Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

 
Advanced search

606.167 Posts in 16.726 Topics- by 41.632 Members - Latest Member: moseodyider
Elex Online ForumBuku, Software, & MajalahKOMPUTERFeedback (Moderator: Vincent)Kritik/saran untuk buku-buku komputer!
Poll
Question:
Masukanmu untuk buku komputer Elex Media (penjelasannya dipost di bawah ya)
Isinya - 5 (83.3%)
Harganya - 1 (16.7%)
Fisiknya (Cover, ketebalan, dll) - 0 (0%)
Penulisnya - 0 (0%)
Distribusinya - 0 (0%)
Lain-lain (yg pilih ini, post di bawah ya detilnya) - 0 (0%)
Total Voters: 5

Pages: [1] 2 3 4 5  All   Go Down
Print
Share this topic on FacebookShare this topic on GoogleShare this topic on TwitterShare this topic on Yahoo
Author Topic: Kritik/saran untuk buku-buku komputer!  (Read 37410 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« on: May 27, 2008, 03:28:06 pm »

1. Sebagian buku-buku komputer ELEX (buku saya baca itu PHOTOSHOP) karya anak bangsa kualitas tulisannya sangat mengecewakan! Mohon maaf sebelumnya tetapi ini memang kenyataan. Judulnya memang sangat menjanjikan dan di sampul depan ditulis seolah-olah bahwa isinya sangat bermutu dikhususkan sampai mahir. Tetapi setelah dibaca ternyata isinya cuman dasar-dasar doank. Saya rasa ada baiknya ELEX menyaring buku-buku yang mau diterbitkan. Kalau perlu editornya berbeda untuk topik-topik berbeda. Misalnya kalau editor buku-buku PHOTOSHOP haruslah mahir PHOTOSHOP atau minimal memahami tentang PHOTOSHOP.

2. Satu lagi kekurangan buku-buku terbitan ELEX. Entah disengaja atau tidak khusus buku-buku yang tebal sengaja teorinya yang dibanyakin bukan prakteknya. Dan teorinya kebanyakan hanya didasarkan pada menu HELP saja dan bukan pada buku referensi. Alhasil yang membaca jadi tambah bingung. Alangkah baiknya kalau ELEX memuat motto : "SINGKAT, PADAT dan JELAS". Terlebih lagi kalau buku-buku yang tebal itu harganya relatif lebih mahal dan mungkin tidak terjangkau untuk sebagian kalangan peminat informatika.

3. Oh ya satu lagi yang sangat mengganggu saya adalah tidak adanya DAFTAR PUSTAKA. Seolah-olah penulis adalah orang hebat yang tidak memerlukan bahan rujukan dalam membuat tulisannya atau bisa jadi penulis takut ketahuan kalau buku yang ditulisnya itu 'contekan' dari buku lain. Ini jelas sangat-sangat tidak etis! Sangat tidak mungkin seorang menulis buku tanpa adanya bahan referensi. Alangkah baiknya ELEX menetapkan kebijakan kepada penulis bahwa buku-buku komputer yang ditulis wajib mencantumkan DAFTAR PUSTAKA. Saya sendiri aja bisa PHOTOSHOP setelah membaca berpuluh-puluh buku PHOTOSHOP jadi rasanya mustahil khan ada orang yang bisa tulis buku tanpa membaca buku-buku referensi?
« Last Edit: December 01, 2010, 12:03:31 pm by BEN 10 » Logged

 
Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #1 on: May 27, 2008, 03:45:41 pm »

terima kasih atas masukannya..
sebagai pemerhati buku, saya jg turut bersedih atas 3 poin2 di atas.

1 >> anda harus ingat.. don't judge book from it's cover. tp anda jg ada sedikit kesalahan.. buku yg diberikan ditujukan untuk pemula jadi memang sulit untuk kita yang sudah faham Photoshop menerimanya. Penyaringan sudah dilakukan oleh LXO, tetapi bila ternyata anda tak puas.. yah kita bisa bilang.. manusia jg ada kekurangannya

2 >> teori adalah base dari pengetahuan. Tapi saya ngak bs bilang tanpa teori km akan bs berhasil lho. Prakteknya justru lebih sedikit mungkin karena gambar? masalahnya.. untuk praktek diharuskan memberi gbr jadi seolah itu sedikit.. tetapi tidak.. itu sudah banyak.
SIngkat, padat dan jelas?? itu saran bagus sayangnya kita harus memikirkan.. buku yg diberikan di targetkan untuk siapa dahulu.. kl singkat takutnya malah ngak JELAS/tersampaikan.

3 >> daftar pustaka tak ada kemungkinan penulis memang menulis berbekal dari HELP jadi otomatis ngak ada daftar pustaka. kemungkinan lain dia dapet dari internet tp apapun bukunya.. kl tanpa daftar pustaka itu tidak boleh.. walau itu dari internet sekalipun.


*saran anda bagus kok
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
dj_oke
LX - Noob
*

Reputation: 1
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 43


Everyday Is Inspiration


WWW Awards
« Reply #2 on: May 28, 2008, 10:12:42 am »

kalau buku Photoshop tidak menggunakan daftar isi kemungkinan buku itu berupa buku seri latihan, dimana penmulisnya menggunakan kreativitas sendiri. Maksudnya menggunakan daya hayal dia dalam membuat buku, tidak mencontoh buku orang lain atau sumber lain.Kalau seperti ini biasanya penulis2 tertentu saja yang memang sudah jago dalam urusan buku photoshop. Tetapi memang baiknya kalau buku yg dapet dari referensi, mending ditulis daftar isinya, saya juga demikian ada beberapa buku yg saya cantumkan sumbernya(ini sebagai bentuk penghargaan).
Saya lebih prefare menggabungkan banyak teori dan banyak gambar untuk sebuah buku.
Logged

Aku yakin Bisa Hidup dari Menulis Buku !!!

MataMaya Studio-tempatnya naskah buku berkualitas
 *Link Removed*
BEN 10
*Just read it!*
LX - Evangelis
*****

Reputation: 66
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 3.890


Always Be 10!


Awards
« Reply #3 on: June 03, 2008, 06:07:53 pm »

@dj_oke, boleh kasih saran?

1. Dalam PHOTOSHOP yang pertama sekali yang perlu dipelajari adalah teknik dasar perbaikan foto dan fasilitas HISTORY. Kenapa? Karena perbaikan foto dasar hanya menggunakan CLONE STAMP, PATCH, HEALING BRUSH, DODGE, BURN, SMUDGE tool saja dan dalam PHOTOSHOP membutuhkan banyak undo yang disediakan oleh HISTORY. Lagian photoshop pada awalnya memang dikhususkan untuk perbaikan foto.

2. Selanjutnya barulah diajarkan tentang seleksi, layer, dsb. Khusus untuk seleksi perlu dibahas pentingnya option bar ADD FROM SELECTION dan SUBTRACT FROM SELECTION. Kalau perlu pake contoh kasus.

3. Teknik lanjutan seperti CHANNEL itu diperkenalkan akan tetapi juga mesti dijelaskan apa yang membedakannya dengan seleksi biasa. Kemudian LAYER MASK juga dijelaskan fleksibilitas dan mengapa sangat disarankan dipakai.

4. Untuk masing-masing pembahasan hendaknya disertai dengan sejumlah praktek.

5. Kesimpulannya untuk menjelaskan PHOTOSHOP sebagai gamblang alangkah baiknya dijelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing fasilitas secara garis besar saja jadi menggunakan metode 'sistem perbandingan'. Jangan orang tau menggunakan LAYER MASK tapi tidak tau mengapa harus menggunakan LAYER MASK. Kalau saya pribadi sih menggunakan LAYER MASK karena tidak mesti potong-potong gambar tapi tinggal kuas hitam untuk menghilangkan dan putih untuk membalikkannya saja.
« Last Edit: June 03, 2008, 06:14:59 pm by BEN 10 » Logged

Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #4 on: June 03, 2008, 06:10:20 pm »

ben10:
masalahnya kt liat dahulu bukunya.. ada buku yg tutorial langsung dan tutorial dasar. saran km bagus kok
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
jegan2000
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 3


Awards
« Reply #5 on: February 20, 2009, 06:51:43 pm »

klo saran saya sih utk buku2 komputer(terutama programming) jangan banyak di teori aja tp tutorial/langkah2(praktek) membuat programnya juga dibanyakin.barusan saya ke gramed & liat2 buku Mastering Java terbitan Elex(kebetulan ada yg ga diplastikin disono) & menurut saya antara teori dan prakteknya ga imbang(lebih banyak teori & praktek bikin programnya cuma 3 buah).

trus satu lagi,saya berharap agar Elex Media bisa lebih banyak menerbitkan judul2 buku komputer utk tingkat mahir,karena selama ini saya lihat kebanyakan yg ada untuk tingkat pemula & menengah(biarpun di back cover ditulis utk tingkat mahir).kayak buku panduan Exam MCSE yg baru2 ini terbit itu udah usaha yg bagus dr Elex kok.saya harap sih Elex mau menerbitkan buku panduan ujian exam CCNA 640-802 (edisi terbaru yg ditulis oleh Todd Lammle & diterbitkan Sybex) ke dlm bahasa indonesia.saya ingat Elex pernah nerbitin yg edisi lama(CCNA 640-801),sayangnya buku itu udah ga up-to-date lagi krn perubahan kurikulum CCNA.
Logged
Demos²
faktanya emang begitu
LX - Senior
****

Reputation: 2
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 1.524


dia datang...


Awards
« Reply #6 on: February 21, 2009, 01:17:54 pm »

tingkat mahir ngak usah baca buku
lagian kl tingkat mahir malah bikin buku.

>>jangan banyak di teori aja tp tutorial/langkah2(praktek)
km mencari buku yg salah.. km hrs cari buku Tutorial bukan buku paduan programing

>>menurut saya antara teori dan prakteknya ga imbang(lebih banyak teori & praktek bikin programnya cuma 3 buah).

boleh juga seh
Logged

andai 3 tahun lalu aq tidak menolak jadi guru TK, mungkin aq tidak akan berada di depan komputer saat ini? Tp kalau aku meneruskan S2 - Robotika, aku dah jadi DOSEN
*sebab-akibat
jegan2000
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 3


Awards
« Reply #7 on: February 22, 2009, 10:15:25 am »

@atas gua
tingkat mahir ga usah baca buku??anda hidup di dunia mana nih??baru tau saya klo orang mau jadi mahir ga usah belajar(baca buku).saya selama di hidup sih ga pernah nemuin ada orang yg jadi mahir secara instan(tanpa belajar).bill gates aja perlu belajar banyak lho utk bisa sukses seperti skrng ini.silakan dicoba aja sih klo mang anda percaya bisa mahir tanpa belajar(jangan salahin siapa2 ya klo ada apa2).

>>km mencari buku yg salah.. km hrs cari buku Tutorial bukan buku paduan programing
gimana ga salah buku,bedain antara buku tutorial & panduan aja susah(terutama buku elex).blom keterangan di back cover kadang suka misleading,ditambah ga semua buku disediain sample unitnya di toko buku.
Logged
parendenaburju
LX - Babes


Reputation: 0
Offline Offline

Posts: 2


Awards
« Reply #8 on: April 23, 2009, 04:35:22 pm »

heheh..orang baru bingung gua.
saya udah tulis di quick reply koq nggak nongol2, gua binun.heheh
saya ulang lagi deh.
kalau menjual ebook(softcopy) yang kita buat tetapi belum diterbitkan oleh Penerbit ( Elexmedia ato yg laen), lalu dijual lewat internet melanggar haki nggak iya ? tolong dong gua bingung masih awam baru menulis sih.
Logged
camolatte
Centerspread inside the comical world
EMK
LX - Holic
****

Reputation: 440
Offline Offline

Gender: Male
Posts: 18.720


I can be anyone, anywhere.. and I'm watching you..


WWW Awards
« Reply #9 on: April 24, 2009, 12:57:53 pm »

jika anda pengarangnya dan anda tidak bertujuan untuk mencetak buku itu suatu saat via penerbit, g rasa tidak apa-apa sih.
Logged

Pages: [1] 2 3 4 5  All   Go Up
Print
Jump to: