga pernah melakukan cetak ulang ? ...

    Logged

    Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 17  All   Go Up
    Print
    Jump to: