Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.240 Posts in 16.737 Topics- by 41.708 Members - Latest Member: AllianaCeani
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahKOMPUTERFeedback (Moderator: Vincent)Kritik/saran untuk buku-buku komputer!
Poll
Question:
Masukanmu untuk buku komputer Elex Media (penjelasannya dipost di bawah ya)
Isinya - 5 (83.3%)
Harganya - 1 (16.7%)
Fisiknya (Cover, ketebalan, dll) - 0 (0%)
Penulisnya - 0 (0%)
Distribusinya - 0 (0%)
Lain-lain (yg pilih ini, post di bawah ya detilnya) - 0 (0%)
Total Voters: 5

Pages: 1 2 3 4 5 [All]   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Kritik/saran untuk buku-buku komputer!  (Read 37557 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« on: May 27, 2008, 03:28:06 pm »

1. Sebagian buku-buku komputer ELEX (buku saya baca itu PHOTOSHOP) karya anak bangsa kualitas tulisannya sangat mengecewakan! Mohon maaf sebelumnya tetapi ini memang kenyataan. Judulnya memang sangat menjanjikan dan di sampul depan ditulis seolah-olah bahwa isinya sangat bermutu dikhususkan sampai mahir. Tetapi setelah dibaca ternyata isinya cuman dasar-dasar doank. Saya rasa ada baiknya ELEX menyaring buku-buku yang mau diterbitkan. Kalau perlu editornya berbeda untuk topik-topik berbeda. Misalnya kalau editor buku-buku PHOTOSHOP haruslah mahir PHOTOSHOP atau minimal memahami tentang PHOTOSHOP.

2. Satu lagi kekurangan buku-buku terbitan ELEX. Entah disengaja atau tidak khusus buku-buku yang tebal sengaja teorinya yang dibanyakin bukan prakteknya. Dan teorinya kebanyakan hanya didasarkan pada menu HELP saja dan bukan pada buku referensi. Alhasil yang membaca jadi tambah bingung. Alangkah baiknya kalau ELEX memuat motto : "SINGKAT, PADAT dan JELAS". Terlebih lagi kalau buku-buku yang tebal itu harganya relatif lebih mahal dan mungkin tidak terjangkau untuk sebagian kalangan peminat informatika.

3. Oh ya satu lagi yang sangat mengganggu saya adalah tidak adanya DAFTAR PUSTAKA. Seolah-olah penulis adalah orang hebat yang tidak memerlukan bahan rujukan dalam membuat tulisannya atau bisa jadi penulis takut ketahuan kalau buku yang ditulisnya itu 'contekan' dari buku lain. Ini jelas sangat-sangat tidak etis! Sangat tidak mungkin seorang menulis buku tanpa adanya bahan referensi. Alangkah baiknya ELEX menetapkan kebijakan kepada penulis bahwa buku-buku komputer yang ditulis wajib mencantumkan DAFTAR PUSTAKA. Saya sendiri aja bisa PHOTOSHOP setelah membaca berpuluh-puluh buku PHOTOSHOP jadi rasanya mustahil khan ada orang yang bisa tulis buku tanpa membaca buku-buku referensi?
« Last Edit: December 01, 2010, 12:03:31 pm by BEN 10 » Logged

 
Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #1 on: May 27, 2008, 03:45:41 pm »

terima kasih atas masukannya..
sebagai pemerhati buku, saya jg turut bersedih atas 3 poin2 di atas.

1 >> anda harus ingat.. don't judge book from it's cover. tp anda jg ada sedikit kesalahan.. buku yg diberikan ditujukan untuk pemula jadi memang sulit untuk kita yang sudah faham Photoshop menerimanya. Penyaringan sudah dilakukan oleh LXO, tetapi bila ternyata anda tak puas.. yah kita bisa bilang.. manusia jg ada kekurangannya

2 >> teori adalah base dari pengetahuan. Tapi saya ngak bs bilang tanpa teori km akan bs berhasil lho. Prakteknya justru lebih sedikit mungkin karena gambar? masalahnya.. untuk praktek diharuskan memberi gbr jadi seolah itu sedikit.. tetapi tidak.. itu sudah banyak.
SIngkat, padat dan jelas?? itu saran bagus sayangnya kita harus memikirkan.. buku yg diberikan di targetkan untuk siapa dahulu.. kl singkat takutnya malah ngak JELAS/tersampaikan.

3 >> daftar pustaka tak ada kemungkinan penulis memang menulis berbekal dari HELP jadi otomatis ngak ada daftar pustaka. kemungkinan lain dia dapet dari internet tp apapun bukunya.. kl tanpa daftar pustaka itu tidak boleh.. walau itu dari internet sekalipun.


*saran anda bagus kok
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
dj_oke
LX - Noob
*

Reputation: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 43


Everyday Is Inspiration


WWW Awards
« Reply #2 on: May 28, 2008, 10:12:42 am »

kalau buku Photoshop tidak menggunakan daftar isi kemungkinan buku itu berupa buku seri latihan, dimana penmulisnya menggunakan kreativitas sendiri. Maksudnya menggunakan daya hayal dia dalam membuat buku, tidak mencontoh buku orang lain atau sumber lain.Kalau seperti ini biasanya penulis2 tertentu saja yang memang sudah jago dalam urusan buku photoshop. Tetapi memang baiknya kalau buku yg dapet dari referensi, mending ditulis daftar isinya, saya juga demikian ada beberapa buku yg saya cantumkan sumbernya(ini sebagai bentuk penghargaan).
Saya lebih prefare menggabungkan banyak teori dan banyak gambar untuk sebuah buku.
Logged

Aku yakin Bisa Hidup dari Menulis Buku !!!

MataMaya Studio-tempatnya naskah buku berkualitas
 *Link Removed*
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #3 on: June 03, 2008, 06:07:53 pm »

@dj_oke, boleh kasih saran?

1. Dalam PHOTOSHOP yang pertama sekali yang perlu dipelajari adalah teknik dasar perbaikan foto dan fasilitas HISTORY. Kenapa? Karena perbaikan foto dasar hanya menggunakan CLONE STAMP, PATCH, HEALING BRUSH, DODGE, BURN, SMUDGE tool saja dan dalam PHOTOSHOP membutuhkan banyak undo yang disediakan oleh HISTORY. Lagian photoshop pada awalnya memang dikhususkan untuk perbaikan foto.

2. Selanjutnya barulah diajarkan tentang seleksi, layer, dsb. Khusus untuk seleksi perlu dibahas pentingnya option bar ADD FROM SELECTION dan SUBTRACT FROM SELECTION. Kalau perlu pake contoh kasus.

3. Teknik lanjutan seperti CHANNEL itu diperkenalkan akan tetapi juga mesti dijelaskan apa yang membedakannya dengan seleksi biasa. Kemudian LAYER MASK juga dijelaskan fleksibilitas dan mengapa sangat disarankan dipakai.

4. Untuk masing-masing pembahasan hendaknya disertai dengan sejumlah praktek.

5. Kesimpulannya untuk menjelaskan PHOTOSHOP sebagai gamblang alangkah baiknya dijelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing fasilitas secara garis besar saja jadi menggunakan metode 'sistem perbandingan'. Jangan orang tau menggunakan LAYER MASK tapi tidak tau mengapa harus menggunakan LAYER MASK. Kalau saya pribadi sih menggunakan LAYER MASK karena tidak mesti potong-potong gambar tapi tinggal kuas hitam untuk menghilangkan dan putih untuk membalikkannya saja.
« Last Edit: June 03, 2008, 06:14:59 pm by BEN 10 » Logged

Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #4 on: June 03, 2008, 06:10:20 pm »

ben10:
masalahnya kt liat dahulu bukunya.. ada buku yg tutorial langsung dan tutorial dasar. saran km bagus kok
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
jegan2000
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 3


Awards
« Reply #5 on: February 20, 2009, 06:51:43 pm »

klo saran saya sih utk buku2 komputer(terutama programming) jangan banyak di teori aja tp tutorial/langkah2(praktek) membuat programnya juga dibanyakin.barusan saya ke gramed & liat2 buku Mastering Java terbitan Elex(kebetulan ada yg ga diplastikin disono) & menurut saya antara teori dan prakteknya ga imbang(lebih banyak teori & praktek bikin programnya cuma 3 buah).

trus satu lagi,saya berharap agar Elex Media bisa lebih banyak menerbitkan judul2 buku komputer utk tingkat mahir,karena selama ini saya lihat kebanyakan yg ada untuk tingkat pemula & menengah(biarpun di back cover ditulis utk tingkat mahir).kayak buku panduan Exam MCSE yg baru2 ini terbit itu udah usaha yg bagus dr Elex kok.saya harap sih Elex mau menerbitkan buku panduan ujian exam CCNA 640-802 (edisi terbaru yg ditulis oleh Todd Lammle & diterbitkan Sybex) ke dlm bahasa indonesia.saya ingat Elex pernah nerbitin yg edisi lama(CCNA 640-801),sayangnya buku itu udah ga up-to-date lagi krn perubahan kurikulum CCNA.
Logged
Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #6 on: February 21, 2009, 01:17:54 pm »

tingkat mahir ngak usah baca buku
lagian kl tingkat mahir malah bikin buku.

>>jangan banyak di teori aja tp tutorial/langkah2(praktek)
km mencari buku yg salah.. km hrs cari buku Tutorial bukan buku paduan programing

>>menurut saya antara teori dan prakteknya ga imbang(lebih banyak teori & praktek bikin programnya cuma 3 buah).

boleh juga seh
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
jegan2000
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 3


Awards
« Reply #7 on: February 22, 2009, 10:15:25 am »

@atas gua
tingkat mahir ga usah baca buku??anda hidup di dunia mana nih??baru tau saya klo orang mau jadi mahir ga usah belajar(baca buku).saya selama di hidup sih ga pernah nemuin ada orang yg jadi mahir secara instan(tanpa belajar).bill gates aja perlu belajar banyak lho utk bisa sukses seperti skrng ini.silakan dicoba aja sih klo mang anda percaya bisa mahir tanpa belajar(jangan salahin siapa2 ya klo ada apa2).

>>km mencari buku yg salah.. km hrs cari buku Tutorial bukan buku paduan programing
gimana ga salah buku,bedain antara buku tutorial & panduan aja susah(terutama buku elex).blom keterangan di back cover kadang suka misleading,ditambah ga semua buku disediain sample unitnya di toko buku.
Logged
parendenaburju
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 2


Awards
« Reply #8 on: April 23, 2009, 04:35:22 pm »

heheh..orang baru bingung gua.
saya udah tulis di quick reply koq nggak nongol2, gua binun.heheh
saya ulang lagi deh.
kalau menjual ebook(softcopy) yang kita buat tetapi belum diterbitkan oleh Penerbit ( Elexmedia ato yg laen), lalu dijual lewat internet melanggar haki nggak iya ? tolong dong gua bingung masih awam baru menulis sih.
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #9 on: April 24, 2009, 12:57:53 pm »

jika anda pengarangnya dan anda tidak bertujuan untuk mencetak buku itu suatu saat via penerbit, g rasa tidak apa-apa sih.
Logged

parendenaburju
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 2


Awards
« Reply #10 on: April 27, 2009, 09:58:29 am »

jika anda pengarangnya dan anda tidak bertujuan untuk mencetak buku itu suatu saat via penerbit, g rasa tidak apa-apa sih.
ooh..begitu iya. kalau tanpa ISBN boleh kagak ??
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #11 on: May 06, 2010, 08:46:21 am »

Sudah cukup lama sejak terakhir ada diskusi dan masukan yang spesifik buku komputer. Mari kita diskusi lagi yuk, setelah 1 tahun kemudian, bagaimana pendapat teman-teman tentang buku komputer Elex? Apakah ada masukan? Apakah ada kendala memperolehnya? dan sebagainya. Polling singkat jg sudah dibuat di atas.

Semua masukan akan sangat dihargai dan akan kami evaluasi wave
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #12 on: May 06, 2010, 08:55:12 am »

Sudah cukup lama sejak terakhir ada diskusi dan masukan yang spesifik buku komputer. Mari kita diskusi lagi yuk, setelah 1 tahun kemudian, bagaimana pendapat teman-teman tentang buku komputer Elex? Apakah ada masukan? Apakah ada kendala memperolehnya? dan sebagainya. Polling singkat jg sudah dibuat di atas.

Semua masukan akan sangat dihargai dan akan kami evaluasi wave

Khusus pemrograman database dengan ms sql server / mysql isinya cuman dasar-dasar doank. Mestinya kalau bisa dijelaskan bagaimana membuat koneksi klien dan server via ms sql server / mysql. Maksudnya bagaimana 20 unit klien bisa mengakses database di server. Yang dijelaskan cuman pemrograman doank. Kalau itu berarti penulisnya kasih ilmu cuman setengah-setengah doank. argg
Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #13 on: May 07, 2010, 07:44:24 am »

Ok, thanks untuk masukannya. Ada lagi selain buku programming, ben? Temen lain selain ben?
Logged

n1sh1k4ze
LX - Kidz
LX - Senior
*

Reputation: 34
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.043

鉢月


WWW Awards
« Reply #14 on: May 07, 2010, 10:09:32 am »

Cuma ingin mengomentari soal satu buku yang mengupas soal cari uang di internet. Namun, saya lupa judulnya. Mohon maaf yang sebesar-besarnya Ada satu cara yang disinggung penulis untuk mendapatkan uang dari internet yang bikin saya ketawa ngakak. Caranya adalah: download free e-book tentang sesuatu, lalu ganti judul e-book itu sesuai kreativitas anda, dan pasarkan e-book sebagai karya anda dengan memungut bayaran di internet. nn; Bukannya itu scamming, ya?
Logged



Lebih baik manga asli daripada download atau baca mangascans
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #15 on: July 21, 2010, 03:58:47 pm »

Cuma ingin mengomentari soal satu buku yang mengupas soal cari uang di internet. Namun, saya lupa judulnya. Mohon maaf yang sebesar-besarnya Ada satu cara yang disinggung penulis untuk mendapatkan uang dari internet yang bikin saya ketawa ngakak. Caranya adalah: download free e-book tentang sesuatu, lalu ganti judul e-book itu sesuai kreativitas anda, dan pasarkan e-book sebagai karya anda dengan memungut bayaran di internet. nn; Bukannya itu scamming, ya?

Iya tapi namanya juga cari duit. Metode baik dan buruk juga perlu dijelaskan sebagai perbandingan. biggrin
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #16 on: August 05, 2010, 09:05:46 pm »

Cuman mau mengomentarin buku2 komputer yang udah diterbitkan oleh ELEX.

1. Untuk buku2 Photoshop, saya memberikan acungan jempol untuk karya2 mas Jontefon (Langsung Pinter Photoshop) dan Slamet Riyadi (Digital Imaging Series). Meski harganya lumayan mahal (karena full colour) tetapi ilmu yang didapat sungguh tak berhingga. clap

2. Untuk buku2 Internet khususnya karangan mas Th0r emang top abis.


3. Melanjutkan komentar saya sebelum2nya, untuk buku2 pemrograman2 mungkin masih perlu banyak peningkatan. Selama ini saya tidak pernah menemukan buku yang menjelaskan cara pembuatan program selengkap2nya. Contoh misalkan mau buat program stok dan utang dengan sql server.
(a) Tidak pernah dijelaskan bagaimana cara merancang basis datanya
(b) Tidak pernah dijelaskan bagaimana cara mengkonfigurasi SQL server pada komputer client dan komputer server sehingga bisa didapatkan hubungan client-server
(c) Kalau listing programnya sih saya lihat sudah lengkap

Untuk yang kuliah jurusan komputer saya rasa point (b) bisa menjadi masalah (kalau pas kuliah tidak diajarin setting client-server pada sql server) karena point (a) sudah didapatkan pada mata kuliah Basis Data (teori normalisasi, UML, dll)

Tetapi bagi orang awam maka point (a) dan (b) menjadi masalah karena sama sekali belum dipelajari.

Pertanyaannya sekarang adalah buku2 pemrograman tersebut mau dijual ke siapa kalau yang awam dan yang kuliah jurusan komputer aja bingung membacanya?


Mohon maaf kalau ada kata2 saya yang tidak berkenan. Tetapi kritik ini murni dari hati saya yang terdalam biggrin

Catatan:
* Usul nih. Sebelum release game kan ada yang namanya Beta Tester yang fungsinya memeriksa semua error yang terjadi pada game. Nah bagaimana kalau ada Beta Tester (dari kalangan dosen/mahasiswa) untuk buku2 komputer terbitan ELEX. Jadi mereka dikasih baca dan praktekkan tuh buku. Terus ditanyakan berapa % yang sudah mereka pahami dari buku yang dibaca tersebut. Terus kira2 apa yang perlu dihilangkan dan ditambahkan pada buku tersebut. Gampangnya sih kalau ELEX menjalin kerjasama dengan universitas/institut komputer.
« Last Edit: August 05, 2010, 09:08:42 pm by BEN 10 » Logged

B.la
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Gender: Female
Posts: 13


Awards
« Reply #17 on: August 11, 2010, 08:19:23 am »

· Terima kasih atas kritik, masukan, serta pujiannya. Masukan seperti ini sangat berarti bagi kami utk memperbaiki konten buku-buku terbitan kami selanjutnya. Khusus buku Photoshop, akan terus kami kembangkan & bikin varian judul-judulnya utk kepuasan pembaca.

· Khusus buku internet (hacking) karangan THOR, juga akan kami terbitkan lagi varian judulnya. Cuma memang mohon maaf mungkin agak lama proses penyusunannya hingga buku terbit karena pengarang ybs sangat sibuk.

· Terkait konten buku-buku pemrograman, memang kami akui belum ada yg  lengkap 100%. Pembaca mau tidak mau harus membeli beberapa buku sekaligus jika ingin mendapatkan info lengkap sesuai yg mereka butuhkan. Kami akui utk membuat buku yg sangat lengkap & bisa mengakomodasi semua kalangan, baik pemula mapun mahir, tidaklah mudah. Selain susah mendapatkan pengarangnya, harga jualnya pun mungkin akan mahal karena jumlah halaman bukunya pasti akan semakin tebal. Tapi ini tantangan buat kami. Semoga kami bisa memberikan solusi terbaik utk para pembaca. Dan jika boleh saya menanyakan, maksudnya perancangan basis datanya bagaimana ya? apakah nama field, tipe data, dll.. apakah seperti itu?

· Utk tester program, selama ini kami memang mempercayakan sepenuhnya ke pengarang yg menulis buku tsb. JIka harus melakukan test dulu ke mahasiswa atau dosen, tentu akan butuh waktu agak lama utk persiapannya. Tapi coba akan kami pertimbangkan & diskusikan dgn para pengarang.


thanks

« Last Edit: August 11, 2010, 09:43:04 am by B.la » Logged

Noone can ever be me ^^
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #18 on: August 15, 2010, 03:35:18 pm »

1. Terkait konten buku-buku pemrograman, ... dan jika boleh saya menanyakan, maksudnya perancangan basis datanya bagaimana ya? apakah nama field, tipe data, dll.. apakah seperti itu?

2. Utk tester program, selama ini kami memang mempercayakan sepenuhnya ke pengarang yg menulis buku tsb. JIka harus melakukan test dulu ke mahasiswa atau dosen, tentu akan butuh waktu agak lama utk persiapannya. Tapi coba akan kami pertimbangkan & diskusikan dgn para pengarang.

1. Perancangan basis data yang didalamnya membahas teknik-teknik perancangan tabel (normalisasi, model data, UML). Jadi misalkan yang dibahas adalah pemesanan tiket pesawat terbang. Mestinya dijelaskan metode perancangannya sampai bisa dihasilkan sekian banyak tabel dalam satu database yang terhubung satu sama lain. Kalau dulu saya belajar sistemnya adalah sbb:
a. Diambil sample sebanyak 10 bh tiket pesawat terbang (dipilih mana yang perlu dijadikan field atau tidak)
b. Kemudian dilakukan normalisasi terhadap tabel tersebut (normal-1 s/d normal-3, kalau perlu sampai normal-5)
c. Didapatkan sejumlah tabel yang terhubung satu sama lain dari normalisasi tersebut

2. Biasanya kan sang pengarang buku2 pemrograman adalah dosen jadinya kan mahasiswanya bisa dijadikan kelinci percobaan biggrin
« Last Edit: August 15, 2010, 03:37:21 pm by BEN 10 » Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #19 on: November 08, 2010, 07:37:40 am »

Judul Buku Komputer yang dikritik: Digital Imaging Series--Digital of Art
Faktor kritik: Visual
Keterangan kritik:
* hal 34, langkah (1): gambar ukuran height 100 px (mestinya 1000 px)

Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #20 on: November 09, 2010, 09:47:36 am »

Thank you untuk masukannya, Ben, akan disampaikan ke editornya :)
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #21 on: November 29, 2010, 08:03:54 am »

Judul Buku Komputer yang dikritik: Digital Imaging Series--Youth Style Design
Faktor kritik: Editan Bahasa
Keterangan kritik:
* hal 42, langkah (12): mestinya pilih layer Model terlebih dahulu
* hal 50, langkah (41): mestinya Petir1 bukan Petir3
* hal 55, langkah (2): mestinya tampilkan mistar (CTRL+R) terlebih dahulu
* hal 56, langkah (5): mestinya "Leaf Ornament 1" dicetak merah
« Last Edit: November 30, 2010, 08:48:42 am by BEN 10 » Logged

n1sh1k4ze
LX - Kidz
LX - Senior
*

Reputation: 34
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.043

鉢月


WWW Awards
« Reply #22 on: November 30, 2010, 07:10:45 pm »

Lha, Ben? Ini thread "Saran untuk buku-buku komputer!", 'kan? Kok, tahu-tahu kamu masukin kritik di sini? Rasanya agak OOT, IMHO. nn;
Logged



Lebih baik manga asli daripada download atau baca mangascans
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #23 on: December 01, 2010, 11:59:01 am »

Lha, Ben? Ini thread "Saran untuk buku-buku komputer!", 'kan? Kok, tahu-tahu kamu masukin kritik di sini? Rasanya agak OOT, IMHO. nn;

Kuubah deh judul topiknya biggrin
« Last Edit: December 01, 2010, 12:03:17 pm by BEN 10 » Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #24 on: September 25, 2011, 01:50:42 pm »

Saran nih, untuk ke depannya hendaknya buku komputer yang membahas aplikasi freeware (atau open source) diperbanyak karena:
* berhubung freeware makanya file installer-nya bisa disertakan di CD pendukung buku (tanpa perlu cari-cari versi bajakannya)
* kualitas freeware sekarang sudah dibilang setara dengan yang profesional (atau retail) seperti Blender, GIMP, TrueSpace, SketchUp, PhotoScape, Picasa, Java (dengan Eclipse atau NetBeans), C++ (dengan CodeBlocks+MingW)
* syukur-syukur kalau bisa mengarahkan pembaca untuk beralih ke freeware karena selama ini buku-buku yang dibahas kebanyakan adalah versi retail sedangkan sudah menjadi rahasia umum kalau kemudian pembaca berlomba-lomba mencari versi bajakannya

Jadi kalau bisa membuat hasil yang sama dengan freeware ngapain mesti pake yang retail? mikir
« Last Edit: September 25, 2011, 01:57:51 pm by BEN 10 » Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #25 on: September 26, 2011, 01:55:13 pm »

@Ben10
Thank you utk sarannya, Ben, akan kusampaikan ke teman-teman editor buku komputer Smiley
Logged

saint
VIP Members
LX - Member
***

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« Reply #26 on: September 29, 2011, 10:34:36 am »

@riezma
pertama sekali terima kasih ya pujiannya untuk buku tips ipad..  thanks
mengenai pertanyaan buku yang ditulis dalam instruksi bahasa indonesia, bisa dijelaskan lebih detail?..
mungkin maksudnya menu-menu dalam bahasa indonesia ya?.. kalau ini, mohon maaf sepertinya buku kami belum ada yang menggunakan itu..

tapi berdasarkan pengalaman rekan kami, saat masuk ke App Store, dan mengubah bahasa menjadi indonesia, tetap saja yang tampil adalah bahasa inggris.. jadi sepertinya produk apple belum terlalu men-support bahasa indonesia ^^

semoga membantu..
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
saint
VIP Members
LX - Member
***

Reputation: 11
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 370

i come, i learn, i do my best


Awards
« Reply #27 on: September 29, 2011, 01:10:15 pm »

@riezma

oh ya saya paham maksudnya.. untuk buku Koleksi Lengkap Tip & Trik iPad memang terpisah pembahasannya karena konsepnya seperti itu..
saya belum pasti juga tapi sepertinya judul di bawah ini bisa membantu anda ya..
judul: Step by Step iPad
ID: 121111439

topik mengunduh lagi dan lainnya bukannya sudah ada di bagian App Store ya..
ada berbagai hal gratis dan berbayar di sana ^^

oya, bulan depan akan keluar buku Game Terbaik iPad, lengkap dengan tip-trik dan walkthrough (panduan dan cheat) untuk beberapa game..
mungkin untuk anak Anda akan cocok ya, ahhaaaaa..

terima kasih..
Logged

i love financial planning..
i love socializing..
i am me :D
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #28 on: February 18, 2012, 01:06:28 pm »

Usul nih, biasanya program-program komersial itu kan ada versi trialnya... Nah baiknya disertakan ke dalam DVD bawaan buku... Misalkan, sekarang membahas PANDUAN LENGKAP PHOTOSHOP CS5 baiknya disertakan juga software PHOTOSHOP CS5 yang versi trial... Hal ini akan menjangkau pembaca yang tidak memiliki software-nya (atau sekedar pengen coba-coba dulu)...
Logged

cityhunter
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 6


Awards
« Reply #29 on: September 04, 2012, 07:19:52 pm »

Buku yang ngebahas freeware tolong diperbanyak yaaa, berhubung freeware adalah software gratis jadi bukunya juga gratis dan tinggal download gitu saja. Peace yaaaaa
Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #30 on: September 05, 2012, 09:32:47 am »

Buku yang ngebahas freeware tolong diperbanyak yaaa, berhubung freeware adalah software gratis jadi bukunya juga gratis dan tinggal download gitu saja. Peace yaaaaa
Kalau begitu tunggu ada yang mau mensubsidi penulis2nya menulis tanpa mendapat royalti ya~ Grin
Logged

kaklala
LX - Noob
*

Reputation: 1
Offline Offline

Posts: 49


Awards
« Reply #31 on: September 05, 2012, 11:43:40 am »

udah ada yang nyaranin buku" tentang linux server ga...??
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #32 on: September 06, 2012, 09:54:56 am »

sepertinya peminatnya sih sedikit utk topik itu :)
Logged

Hazuno_Cherry
Guest
« Reply #33 on: October 30, 2012, 06:02:35 pm »

Saya baru bingung cari buku hacking dan cracking (nggak banyak dipasaran)buat bahan novel saya. Mungkin karena 2 hal tersebut termasuk cyber crime makanya nggak banyak yang nulis. Btw, apa Elex menerbitkan buku tentang dua hal tersebut atau salah satunya? 
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #34 on: October 31, 2012, 09:40:47 am »

Saya baru bingung cari buku hacking dan cracking (nggak banyak dipasaran)buat bahan novel saya. Mungkin karena 2 hal tersebut termasuk cyber crime makanya nggak banyak yang nulis. Btw, apa Elex menerbitkan buku tentang dua hal tersebut atau salah satunya? 
Wah, Elex banyak malah menulis buku2 seputar itu untuk kategori IT Security. Coba intip deh di sini utk hasil search dgn kata kunci "hack" pada Gramedia.com ini. ;)
Logged

Hazuno_Cherry
Guest
« Reply #35 on: October 31, 2012, 11:39:14 am »

Terima kasih Camolette-san!!!  notworthy
saya cari2 dulu deh yang sesuai sama kebutuhan  type
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #36 on: November 01, 2012, 09:24:35 am »

sama-sama Cool Semoga ketemu yg cocok ya, tapi jangan dipakai buat jahatin orang lho :)
Logged

aannaa
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 1


Awards
« Reply #37 on: May 31, 2014, 06:15:05 am »

q lagi butuh banget buku tentang codeblocks berbahasa indonesia soalnya aku kesulitan mempelajari codingnya. adakah yg bisa merekomendasikan buku tentang codeblocks ? atau mungkin ada yang punya buku bekas yg mau dijual tentang codeblocks ? aku sudah keliling ke seluruh toko buku di sby dan malang tapi nggak ada. mohon bantuannya agan2. aku kebingungan dapat tugas bikin papaun catur 3d yang bisa berputar dan diatasnya ada objek. help me pliss...
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #38 on: June 02, 2014, 02:38:54 pm »

q lagi butuh banget buku tentang codeblocks berbahasa indonesia soalnya aku kesulitan mempelajari codingnya. adakah yg bisa merekomendasikan buku tentang codeblocks ? atau mungkin ada yang punya buku bekas yg mau dijual tentang codeblocks ? aku sudah keliling ke seluruh toko buku di sby dan malang tapi nggak ada. mohon bantuannya agan2. aku kebingungan dapat tugas bikin papaun catur 3d yang bisa berputar dan diatasnya ada objek. help me pliss...
Dari Elex sih kayaknya ga ada yang bertema codeblocks ketika ku-search database yg ada. Sepertinya memang agak susah dicari karena sangat spesifik dan bukan termasuk tema populer untuk buku TI di Indonesia.

Coba googling cari situs tutorial, siapa tahu ada
Logged

camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.723


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #39 on: September 09, 2014, 10:42:10 am »

Bagi teman-teman yang sudah posting di sini, silahkan cek thread SURVEY KEPUASAN PELANGGAN Terhadap Produk Elex Media di http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=25595 ya :)
Logged

BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #40 on: November 24, 2016, 03:17:26 pm »

Mau komentarin buku-buku ELEX akhir ini.

Kenapa selalu MACRO dan VBA. Padahal setau saya (mohon dikoreksi jika saya salah) bahwa fasilitas MACRO dan VBA diblock secara default oleh pihak Microsoft sendiri untuk alasan keamanan. mikir

Terlebih lagi menurut saya belajar MACRO dan VBA itu nanggung ilmunya mending langsung belajar pemrograman seperti JAVA kan lebih asyik.
Logged

riezma
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 6


Awards
« Reply #41 on: November 25, 2016, 12:48:17 pm »

Mau komentarin buku-buku ELEX akhir ini.

Kenapa selalu MACRO dan VBA. Padahal setau saya (mohon dikoreksi jika saya salah) bahwa fasilitas MACRO dan VBA diblock secara default oleh pihak Microsoft sendiri untuk alasan keamanan. mikir

Terlebih lagi menurut saya belajar MACRO dan VBA itu nanggung ilmunya mending langsung belajar pemrograman seperti JAVA kan lebih asyik.

hahaha... ketahuan ini, si Ben gak ngerti macro vba sama sekali...  lol
Microsoft mmg melarang macro dibuka secara otomatis dari internet/lokasi lain buat mencegah virus berbahaya.
Untuk buka macro, tinggal simpan dalam lokasi terpercaya atau aktifkan Enable saat notifikasi Excel tampil... kok bingung???

buat teman2 yang sering menggunakan Excel dan melakukan tugas rutin, otomisasi tugas dgn macro sgt membantu meningkatkan produktivitas..
jutaan pengguna memanfaatkan dan menggunakan bhs macro vba setiap hari, namun blm tentu jutaan pengguna BISA lgsg menulis dan menggunakan program java setiap hari..

dpd belajar bhs Java, lebih baik belajar C++. Java itu bhs kuno, bro!!  
apalagi situs yg menggunakan bhs java skrg diblokir Chrome dan Safari... bhs java dianggap bhs berisiko menyebar viurs...  

coba beli dan baca buku macro dulu bro ... jgn komik terus...  


« Last Edit: November 25, 2016, 01:03:16 pm by riezma » Logged
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #42 on: November 25, 2016, 03:27:57 pm »

1. hahaha... ketahuan ini, si Ben gak ngerti macro vba sama sekali...  lol
Microsoft mmg melarang macro dibuka secara otomatis dari internet/lokasi lain buat mencegah virus berbahaya. Untuk buka macro, tinggal simpan dalam lokasi terpercaya atau aktifkan Enable saat notifikasi Excel tampil... kok bingung??? buat teman2 yang sering menggunakan Excel dan melakukan tugas rutin, otomisasi tugas dgn macro sgt membantu meningkatkan produktivitas..

2. jutaan pengguna memanfaatkan dan menggunakan bhs macro vba setiap hari, namun blm tentu jutaan pengguna BISA lgsg menulis dan menggunakan program java setiap hari..

3. dpd belajar bhs Java, lebih baik belajar C++. Java itu bhs kuno, bro!!  
apalagi situs yg menggunakan bhs java skrg diblokir Chrome dan Safari... bhs java dianggap bhs berisiko menyebar viurs...  

4. coba beli dan baca buku macro dulu bro ... jgn komik terus...  

1. I see... I see... bisa tolong tolong diperjelas penggunaan Macro pada Excel yang sangat membantu pekerjaan? Maksud saya contoh kasusnya seperti apa? Lalu dalam bidang-bidang apa saja MS Excel begitu mumpuni? mikir

2. Setuju. Tetapi mohon diberikan contoh yang lebih detail soal penggunaan macro dan vba pada MS Excel yang betul-betul meningkatkan produktivitas.

Menurut saya pribadi MS Excel itu cukup mumpuni ketika membuat dokumen spesifikasi tender dan progress kerja. Saya pernah melihat kawan saya bisa menyatukan berpuluh-puluh sheet (dan itupun tanpa menggunakan Macro/VBA). Permasalahannya adalah seiring bertambahnya data maka file Excelnya menjadi semakin lambat loading.

3. Yang diblok di browser web itu Applet (salah satu aplikasi dari Java) bukan Java. nono Java sendiri terdiri dari J2SE untuk pemrograman desktop, J2EE untuk pemrograman dan J2ME untuk pemrograman mobile. Perlu diketahui bahwa JSP (Java Server Pages) bersaing ketat dengan PHP dalam dunia pemrograman web. C++? mikir Taukah @riezma bahwa karena C++ itu rumit dalam pointer dan pengalokasian memori makanya muncullah bahasa pemrograman Java.

Berbicara tentang Java. Taukah @riezma bahwa sistem operasi Android (yang biasa digunakan oleh gadget-gadget seperti Samsung Galaxy, Xiaomi, Oppo, Advan) itu menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramannya. icon14

4. Kalau sekarang sih malah gak sempat baca komik karena kesibukan kerja. biggrin
« Last Edit: November 25, 2016, 03:31:36 pm by BEN 10 » Logged

Pages: 1 2 3 4 5 [All]   Go Up
Print
Jump to: