Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.336 Posts in 16.864 Topics- by 44.357 Members - Latest Member: MerryMcNic
Elex Online ForumDiskusi UmumFreeTalk LXOLXO News Channel (Moderators: light ^^, smartie, camolatte)[NEWS] Manfaatkan Komik, Anak Pun Berkembang
Pages: [1]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [NEWS] Manfaatkan Komik, Anak Pun Berkembang  (Read 3719 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
camolatte
Centerspread inside the comical world
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.828


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« on: August 27, 2008, 06:37:16 pm »

Hanya sedikit sharing...baru baca di KCM tadi.  Grin

Manfaatkan Komik, Anak Pun Berkembang
http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/27/17003571/manfaatkan.komik.anak.pun.berkembang

Rabu, 27 Agustus 2008 | 17:00 WIB

KOMIK adalah bacaan yang sangat popular. Banyak anak menyukai jenis bacaan ini. Mengapa anak menyukai komik bukanlah suatu pertanyaan yang sulit dijawab. Bagi anak komik sangat menarik karena penuh dengan gambar. Hal ini membuat komik menjadi begitu mudah untuk dipahami, bahkan oleh anak yang belum fasih membaca. Perpaduan banyak gambar dengan sedikit teks pada komik juga membuat anak tidak perlu mengerahkan daya konsentrasi tinggi untuk memahami isi ceritanya. Anak-anak bisa merasa rileks ketika menikmati ulah tokoh-tokoh dalam komik.

Begitu gemarnya anak dengan komik bahkan ada yang sampai kecanduan. Setiap ada kesempatan dihabiskan untuk membaca komik. Jika sudah membaca, mereka sulit dialihkan kegiatannya. Banyak aktivitas tertunda. Mereka jadi malas mandi, malas makan, malas mengerjakan tugas rumah, malas belajar, dst. Hal ini tentu saja menimbulkan masalah. Anak jadi kurang bisa mengendalikan diri. Sering pula terjadi, anak jadi meniru semua kebiasaan si tokoh dalam komik. Jika yang ditiru adalah kebiasaan baik, maka tidak ada masalah. Namun berbeda jika anak menjadi meniru kebiasaan buruk.

Di sisi lain, sebenarnya komik juga memiliki dampak yang positif. Dengan membaca komik, anak dapat berkembang imajinasinya. Selain itu, menurut Hurlock (1978), komik dapat memberikan model yang dapat digunakan untuk mengembangkan kepribadian anak.

Menyikapi pro kontra dampak komik di atas, ada beberapa hal yang sekiranya dapat dipertimbangkan untuk dilakukan oleh orang tua. Pertama, dampingi dan tumbuhkan sikap kritis pada anak ketika mereka membaca komik. Buka diskusi dengan akan mengenai isi cerita dalam komik yang dibacanya. Tanyakan kepada anak siapa tokoh yang disukai atau tidak disukai dan mengapa ia menyukai atau tidak menyukainya. Ajak pula anak untuk menilai dan mengkritik hal-hal yang relevan dengan kehidupan nyata. Misalnya mana yang baik dan buruk, mana yang layak ditiru dan mana yang tidak, dst.

Kedua, pilih komik yang sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak dan berikan komik dengan tema cerita yang bervariasi. Variasi tema ini dapat memberikan tambahan wawasan pengalaman yang beragam bagi anak.

Ketiga, seimbangkan antara kebutuhan berkebiatan pasif dan aktif. Membaca komik adalah jenia kegiatan pasif yang membuat anak tidak banyak bergerak, sedangkan kegiatan aktif adalah jenis kegiatan yang banyak menggerakkan tubuh. Kegiatan aktif akan mengembangkan kemampuan psikomotorik anak, sedangkan kebiasan membaca yang pasif ini lebih banyak menstimulasi kognisi intelektual anak. Maka agar psikomotorik maupun kognisinya berkembang, anak perlu dibiasakan untuk melakukan kedua jenis kegiatan tersebut secara seimbang.

M.M. Nimas Eki Suprawati, Psi., M.Si, dosen psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
Logged

smartie
bookaholic 书虫
Moderator
LX - Holic
*****

Reputation: 258
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 24.872


ღ smartie™ ღ

  • Awards http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=18693.0

  • WWW Awards
    « Reply #1 on: August 27, 2008, 10:08:40 pm »

    hidup komik!
    yah, asal bener aja konsumsinya
    sesuai rating dan umur
    Logged


    segala postingan yang menyinggung RAW/SCANS akan dihapus!
    sebelum bertanya, mohon baca FAQs FORUM dulu
    hindari penggunaan singkatan ga lazim! ini forum, bukan sms

    Please vote for J-Novel


    FYI: smartie is not an employee of Elex/KKG Tongue
    KeziHimu
    Ceroboh dan Kikuk!
    LX - Kidz
    LX - Evangelis
    *

    Reputation: 4
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 2.388


    WE ARE 20TH CENTURY BOYS!!


    Awards
    « Reply #2 on: August 27, 2008, 11:08:45 pm »

    Berarti sdh benar hobi gw adl membaca dan koleksi komik..Kan jadinya suatu saat bs menurun ke anak2 gw nantinya..Hehehe
    P'nyataan dr Camo diatas bs jadi acuan u/ mengembang luas kan komik dan memperlihat sisi positif komik ke masyarakat luas..
    Mngkn suatu saat nanti,komik bs dijadikan sarana u/ byk2 memberi pengetahuan..
    Logged

    Karena ada yang dibunuh maka dia membunuh...! Karena dia membunuh maka dia dibunuh...! Dengan begini benarkah pada akhirnya nanti akan terbentuk sebuah perdamaian!????
    By: Gundam Seed

    yeLLooow
    LX - Junior
    **

    Reputation: 0
    Offline Offline

    Posts: 188


    Awards
    « Reply #3 on: August 28, 2008, 07:03:56 am »

    nah ini dy..komik g cuman sisi negatif ja tapi ternyata da sisi positifny...
    Logged
    sawamura_sama
    Fujoushi on The Loose ♥
    AWARD DD
    LX - Frenzy
    *

    Reputation: 48
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 9.945


    okane ga nai...


    Awards
    « Reply #4 on: August 28, 2008, 08:05:11 am »

    nah ini dy..komik g cuman sisi negatif ja tapi ternyata da sisi positifny...
    pasti donk ada sisi positifnya juga Wink
    kena dampak negatif atau positif adalah tergantung gimana cara pemanfaatannya :)

    asik nih ada artikel yg jg 'membuka' wawasan soal sisi positif komik kyk gini :)
    Logged

    siskanaya
    LX - Kidz
    LX - Senior
    *

    Reputation: 17
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 1.592


    Awards
    « Reply #5 on: August 28, 2008, 08:47:16 am »

    Menurutku Yotsuba mungkin salah satu komik yg bawa nilai positif utk anak2. Isinya kan tentang kisah keseharian anak kecil umur 5 tahunan, yang berani dan selalu mau tahu.
    Anakku paling seneng nimbrung kalau aku baca komik ini, apalagi pas di buku ke-6 yang isinya tentang sepeda baru Yotsuba, pas dg waktu dia beli sepeda juga. Tapi kalau komik2 yang lain sih, kayak level comic, aku agak sembunyi2 bacanya, jauh dari anakku, takutnya pas dia nimbrung pas gambarnya belum sesuai dg usianya... susah neranginnya!
    Logged


    run, yotsuba, run, catch your dream~~
    light ^^
    otaku^-^
    Moderator
    LX - Frenzy
    *****

    Reputation: 116
    Offline Offline

    Gender: Female
    Posts: 5.194


    ^^


    Awards
    « Reply #6 on: August 28, 2008, 08:59:29 am »

    bravo komikk... yipeee... hehehehe
    Logged

    Member baru? atau iseng2 tanya? atau emang males cari2? dan kalian perlu penjelasan yang UMUM.. tolong ke link ini dulu http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=14103.0 terima kasih

    Micchi
    LX - Member
    ***

    Reputation: 2
    Offline Offline

    Posts: 718

    gogoichigo


    Awards
    « Reply #7 on: August 28, 2008, 11:45:38 pm »

    Hidup Komik :)...

    Thanks buat artikelnya  icon14

    Love, komik n peace  laughing
    Logged

    Klik untuk komik second harga bersahabat! :D
    --------------------------------------------------------------------


    beloved Heartbeat shortcut
    Pages: [1]   Go Up
    Print
    Jump to: