Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

607.337 Posts in 16.864 Topics- by 44.384 Members - Latest Member: randtecpensxi1975
Pages: 1 ... 48 49 50 51 52 53 54 [55] 56 57 58 59   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: [DISKUSI] Komik Elex Media Terlaris  (Read 227739 times)
0 Members and 2 Guests are viewing this topic.
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 67
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.892


Always Be 10!


Awards
« on: May 17, 2008, 05:44:00 pm »

Mau usul nih, gimana kalau ELEX menampilkan daftar buku-buku (komik/majalah/novel) ELEX terlaris per bulan. Misalkan di bulan MEI 2008 ELEX akan menampilkan daftar 50 komik terlaris bulan APRIL 2008 (bulan sebelumnya). Daftar-daftar ini didapat dari kuantitas pemesanan perwakilan-perwakilan ELEX se INDONESIA. Diharapkan daftar ini akan menjadi semacam acuan buat pembaca buku-buku ELEX dalam membeli komik.
« Last Edit: January 22, 2018, 02:52:00 pm by camolatte » Logged

 
Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #541 on: November 30, 2016, 11:21:44 am »

Gw rada heran sih dengan 1 serial cantik yang masuk top 50, ada yang baca? bagus? Soalnya threadnya sepi tapi tahu2 bisa melejit masuk :D

Saya tidak baca sih...

Tapi, faktornya itu nama besar mangaka-nya yang sudah terkenal dan punya artwork di atas rata-rata manga shojo Grin
Logged

You Just Try Again . . .
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.828


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #542 on: May 08, 2017, 03:44:06 pm »

BEST SELLER APRIL 2017 sudah di-update di SINI ya  Smiley



Kali ini:
- disajikan dalam 2 varian, satu menurut total per judul (A), satu lagi menurut rata-rata per jilid (B). Bingung? Lihat contohnya di bawah.
- % dibandingkan dengan yang nominal peringkat 1 saja, bukan dengan total peringkat 1-50 seperti sebelumnya. Misal jika 25%, artinya nominal penjualan judul tersebut hanya 25% dari penjualan judul peringkat 1.

Contoh:
judul P di periode X
jilid 01 terjual 10
jilid 02 terjual 20
jilid 03 terjual 50
jilid 04 terjual 100
A= 180
B= 180/4 = 45

judul Q di periode X
hanya jilid 10 yang terjual sejumlah 50
A=50
B=50

TLDR:
Data bestseller A menguntungkan judul dengan jumlah jilid banyak, sementara data bestseller B lebih seimbang.
« Last Edit: May 12, 2017, 01:10:19 pm by camolatte » Logged

kokuo sama
LX - Senior
****

Reputation: 36
Offline Offline

Posts: 823


araa !!! destroy de' world


WWW Awards
« Reply #543 on: May 08, 2017, 03:45:23 pm »

Ka Camo, kyknya tahunnya salah
Aq td sempat bingung, knp tiba2 2016 haaha~
Logged

Kuylah Baca Ceritaku #NDsWattpad #NDsStory >,<
https://www.wattpad.com/user/Endy_UKilled

Image Hosting bermasalah, menyebabkan gambar jadi tak kasat mata

Mau baca Ripiu Abal-abal? Cek #NDsReview #NDsCollectionn di IG aku~
https://www.instagram.com/Endy_UKilled/

Difollow yak //plak
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 444
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.828


Critter of Vox Machina~


WWW Awards
« Reply #544 on: May 08, 2017, 03:50:00 pm »

@kokuo
ah sudah ganti yang di judul thread, lupa ganti yg di dalam :D thank you, sudah kukoreksi~
Logged

REX
Imut dan lucu
LX - Kidz
LX - Frenzy
*

Reputation: 176
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 6.665


Why so serious, desu?


Awards
« Reply #545 on: May 08, 2017, 03:56:11 pm »

Masih didominasi judul-judul yang udah punya nama yah... Emang sih selalu ada resiko ke dompet, tapi saya ngarep lebih banyak pembaca yang berani melirik judul-judul underrated bin misterius, minimal pinjem volume-volume awal di rental untuk icip dan bahan pertimbangan. Banyak kok judul yang ternyata bagus...
Logged
toskaaa
Guest
« Reply #546 on: May 13, 2017, 11:06:35 am »

Masih didominasi judul-judul yang udah punya nama yah... Emang sih selalu ada resiko ke dompet, tapi saya ngarep lebih banyak pembaca yang berani melirik judul-judul underrated bin misterius, minimal pinjem volume-volume awal di rental untuk icip dan bahan pertimbangan. Banyak kok judul yang ternyata bagus...
Ya kalo menurut aku sih gk usah terbitin aja yg gk terkenal, rugi ke penerbit jg kan sedikit yg beli... malah menurut aku banyak komik yg terkenal malah gk diterbitin di sini dan yg suka dama komiknya banyak di sini, contohnya oyasumi punpun
Dan menurut aku mendingan terbitin komik yg terkenal tapi udah tamat dari dari pada komik baru yang masih ongoing... agak susah ngikutinnya kan gk tau sampai kapan tuh bakal tamat dan kalo lupa beli tau" udah abis aja ch barunya
« Last Edit: May 13, 2017, 11:09:36 am by toskaaa » Logged
Sufyan Hakim
LX - Junior
**

Reputation: 43
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 227


Darker than Black


Awards
« Reply #547 on: May 13, 2017, 05:06:28 pm »

Ya kalo menurut aku sih gk usah terbitin aja yg gk terkenal, rugi ke penerbit jg kan sedikit yg beli... malah menurut aku banyak komik yg terkenal malah gk diterbitin di sini dan yg suka dama komiknya banyak di sini, contohnya oyasumi punpun
Dan menurut aku mendingan terbitin komik yg terkenal tapi udah tamat dari dari pada komik baru yang masih ongoing... agak susah ngikutinnya kan gk tau sampai kapan tuh bakal tamat dan kalo lupa beli tau" udah abis aja ch barunya

Kalau komik yang masuk ke Indonesia hanya komik yang populer saja, sepertinya justru akan lebih banyak membuat para pencinta komik tidak setuju dan tidak bahagia... Smiley Justru adanya komik-komik "tidak populer/terkenal" yang bisa dibawa masuk atau diperkenalkan oleh Elex, misalnya, harus kita hargai dan syukuri thumb up

Selain karena faktor subjektif, masing-masing orang memiliki selera berbeda-beda terhadap komik, ada juga faktor "kebosanan" terhadap judul/pengarang/genre yang itu-itu saja. Dengan adanya banyak pilihan, tentunya membawa variasi dan warna tersendiri.

Apa jadinya kalau komik yang diterbitkan di Indonesia hanya yang terkenal saja? "Kebosanan" tentu menjadi akibat yang pertama dan utama yang akan muncul. Misalnya, serial Naruto, orang-orang menonton adaptasi animenya, membaca sc*nlation-nya, kemudian membeli komik cetakan Elex-nya. Dari hal ini saja, satu komik/cerita setidaknya seakan-akan dibaca 3 kali. Dari sisi inilah, bisa saja muncul "keseruan" saat membaca komik yang (benar-benar) baru kita ketahui, membaca tanpa unsur spoiler tentunya menjadi sangat menegangkan, membuat penasaran, dan menyenangkan Cheesy

Coba bayangkan jika Elex (dan penerbit komik lainnya) tidak mau ambil pusing dengan judul-judul yang tidak terkenal, para pencinta komik Indonesia tentunya tak akan mengenal komik-komik lain yang kemungkinan adaptasi anime-nya tidak (akan) ada (termasuk juga tidak ada di situs-situs sc*nlation). Seumur hidup mungkin kita tak akan tahu keberadaan judul tersebut.

Untuk komik populer yang belum masuk, tentu dari pihak Elex juga mengetahui judul-judul mana yang populer tersebut. Dan perlu dicermati kembali, justru karena statusnya yang terkenal/populer itulah yang membuatnya menjadi "mahal" dan "sulit" untuk dibawa masuk ke Indonesia Wink
Logged

You Just Try Again . . .
toskaaa
Guest
« Reply #548 on: May 13, 2017, 08:44:56 pm »

Kalau komik yang masuk ke Indonesia hanya komik yang populer saja, sepertinya justru akan lebih banyak membuat para pencinta komik tidak setuju dan tidak bahagia... Smiley Justru adanya komik-komik "tidak populer/terkenal" yang bisa dibawa masuk atau diperkenalkan oleh Elex, misalnya, harus kita hargai dan syukuri thumb up

Selain karena faktor subjektif, masing-masing orang memiliki selera berbeda-beda terhadap komik, ada juga faktor "kebosanan" terhadap judul/pengarang/genre yang itu-itu saja. Dengan adanya banyak pilihan, tentunya membawa variasi dan warna tersendiri.

Apa jadinya kalau komik yang diterbitkan di Indonesia hanya yang terkenal saja? "Kebosanan" tentu menjadi akibat yang pertama dan utama yang akan muncul. Misalnya, serial Naruto, orang-orang menonton adaptasi animenya, membaca sc*nlation-nya, kemudian membeli komik cetakan Elex-nya. Dari hal ini saja, satu komik/cerita setidaknya seakan-akan dibaca 3 kali. Dari sisi inilah, bisa saja muncul "keseruan" saat membaca komik yang (benar-benar) baru kita ketahui, membaca tanpa unsur spoiler tentunya menjadi sangat menegangkan, membuat penasaran, dan menyenangkan Cheesy

Coba bayangkan jika Elex (dan penerbit komik lainnya) tidak mau ambil pusing dengan judul-judul yang tidak terkenal, para pencinta komik Indonesia tentunya tak akan mengenal komik-komik lain yang kemungkinan adaptasi anime-nya tidak (akan) ada (termasuk juga tidak ada di situs-situs sc*nlation). Seumur hidup mungkin kita tak akan tahu keberadaan judul tersebut.

Untuk komik populer yang belum masuk, tentu dari pihak Elex juga mengetahui judul-judul mana yang populer tersebut. Dan perlu dicermati kembali, justru karena statusnya yang terkenal/populer itulah yang membuatnya menjadi "mahal" dan "sulit" untuk dibawa masuk ke Indonesia Wink
Yakin? Yg terkenal (di jepangnya) banyak yg bagus loh bukan cuma genre aksi semacam naruto dan sebagainya, kan seperti aku post sebelumnya lebih baik terbitin komik yang sudah tamat... yg populer (di jepangnya) jg belum tentu ada di web scanlation haha.. mengumpulkan peminat dulu saja biar banyak yang beli lalu baru kalau suasana pasarnya semakin bagus baru terbitin komik" yg gk terkenal

Mungkin ada jg pembaca bosan karena yang terbit hanya itu" saja (komik yang masih ongoing dan tidak tau kapan akan tamat) mau beli juga malas karena sudah ketinggalan jauh

Iya memang susah masuk sini hehe...
« Last Edit: May 13, 2017, 08:49:21 pm by toskaaa » Logged
skow
LX - Junior
**

Reputation: 32
Offline Offline

Posts: 231



Awards
« Reply #549 on: May 13, 2017, 10:18:28 pm »

@Sufyan setujuuuuuhhh....
ga bisa ngebayangin kalau penerbit di sini hanya mengambil judul2 yang mainstream saja...padahal masih banyak komik2 yang tidak terkenal dan underrated yang bagus...bersyukur penerbit sini mau berusaha menerbitkan walau beberapa berakhir menjadi 'komik yang kurang dicintai' Sad

@toskaaa sepertinya pernah baca kalau rata2 penerbit jepang lebih fokus untuk menjual judul yang sedang ongoing daripada judul2 yang sudah tamat...lagipula keputusan terbesar tetap ada pada penerbit jepang, entah mau kasih izin terbit atau tidak....mungkin saja komik2 terkenal seperti oyasumi punpun, dll sudah di request oleh penerbit sini, tapi belum/tidak mendapatkan respon dari pihak jepang...
« Last Edit: May 13, 2017, 10:51:55 pm by skow » Logged
weisswald
LX - Senior
****

Reputation: 87
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.007


Fino Alla Fine


Awards
« Reply #550 on: May 14, 2017, 08:45:53 am »

@toskaa
Ga usah bawa2 manga scan,krn ilegal san merugikan yg legal. Setuju sama skow,lebih menguntungkan jual produk "baru", karena tiap produk punya masa hidup.
Logged

Truth becomes fiction when the fiction's true;
Real becomes not-real where the unreal's real.
Pages: 1 ... 48 49 50 51 52 53 54 [55] 56 57 58 59   Go Up
Print
Jump to: